Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Cara mendaftar QRIS menggunakan HP

Saat ini, metode pembayaran semakin dimudahkan dengan munculnya berbagai teknologi dan sistem pembayaran digital. Salah satunya yaitu melalui QRIS, yang terbagi lagi menjadi QRIS online (dinamis) dan QRIS offline (statis).

Namun dari segi fleksibilitas penggunaan, metode pembayaran QRIS dinamis lebih banyak diminati. Jika tertarik, sebaiknya ketahui seperti apa cara aktivasinya. Ketahui pula rekomendasi penyelenggara jasa sistem pembayaran yang melayani aktivasi QRIS.

Apa Itu QRIS Online?

Kepanjangan QRIS adalah Quick Response Indonesia Standard). Ini merupakan sebuah kode QR atau QR code untuk semua payment yang dikembangkan serta diluncurkan oleh BI atau Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Adapun QRIS dinamis adalah jenis QRIS QR code dari Bank Indonesia yang bersifat online. Sehingga pembayarannya bisa berlangsung secara digital dengan sistem verifikasi dan pencatatan transaksi secara otomatis.

Itu sebabnya, jenis kode QR ini lebih fleksibel dibanding QRIS offline atau statis. Adapun perbedaan lebih rinci terkait kedua jenis QRIS tersebut adalah sebagai berikut:

1. Media Tampilan

Media Tampilan

Baik QRIS online maupun offline sama-sama merupakan bagian dari QRIS MPM (Merchant Presented Mode). Pada metode MPM, pihak yang memindai QRIS adalah konsumen. Berbeda dengan metode CPM (Customer Presented Mode), dimana QRIS memiliki kode yang harus dipindai oleh penjual.

Bedanya, QRIS di toko offline biasanya ditampilkan dalam bentuk cetak seperti stiker dan harus dipajang. Sedangkan QR code online dapat di-scan oleh konsumen di website atau aplikasi merchant.

2. Informasi Dana atau Nominal Pembayaran

Informasi Dana atau Nominal Pembayaran

Saat pelanggan melakukan scan QRIS yang ditampilkan, QR code jenis offline tidak akan memberikan informasi nominal pembayaran. Jadi, konsumen harus meng-input jumlah nominal pembayaran secara manual sesuai informasi dari merchant QRIS.

Hal ini berbeda dengan QRIS online yang sudah mencantumkan informasi besaran nominal pembayaran yang harus dibayar. Artinya, konsumen tidak perlu memasukkan jumlah yang harus dibayarkan, karena sudah terisi secara otomatis.

3. Sistem Pemakaian QR Code

QR Code

Satu QR code pada QRIS statis dapat digunakan untuk setiap transaksi pembayaran hingga berkali-kali. Sedangkan QR code pada QRIS dinamis akan tercetak berbeda untuk setiap transaksi pembayaran.

4. Sistem Pencatatan Transaksi

Pencatatan Transaksi QRIS

Pembayaran dan konfirmasinya untuk proses transaksi dengan QR code statis dilakukan secara manual. Karena itu, sistem ini hanya cocok untuk pembayaran secara offline seperti di sektor ritel.

Sedangkan pembayaran menggunakan QR code dinamis yang bersifat online memungkinkan pengecekan secara otomatis untuk setiap transaksi, sehingga pencatatan setiap transaksinya menjadi lebih rapi dan akurat.

Merchant yang Menggunakan

Karena bersifat dinamis, pembayaran menggunakan QRIS online cenderung lebih banyak dipilih oleh para merchant atau pemilik usaha online

Sementara itu, QRIS offline lebih banyak digunakan oleh para pelaku usaha skala mikro dan kecil yang pembayarannya dilakukan secara langsung (offline) di tempat usaha fisik.

Keunggulan Transaksi QRIS Dinamis (Online

Beberapa manfaat QRIS online beserta keunggulannya adalah sebagai berikut.

1. Kemudahan Metode Pembayaran

QRIS berbasis online lebih mudah digunakan konsumen, sebab saat konsumen melakukan scan QRIS pada merchant nominalnya bisa langsung terlihat. Sehingga, proses pembayaran melalui QRIS ini menjadi lebih cepat dan praktis.

2. Otomatisasi Transaksi dan Sistem Pencatatan

Selanjutnya, QRIS dinamis memungkinkan terjadinya pengecekan dan pencatatan transaksi secara otomatis. Setiap transaksi yang telah dibayarkan akan tercatat dengan rapi di dalam sistem, sehingga riwayat transaksi lebih akurat dan terorganisir.

3. Lebih Cocok untuk Transaksi Toko Online

Dengan berbagai keunggulan di atas, API QRIS online lebih cocok digunakan untuk pembayaran dengan QR code secara online, terutama dalam bisnis yang memiliki platform online seperti website atau aplikasi.

Bagaimana Cara Punya QRIS?

Untuk memiliki QRIS offline maupun online, Anda harus mendaftar dan melakukan aktivasi terlebih dahulu pada penyedia layanan terkait. Kini, sudah banyak layanan perbankan dan dompet digital yang mendukung cara aktivasi QRIS online.

Jadi, siapa saja sekarang bisa memiliki QRIS. Cukup pilih penyedia layanan yang diinginkan sesuai dengan target pasar bisnis Anda, buat akun, lakukan verifikasi identitas, lalu integrasikan QRIS tersebut dengan sistem pembayaran yang Anda gunakan.

Faspay, Layanan Payment Gateway Penyedia QRIS Bank Indonesia

Faspay adalah payment gateway yang menyediakan channel pembayaran QRIS untuk di website atau aplikasi bisnis serta dapat menjadi channel pembayaran pada invoice online. Dengan Faspay, merchant bisa memilih ingin menggunakan QRIS dari penyedia yang mana, mulai dari ShopeePay, CIMB, Paydia, maupun LinkAja.

Apapun pilihannya, tidak ada perbedaan harga. Sebab biaya untuk seluruh layanan QRIS berbasis online dari Faspay hanya sebesar 0,7% saja per transaksinya.

Namun sebaiknya, gunakan lebih dari satu QRIS untuk bisnis Anda, agar ketika salah satu penyedia QRIS sedang down, transaksi bisa terus berjalan melalui penyedia lainnya.

Cara Daftar QRIS secara Online Melalui HP Via Faspay

Cara buat QRIS secara online melalui HP bersama Faspay sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

Siapkan Dokumen Persyaratan

Siapkan formulir yang sudah diisi, rekening bank, fotokopi KTP atau KITAS, fotokopi NPWP. Khusus bisnis berbadan hukum, lampirkan pula fotokopi SK Kemenkumham, SIUP, TDP, Surat Keterangan Domisili, dan akta pendirian .

1. Kunjungi Halaman Faspay

Kunjungi halaman Faspay, lalu lampirkan seluruh dokumen di atas dan isi seluruh informasi yang diminta. Mulai dari nama bisnis, PIC, nomor telepon, email, website atau aplikasi, kategori/tipe bisnis, dan lain sebagainya selengkap mungkin.

2. Integrasi dan Testing

Setelah melakukan pendaftaran, Tim Akuisisi Faspay akan menghubungi Anda via email. Tahap selanjutnya, ikuti proses integrasi dan testing untuk pengguna baru sesuai arahan pada email.

3. Dapatkan User Credential

Setelah semua proses dilalui, Anda akan mendapatkan user credential untuk melakukan pembayaran QRIS. Kemudian, Anda sudah bisa menggunakannya sebagai sistem payment.

Untuk mendukung standarisasi pembayaran menggunakan metode QR code dari berbagai penyedia aplikasi, QRIS Faspay adalah salah satu opsi terbaik. Yuk, daftar sekarang dan upgrade sistem pembayaran Anda menggunakan QRIS online!

Lihat Artikel Lainnya

Dec_CRM_Thumbnail

5 Benefits of Customer Relationship Management (CRM) for Businesses

pitching artinya

Pitching: Kenali Strategi dan Cara Melakukannya dengan Baik

Tren Donasi Digital meningkat

Tren Donasi Digital Meningkat Selama Pandemi, Perilaku Masyarakat Dalam Berdonasi Berubah

DevOps-Indonesia-MeetUp-at-Faspay-January-2019.jpg

​DevOps Indonesia MeetUp #13 at Faspay