Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

bi fast

BI-FAST adalah layanan transfer antar bank yang dikelola oleh Bank Indonesia (BI). Sistem pembayaran ritel nasional terobosan BI ini menyediakan transaksi yang aman, efisien, real-time, dan tersedia selama 24 jam dalam 7 hari. Penggunaan BI-FAST tidak hanya menguntungkan nasabah dalam menyelesaikan transaksi secara pribadi, namun juga pelaku usaha dengan kebutuhan transfer dana yang cepat dan terjamin keamanannya.

Adanya BI-FAST dapat memudahkan pelaku usaha dalam mengoptimalkan pengelolaan cash flow. Tidak hanya itu, fasilitas BI-FAST meminimalisasi risiko transaksi yang terhambat. Agar dapat memanfaatkan BI-FAST secara maksimal, kenali dulu manfaat, perbedaannya dengan Real Time Online (RTO), dan cara transfernya di beberapa bank besar di Indonesia. Mari simak selengkapnya di bawah ini. 

Apa itu BI-FAST?

BI-FAST (Bank Indonesia Fast Payment System) adalah sistem pembayaran ritel nasional yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan telah beroperasi sejak Desember 2021. Realisasi layanan BI-FAST ditujukan untuk mendukung penguatan industri pembayaran nasional dan integrasi ekonomi digital secara end-to-end.

Dalam implementasinya di kehidupan sehari-hari, transfer BI-FAST adalah salah satu layanan pembayaran elektronik yang dapat ditemukan pada berbagai channel, utamanya mobile banking. Adapun biaya transfer dengan BI-FAST adalah sebesar Rp2.500 saja. Hal ini sesuai dengan prinsip sistem pembayaran yang CEMUMUAH (cepat, murah, mudah, aman, dan andal).

Dengan biaya yang terjangkau tersebut, transfer dana bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Waktu transfer pun tidak dibatasi, nasabah bank yang terdaftar dalam layanan BI-FAST dapat melakukan transfer antar bank kapan saja. 

Apa Saja Karakteristik BI Fast?

BI-FAST memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan layanan transfer lain. Berikut ciri-ciri BI-FAST yang perlu diketahui:

  1. Proses pengiriman dana hanya dalam hitungan detik (real-time).
  2. Transfer bisa dilakukan kapan saja mulai dari Senin hingga Minggu selama 24 jam.
  3. Dapat diakses di kantor cabang bank, mobile banking, hingga transaksi dengan QR code.
  4. Melayani transfer dengan debit dan kredit sehingga memungkinkan pengisian e-money atau pengiriman dana melalui virtual account.
  5. 5. Menyediakan pilihan alternatif transfer melalui nomor handphone atau alamat email.

Manfaat BI-FAST

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, BI-FAST adalah layanan yang tidak terbatas pada pemenuhan keperluan pribadi. Pelaku usaha juga dapat menikmati beberapa manfaat BI-FAST untuk memaksimalkan aktivitas bisnis, seperti:

1. Transaksi Cepat

transaksi bi fast cepat - faspay

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh BI-FAST adalah kecepatan transaksi. Dana yang dikirimkan oleh pelanggan dapat diterima oleh pelaku usaha secara real-time. Pembayaran yang diselesaikan melalui BI-FAST langsung masuk ke rekening bisnis. Dengan begitu, pelaku usaha bisa menghindari risiko keterlambatan pembayaran.

Dengan transaksi yang terselesaikan dengan cepat, pelaku usaha dapat mengkonfirmasi pembayaran saat itu juga. Apabila konfirmasi pembayaran cepat, maka barang yang dibeli pun bisa segera dikirimkan oleh penjual kepada pelanggan. Pelayanan yang optimal ini dapat berpotensi meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga brand image usaha pun akan menjadi lebih baik.

2. Tersedia di Berbagai Metode Pembayaran

keamanan bi fast terjamin - faspay

Di era digital ini, pembayaran bisa dilakukan dengan berbagai metode. Beruntung bagi pelaku usaha, BI-FAST tersedia di berbagai metode pembayaran, termasuk kartu kredit, dompet digital, dan lainnya. Integrasinya yang mudah membuat pelaku usaha dapat mengakomodasi berbagai metode pembayaran tanpa hambatan teknis berarti. 

3. Terjamin Keamanannya

keamanan bi fast terjamin - faspay

Dilihat dari penerapannya, BI-FAST adalah layanan transfer dengan keamanan yang terjamin karena dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mencegah penipuan dan pelanggaran. Adapun beberapa fitur yang dimaksud adalah enkripsi data, autentikasi ganda, dan monitoring transaksi mencurigakan. Dengan keamanan yang terjamin, pelaku usaha dapat memastikan cash flow lancar, bebas dari isu keamanan dan ancaman kejahatan digital.

Baca juga: 5 Sistem Pembayaran Online yang Paling Sering Digunakan

4. Biaya Terjangkau

biaya transfer terjangkau - faspay

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, besar biaya BI-FAST adalah Rp2.500 saja. Dibandingkan dengan layanan transfer lainnya, Bi-FAST memiliki biaya yang paling terjangkau. Penerapan biaya transfer yang rendah ini pun dapat membantu pelaku usaha menekan pengeluaran dan menetapkan harga yang lebih bisa berkompetisi di pasar.

5. Mudah Digunakan dengan Proxy Address

proxy address bi fast

Penggunaan proxy address merupakan salah satu manfaat yang ditawarkan oleh BI-FAST. Adanya fitur ini memungkinkan nasabah untuk mengidentifikasi rekening menggunakan alamat email atau nomor ponsel terkait. Itu artinya nasabah tidak perlu mengingat nomor rekening bank setiap kali melakukan transfer sehingga proses transaksi dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

Perbedaan BI-FAST dan Real Time Online

Secara umum, BI-FAST adalah layanan transfer yang pengoperasiannya mirip dengan Real Time Online (RTO). Namun, terdapat perbedaan BI-FAST dan Real Time Online yang perlu diketahui oleh penggunanya.

Di samping perbedaan BI-FAST dan RTO, perbandingannya dengan layanan transfer lain, yaitu RTGS (Real Time Gross Settlement) dan sistem kliring (SKNBI), perlu diketahui. Berikut adalah penjabaran singkatnya:

Faktor Pembeda BI-FAST RTO RTGS SKNBI
Ketersediaan Layanan Lembaga perbankan yang tergabung dalam sistem kliring BI. Sudah diadopsi oleh banyak bank di Indonesia. Hanya melayani transfer kredit. Transaksi transfer kredit dan debit.
Kecepatan Transfer Dalam hitungan menit atau detik. Instan, dalam hitungan detik. Membutuhkan waktu selama 1–3 hari. Membutuhkan waktu selama 1–3 hari.
Biaya Transaksi Rp2.500 Rp6.500 Rp25.000 – Rp50.000 Rp2.900
Limit Rp1 hingga Rp250 juta (tergantung kebijakan bank). Rp25 juta untuk satu kali transaksi real time online. Rp100 juta per transaksi. Hingga Rp1 miliar per hari.
Keamanan Tersedia. Tidak tersedia. Tersedia. Tersedia.
Proxy Address Tersedia. Tidak tersedia. Tidak tersedia. Tidak tersedia.

Cara Transfer BI-FAST

Layanan BI-FAST bisa digunakan di lembaga perbankan yang masuk dalam daftar sistem kliring BI. Beberapa di antaranya adalah BCA, BNI, BRI, dan Mandiri. Berikut cara transfer menggunakan BI-FAST di aplikasi mobile banking masing-masing bank tersebut:

BI-FAST BCA

Bagi pengguna BCA Mobile, layanan BI-FAST bisa digunakan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka BCA Mobile dan pilih menu “m-Transfer”.
  2. Masuk ke menu “Transfer Antar Bank”.
  3. Pilih bank dan masukkan rekening tujuan.
  4. Isi nominal dana yang ingin ditransfer.
  5. Pilih “Layanan Transfer”.
  6. Pilih “BI-FAST”.
  7. Isi berita transfer.
  8. Pilih “Tujuan Transaksi”.
  9. Ketuk tombol “Send” di pojok kanan atas.
  10. Konfirmasi rincian transaksi.
  11. Jika sudah benar, pilih “OK”.
  12. Masukkan pin m-BCA untuk menyelesaikan transaksi.

Baca juga: 5 Cara Pembayaran Melalui BCA Virtual Account 

BI-FAST BNI

Pengguna BNI Mobile bisa memanfaatkan layanan BI-FAST dengan mengikuti cara berikut:

  1. Buka aplikasi BNI Mobile.
  2. Pilih menu “Transfer”.
  3. Ketuk menu “Antar Bank”.
  4. Pilih “(+) Transfer ke Tujuan Baru”.
  5. Isi data transfer dan pilih “Layanan Transfer BI-FAST”.
  6. Pilih bank dan rekening tujuan.
  7. Konfirmasi layanan transfer dengan BI-FAST.
  8. Validasi rincian transaksi.
  9. Pilih opsi “Lanjut” dan tunggu hingga muncul notifikasi transaksi berhasil.

BI-FAST BRI

Layanan BI-FAST adalah pilihan lain yang bisa dipilih untuk transfer antar bank selain Real Time Online (RTO) di aplikasi BRImo. Berikut cara transfer dengan BI-FAST pada aplikasi BRImo:

  1. Buka aplikasi BRImo.
  2. Pilih menu “Transfer” dan “Tambah Daftar Baru”.
  3. Tentukan bank tujuan dan ketuk metode “Transfer BI-FAST”.
  4. Isi nomor rekening yang dituju, alamat email, atau nomor telepon yang terdaftar dalam layanan BI-FAST.
  5. Pilih rekening sumber.
  6. Cek kembali rincian transaksi dan masukkan PIN.
  7. Tunggu hingga notifikasi transaksi berhasil muncul.

BI-FAST Mandiri

BI-FAST tersedia di Livin’ by Mandiri. Untuk menggunakan layanannya, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Livin’ by Mandiri.
  2. Pilih menu “Transfer” dan ketuk “Transfer ke Penerima Baru”.
  3. Tentukan bank tujuan, isi nomor rekening yang dituju, dan ketuk “Lanjutkan”.
  4. Cek kembali rincian transaksi sebelum masuk ke menu selanjutnya.
  5. Masukkan nominal yang akan ditransfer.
  6. Ketuk “Metode Transfer” dan pilih “Tujuan Transfer”. Pada bagian Metode Transfer, pilih “BI-FAST”.
  7. Cek rincian transaksi yang akan dilakukan.
  8. Masukkan pin Livin’ by Mandiri.
  9. Tunggu hingga notifikasi transaksi berhasil muncul.

Sekian pembahasan seputar BI-FAST yang menjadi layanan transfer andalan antar bank untuk berbagai kebutuhan. Bagi pelaku usaha, penerimaan dana melalui BI-FAST merupakan salah satu hal yang perlu menjadi perhatian.

Di samping penerimaan dana, transfer dana secara massal untuk kebutuhan usaha juga perlu menjadi hal yang diperhatikan oleh pelaku usaha. Baik untuk satuan atau massal, Faspay SendMe bisa menangani kebutuhan masif usaha. Pengiriman ke lebih dari 150 bank, e-wallet, dan virtual account tersedia dengan biaya terjangkau dan proses yang efisien.

Faspay SendMe juga menyediakan fitur Bank Account Validation yang dapat membantu verifikasi rekening atau akun tujuan sebelum pengiriman dana diproses. Dengan begitu, pelaku bisnis dapat melakukan transfer dana untuk berbagai tujuan, termasuk reimburse, refund, hingga pencairan dana untuk borrower di sektor fintech.

Tertarik dengan praktisnya transfer dana dengan Faspay SendMe? Yuk, jangan ragu untuk daftar menjadi merchant Faspay segera!

Baca juga: Mengenal Payment Gateway: Pengertian, dan Manfaatnya

Lihat Artikel Lainnya

Tren Donasi Digital meningkat

Tren Donasi Digital Meningkat Selama Pandemi, Perilaku Masyarakat Dalam Berdonasi Berubah

Thumbnail Article Image - Faspay Sendme

Apa Itu Faspay SendMe: Solusi Mudah dan Aman untuk Kebutuhan Transfer Uang

Faspay Thumbline desember 2022 part 2-02

Ini 5 Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa yang Benar

apa itu faktur

Apa itu Faktur? Kenali Fungsi, Jenis, Komponen, & Contohnya