Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > 10 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

10 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Pernahkah Anda tertarik untuk memulai usaha sendiri? Sering kali pemikiran bahwa usaha membutuhkan modal besar menjadi hambatan utama dalam mewujudkan keinginan Anda. Tapi, tahukah Anda sebenarnya ada banyak usaha modal kecil yang bisa dicoba. 

Dengan kreativitas dan ketekunan, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk merintis usaha yang sukses dan berkembang. Yuk, temukan ide bisnis kreatif dengan modal kecil yang sesuai minat dan keahlian Anda selengkapnya di artikel ini!

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing tapi Untung Besar

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai usaha, namun memiliki keterbatasan modal, tidak perlu khawatir! Berikut adalah beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing tapi berpotensi mendatangkan keuntungan besar.

1. Virtual Assistant

Contoh usaha modal kecil untung besar yang pertama bisa Anda coba adalah virtual assistant. Saat ini, virtual assistant menjadi profesi yang semakin diminati. Sebagai virtual assistant, Anda memiliki fleksibilitas untuk bekerja dari mana saja.

Tak perlu modal besar, untuk menjadi seorang virtual assistant Anda hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil dan perangkat memadai untuk menyelesaikan tugas-tugas dari klien. Kemampuan manajerial yang baik menjadi kunci utama untuk sukses dalam profesi ini.

2. Jasa Menulis

Jika tertarik di bidang penulisan, maka ini bisa menjadi peluang usaha modal kecil yang bisa Anda coba. Langkah pertama untuk melakukannya adalah dengan meningkatkan pengetahuan dan memahami gaya penulisan yang baik. 

Selanjutnya, bangun portofolio dengan membuat artikel atau konten pendek yang bisa diakses lewat website, blog, atau platform lainnya. Portofolio ini penting karena bisa menunjukkan kemampuan menulis kepada calon klien. 

Saat memulai bisnis, penting juga untuk memilih bidang spesialisasi, misalnya kesehatan, teknologi, atau fashion. Selain itu, lakukan juga promosi mengenai jasa Anda melalui media sosial, website, atau lainnya.

Baca juga: 10 Jenis Usaha yang Menjanjikan Tidak Pernah Sepi Peminat

3. Reseller

Menjadi reseller merupakan salah satu ide usaha modal kecil yang populer saat ini. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda tidak perlu modal besar untuk menyetok barang, karena akan mendapatkan harga spesial sebagai reseller. Ditambah lagi, Anda akan terhindar dari kerumitan proses produksi.

Agar lebih hemat, Anda dapat menerapkan sistem pre order dengan syarat pembayaran 50% di muka. Bagi yang ingin terbebas dari urusan stok barang, bisnis dropshipper bisa menjadi pilihan tepat. Anda hanya perlu fokus pada promosi dan penjualan karena proses packing dan pengiriman akan ditangani oleh supplier.

4. Jasa Pembuatan Hampers

Bagi Anda yang memiliki bakat kreasi dan menata barang, membuka layanan pembuatan hampers bisa menjadi peluang usaha modal kecil yang menjanjikan. Hampers selalu dibutuhkan di momen-momen spesial, seperti hari raya, ulang tahun, lebaran, dan acara lainnya.

Modal awal yang dibutuhkan pun tidak besar. Cukup buat beberapa sampel hampers dan foto menarik untuk kebutuhan promosi. Tentukan harga yang kompetitif dan cantumkan kontak bisnis Anda dengan jelas agar mudah dihubungi oleh calon pelanggan.

5. Toko Barang Antik 

Tren mengoleksi barang antik saat ini semakin marak di kalangan anak muda. Hal ini membuka peluang bisnis menarik bagi Anda yang memiliki minat dan pengetahuan tentang barang antik. Minimnya toko menjual barang antik di pasaran saat ini dapat menjadi celah yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai usaha dan meraih keuntungan.

6. Jasa Pembuatan Website 

Saat ini, keberadaan website menjadi bagian bagi kelangsungan usaha. Banyak pelaku usaha membutuhkan website yang profesional untuk meningkatkan visibilitas online mereka. Hal ini membuka peluang bisnis menjanjikan bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang web development. Anda dapat menawarkan jasa pembuatan website dengan berbagai fitur dan desain yang menarik.

7. Usaha Makanan Pendamping Asi (MPASI)

Memenuhi kebutuhan makanan pendamping ASI (MPASI) bagi bayi merupakan peluang usaha modal kecil yang menjanjikan. Meskipun kebutuhan MPASI semakin tinggi, namun masih jarang ditemukan penyedia jasa ini sehingga membuka peluang besar untuk mendapatkan keuntungan. 

Bagi Anda yang memiliki bakat memasak, menjadi penyedia MPASI merupakan pilihan tepat. Pastikan untuk mencari resep MPASI yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan bayi. Anda dapat memulai dengan menawarkan MPASI siap saji kepada para ibu di perumahan sekitar. Setelah mendapatkan testimoni positif dari pelanggan, cobalah untuk mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial.

Baca juga: Ini 7 Peluang Usaha 2024 untuk Anak Muda yang Dapat Dicoba!

8. Usaha Makanan Ringan

Menjual makanan ringan merupakan salah satu ide bisnis modal kecil dengan potensi keuntungan yang menjanjikan. Pertama, Anda bisa menentukan jenis camilan yang ingin dijual. Tren camilan yang sedang digemari saat ini, seperti basreng, camilan sehat, makaroni, keripik singkong, dan lain sebagainya bisa menjadi pilihan.

Setelah menentukan jenis camilan, lakukan analisis pasar dan hitung modal yang dibutuhkan. Kemudian, carilah lokasi strategis untuk berjualan atau pertimbangkan untuk memulai bisnis online.

Kemasan yang unik dan menarik akan meningkatkan daya tarik produk Anda di mata konsumen. Manfaatkan media sosial dan platform online lainnya untuk mempromosikan produk. Anda. Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan toko lokal atau kafe untuk memperluas jangkauan pasar.

9. Usaha Paket Sayuran 

Salah satu contoh usaha yang menjanjikan dengan modal kecil adalah menyediakan paket sayuran untuk kebutuhan memasak sehari-hari. Setiap paket berisi berbagai jenis sayuran yang sudah dipotong dan dicuci. 

Sayuran ini sudah siap diolah menjadi berbagai hidangan, seperti tumis, sayur asem, sayur sop, dan lainnya. Kehadiran paket sayuran ini menawarkan kepraktisan bagi konsumen karena mereka tidak perlu repot mencari dan membeli bahan-bahan masakan secara terpisah.

10. Usaha Produk Homemade

Bagi Anda yang memiliki keahlian khusus, seperti memasak, membuat kue, atau kerajinan tangan, memulai usaha produk homemade bisa menjadi peluang usaha modal kecil untung besar. Anda bisa mulai untuk menentukan jenis produk yang ingin dijual. Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda.

Kemudian, buatlah konsep, resep, atau desain yang menarik untuk produk Anda.Sebaiknya, pilih bahan baku berkualitas tinggi dan pastikan produk aman untuk digunakan. Selain itu, manfaatkan juga media sosial dan platform online lainnya untuk mempromosikan produk Anda kepada calon pelanggan.

Demikianlah beberapa ide usaha modal kecil untung besar yang bisa Anda jadikan inspirasi. Ingatlah, kunci utama dalam memulai serta mengembangkan bisnis adalah kreativitas, ketekunan, dan kerja keras.

Setelah Anda berhasil memulai bisnis, jangan lupa untuk melengkapinya dengan metode pembayaran digital, seperti Faspay untuk meningkatkan efisiensi transaksi. Dengan berbagai metode pembayaran, mulai dari virtual account, e-wallet, kartu kredit, QRIS, hingga toko ritel, Faspay siap membantu untuk memenuhi kebutuhan pembayaran bisnis Anda. 

Faspay dapat membantu meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam transaksi sehingga Anda dapat fokus pada pengembangan bisnis dan meraih lebih banyak keuntungan.

Yuk, daftar Faspay sekarang dan nikmati berbagai kemudahan dalam menerima pembayaran!

Baca juga: 10 Cara Menjalankan Usaha Kue Kering, Auto Dapat Cuan

Lihat Artikel Lainnya

contoh inventory barang

Contoh Inventory Barang, Manfaat, dan Tips Pengelolaannya

Contoh Poster dan Brosur Promosi Produk Makanan dan Minuman Faspay Payment Gateway

Contoh Poster dan Brosur Promosi Produk Makanan dan Minuman

ide konten

5 Ide Konten Kreatif Agar Jualan Laris Manis

peran payment gateway

Pentingnya Peran Payment Gateway untuk Pengembangan Bisnis