Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran, pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

QRIS Shopeepay

Fitur QRIS ShopeePay telah hadir dan siap digunakan untuk pelaku bisnis yang terhubung dengan layanan Faspay. Dengan fitur ShopeePay QRIS, pelaku bisnis akan lebih mudah dalam pembayaran non-tunai. 

Lalu, apa itu QRIS Shopeepay dan bagaimana manfaatnya untuk bisnis Anda? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu QRIS ShopeePay?

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah standar QR Code pembayaran dari Bank Indonesia yang mana melalui satu QR Code QRIS. Setiap masyarakat dapat melakukan pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet elektronik hingga mobile banking.

Bagi pelaku bisnis, kehadiran fitur ini dapat membantu proses pencatatan transaksi secara otomatis dan real-time, sehingga laporan keuangan maupun administrasi bisnis menjadi lebih efisien.

Salah satu platform pembayaran yang menggunakan dan memanfaatkan fitur ini adalah ShopeePay. ShopeePay menambahkan layanan QR Code sebagai salah satu metode pembayaran.

Tujuannya adalah untuk memudahkan para pelanggan Shopee dalam melakukan transaksi belanja online tanpa perlu ribet bayar pakai uang tunai. Terlebih lagi, Shopee merupakan salah satu aplikasi e-commerce terbesar dan populer di Indonesia hingga Asia.

Jadi, QRIS ShopeePay adalah salah satu metode pembayaran dalam aplikasi Shopee dengan menggunakan QR Code. Selain, melalui ShopeePay, pelaku bisnis juga bisa menerima pembayaran online melalui berbagai dompet elektronik, seperti GoPay, LinkAja, dan DANA.

Baca Juga: Perbedaan QRIS ShopeePay dan ShopeePay Jump App

QRIS Shopeepay

Fungsi QRIS ShopeePay?

Kehadiran ShopeePay QRIS tidak hanya memberikan keuntungan bagi pembeli, melainkan juga penjual. Sebab, QR Code ShopeePay ini menawarkan beberapa fungsi yang perlu Anda ketahui.

Nah, berikut ini beberapa fungsi QRIS ShopeePay:

  • Alat pembayaran non-tunai berbasis QR Code
  • Alat pembayaran yang mudah, cepat, dan praktis
  • Menjadi alat pembayaran yang aman karena terhindar dari risiko peredaran uang palsu
  • QRIS berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah dan legal di bawah Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Menjadi salah satu metode pembayaran dalam aplikasi e-commerce, terutama Shopee

Memudahkan pengguna Shopee untuk melakukan transaksi belanja online.

Cara Kerja QRIS yang Terhubung dengan Payment Gateway

Setelah Anda mengetahui pengertian ShopeePay QRIS, maka saatnya memahami bagaimana cara kerjanya. Terlebih adalah cara kerja QRIS jika metode pembayaran tersebut terhubung ke dalam aplikasi atau website toko Anda. Tentunya hal ini sangat berhubungan dengan sebuah payment gateway yang berperan sebagai jembatan antara toko online Anda dengan metode pembayaran QRIS. 

Faspay contohnya, merupakan sebuah perusahaan payment gateway yang telah terhubung dengan berbagai jenis channel pembayaran di Indonesia. Faspay juga telah menyediakan layanan metode pembayaran QRIS yang sangat banyak digunakan akhir-akhir ini. 

Melalui Faspay, alur transaksi menggunakan metode pembayaran QRIS dilakukan dengan beberapa tahapan sebagai berikut: 

  1. Pembeli melakukan check-out di aplikasi atau website toko online milik merchant dan memilih metode pembayaran QRIS
  2. Pemilik aplikasi/website atau merchant melakukan permintaan pembuatan QRIS kepada Faspay 
  3. QRIS online dibuat dan dikirimkan kepada merchant 
  4. QRIS online yang telah dikirimkan oleh Faspay tersebut akan ditampilkan pada platform milik merchant, dimana setiap pembelian satu dengan yang lainnya akan menghasilkan QRIS yang berbeda
  5. Pembeli atau pengguna platform selanjutnya menggunakan kode QR tersebut untuk melakukan pembayaran 

Pengguna dan merchant sangat dimudahkan dengan adanya metode pembayaran QRIS ini. Pengguna juga dapat dengan mudah melakukan pembayaran dengan cara scan kode QR. 

Berikut tata cara untuk memproses pembayaran dengan metode QRIS: 

  1. Lakukan check-out pada platform milik merchant dan pilihlah metode pembayaran QRIS 
  2. Selanjutnya, buka aplikasi yang mendukung untuk melakukan pembayaran melalui QRIS. Contohnya adalah e-wallet ataupun mobile banking
  3. Klik “Scan” pada aplikasi tersebut dan lakukan pemindaian terhadap kode QR yang ditampilkan oleh platform merchant
  4. Cek detail transaksi, jika sudah yakin benar maka masukkan “PIN” ataupun finger print untuk memproses pembayaran
  5. Proses scan kode QR telah berhasil

Kemudahan tata cara penggunaan QRIS inilah yang menyebabkan banyaknya platform telah turut serta menambahkan metode pembayaran ini. Selain itu pula, jumlah pengguna e-wallet dan mobile banking yang kian marak semakin mendukung keterjangkauan metode pembayaran QRIS.

Manfaat QRIS ShopeePay

Fitur QRIS akan memberikan keuntungan baik untuk pelanggan maupun pemilik bisnis. Para pelanggan dapat melakukan pembayaran secara lebih fleksibel, sesuai dengan sumber dana pada dompet elektronik mereka.

Kemudian, pelanggan bisa membayar lebih mudah dengan cara memindai (scan) dan bayar. Sementara itu, dari sisi pelaku bisnis juga akan diuntungkan karena dapat berpotensi meningkatkan keuntungan dengan bertambahnya satu jenis channel pembayaran terbaru.

Beberapa keuntungan lainnya dengan menggunakan QRIS adalah dari sisi biaya yang telah berstandar Bank Indonesia. Hal ini karena biayanya lebih rendah daripada biaya transaksi channel pembayaran online lainnya yang tersedia.

Kemudian, terdapat keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan QRIS ShopeePay, yakni transaksi yang dilakukan menjadi lebih efisien dan cepat.

Bahkan, dengan menggunakan QR Code ShopeePay, pelanggan juga sering kali mendapatkan cashback tanpa minimal pembayaran dan tidak ada biaya tambahan lainnya.

Dengan begitu, para pelanggan bisa melakukan transaksi apa pun melalui aplikasi e-commerce  Shopee. Mulai dari berbelanja, membayar makanan, membeli tiket wisata, berdonasi, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, sekarang ini ShopeePay QRIS menjadi salah satu alat pembayaran digital yang banyak digunakan oleh masyarakat. Sebab, di Indonesia sendiri jumlah pengguna ShopeePay telah mencapai lebih dari 10 juta orang.

Baca Juga: Mengapa Perlu Menggunakan QRIS untuk berbisnis? Berikut Alasannya!

Jangkau Lebih Banyak Pelanggan dengan Daftar QRIS ShopeePay di Faspay Payment Gateway

Faspay memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam melakukan proses pendaftaran dan proses integrasi yang mudah dan cepat, serta jaminan keamanan bertransaksi sesuai standarisasi dari Bank Indonesia.

Apalagi, Faspay juga merupakan penyelenggara QRIS dinamis yang telah berizin dan diawasi oleh Bank Indonesia. 

Berikut cara mendaftarkan metode pembayaran QRIS untuk toko online Anda melalui Faspay: 

  • Langkah pertama adalah mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap mulai Nama bisnis hingga website atau aplikasi yang dimiliki, lebih mudahnya Anda dapat mengakses lewat link berikut 
  • Setelah Anda mengisi dengan lengkap, Anda akan menerima email balasan dari tim Akuisisi Faspay paling lambat 1 hari kerja 
  • Selanjutnya, Anda sebagai calon merchant wajib mengisikan berbagai dokumen pendukung yang sesuai dengan jenis bisnis (Badan Hukum atau Bisnis Individu)
  • Setelah dokumen lengkap, langkah selanjutnya adalah melakukan proses KYC yang dilanjutkan integrasi. Proses integrasi terkecuali untuk produk Faspay Billing. 
  • Dari proses ini, Anda akan menerima user credential yang selanjutnya menandakan bahwa toko Anda sudah dapat menggunakan layanan Faspay salah satunya seperti QRIS. 

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu QRIS ShopeePay, fungsi, cara kerja, hingga manfaat bagi setiap pelaku bisnis.

Pada dasarnya, QRIS ShopeePay adalah salah satu metode pembayaran melalui QR Code dalam aplikasi e-commerce Shopee dan memberikan kemudahan pelanggan dalam bertransaksi.

Terlebih lagi, QRIS bisa menerima pembayaran digital melalui beberapa aplikasi uang elektronik, seperti m-banking, e-money, dan lain sebagainya.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik menggunakannya? Jika iya, silakan segera maksimalkan channel pembayaran bisnis Anda dengan QRIS ShopeePay. Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur QRIS ShopeePay, hubungi tim Acquisition Faspay melalui email sales@faspay.co.id.

Selain itu, Anda bisa daftar jadi merchant Faspay sekarang untuk mendapatkan kemudahan transaksi apa saja secara online dengan menggunakan metode pembayaran QRIS atau  Quick Response Code Indonesian Standard.

Lihat Artikel Lainnya

Faspay Payment Gateway dengan Logo Baru

Jangkau Pelanggan Unbanked dengan Pembayaran Melalui Gerai Retail

Faspay Payment Gateway dengan Logo Baru

Faspay Hadir dengan Wajah Baru: Inovasi untuk Layanan Pembayaran yang Lebih Cepat, Aman, dan Andal

split payment

Apa itu Split Payment? Ini Manfaat dan Contoh Penerapannya

cara transfer uang ke luar negeri faspay

3 Cara Transfer Uang ke Luar Negeri, Mudah dan Aman!