Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

venture capital indonesia Faspay

Bagi pendiri startup, tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai lembaga venture capital yang aktif di Indonesia.

Sebab, mereka biasanya akan mengajukan penawaran atau bekerja sama dengan venture capital untuk mendapatkan suntikan dana agar bisa menjalankan operasional bisnis secara optimal.

Lantas, apa saja venture capital Indonesia yang aktif memberikan pendanaan startup? Untuk mengetahui daftar venture capital Indonesia selengkapnya, Anda dapat menyimak ulasan di bawah ini.

Apa itu Venture Capital (VC)?

Sebelum membahas contoh venture capital Indonesia, penting untuk memahami pengertiannya terlebih dahulu.

Venture capital adalah badan usaha yang menyediakan atau memberikan pendanaan kepada perusahaan. Dengan kata lain, venture capital akan bertindak sebagai penanam modal untuk membantu keberlangsungan ekosistem suatu bisnis/usaha.

Venture capital akan mendapatkan sumber dana yang berasal dari para investor atau limited partners. Karena itulah, VC biasanya bukan menjadi milik perseorangan, melainkan gabungan dari beberapa pihak investor, bank, dan lembaga keuangan lainnya.

Umumnya, lembaga usaha yang menerima pendanaan dari VC adalah perusahaan rintisan (startup) atau perusahaan kecil yang memiliki potensi besar dalam jangka panjang.

Contoh Venture Capital Indonesia

Bila sedang mengumpulkan dana untuk menunjang operasional startup, mengenal venture capital Indonesia tentu menjadi langkah awal yang bisa dilakukan agar bisa lebih memahami ekosistem penyedia modal usaha ini.

Lebih lengkapnya, berikut adalah daftar venture capital Indonesia yang aktif mendanai perusahaan-perusahaan rintisan.

1.  East Ventures

east venture - Faspay

Contoh venture capital di Indonesia yang pertama adalah East Venture. VC ini didirikan pada tahun 2009 dan tidak terikat pada sektor tertentu.

Secara umum, East Ventures berfokus pada investasi tahap awal untuk startup teknologi di kawasan Jepang serta Asia Tenggara, terutama Indonesia dan Singapura.

Karena memiliki tim investasi dan pengusaha berpengalaman, East Ventures juga turut memberikan dukungan kepada penerima investasi di bidang strategi, pengembangan produk, dan rekrutmen.

Selama 2 tahun terakhir, East Ventures telah mendanai sebanyak 76 perusahaan dan startup. Beberapa contoh perusahaan yang menerima suntikan dana dari East Ventures adalah Ruangguru, BerryBenka, dan Traveloka.

Baca juga: Tips Mengembangkan Bisnis Equity Crowdfunding Menggunakan Payment Gateway

2. Y Combinator

y combinator - Faspay

Y Combinator adalah inkubator bisnis yang telah memberikan pendanaan awal untuk berbagai startup, seperti Dropbox, Airbnb, dan Reddit. Di Asia Tenggara sendiri, VC ini sudah mencakup banyak startup terkenal, seperti Ajaib, Aspire, Shipper, dan sebagainya.

Sejak tahun 2005, Y Combinator sudah memberikan pendanaan, bimbingan, sumber daya, membantu pengembangan, hingga mempersiapkan peluncuran pasar berbagai startup. VC ini telah mencapai kesepakatan dengan 28 perusahaan dalam 24 bulan terakhir.

Selain itu, Y Combinator juga dikenal menjadi penggerak masa depan kewirausahaan dan teknologi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

3. AC Ventures

AC Ventures - Faspay

Didirikan pada tahun 2019, AC Ventures menjadi venture capital Indonesia yang berfokus pada investasi tahap awal startup teknologi di sektor bisnis kebutuhan konsumen, fintech, media digital, B2B, dan industri UMKM.

AC Ventures telah mendanai sebanyak 46 perusahaan dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini. Koinworks, Majoo, Bibit, dan Reku menjadi daftar startup sukses yang telah menerima pendanaan dari AC Ventures.

4. Ideosource

ideosource - Faspay

Ideosource adalah contoh venture capital yang didirikan oleh investor asal Indonesia, yaitu Andi S Boediman dan Edward Ismawan Chamdani. Pada dasarnya, Ideosource berfokus pada pendanaan startup di sektor media dan e-commerce.

Selain itu, Ideosource juga lebih mengutamakan pendanaan startup pada tahap seed dan seri A. Beberapa perusahaan yang mendapatkan pendanaan dari Ideosource adalah eEvent, Saqina, dan Female Daily Network.

5. Emtek Group

emtek group - Faspay

Emtek Group merupakan salah satu perusahaan besar yang menjadi induk dari beberapa stasiun TV nasional.

Selain itu, perusahaan yang memiliki nama resmi PT Elang Mahkota Teknologi ini juga sering memberikan suntikan dana untuk beberapa startup di Indonesia, seperti Bukalapak, Bobobobo, serta Kudo.

Baca juga: Unicorn? Decacorn? Jangan Bingung, Ini Penjelasannya

6. Antler

antler - Faspay

Antler menjadi salah satu venture capital tahap awal global yang menyediakan layanannya untuk perusahaan Indonesia. VC ini memiliki komitmen untuk mendukung para startup founder yang ambisius dan tangguh demi membangun masa depan lebih baik.

Selama 2 tahun terakhir, Antler sudah mencapai kesepakatan dengan 34 perusahaan. Beberapa perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam portofolio Antler adalah Envio, Healthpro, Bling, dan CareNow+.

7. Alpha JWC Ventures

alpha jwc ventures - faspay

Alpha JWC Ventures adalah venture capital tahap awal yang bersifat independen pertama di Indonesia.

VC ini memulai debutnya di Indonesia pada tahun 2015 dan telah mendukung sebanyak lebih dari 70 perusahaan aktif di beberapa negara. Adapun total aset yang dikelola oleh Alpha JWC Ventures adalah sekitar $US 650 juta.

Beberapa perusahaan terkemuka yang masuk ke dalam portofolio Alpha JWC Ventures adalah Ajaib, Bobobox, Style Theory dan Raena Beauty.

8. BRI Ventures

BRI ventures - Faspay

Contoh venture capital Indonesia berikutnya adalah BRI Ventures. VC ini merupakan divisi Corporati Venture Capital dari Bank BUMN di Indonesia, yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan maksud mendorong pertumbuhan grup BRI melalui investasi startup inovatif.

Adapun tujuan dibentuknya BRI Ventures adalah menjadi perusahaan VC regional yang terkemuka di bidang teknologi keuangan.

Karena itu, VC ini memiliki fokus pada pemberdayaan ekosistem startup serta mendorong inklusi keuangan dan ekonomi digital Indonesia.

Selama 24 bulan terakhir, BRI Ventures sudah mendanai sebanyak 13 perusahaan di Indonesia. Contoh startup yang mendapatkan pendanaan dari BRI Ventures adalah Bukalapak, LinkAja, Majoo, dan Pluang.

9. MDI Ventures by Telkom Indonesia

mdi ventures - Faspay

MDI Ventures merupakan perusahaan venture capital didukung sepenuhnya oleh Telkom Indonesia, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkemuka di Indonesia.

Adapun keunggulan MDI Ventures sebagai investor adalah mampu menciptakan akses bagi peluang bisnis baru dengan mendorong kolaborasi antara perusahaan rintisan yang memperoleh investasi darinya.

Selain itu, perusahaan yang diinvestasikan oleh MDI Ventures juga mendapatkan keuntungan dengan menjadi limited partnership (LP) utama untuk Telkom dan perusahaan besar di Indonesia lainnya.

MDI Ventures memiliki portofolio berjumlah 25 perusahaan dalam jangka waktu 24 bulan terakhir. Startup yang termasuk ke dalam portofolio MDI Ventures di antaranya Tada, Qoala, Kredivo, dan Koinworks.

10. GREE Ventures

gree ventures - Faspay

Meski tergolong baru di pasar Indonesia, GREE Ventures menjadi salah satu VC yang sudah mulai menanamkan modalnya pada beberapa startup terkenal di Indonesia, seperti Bukalapak, Berrybenka, dan Urbanindo.

Di samping menyediakan modal untuk perusahaan rintisan, perusahaan GREE juga turut membuka dan ekspansi beberapa bisnis mereka di Indonesia, seperti Luxola dan PriceArea.

Maksimalkan Pembayaran Bisnis Anda dengan Faspay

Itu dia sejumlah contoh venture capital Indonesia yang dapat membantu memberikan suntikan dana dalam keberlangsungan dan mengembangkan bisnis Anda. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pendanaan dari venture capital Indonesia, Anda bisa mempelajari dulu syarat dan ketentuan untuk pengajuannya.

Sebelum itu, Anda mungkin dapat lebih dulu mempersiapkan dengan memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan, salah satunya adalah dengan menyediakan sistem pembayaran online terintegrasi.

Dengan begitu, pelanggan Anda akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan sehingga bisa melakukan repeat order yang turut meningkatkan pendapatan.

Ingin memiliki sistem pembayaran online yang terintegrasi? Segera daftar menjadi merchant Faspay sekarang!

Faspay merupakan penyedia payment gateway yang dapat membantu Anda untuk menyediakan sistem pembayaran melalui 50+ metode, mulai dari internet banking, mobile banking, QRIS payment, virtual account, online credit, dan masih banyak lagi.

Mari nikmati kemudahan menggunakan pembayaran online dari Faspay dan #MaksimalkanPembayaranBisnis Anda!

Baca juga: 5 Langkah Membuat Business Plan untuk Pemula

Lihat Artikel Lainnya

Invoice Online

4 Cara Membuat Invoice Online Untuk Semua Kebutuhan Bisnis Anda

intern

One Year Faspay’s Internship Stories and Lessons Learned-Binus Chapter 2019

plugin wordpress untuk toko online - Faspay

10 Plugin WordPress untuk Toko Online Terbaik di Tahun 2024

promo-cashback-permata-va-1024x1024

Aktifkan Channel Pembayaran PermataVirtual Account dan Dapatkan Cashback hingga Rp 450.000!