Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > Cara Membuat Website Menarik Agar Bisnis Online Meroket

Cara Membuat Website Menarik Agar Bisnis Online Meroket

Cara Membuat Website Menarik Agar Bisnis Online Meroket Faspay Payment gateway

Meningkatnya penjualan bisa dipengaruhi oleh kemudahan akses dalam mendapatkan informasi produk dan berbelanja melalui website. Dengan cara membuat website bisnis yang responsif, Anda juga dapat membangun presensi di dunia digital.

Eksistensi di dunia digital sangatlah penting, sebab kini sebagian besar pengguna internet mengakses website untuk berbelanja. Membuat situs web bisnis tak jauh berbeda dengan membuat website pribadi. 

Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuatnya. Proses pembuatan website pun bisa lebih mudah karena Anda dapat mengandalkan web hosting gratis. Simak cara pembuatan website untuk bisnis yang bisa menarik pelanggan!

Bagaimana Cara Membuat Website Bisnis?

Memiliki website toko online tak hanya memudahkan bagi pelanggan, tapi juga menguntungkan Anda saat mengelola bisnis. Anda bisa memaksimalkan pengalaman pembeli saat mengunjungi website Anda. 

Cara membuat website untuk bisnis bisa ditemukan di halaman pencarian Google. Jika Anda masih mencari cara membuat website bisnis, simak langkah pembuatan yang mudah untuk pemula berikut ini:

1. Persiapkan dan Susun Rancangan Struktur

Persiapkan dan Susun Rancangan Struktur

Hal dasar yang harus disiapkan adalah pengetahuan mengenai produk atau jasa Anda yang akan ditawarkan. Lihat juga peluang pasar saat akan menjual produk atau jasa. Setelah itu lakukan riset mengenai desain website dan pilih mana yang akan menjadi inspirasi Anda.

Anda juga harus mencari nama domain, layanan web hosting serta hal lainnya. Persiapan selanjutnya adalah menetapkan strategi serta media promosi yang akan digunakan untuk memperkenalkan website Anda. 

2. Pilih Nama Domain yang Mudah Diingat

Pilih Nama Domain yang Mudah Diingat

Memilih nama domain website tak dapat dilakukan sembarangan. Cara membuat website bisnis bisa dikenal dengan memilih nama domain yang tepat. Pastikan nama tersebut bisa menarik perhatian calon konsumen dan merepresentasikan pasar yang Anda targetkan. 

Disarankan buat nama yang unik dan tak biasa, namun mudah diingat oleh pelanggan. Dengan begitu pengunjung bisa lebih mudah untuk menemukan situs web bisnis Anda. Jangan memilih nama yang cenderung mengarah ke arti negatif. 

Lengkapi juga dengan top-level domain seperti .com dan .co.id. Nantinya nama serta top-level domain akan digabung untuk membentuk URL seperti example.com. Tapi, Anda tak boleh terpaku pada satu ekstensi saja. Misal example.com sudah tidak ada, Anda bisa coba untuk menggunakan ekstensi lainya.

3. Gunakan Web Hosting yang Terpercaya

Cara membuat website bisnis gratis selanjutnya bisa dengan menggunakan web hosting yang terpercaya. Web hosting adalah sebuah platform yang menyimpan data website atau aplikasi supaya dapat diakses secara online.

Layanan ini membantu Anda untuk mengakses dan menggunakan situs melalui berbagai perangkat seperti laptop, komputer hingga smartphone. Jenis web hosting ada dua, yaitu yang berbayar dan juga gratis. 

Jika Anda merasa kesulitan memilih web hosting yang cocok, perhatikan setiap fitur yang ditawarkan. Pastikan hosting yang dipilih menjawab kebutuhan Anda jadi tak akan ada kendala kedepannya. 

4. Install Platform yang Mudah Diakses dan Dikelola

Install Platform yang Mudah Diakses dan Dikelola

Cara membuat website bisnis selanjutnya adalah pemilihan platform pengelolaan yang mudah untuk digunakan. Website WordPress adalah salah satu platform dasar bagi website yang bisa Anda pilih. 

Setelah install WordPress, Anda akan mendapatkan e-mail mengenai informasi login. Anda perlu mengakses http://situsAnda.com/wp-admin untuk melakukan login. Lalu buka halaman login dan masukkan username serta password lalu klik tombol “Log In”. 

Anda harus membuat halaman website untuk bisnis Anda sebelum install software bisnis Anda. Caranya dengan membuka “Pages” lalu klik “Add New”. Di sini Anda bisa menambahkan beragam halaman yang harus ada di website yaitu:

  • Home atau Beranda
  • About 
  • Informasi Pengiriman
  • FAQ
  • Bantuan Pelanggan
  • Blog
  • Produk atau Jasa
  • Checkout

5. Install Plugin Toko Online

 Plugin Toko Online

Plugin sendiri merupakan tool ekstensi yang ditambahkan untuk menjalankan fitur tertentu pada website WordPress. Salah satu plugin yang wajib digunakan dan mudah dibuat pada website jualan yaitu WooCommerce.

Plugin WooCommerce digunakan untuk penunjang pembuatan toko online. Meskipun dapat digunakan secara gratis, plugin WooCommerce memberikan fitur website tambahan yang berbayar.

Cara membuat website bisnis dengan meng-install WooCommerce sangatlah mudah, yaitu:

  • Login ke dashboard WordPress dengan mengakses WP admin. 
  • Temukan opsi “Plugins” di bagian kiri, lalu klik “Add New”.
  • Ketik WooCommerce di bagian kolom pencarian.
  • Lalu Anda akan diminta memasukkan segala informasi mengenai bisnis Anda.
  • Semua proses install selesai.

Semua file WooCommerce yang Anda butuhkan akan dibuat. Anda juga bisa mengaktifkan berbagai platform yang digunakan untuk metode pembayaran online. Cara membangun website dengan WooCommerce cukup mudah bukan?

6. Lengkapi dan Sempurnakan Website Bisnis Anda

Sempurnakan Website Bisnis Anda

WordPress menyediakan pilihan customization tema yang bisa digunakan untuk mendesain website gratis untuk jualan. Tema WordPress juga kompatibel dengan WooCommerce yang menjadi plugin paling populer. 

Maka Anda harus memilih tema yang dikhususkan untuk WooCommerce karena Anda sedang membuat website untuk bisnis. Tema WordPress dibuat khusus untuk plugin WooCommerce yang ada dalam website agar performanya maksimal.

Langkah-langkah penerapan tema website tersebut adalah:

  • Pilih “Appearance”.
  • Klik “Themes”, lalu “Add New”.
  • Di kolom pencarian masukkan nama tema yang Anda inginkan.
  • Install tema tersebut.
  • Setelah berhasil di-install, aktifkan tema dan mulai buat toko online Anda.
  • Kemudian Anda diarahkan menuju layar selanjutnya untuk melakukan penyesuaian situs. Di bagian kiri akan ada berbagai opsi menu untuk memodifikasi situs website Anda.
  • Jika Anda merasa puas dengan tampilan website bisnis, maka klik “Publish” dan selesai!

Dalam cara membuat website bisnis, penyempurnaan menjadi hal wajib agar website sesuai dengan kebutuhan tujuan Anda. Maksimalkan potensi bisnis dengan website yang memiliki performa terbaik. 

7. Buat Katalog Produk atau Jasa

Buat Katalog Produk atau Jasa

Setelah desain selesai, saatnya Anda membuat katalog produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini akan memudahkan calon pelanggan untuk mengenali segala produk atau jasa Anda. 

Cantumkan foto serta deskripsi produk dengan jelas agar pelanggan dari bisnis Anda tak kebingungan. Begitu pula untuk jasa, Anda harus memberikan penjelasan tentang layanan serta mengapa hal tersebut akan membantu pelanggan Anda. 

Cara memasukkan produk website bisnis online melalui WordPress juga sederhana, yaitu:

  • Pilih “Product” lalu “Add New” pada dashboard admin WordPress.
  • Jika Anda scroll ke bawah, nantinya Anda akan diarahkan untuk mengisi deskripsi produk dan harga.
  • Pada bagian kanan halaman produk, tambahkan juga gambar dan buat juga galeri foto.
  • Pilih “Upload Files” untuk menambahkan gambar. 
  • Drag-and-drop foto ke uploader.

Agar semakin detail, Anda bisa menambahkan gambar sebanyak mungkin di WooCommerce. Setelah mengenal berbagai cara pembuatan web gratis untuk jualan online, Anda bisa membuat daftar produk dengan melakukan customization agar lebih sesuai preferensi Anda. 

8. Cantumkan Kontak

Cantumkan kontak website

Website yang bagus dan mudah digunakan memang disukai oleh pengunjung, tapi akan lebih baik jika Anda mencantumkan informasi kontak bisnis. Calon pembeli akan langsung menghubungi Anda saat mereka tertarik dengan produk Anda setelah mengunjungi website

9. Promosikan Website Bisnis Anda

Promosikan Website Bisnis Anda  

Cara membuat website bisnis bisa dikenal secara luas, adalah dengan melakukan promosi. Bukan hanya mempromosikan produk, Anda bisa menyebarkan informasi website agar semakin banyak pengunjung. 

Untuk mempromosikan website bisnis, Anda bisa mengandalkan media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, Tiktok, WhatsApp, bahkan yang terbaru sekalipun seperti Threads. Bagikan informasi penting dan unik mengenai website bisnis Anda. 

Anda juga bisa mengarahkan pengunjung untuk mencari tahu portofolio online bisnis Anda. Biasanya website juga akan menampilkan kegiatan bisnis yang dilakukan agar pengunjung semakin tertarik.

10. Kembangkan Website agar Ramah Pengguna

Kembangkan Website agar Ramah Pengguna

Website yang loading-nya lambat dan tampilan tidak menarik akan ditinggalkan oleh pengunjung. Untuk itu Anda harus memastikan dan mengembangkan fungsionalitas website lebih maksimal. Pastikan UI (User Interface) dan UX (User Experience) website Anda ramah pengguna. 

Website bisnis online harus memperhatikan kedua hal ini agar hasilnya bisa lebih disukai. UI yang mengutamakan tampilan berfokus pada warna, ilustrasi, tipografi dan elemen visual lainnya. 

Sedangkan UX mencakup pengalaman pengguna dan keseluruhan hal yang digunakan untuk mengoptimasi website. Contohnya adalah alur informasi, kecepatan, navigasi yang mudah, fungsi dari button dan segala solusi yang diberikan kepada pengguna. 

Apabila Anda tertarik membuat website gratis untuk bisnis sendiri sebaiknya pahami segala elemennya dahulu. Setelah itu Anda bisa mengikuti berbagai cara membuat website bisnis di atas. Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan website.

Sebaiknya platform website haruslah lengkap dengan berbagai fitur. Fitur website yang juga sangat penting bagi website bisnis anda adalah fitur pembayaran online yaitu dengan menghubungkan website dengan  payment gateway. Hal ini ditujukan agar bisnis Anda dapat lebih meroket dengan memaksimalkan pembayaran bisnis.

Menentukan payment gateway terbaik dan cocok untuk website Anda tidaklah sulit. Anda bisa memilih Faspay. Sebagai sistem pembayaran online untuk bisnis Anda, Faspay akan mempermudah transaksi dan bisa tetap aman. 

Faspay menjadi solusi lengkap payment gateway yang memberikan layanan unggulan seperti Faspay SendMe, Faspay Billing dan Faspay Business. Cari tahu kegunaan tiap layanan payment gateway terbaik ini untuk meningkatkan transaksi dan membuat bisnis online Anda semakin meroket.

Segera lakukan pendaftaran dengan klik https://faspay.co.id/id/daftar/ dan rasakan sendiri keuntungan yang Anda dapatkan dari layanan Faspay.

Lihat Artikel Lainnya

Proforma Invoice

Proforma Invoice: Ini Fungsi, Contoh dan Perbedaannya dengan Invoice

WhatsApp Image 2021-01-15 at 6.53.54 PM

Saatnya Lakukan Langkah Tepat untuk #GenapiResolusi Bisnis Anda di tahun 2021

payment link (2)

Ingin Transaksi Bisnis Anda Lebih Praktis? Yuk, Aktifkan Fitur Payment Link Dari Faspay!

ovo tokenized

Permudah Transaksi Pelanggan dengan Fitur Baru Ovo Tokenized