strategi social media marketing

Ketika mengembangkan bisnis, social media marketing menjadi hal yang tak boleh dilewatkan. Mengingat saat ini banyak orang menghabiskan waktunya untuk mengakses media sosial, strategi marketing ini dianggap cocok untuk mengikuti tren dan perkembangan teknologi. 

Penerapan social media marketing ini harus dilakukan dengan tepat agar perkembangan bisnis semakin signifikan. Anda bisa memahami lebih dalam terkait social media marketing ini lewat penjelasan berikut. 

Apa Itu Social Media Marketing?

Social media marketing adalah suatu pendekatan pemasaran dengan platform media sosial sebagai sarana utamanya. Pendekatan ini tak hanya melihat bagaimana audiens atau calon customer berinteraksi, tapi juga untuk melihat tren apa yang sedang terjadi sekaligus menawarkan produk atau layanan sesuai target pasar. 

Berbeda dengan marketing konvensional yang lebih mengedepankan teknik sales door to door, social media marketing menggunakan pendekatan yang lebih modern. Pelaku bisnis akan membuat konten kreatif, melakukan interaksi langsung dengan calon pelanggan, serta berbagi informasi di laman sosial media bisnis. 

Lewat pendekatan yang dilakukan, audiens akan tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Melakukan social media marketing juga akan memberikan dampak positif pada branding bisnis.

Tujuan Social Media Marketing 

Tujuan social media marketing tak hanya untuk meningkatkan konversi penjualan, tapi juga memperkuat merek, hingga meningkatkan kehadiran brand secara digital. Inilah tujuan-tujuan lain mengapa social media marketing dilakukan, simak listnya berikut ini. 

Meningkatkan Brand Awareness

Ketika melakukan social media marketing, nama brand atau merek bisnis Anda tentu akan dikenal lebih luas. Anda bisa memanfaatkan algoritma secara alami atau menggunakan platform iklan tertentu, sehingga jangkauan brand jadi lebih luas.

Baca juga: Jangan Sampai Kelewat, Tanggal Kembar Bisa Jadi Momen yang Cuan Bagi Pebisnis 

Memperluas Target Pasar

Jika sebelumnya pelanggan Anda adalah masyarakat yang masih tinggal dalam satu wilayah, maka trik marketing 6.0 ini akan memperluas target pasar. Melalui fitur pengelompokan dan penargetan, bisnis dapat menyesuaikan kategoris, preferensi, serrta demografi audiens

Media Komunikasi dengan Konsumen 

Secara tidak langsung, social media marketing juga menjadi media komunikasi antara pelaku bisnis dengan pelanggan. Interaksi yang terjadi bisa dimanfaatkan untuk menangani keluhan hingga membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. 

Meningkatkan Penjualan 

Sebagaimana marketing pada umumnya, social media marketing juga bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Dengan penawaran diskon dan konten yang menarik, calon pelanggan jadi lebih tertarik untuk melakukan tindakan pembelian. 

Manfaat Social Media Marketing

Akses 24 Jam 

Akses platform dari social media marketing terbuka selama 24 jam. Dengan sistem ini, calon customer bisa mendapatkan informasi terkait produk maupun layanan jasa kapan saja, tanpa harus menunggu jam-jam tertentu. 

Analisis yang Lebih Lengkap

Manfaat social media marketing berikutnya adalah kemampuan untuk melakukan analisis yang lebih lengkap terhadap kompetitor. Dengan metode marketing ini, Anda bisa mengidentifikasi kelemahan maupun kekuatan kompetitor, memilih taktik pemasaran paling efektif, hingga melihat seperti apa tren yang ada di pasar. 

Baca juga: Langkah Tepat Mengatur Marketing Digital bagi Penggiat Bisnis Hotel dan Pariwisata

Melihat Tren Industri Secara Real Time 

Social media marketing juga bisa dimanfaatkan untuk melihat tren industri yang sedang berkembang. Melalui pemantauan yang bisa dilakukan secara real time, pelaku bisnis ataupun sociopreneur sukses dapat melihat perubahan perilaku konsumen hingga mengidentifikasi preferensi mereka.

Pengaturan Biaya Iklan yang Lebih Terjangkau

Biaya iklan untuk social media marketing jauh lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan budget. Beberapa platform media sosial bahkan menyediakan fitur iklan dengan harga terjangkau yang bisa Anda manfaatkan. 

Strategi Social Media Marketing yang Efektif Bagi Bisnis

Sebagai pelaku bisnis, Anda bisa menjalankan strategi social media marketing berikut ini agar hasil yang didapatkan jadi lebih optimal, diantaranya adalah:

Mempertimbangkan Platform

Ada banyak pilihan platform media sosial yang saat ini tengah digunakan oleh masyarakat. Anda bisa menyesuaikan gaya bahasa hingga jenis konten tergantung dari media sosial yang dipilih. Tiap media sosial memiliki karakteristik dan demografi yang berbeda, sehingga penting untuk membuat konten sesuai dengan target audiens

Lakukan Riset 

Sebelum membuat langkah strategi social media marketing, sebaiknya lakukan riset konsumen terlebih dahulu. Lihat bagaimana perilaku dan  preferensi pasar, jika sudah Anda bisa mempertimbangkan jenis konten apa yang ingin ditampilkan agar relevan dengan tren yang sedang berjalan.

Jangan Ragu Melakukan Iklan 

Tidak semua strategi di social media marketing dilakukan secara organik. Agar bisa memaksimalkan manfaat dan tujuannya, Anda disarankan untuk mengiklankan konten yang sudah dibuat. Setiap platform media sosial memiliki fitur iklan khusus yang bisa Anda gunakan untuk menjangkau audiens yang lebih luas. 

Baca juga: Manfaatkan FYP Tiktok untuk Bisnis Menjadi Lebih Viral

Evaluasi Secara Rutin 

Semua strategi marketing yang dilakukan tetap harus dievaluasi setiap minggu atau bulan. Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur efektivitas kampanye yang dilakukan, melihat pertumbuhan pengikut di platform media sosial, hingga berapa konversi yang didapatkan setelah melakukan strategi marketing ini. 

Terapkan Pembayaran Online yang Mudah untuk Tingkatkan Strategi Marketing

Menggunakan strategi social media marketing harus diikuti dengan ketersediaan atas pembayaran online. Pada era digital ini, sistem pembayaran digital digunakan banyak pelaku bisnis, karena menghadirkan sistem pembayaran maupun proses belanja yang lebih praktis, cepat, dan tetap aman. Sebagai pelaku usaha, setidaknya Anda harus menyediakan sistem pembayaran online berikut ini, diantaranya adalah:

Internet Banking 

Sistem pembayaran online yang bisa dimanfaatkan via transfer bank, mesin ATM ataupun mobile banking app. Menggunakan internet banking dinilai lebih mudah dan praktis karena ketersediaan mesin ATM yang bisa ditemukan di berbagai gerai minimarket. 

Kartu Kredit 

Kartu kredit adalah sistem pembayaran online yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dengan sistem cicilan. Sistem pembayaran ini cocok dengan strategi social media marketing karena bisa digunakan untuk transaksi dalam maupun luar negeri.

Online Credit

Prinsip kerja online credit tak jauh beda dengan pemakaian kartu kredit. Dengan online credit, pelanggan bisa melakukan pembayaran dengan sistem cicil di platform e-commerce. Online credit bisa menjadi pilihan pembayaran non tunai tanpa harus menggunakan kartu kredit saat berbelanja. 

Virtual Account

Virtual account merupakan rekening digital yang dibuat oleh pihak bank, rekening ini tetap bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran sebagaimana rekening konvensional. Ketika menggunakan virtual account, pelanggan bisa melakukan pembayaran tanpa harus melakukan konfirmasi ulang dengan pelaku bisnis. 

E-Wallet 

Metode pembayaran online terakhir yang sebaiknya Anda gunakan adalah e-wallet. E-wallet akan memudahkan semua transaksi yang dilakukan secara online, asalkan merchant melakukan kerja sama dengan platform e-wallet tersebut. 

Anda bisa menyediakan pilihan pembayaran online yang lebih lengkap dengan memanfaatkan Faspay Business. Sistem pembayaran yang Faspay sediakan ini merupakan sistem pembayaran online yang bisa diintegrasikan menggunakan  API atau plugin ke website atau aplikasi bisnis Anda. 

Pendaftaran ke Faspay cukup mudah, bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Mengisi formulir pendaftaran di laman https://faspay.co.id/id/daftar/
  • Setelah mengisi formulir, Anda akan mendapatkan email dari tim Akuisisi Faspay dalam satu hari kerja.
  • Melengkapi dokumen yang diminta untuk melakukan pendaftaran merchant.
  • Merchant akan melewati proses KYC dan integrasi. 
  • Ketika proses tersebut selesai, Anda akan menerima User Credential dan bisa menggunakan layanan Faspay sesuai kebutuhan. 

Faspay Business direkomendasikan untuk bisnis berkembang yang sudah memiliki website atau aplikasi, sehingga pengelolaan pembayaran untuk pelanggan jadi lebih mudah. Dengan Faspay Business, Anda bisa menerima lebih dari 50+ metode pembayaran online lewat website atau aplikasi bisnis yang dimiliki.

Agar bisa mendapatkan manfaat Faspay Business secara maksimal, daftar jadi merchant Faspay sekarang. Dengan sistem pembayaran online yang efisien dan strategi social media marketing bisnis pun dapat berkembang dengan lebih optimal. 

Related Articles