Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran, pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

dompet digital terbaik

Dompet digital (e-wallet) kini banyak menjadi pilihan masyarakat untuk transaksi pembayaran. Dengan canggihnya perkembangan bisnis secara online, memungkinkan berkembangnya berbagai jenis e-wallet terbaik. Pemilihan dompet digital terbaik seringkali tergantung pada preferensi pengguna dan kebutuhan transaksi mereka. 

Sayangnya, masih banyak juga beberapa masyarakat yang belum mengetahui apa itu dompet digital atau e-wallet. Oleh karena itu, berikut kami memberikan beberapa informasi untuk Anda mengetahui lebih dalam mengenai dompet digital.

Apa itu Dompet Digital (E-Wallet)

Dompet digital (E-Wallet) adalah sebuah alat elektronik yang memungkinkan kita untuk menyimpan uang dan melakukan transaksi keuangan secara online. Bayangkan saja seperti dompet konvensional yang biasa kita bawa, tetapi dalam bentuk digital di dalam perangkat elektronik seperti smartphone atau komputer. 

Dengan dompet digital (E-Wallet), kita dapat melakukan pembayaran untuk berbagai layanan dan produk secara langsung melalui aplikasi atau platform online tanpa perlu menggunakan uang tunai atau kartu kredit. 

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh dompet digital (E-Wallet) juga beragam, seperti kemampuan untuk mentransfer uang ke teman atau keluarga, pembayaran tagihan, pembelian barang secara online, dan masih banyak lagi.

Apa itu Dompet Digital (E-Wallet)

Dompet digital bekerja dengan cara yang cukup sederhana namun efektif. Pertama-tama, kita perlu memuat uang ke dalam dompet digital tersebut. Ini bisa dilakukan dengan mentransfer uang dari rekening bank kita ke dalam aplikasi dompet digital melalui transfer bank atau metode lainnya. 

Baca Juga : 6 Keuntungan Pembayaran OVO Untuk Bisnis Online

Setelah uang terisi di dalam dompet digital (E-Wallet), kita dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. Misalnya, saat kita ingin membayar di toko atau restoran, kita cukup membuka aplikasi dompet digital (E-Wallet), pilih opsi pembayaran, dan lakukan proses pembayaran dengan mengkonfirmasi transaksi melalui aplikasi tersebut. 

Begitu juga saat kita ingin mentransfer uang kepada teman atau keluarga, kita hanya perlu memasukkan jumlah uang dan informasi penerima, kemudian lakukan proses transfer melalui aplikasi dompet digital.

Daftar Dompet Digital (E-Wallet) Terbaik yang Menguntungkan Bisnis

Sebelum Anda menggunakan  e-wallet untuk membantu kelancaran bisnis Anda, ada beberapa jenis e-wallet terbaik yang bisa digunakan sebagai berikut.

Gopay

Go-Pay adalah e-wallet yang populer dan sering disebut-sebut sebagai yang terbaik. Ini adalah bagian dari Gojek, platform layanan transportasi dan pengiriman. Go-Pay mendukung setiap transaksi di Gojek.

Gojek memungkinkan pengguna untuk memesan makanan, membayar tagihan, membeli pulsa, listrik, air, dan berbelanja kebutuhan sehari-hari secara online. Selama dua tahun berturut-turut, yakni 2019-2020, Go-Pay dinobatkan sebagai e-wallet terbaik oleh konsumen Indonesia.

Saat ini, Gojek memiliki sekitar 70 juta pengguna, yang mencakup pengguna dari aplikasi Gojek dan Tokopedia. Angka ini mencerminkan total pengguna aktif perusahaan setiap bulan pada tahun 2022. 

Pada periode sebelumnya, jumlah pengguna tahunan Gojek berkisar antara 64 juta hingga 67,2 juta selama beberapa kuartal berturut-turut pada tahun 2023. Pada tahun 2022, perusahaan telah memiliki sekitar 30 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Baca Juga : Fitur QRIS ShopeePay: Satu QR Code untuk Seluruh Pembayaran

DANA

DANA adalah sebuah dompet digital yang dirancang untuk memudahkan setiap transaksi non-tunai secara digital, baik itu dilakukan secara online maupun offline. Sebagai dompet digital, DANA menyediakan layanan pembayaran yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pembelian barang secara online hingga pembayaran tagihan. 

Selain itu, DANA juga dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi, seperti pembayaran menggunakan barcode, pembayaran tagihan, dan bahkan berbelanja di platform e-commerce.

Dengan DANA, pengguna dapat melakukan pembayaran online dengan mudah dan aman, tanpa perlu menggunakan uang tunai atau kartu fisik. Fitur-fitur pembayaran online DANA memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dengan cepat dan efisien, sehingga pengalaman berbelanja atau melakukan pembayaran menjadi lebih praktis dan nyaman.

Saat ini, Dana memiliki sekitar 170 juta pengguna di Indonesia. Jumlah ini mencakup pengguna dari aplikasi Dana pada tahun 2023, yang mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, Dana telah mencatat pertumbuhan yang cukup besar, dengan jumlah pengguna mencapai 135 juta pada tahun 2022.

OVO

Seperti Gojek, awalnya OVO juga bisa dipakai untuk berbagai jenis transaksi, seperti pesan makanan, bayar tagihan listrik, internet, atau air, bahkan beli tiket bioskop. Saat ini, layanan OVO sudah ada di lebih dari 125 kota di seluruh Indonesia dan akan terus berkembang. 

Saat ini, OVO telah menghadirkan fitur baru bernama OVO Invest, hasil kerjasama dengan Bareksa, yang memungkinkan pengguna untuk memulai investasi. Dengan modal awal hanya sepuluh ribu rupiah, investor pemula sudah bisa mulai berinvestasi.

ShopeePay

ShopeePay adalah dompet digital milik Shopee yang setara dengan GoPay milik Tokopedia. Diluncurkan oleh Sea Money, induk perusahaan Shopee, pada tahun 2018, ShopeePay menjadi salah satu aplikasi dompet digital terbaik di Indonesia. Meskipun baru hadir pada tahun 2020, ShopeePay telah cepat berkembang dan mencapai lebih dari 10 juta pengguna bulanan pada Agustus 2021. Ini tidak mengherankan karena ShopeePay adalah opsi pembayaran utama untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-hari di platform Shopee. Shopee menyediakan beragam produk mulai dari fashion, elektronik, hingga investasi, membuatnya menjadi pilihan yang sangat populer. Selain itu, Shopee juga menawarkan layanan "pay later" bagi pengguna ShopeePay, memudahkan proses pembayaran.

ShopeePay memiliki jumlah pengguna yang signifikan di Indonesia. Pada Maret 2021, tingkat penetrasi pengguna ShopeePay mencapai 76%, menempatkannya sebagai salah satu dompet digital paling populer di Indonesia. 

Dalam survei oleh Snapcart pada bulan Maret 2021, ShopeePay juga merupakan e-wallet yang paling banyak digunakan. Meskipun tidak ada data yang spesifik tentang jumlah pengguna, namun pertumbuhan ShopeePay terus meningkat, menunjukkan popularitasnya yang terus berkembang di Indonesia.

LinkAja

Link Aja adalah sebuah aplikasi dompet digital (e-wallet) yang diciptakan melalui kerjasama beberapa perusahaan milik negara (BUMN), termasuk bank-bank BUMN. Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah biaya transfer yang sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 1.000 untuk mentransfer uang dari LinkAja ke bank BUMN.

Selain itu, Link Aja terus berkembang dan menambahkan berbagai fitur baru. Awalnya, aplikasi ini hanya digunakan untuk mengirim dan menerima uang, tetapi kini telah berkembang menjadi alat pembayaran yang lebih lengkap. 

Link Aja telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam jumlah pengguna. Pada Juni 2023, jumlah pengguna terdaftar mencapai 90 juta. Pada Juni 2022, jumlah pengguna terdaftar mencapai 84 juta. Selain itu, pada Desember 2019, Link Aja telah memiliki 40 juta pengguna terdaftar setelah berdiri selama 10 bulan. Ini menunjukkan bahwa LinkAja terus berkembang dan semakin banyak digunakan oleh masyarakat.

Manfaat Menggunakan Dompet Digital

Menggunakan dompet digital memberikan kemudahan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan dompet digital, Anda tidak perlu lagi repot membawa uang tunai atau kartu kredit maupun debit fisik ke mana pun Anda pergi. 

Cukup dengan smartphone Anda, Anda dapat melakukan pembayaran secara langsung di berbagai tempat, mulai dari toko-toko dan restoran hingga pembayaran tagihan seperti listrik, air, dan internet. 

Baca juga: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja dan Kelebihan dari E-Wallet

Selain itu, dompet digital juga memudahkan Anda untuk melacak pengeluaran, karena riwayat transaksi tersimpan secara otomatis di dalam aplikasi. Anda bisa dengan baik mengelola keuangan yang Anda simpan.

Selain kemudahan itu, penggunaan dompet digital juga memberikan keamanan tambahan, karena tidak perlu khawatir tentang kehilangan uang tunai atau pencurian kartu kredit. Dengan semua manfaat ini, dompet digital (e-wallet) semakin menjadi pilihan utama bagi banyak orang dalam bertransaksi secara praktis dan aman.

Mulai Terima Pembayaran Dompet Digital (E-Wallet) dengan Faspay

Dompet digital , atau yang lebih dikenal sebagai e-wallet, adalah salah satu produk populer di Indonesia. E-wallet ini tidak hanya mempermudah pembelian online, tetapi juga memfasilitasi transaksi di dunia nyata. Dengan kehadiran e-wallet, cara orang bertransaksi di Indonesia tampaknya mengalami perubahan.

Faspay terus berusaha untuk memahami kebutuhan bisnis Anda dengan menyediakan berbagai metode pembayaran yang salah satunya dengan QRIS. QRIS merupakan standar QR Code untuk pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet digital, atau mobile banking yang bertujuan untuk mempermudah pembayaran baik secara online maupun offline.

Saat ini, Anda sudah dapat menyediakan pembayaran secara offline maupun online hanya dengan satu QRIS, Anda dapat menerima pembayaran dari berbagai dompet digital yang ada di Indonesia. 

Selain QRIS, produk Faspay yang tersambung dengan dompet digital terbaik yaitu Faspay Billing. Faspay Billing adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengirimkan tagihan (invoice) serta menerima pembayaran secara online

Dengan Faspay Billing, bisnis dapat melakukan proses penagihan kepada pelanggan dengan lebih mudah dan efisien. Fitur terbaru dari Faspay Billing 2.0 termasuk pembuatan dan pengiriman e-factur pajak, proforma invoice, serta integrasi dengan sistem pembayaran online

Ini membantu dalam digitalisasi bisnis dan meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mengelola pembayaran secara elektronik. Faspay Billing juga dapat digunakan untuk berbagai jenis transaksi pembayaran, termasuk pembayaran dalam mata uang asing. 

Dengan demikian, Faspay Billing membantu meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam proses penagihan dan pembayaran bagi perusahaan. Mari cari tahu selengkapnya untuk dua produk yang mendukung pembayaran e-wallet tersebut dan daftar di sini segera!

Lihat Artikel Lainnya

bisnis online tanpa modal lewat hp

10 Ide Bisnis Online tanpa Modal Lewat HP, Anti Ribet!

contoh iklan produk

7 Contoh Iklan Produk Simpel dan Tips Pembuatannya

nama toko aesthetic

50 Inspirasi Nama Toko Aesthetic yang Unik dan Elegan

Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

10 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing