payment link

Istilah payment link mungkin tak asing bagi masyarakat Indonesia. Tautan pembayaran ini merupakan metode pembayaran khusus yang dilakukan secara online. Media pembayaran ini tentunya lebih disukai karena proses pembayaran transaksi bisa dilakukan lebih mudah.

Selain menguntungkan dari sisi pelanggan, kehadiran payment link ini juga memberikan keuntungan bagi pemilik usaha. Simak penjelasan lebih lengkap terkait payment link dan apa saja manfaat pemakaiannya.

Apa Itu Payment Link?

Apabila diperhatikan secara harfiah, payment link adalah metode pembayaran menggunakan link pembayaran. Lewat sistem ini, pelanggan bisa langsung melakukan klik pada link yang diberikan penjual yang kemudian mengarah ke halaman atau situs tertentu untuk melakukan transaksi pembayaran.

Pada halaman yang sudah disiapkan tersebut, terdapat pula invoice online yang merincikan detail pemesanan. Payment link ini nantinya bisa membuat setiap transaksi dapat terekam dengan baik. Pelanggan pun bisa mengecek kembali transaksi yang dilakukan, sedangkan penjual bisa menyimpan data penjualan yang telah dilakukan.

Selain digunakan sebagai media pembayaran, kehadiran payment link pun dapat membuat pengalaman transaksi jadi lebih mudah dan cepat. Sistem payment link pun dapat dimanfaatkan semua pelaku bisnis online maupun offline

Cara Kerja Payment Link

Setelah tahu apa itu payment link, sebaiknya tahu pula bagaimana metode pembayaran ini digunakan. Urutan cara kerja dan cara buat payment link adalah:

  • Pemilik bisnis mengisikan informasi pelanggan, jumlah tagihan, nomor pesanan, nomor invoice, nomor ponsel, email dan informasi pendukung lainnya.
  • Setelah membuat tautan pembayaran, pemilik bisnis mengirimkan link tersebut kepada pelanggan.
  • Pelanggan mendapatkan link dan membuka link tersebut untuk melihat rincian transaksi yang harus dilakukan.
  • Link yang terbuka akan menampilkan informasi yang sudah dibuat pemilik bisnis dalam bentuk invoice, pelanggan bisa memilih channel pembayaran yang tersedia.
  • Pelanggan melakukan pembayaran dengan channel pembayaran online yang sudah dipilih.
  • Ketika pembayaran sudah berhasil dilakukan, pemilik bisnis akan menerima notifikasi pembayaran.
  • Proses transaksi selesai, produk atau jasa siap dikirimkan kepada pelanggan.

Cara kerja yang ringkas inilah yang membuat payment link banyak dipilih untuk media pembayaran yang praktis. Dengan sistem tersebut, setiap transaksi bisa langsung diselesaikan oleh pelanggan tanpa harus melakukan konfirmasi berulang kepada pedagang.

Baca juga: Faspay Perkenalkan Fitur Payment Link Kepada Bisnis UMKM di Yogyakarta

Manfaat Payment Link untuk Pelanggan

Bagi pelanggan, kehadiran fitur payment link memberikan banyak manfaat yang besar, di antaranya adalah:

Pembayaran Beragam dan Fleksibel 

Dengan payment link, customer bisa memilih sendiri platform pembayaran sesuai preferensi. Tersedia pembayaran dengan metode transfer bank, menggunakan virtual account, hingga memakai e-wallet. Pilihan pembayaran yang beragam serta fleksibel bisa menghindarkan pelanggan dari biaya transfer tambahan atau keterbatasan pilihan pembayaran. 

Keamanan Transaksi Terjamin

Dibandingkan menggunakan metode pembayaran offline, sistem pembayaran ini jauh lebih aman. Alasannya karena pelanggan hanya perlu mengakses satu link untuk menyelesaikan pembayaran. Pedagang pun bisa langsung mendapatkan dana pembayaran setelah proses transaksi selesai.

Lebih Praktis dan Nyaman

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, payment link merupakan metode pembayaran yang bisa menerima pembayaran dari berbagai channel. Hanya dengan satu link saja, pelanggan bisa melakukan pembayaran lewat berbagai sumber, dari kartu kredit, rekening bank, ataupun e-wallet.

Baca juga: Fitur Terbaru Faspay Billing 2.0 Lengkap, Buat Operasional Bisnis Makin Efisien 

Proses Transaksi Lebih Cepat

Keberadaan payment link memungkinkan transaksi bisa dilakukan dengan lebih cepat. Berbeda dengan pembayaran melalui transfer bank yang membutuhkan jeda waktu, payment link bisa menyelesaikan transaksi pembayaran hanya dalam hitungan detik. Selain itu juga dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun sehingga memudahkan pelanggan.

Pelanggan tidak membutuhkan aplikasi merchant untuk melakukan pembayaran—bahkan tak perlu menginstal aplikasi lainnya. Cukup via WhatsApp, email, dan berbagai media sosial lainnya, pelanggan langsung memperoleh rincian tagihan dan dapat menyelesaikan pembayaran.

Tidak Perlu Menggunakan Aplikasi Tambahan Lain 

Pelanggan yang hendak menyelesaikan transaksi pembayaran pada merchant, tak harus menggunakan aplikasi tambahan lain. Setelah menerima rincian tagihan, customer bisa langsung menyelesaikan transaksi atau tagihan pembayaran. 

Keuntungan Penggunaan Payment Link untuk Bisnis

Kehadiran payment link membawakan benefit yang besar bagi para pelaku bisnis, terutama yang mengelola toko dengan pembayaran online. Beberapa manfaat payment link yang bisa dirasakan oleh bisnis antara lain:

Hemat Biaya

Pemanfaatan payment link bisa meminimalisir budget bisnis. Alasannya karena pelaku bisnis tak harus melakukan investasi pada sistem, aplikasi ataupun platform pihak ketiga. Hal ini tentunya mengurangi biaya pengeluaran bulanan perusahaan. 

Bukan itu saja, payment link juga jauh lebih hemat karena pelaku bisnis tak perlu membayar sistem invoice online yang digunakan, karena tidak dikenakan biaya untuk pembuatan invoice. Anda hanya perlu membayar charge untuk tiap transaksi yang berhasil dilakukan. 

Kemudahan lainnya adalah sistem akuntansi yang langsung tersedia di dalam dashboard, sehingga pemilik bisnis tak perlu menggunakan sistem atau software akuntansi lain untuk pencatatan transaksi. Dengan payment link, pemilik bisnis juga tidak perlu menyediakan budget cetak invoice khususnya untuk transaksi yang dilakukan secara offline

Tidak Harus Membuka Banyak Rekening

Setelah mengaktifkan sistem payment ini, Anda bisa langsung memanfaatkannya untuk mengirimkan invoice dan tagihan kepada pelanggan. Bukan itu saja kelebihannya, pelaku bisnis tidak harus membuka banyak rekening bank atau e-wallet untuk menerima pembayaran dari pelanggan.

Karena hanya dengan sekali integrasi, Anda bisa mengaktifkan 50+ channel pembayaran. Mulai dari pembayaran lewat virtual account, e-wallet, kartu kredit, QRIS, hingga pembayaran lewat toko ritel. 

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Payment link merupakan link pembayaran yang bisa menerima dana dari berbagai platform. Inilah yang nantinya bisa membuat pelanggan lebih puas saat berbelanja dan melakukan transaksi. Sebab pelanggan tak harus menyesuaikan metode pembayaran hanya untuk menyelesaikan tagihan yang dikirimkan.

Baca juga: Buat Invoice Online Mudah dengan Faspay Billing 

Merekam Berbagai Transaksi

Setelah transaksi diselesaikan pelanggan, pedagang tetap akan mendapatkan notifikasi bahwa tagihan telah terbayarkan. Data terkait seluruh transaksi akan terekam dalam all-in-one dashboard yang disediakan Faspay dan pemilik bisnis manfaatkan untuk melakukan pelacakan transaksi. Mulai dari mengecek stok, menyelesaikan laporan, hingga mengirimkan pesanan.

Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Pemakaian payment link akan membuat aktivitas bisnis makin efisien. Alasannya karena semua transaksi dapat tercatat dengan baik dan proses pengiriman pesanan bisa dilakukan secepat mungkin setelah pembayaran tagihan selesai.

Aktifkan Payment Link dengan Faspay dan Nikmati Berbagai Keuntungannya

Melihat bagaimana manfaat yang didapatkan oleh pelanggan maupun pelaku usaha ketika menggunakan payment link, urgensi pemakaiannya bisa dilakukan sesegera mungkin. 

Fitur payment link ini akan membantu pelaku bisnis untuk membagikan tautan link pembayaran ke berbagai platform, dari Facebook, WhatsApp, hingga Instagram. Setelah pembayaran dilakukan oleh customer, Anda pun bisa langsung mendapat notifikasi bahwa transaksi telah berhasil.

Setelah customer menerima link pembayaran dari pelaku bisnis, pembayaran bisa langsung dilakukan. Jika transaksi sudah dibayarkan oleh customer, baik pelaku bisnis atau customer akan mendapatkan notifikasi bahwa transaksi sukses dilakukan. 

Bukan itu saja kelebihannya, pelaku bisnis juga akan mendapatkan rekonsiliasi seluruh transaksi. Proses monitoring bisnis juga bisa dilakukan lebih efisien, sebab semua transaksi bisa dikontrol secara real time.

Kemudahan pembayaran ini tentu membuat calon customer lebih tertarik untuk melakukan transaksi. Alasannya karena metode pembayaran ini seamless, bisa digunakan siapa saja, dan metode pembayaran serta channel yang tersedia jauh lebih lengkap. 

Berkat fitur ini, bisnis digital maupun konvensional bisa berjalan lebih optimal. Tidak harus bisnis besar yang memiliki website atau aplikasi bisnis, sebab Faspay Billing bisa digunakan untuk semua tipe bisnis, dari UMKM hingga bisnis konvensional seperti sekolah dan residential. 

Lewat Faspay Billing, Anda bisa menyediakan proses transaksi yang lebih mudah karena tak perlu disambungkan ke website maupun aplikasi bisnis. Semua transaksi bisa langsung tercatat dalam all-in-one dashboard yang sudah Faspay sediakan. 

Oleh karena itu, apabila Anda tertarik menggunakan layanan payment link, bisa memanfaatkan Faspay Billing, layanan Faspay yang bisa digunakan untuk pembuatan invoice online.

Faspay Billing bisa langsung digunakan tanpa harus menggunakan aplikasi atau website. Oleh karenanya, layanan ini disarankan untuk pelaku bisnis yang tak mau repot mengurus sistem pembayaran. Walaupun tak memiliki aplikasi atau website, semua pembayaran tetap bisa dilakukan secara online.

Daftar jadi merchant Faspay sekarang untuk menikmati layanan Faspay Billing. Buat bisnis Anda lebih mudah dan efisien dengan kehadiran payment link lewat Faspay Billing.

Related Articles

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.