Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran, pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

E-payment adalah

Apa Itu E-Payment?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, e-payment merupakan sistem pembayaran yang menggunakan internet sebagai media perantaranya. Hanya dengan ponsel dan internet, baik penjual maupun pembeli, mampu melakukan transaksi dengan ringkas dan mudah. 

Namun sistem pembayarannya terbatas hanya dengan koneksi internet. Apabila tidak ada jaringan internet yang tersambung di smartphone, maka proses transaksi e-payment tak bisa dilakukan. Tak hanya melakukan pembelian, e-payment juga bisa Anda manfaatkan untuk membayar tagihan dan transfer dana secara daring.

Perkembangan e payment Indonesia dewasa ini semakin canggih, dengan munculnya sistem pembayaran online transaksi dapat berjalan lebih cepat, efisien, dan tentunya cashless.

Baca juga: Pentingnya Menggunakan Sistem Pembayaran E-Payment di Indonesia

 

Manfaat E-Payment

e-payment adalahKehadiran e-payment memudahkan aktivitas sehari-hari manusia, terutama di bidang ekonomi. Manfaat e-payment lainnya antara lain:

1. Pembayaran Lebih Praktis dan Mudah

Dengan e-payment, proses transaksi bisa lebih praktis, cepat dan juga mudah. Ketika seseorang menggunakan e-payment, maka Anda tak membutuhkan uang tunai untuk melakukan transaksi. Pasalnya, Anda bisa melakukan pembayaran hanya dengan kartu debit, m-banking atau e-wallet dalam ponsel.

2. Pembayaran Lebih Aman

Dibandingkan dengan pembayaran secara tunai, e-payment memiliki keamanan yang lebih baik. Hal ini bisa terjadi karena pihak e-payment sudah menyiapkan sistem keamanan yang baik untuk penggunanya. Tak hanya oleh pembeli, keamanan ini juga bisa dirasakan oleh penjual atau seller.

3. Lebih Efisien Waktu

E-payment menghadirkan proses transaksi yang jauh lebih mudah. Karena dengan pembayaran digital ini, Anda tak harus pergi ke ATM atau bank untuk melakukan transaksi. Anda pun tak perlu lama-lama antri, karena proses pembayaran dengan e-payment hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. 

Baca juga: Peran Online Payment dalam Bisnis Online

4. Pengelolaan Keuangan Lebih Baik

Saat ini, e-payment juga sudah menyediakan banyak fitur. Kehadiran e-payment membuat pelacakan dan pengelolaan keuangan jadi lebih mudah. Tiap transaksi yang dilakukan akan selalu tercatat dan bisa dilacak kembali untuk melakukan analisis keuangan pribadi. 

5. Inklusi Keuangan

Manfaat e-payment lainnya adalah menghadirkan inklusi keuangan antara layanan perbankan dan pembayaran digital. Masyarakat yang sebelumnya sulit untuk mengakses sistem perbankan, kini bisa dilakukan secara mandiri hanya dengan aplikasi lewat ponsel.

Contoh E-Payment

e-payment adalahMelihat manfaatnya yang besar, pembayaran online dalam bisnis ini memiliki urgensi yang besar dalam transaksi masyarakat. Saat ini telah hadir beberapa e-payment yang banyak digunakan, diantaranya adalah:

E-Wallet atau Dompet Digital

Sesuai dengan namanya, e-wallet memiliki fungsi sebagai dompet digital. E-wallet bisa dimanfaatkan untuk menyimpan dana secara daring, melakukan pembayaran, hingga mencatat transaksi yang telah dilakukan. E-payment ini bisa digunakan dengan mengunduh aplikasi, melakukan pendaftaran akun, serta mengisi saldo.

QRIS

Dikenal sebagai Quick Response Code Indonesian Standard, QRIS merupakan standar pembayaran yang menggunakan metode QR dari Bank Indonesia. Lewat QRIS, setiap transaksi bisa dilakukan lebih cepat, singkat, namun tetap aman. QRIS hanya bisa digunakan sesuai ketentuan dari Bank Indonesia sebagai pihak pemberi izin.

Transfer Bank

E-payment adalah aktivitas transaksi antara penjual dan pembeli dengan fasilitas koneksi internet. Inilah mengapa transfer bank termasuk dalam e-payment, khususnya transfer bank yang menggunakan aplikasi m-banking. Serupa dengan e-payment yang lain, transfer bank bisa Anda manfaatkan untuk membeli produk secara daring, pengiriman dana, hingga top-up e-wallet. 

Baca juga: Jenis dan Metode Pembayaran Online untuk Bisnis E-Commerce

Kartu Kredit

Jenis e-payment yang paling umum adalah kartu kredit atau kartu debit. Kini sudah banyak toko atau merchant yang memanfaatkan sistem pembayaran ini. Hanya dengan kartu kredit, Anda tak perlu mengeluarkan uang tunai untuk melakukan pembayaran.

Kelebihan dan Kekurangan E-Payment

Setelah mengetahui contoh e-payment, mengetahui kelebihan dan kekurangannya juga tak kalah penting. Agar tak salah dalam penyalahgunaan e-payment, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kelebihan E-Payment

Ada banyak kelebihan e-payment sebagai sistem pembayaran, di antaranya adalah:

  • Transaksi yang lebih mudah dan efisien, bahkan transaksi bisa dilakukan tanpa harus ke luar rumah. 
  • Fleksibel, pembayaran menggunakan e-payment tak mengenal batas waktu. Anda bisa melakukan e-payment kapan saja dan dimana saja, asalkan tetap tersambung dengan jaringan internet. 
  • Lebih minim resiko, sebab e-payment memiliki sistem keamanan yang baik. 
  • Kontrol keuangan dapat dilakukan lebih efisien, karena setiap transaksi bisa tercatat dengan baik.

Kekurangan E-Payment

E-payment bukan merupakan sistem pembayaran yang sempurna, beberapa kekurangannya antara lain:

  • Membutuhkan akses internet, e-payment tak bisa dilakukan tanpa jaringan internet. 
  • Apabila sistem keamanannya tidak baik, data transaksi akan terganggu keamanannya.

Sediakan Pembayaran E-payment dengan Faspay Payment Gateway

Di saat banyak orang yang telah menggunakan metode pembayaran cashless, para pebisnis sebaiknya mengikuti perkembangan teknologi dan jangan sampai tertinggal untuk memanfaatkan inovasi modern e-payment. Anda bisa memanfaatkan Faspay, salah satu solusi pembayaran online yang lengkap untuk bisnis kamu bertumbuh.

Faspay menghadirkan Faspay Bussiness, yakni sistem pembayaran daring yang disambungkan langsung ke API atau plugin dari website atau aplikasi bisnis. Layanan ini cocok untuk mengelola website maupun aplikasi binsis kamu, sebab bisa menerima 50+ metode pembayaran pada platform tersebut. 

Buat bisnis berkembang lebih besar dengan Faspay. Daftar jadi merchant Faspay sekarang dan nikmati berbagai kemudahan lewat fitur-fitur yang tersedia. Dengan Faspay, pelanggan bisa menjangkau bisnis Anda dengan lebih praktis dan efisien.

Lihat Artikel Lainnya

cara transfer shopeepay ke dana

Cara Transfer ShopeePay ke DANA dan Sebaliknya, Tanpa Ribet!

cara transfer ovo ke dana - faspay

Ini Cara Transfer OVO ke DANA dan Biaya Administrasinya

usaha sampingan - faspay

10 Rekomendasi Usaha Sampingan yang Menjanjikan Banyak Cuan

bisnis online tanpa modal lewat hp

10 Ide Bisnis Online tanpa Modal Lewat HP, Anti Ribet!