Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Woocommerce payment gateway

Panduan Cara Setting WooCommerce Payment Gateway di Faspay

Jika Anda merupakan pebisnis yang ingin berkembang di era digitalisasi ini, istilah WooCommerce Payment Gateway penting untuk diketahui. Tidak ada alasan lain, selain karena ini adalah salah satu langkah yang bisa membuat bisnis Anda lebih maju.

Jika Anda tertarik untuk menjadi pebisnis sukses di masa sekarang, simak ulasan berikut ini, ya. Pastikan untuk membacanya hingga tuntas!

Apa Itu WooCommerce Payment Gateway? 

WooCommerce Payment Gateway merupakan istilah yang sering digunakan untuk menyebut sistem pembayaran di toko online. Tepatnya, di WooCommerce. 

Singkatnya, istilah ini adalah gabungan dari dua hal, yaitu WooCommerce dan Payment Gateway. Untuk diketahui, WooCommerce sendiri merupakan plugin marketplace online yang tersedia di WordPress.

Dengan memanfaatkan software gratis ini, Anda bisa mengubah situs web menjadi tempat yang menghasilkan pundi-pundi rupiah. Jelasnya, software ini dapat dijadikan sebagai platform untuk berniaga. 

Mengenai barangnya, pebisnis bisa menjual apa pun, mulai dari makanan, item fashion, jasa, atau lain sebagainya. Sementara itu, payment gateway adalah sistem pembayaran yang dapat memberikan keuntungan untuk dua belah pihak, yakni pebisnis dan pelanggan.

Dengan menerapkan fitur ini, pebisnis dapat menjangkau lebih banyak konsumen sebab target market tersebut merasakan kemudahan ketika berbelanja. Di sisi lain, pihak konsumen dapat membeli kebutuhannya dengan sangat mudah sebab tersedia opsi sistem transaksi yang lengkap.   

Mulai dari transfer bank, kartu kredit, e-wallet, virtual account, dan atau metode lainnya. Simpelnya, dengan menerapkan payment gateway ke situs WooCommerce Anda, pembeli dapat membayar tidak hanya via transfer bank ataupun credit.

Lebih dari itu, pembeli diberi kebebasan untuk memilih sistem pembayaran mana pun yang ingin dipilihnya. Lantas, bagaimana cara kerja sistem pembayaran yang ditawarkan fitur ini?

Cara Kerja WooCommerce Payment Gateway WordPress 

Jika Anda tertarik untuk menggunakan sistem WooCommerce sekaligus payment gateway, tentu harus tahu mengenai banyak hal terlebih dulu, bukan? Termasuk dengan cara kerja dari sistem payment gateway ini.

Untuk diketahui, cara kerja dari sistem pembayaran dengan fitur payment gateway sebetulnya mudah dipahami.  Dilihat dari namanya, Anda tentu bisa memahami maksud dari istilah tersebut.

Ya, payment gateway dapat diartikan sebagai sistem yang dapat menjembatani pembayaran antara pembeli dan pebisnis sebagai penjualnya. Jadi, jika sistem ini diterapkan, uang yang ditransfer pembeli tidak langsung masuk ke rekening pribadi ataupun perusahaan Anda.

Akan tetapi, uang tersebut dialihkan ke rekening pengelola payment gateway terlebih dulu. Dengan sistem   WooCommerce payment gateway WordPress, tentu lebih banyak keuntungan ataupun manfaat yang bisa didapatkan pebisnis seperti Anda. Ingin tahu apa saja? Simak lebih lengkapnya di bawah ini, ya.

Manfaat WooCommerce Payment Gateway 

Setelah mengetahui istilah WooCommerce Payment Gateway dan memahami cara kerjanya, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan pebisnis. Selain itu, manfaat ini juga bisa dirasakan langsung oleh konsumen jualan Anda dan memungkinkan orang-orang tersebut menjadi pelanggan tetap. 

1. Transaksi Terjamin Aman

Ketika mengetahui payment gateway adalah sistem pembayaran yang menjadi jembatan antara rekening pebisnis dengan transferan pembeli, bagaimana pikiran Anda? Mungkin, tidak sedikit dari Anda yang berpikir mengenai keamanannya.

Hal itu sangat wajar, sebab ini berhubungan dengan uang. Sehingga, bisa dikatakan cukup sensitif.

Untuk itu, perlu diketahui bahwa transaksi dengan sistem payment gateway sangat terjamin keamanannya. Terlebih, jika Anda memilih perusahaan payment gateway terbaik.

Sebagai informasi, terdapat beberapa standar keamanan yang umumnya diterapkan perusahaan payment gateway terbaik. Di antara standar keamanan tersebut adalah sebagai berikut.

  •       Memiliki Sertifikat PCI-DSS Level 1

Untuk diketahui, PCI-DSS adalah singkatan dari Payment Card Industry Data Security Standard. Standar ini juga telah diterapkan pada penggunaan produk kartu kredit dengan logo Visa maupun MasterCard.

Nah, payment gateway terbaik biasanya sudah mengantongi sertifikat ini. Pasalnya, PCI-DSS adalah sertifikat yang menyatakan bahwa keamanan transaksi online di suatu perusahaan telah menggunakan sistem sesuai standar internasional.

  •       Terdapat Fraud Detection System

Sistem keamanan kedua yang biasa diterapkan perusahaan payment gateway terbaik adalah Fraud Detection System atau FDS. Untuk diketahui, sistem ini dapat mendeteksi adanya penipuan sehingga sistem keamanan dapat bertindak langsung guna meminimalisir risiko tersebut.

Cara kerja dari sistem FDS ini dimulai dengan menyaring transaksi pembayaran online, baik dengan kartu kredit maupun debit. Jika ditemukan hal yang mencurigakan, FDS akan bertindak dengan cepat dan menggagalkan transaksi tersebut.

2. Laporan Transaksi secara Real-time 

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan pebisnis dari sistem payment gateway adalah laporan secara real-time. Jadi, setiap ada pembeli yang sudah berhasil melakukan transaksi ke rekening payment gateway, Anda bisa mengetahuinya. 

Selain itu, status pembayaran di barang yang dibeli pelanggan juga akan otomatis ter-update. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot memperbarui status transaksi dan bisa langsung mengurus pesanan pelanggan.

3. Opsi Metode Transaksi yang Lengkap

Saat ini, ada banyak sekali platform keuangan yang dapat mempermudah banyak hal, termasuk dengan belanja. Di sisi lain, makin banyak masyarakat yang mulai memanfaatkan platform tersebut sebab sistem transaksinya dirasa lebih simpel.  

Melihat hal ini, pebisnis tentu harus pintar-pintar dalam memanfaatkan kondisinya. Salah satunya adalah menerapkan metode pembayaran dengan cara yang bisa dilakukan konsumen, yakni dengan sistem transaksi terkini seperti e-money.  

Namun, mempunyai banyak platform keuangan agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen tentu tidak mudah. Sebagai solusinya, ada payment gateway yang bisa menerapkan metode pembayaran zaman sekarang di WooCommerce Anda. 

Seperti yang telah diketahui, menerapkan sistem WooCommerce payment gateway pada situs tempat Anda berjualan akan menambahkan metode transaksi. Mulai dari transfer bank, transfer e-money, e-wallet, atau lain sebagainya.

4. Integrasi Cepat dan Mudah

Untuk diketahui, instalasi atau metode untuk menerapkan sistem payment gateway pada situs berjualan Anda terbilang sangat mudah. Rata-rata, perusahaan yang menyediakan  jasa payment gateway mempunyai teknisi dengan kualitas terbaik.

Sehingga, orang-orang tersebut menyiapkan metode registrasi yang tidak ribet. Untuk diketahui, beberapa perusahaan menyiapkan sebuah dokumen untuk mempermudah Anda dalam hal integrasi Woocommerce payment gateway.

Dalam file tersebut, Anda bisa menemukan tutorial instalasi sistem payment gateway perusahaan tersebut. Namun, akan jauh lebih baik jika Anda memilih perusahaan yang tidak membutuhkan integrasi tertentu.

Dengan begitu, fitur-fitur terbaik sistem payment gateway bisa lebih cepat dirasakan dan Anda dapat menjangkau konsumen lebih luas.

Kriteria Payment Gateway Terbaik 

Supaya Anda tidak salah memilih perusahaan penyedia jasa payment gateway, sebaiknya ketahui beberapa hal berikut. Di bawah ini, terdapat beberapa ciri-ciri perusahaan yang siap memberikan layanan WooCommerce payment gateway terbaik untuk Anda.

Di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Mempunyai fitur-fitur terbaik dan metode pembayaran lengkap.
  • Dapat digunakan di Indonesia.
  • Metode instalasi dan konfigurasi yang mudah.
  • Menjamin keamanan transaksi.
  • Memberikan laporan transaksi yang lengkap dan real-time.
  • Menawarkan promo tertentu.
  • Telah berpengalaman.

Jika Anda bingung mencari payment gateway terbaik dengan kriteria tadi, Faspay adalah perusahaan yang sangat patut dijadikan pilihan. Kenapa harus Faspay? 

Sebagai informasi, Faspay adalah perusahaan yang bergerak di bidang payment gateway sejak 9 tahun lalu. Oleh karena itu, kualitas layanan yang diberikan perusahaan ini dipastikan sangat terjamin baiknya.

Selain itu, perusahaan ini juga menawarkan banyak fitur terbaik, seperti puluhan metode  pembayaran yang bisa dipilih. Mengenai keamanannya, Anda tidak perlu khawatir.

Perusahaan ini telah mengantongi sertifikasi PCI DSS Level I hingga lisensi resmi dari Bank Indonesia. Oleh karena itu, transaksi dijamin aman.

Yang tidak kalah penting, metode instalasi payment gateway ini bisa dikatakan sangat mudah. Bahkan, Anda tidak perlu melakukan integrasi apa pun untuk menghadirkan fitur WooCommerce payment gateway di situs marketplace.

Sebagai gambaran, berikut adalah cara mudah setting payment gateway di WooCommerce Anda. 

Cara Mudah Setting WooCommerce Payment Gateway di Faspay

1. Pastikan Anda melengkapi beberapa persyaratan software berikut. 

  • Pertama, WordPress harus sudah diupgrade ke versi 3.9 atau yang lebih tinggi. 
  • Kedua, minimum versi WooCommerce  adalah v2. 
  • Ketiga, PHP harus versi 5.4 atau lebih tinggi. 
  • Keempat, MySQL sudah versi 5.0 atau yang lebih tinggi. 
  • Kelima, server atau web hosting mempunyai kemampuan PHP cURL.

 

2. Lakukan instalasi dengan cara berikut ini.

  • Unduh plugin WooCommerce di perangkat Anda.
  • Masuk ke panel khusus admin di WordPress.
  • Masuk ke menu Plugins, lalu klik Add New. Cari plugin yang sebelumnya diunduh di folder perangkat.
  • Instal dan ikuti beberapa langkah berikutnya yang terdapat di layar perangkat.

3. Untuk mengkonfigurasi, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka WooCommerce  yang sudah ada di perangkat Anda. Kemudian, masuk ke pengaturan dan temukan Faspay Payment Gateway Global Configuration, lalu klik.
  • Isi kolom Merchant Name dengan daftar nama toko online Anda.
  • Isi kolom Merchant Code dengan beberapa angka berupa kode yang diberikan oleh Tim Faspay. 
  • Isi Merchant Password dengan password transaksi yang diberikan sistem.
  • Pilih paket MID apabila Anda menggunakan layanan kartu kredit.
  • Lalu, centang debug Faspay apabila Anda ingin mengaktifkan proses logging.
  • Jika sudah, Anda bisa kembali ke menu pengaturan dan masuk ke menu Pembayaran. 
  • Pilih saluran pembayaran yang ingin diterapkan di WooCommerce Anda dan klik Set Up atau Penyiapan untuk menginstal.
  • Selanjutnya, klik kelola untuk mengkonfigurasi saluran pembayaran dan pilih opsi Lingkungan, lalu aktifkan/nonaktifkan.
  • Isi kolom Title dengan teks yang ingin ditampilkan di tombol pembayaran.
  • Isi jangka waktu pembayaran transaksi di kolom Expired Date.
  • Isi kolom Deskripsi dengan teks yang ingin ditampilkan ke pelanggan Anda. 

Siap Mengembangkan Bisnis Anda dengan WooCommerce x Faspay?

Nah, itulah cara mudah setting payment gateway di WooCommerce dengan Faspay. Bagaimana, mudah, bukan?

Jika Anda belum memiliki bisnis di WooCommerce karena terkendala beberapa hal, seperti sistem pembayaran, sekarang sebaiknya segera bertransformasi. Segera jangkau lebih banyak konsumen dengan menerapkan menyiapkan situs berjualan Anda. 

Untuk mempermudah pembayaran, terapkan fitur WooCommerce payment gateway dari Faspay di situs berjualan Anda. Jangan ditunda-tunda, daftar segera Payment Gateway Faspay dan rasakan berbagai keuntungannya !

  Jangan ditunda-tunda, daftar segera Payment Gateway Faspay dan rasakan berbagai keuntungannya.

Lihat Artikel Lainnya

ide bisnis

Ide Bisnis Online Paling Menjanjikan di Tahun 2020

WhatsApp Image 2020-10-13 at 11.24.34 AM

#MerchantStory Via.com: Transaksi Online Minim Risiko Pakai Faspay Business

pembayaran online dana

Lebih Mudah Manjakan Pelanggan dengan Pembayaran Online Bisnis Lewat DANA

DevOps-Indonesia-MeetUp-at-Faspay-January-2019.jpg

​DevOps Indonesia MeetUp #13 at Faspay