Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Apa Itu Nomor Kartu ATM

Nomor kartu ATM adalah 16 digit kode yang tertera pada kartu ATM. Apabila Anda perhatikan dengan seksama, nomor ini ada di salah satu sisi kartu ATM. Penting untuk digarisbawahi bahwa nomor kartu ATM harus dirahasiakan dari orang lain. 

Pasalnya, memberikan nomor ATM kepada pihak yang tidak bertanggung jawab dapat memunculkan risiko pembobolan rekening. Untuk membantu Anda memahami apa itu nomor kartu ATM dan fungsinya, simak dulu penjelasannya di pembahasan berikut ini.

Apa itu Nomor Kartu ATM?

Nomor kartu ATM atau juga dikenal dengan nomor kartu debit adalah digit pengenal yang menjadi pembeda antar kartu ATM. Perlu digarisbawahi bahwa nomor kartu ATM berbeda dengan nomor rekening. Jumlah digit nomor rekening biasanya berbeda-beda antara bank yang satu dan lainnya. Selain itu, nomor rekening tercantum di buku rekening. 

Tidak hanya itu, nomor kartu ATM memiliki tanggal kedaluwarsa yang juga tertera di kartu ATM. Dengan kata lain, kartu ATM tidak akan bisa digunakan untuk transaksi apabila sudah melewati batas tanggalnya. Nasabah harus mengurus waktu perpanjangan dengan mendatangi kantor cabang bank terkait.

Fungsi Nomor Kartu ATM

Pada dasarnya, fungsi nomor kartu ATM adalah sebagai identitas dari kartu ATM masing-masing individu. Setiap nasabah akan mendapatkan kombinasi 16 angka yang berbeda-beda. 

Secara detail, 16 kombinasi angka tersebut memuat beberapa informasi, yaitu jaringan kartu, bank penerbit, dan identitas pemilik sah kartu ATM. Dalam implementasinya, nomor ini digunakan sebagai alat pencatatan dan validasi sebuah transaksi, baik tarik tunai, transfer, sampai pembayaran digital. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nomor kartu ATM sering kali digunakan dalam tindak kejahatan pembobolan rekening. Biasanya, pelaku kejahatan tersebut akan menanyakan nomor kartu ATM dan OTP. Apabila Anda memberikan informasi ini secara sembarangan, maka pelaku dapat dengan mudah menguras isi rekening. Oleh karena itu, jangan pernah berikan nomor kartu ATM kepada orang lain. 

Baca juga: 5 Keuntungan Pakai Kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)

Cara Mengecek Nomor Kartu ATM

Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk mengecek nomor kartu ATM. Berikut penjelasannya:

Pengecekan Melalui Kartu ATM

Cara mengecek nomor kartu ATM relatif sangat mudah karena bisa dilihat secara langsung di kartu ATM. Kombinasi 16 digit angka ini tertera secara jelas di sisi depan kartu diikuti oleh informasi tanggal kedaluwarsa di bagian bawahnya. 

Anda bisa mencatat dan menyimpan nomor ini. Namun, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman dan tidak mudah ditemukan orang lain. 

Pengecekan Secara Online

Mengecek nomor kartu ATM juga bisa dilakukan secara online. Biasanya cara ini diperlukan ketika angka pada kartu mulai buram atau tergores sehingga deretan nomor kartu ATM terlihat tidak jelas. 

Langkah-langkahnya juga mudah, yaitu melalui mobile banking atau internet banking. Setiap bank biasanya meletakkan informasi ini di tempat yang berbeda-beda pada aplikasi mereka. Misalnya, pada BRImo, informasi nomor kartu ATM bisa dicek melalui menu Mutasi.

Itulah informasi mengenai apa itu nomor kartu ATM beserta fungsi dan cara pengecekannya. Setelah membaca pembahasan di atas, Anda diharapkan lebih berhati-hati dan tidak memberikan nomor kartu ATM secara sembarangan untuk terhindar dari bahaya penipuan. 

Bahaya penipuan tidak hanya ada pada pembobolan rekening namun juga transaksi keuangan bisnis, terutama seiring meningkatnya penggunaan pembayaran digital. Untuk menghindari risiko penipuan, pelaku bisnis bisa menggunakan layanan payment gateway Faspay yang menawarkan keamanan dan kemudahan dalam bertransaksi. 

Faspay telah dipercaya oleh lebih dari 5.000 bisnis untuk memberikan kemudahan dalam sistem pembayaran mereka. Selain itu, Faspay menyediakan 50+ metode pembayaran dari website atau aplikasi bisnis dengan proses integrasi yang mudah dan cepat.

Jadi, tunggu apa lagi? Tingkatkan keandalan sistem pembayaran bisnis Anda dengan daftar menjadi merchant Faspay sekarang juga!

Baca juga: Peran ATM Bersama dalam Bisnis dan Daftar Lengkap Kodenya

Lihat Artikel Lainnya

mengenal cyber security - Faspay

Kenali Apa itu Cyber Security, Ancaman dan Manfaatnya untuk Bisnis!

5 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Layanan Disbursement

5 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Layanan Disbursement

Faspay Thumbline MEI 2023 part 1-07 (1)

Panduan Cara Membuka Agen Pembayaran Online Dengan Modal Minim

super savers

Nikmati Gratis Biaya Faspay untuk Merchant Baru! #FaspaySuperSavers