Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > 8 Ide Jualan Bulan Ramadhan yang Untung Besar

8 Ide Jualan Bulan Ramadhan yang Untung Besar

ide jualan bulan ramadhan

Bulan Ramadan tidak hanya memberikan keberkahan dan kedamaian spiritual, namun juga banyak peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan. Untuk Anda calon pengusaha, membuka bisnis di bulan Ramadan dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Terdapat berbagai jenis bisnis yang potensial untuk dijalankan selama bulan penuh berkah ini. Artikel ini akan membagikan informasi mengenai 8 bisnis yang potensial dan menguntungkan mulai dari bisnis kuliner, fashion, hingga layanan jasa.

8 Ide Jualan Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

Ada beberapa ide jualan bulan Ramadhan yang dapat memberikan keuntungan, seperti bisnis kuliner hingga layanan jasa dapat memberikan keuntungan yang besar dan berkesinambungan jika dijalankan dengan baik selama bulan Ramadan. Bagaimana rincian dari setiap rencana bisnis ini? Berikut ulasannya.

1. Bisnis Makanan dan Minuman

Bisnis Makanan dan Minuman

Ide jualan bulan Ramadhan yang pertama adalah bisnis makanan dan minuman, dimana bisnis ini selalu menjadi primadona di bulan Ramadan, terutama di waktu sahur dan berbuka. Selain faktor banyak orang mencari hidangan dan minuman yang lezat, banyak juga yang tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan santapan sahur dan berbuka.

Sebelum memulai bisnis ini, penting bagi Anda untuk melakukan riset terlebih dahulu. Pertimbangkan konsep bisnis dan channel penjualan yang ingin Anda jalankan, seperti membuka warung makanan dan minuman, katering, berjualan di pinggir jalan, atau bisnis online.

Selanjutnya, pilih variasi menu yang sesuai dengan selera target pasar dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa. Tentukan harga yang wajar dan kompetitif, dengan mempertimbangkan biaya produksi, overhead cost, dan margin keuntungan.

Kemudian, pastikan ketersediaan dan kualitas peralatan serta bahan baku yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan selama bulan Ramadan. Mempersiapkan tim yang akan bekerja selama bulan ini juga sangat krusial, dan pastikan mereka memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan produksi.

Langkah terakhir, Anda perlu melakukan promosi bisnis melalui media sosial, iklan, atau promosi langsung kepada konsumen potensial untuk memaksimalkan peluang sukses bisnis Anda. Anda juga bisa mencoba menawarkan promosi potongan harga untuk konsumen yang menjadi 5 pelanggan pertama.

2. Bisnis Takjil

Bisnis takjil

Bisnis takjil bisa menjadi ide jualan bulan Ramadhan yang menjanjikan dan sangat menguntungkan di Indonesia. Takjil adalah makanan kecil atau minuman manis dan segar yang biasanya dikonsumsi saat berbuka puasa.

Selama bulan Ramadan, permintaan untuk takjil meningkat drastis karena banyak orang yang membutuhkan makanan atau minuman ringan untuk mebatalkan puasa dan mengembalikan energi.

Jenis bisnis yang bisa dilakukan dalam bisnis takjil sangat beragam, mulai dari kuliner tradisional seperti kolak, es buah, dan cendol, hingga minuman modern seperti bubble tea atau smoothie bowl.

Ada banyak varian rasa dan bentuk takjil yang dapat Anda tawarkan kepada konsumen, sehingga Anda dapat memilih jenis bisnis yang sesuai dengan minat, anggaran, dan kemampuan Anda.

3. Bisnis Kue Kering dan Parcel

Bisnis Kue Kering dan Parcel

Bisnis kue kering dan parcel adalah ide jualan bulan Ramadhan yang dapat memberikan untung besar. Pasalnya, bisni ini cocok dengan tradisi budaya orang Indonesia.

Selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri, banyak orang memberikan parcel dan kue kering sebagai hadiah untuk menjalin persaudaraan dan memperkuat hubungan sosial. Kue-kue kering seperti Nastar, Kastengel, Putri Salju, dan Lidah Kucing menjadi favorit mayoritas.

Selain itu, kue kering dan parcel juga diperlukan ketika ada acara-acara penting lainnya. Hal inilah yang membuat bisnis tetap bisa berlanjut jika dikelola dengan baik. 

Untuk memulainya, tawarkan hasil buatan Anda kepada tetangga, kerabat, dan rekan kerja, serta minta pendapat mereka soal apa saja yang perlu diperbaiki.

Jika Anda ingin, Anda juga bisa menggunakan toko online, sistem penjualan reseller, atau delivery untuk memperluas jangkauan pasar. Modal yang diperlukan untuk membangun bisnis bisa dimulai dari 5-15 juta Rupiah.

4. Bisnis Produk Kecantikan

Produk Kecantikan

Membuka bisnis produk kecantikan selama bulan Ramadan bisa membuat Anda untung besar karena bisnis ini memiliki peluang yang menjanjikan. Hal ini karena permintaan produk kecantikan meningkat signifikan selama bulan Ramadan.

Banyak orang memperhatikan penampilan mereka lebih dari biasanya. Mereka tentu ingin tampil cantik, menarik, dan percaya diri pada saat berkumpul bersama keluarga, teman, atau pada saat merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, kebutuhan akan produk kecantikan juga meningkat selama bulan Ramadan karena tubuh mengalami dehidrasi dan kekurangan nutrisi saat berpuasa, yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit. 

Dalam hal ini, bisnis produk kecantikan Anda dapat menawarkan produk yang membantu menjaga kesehatan kulit.

Dalam menjalankan bisnis, memanfaatkan media sosial dan situs web untuk membantu mempromosikan bisnis Anda dan memudahkan konsumen dalam berbelanja. Anda dapat mengadakan promo diskon atau bekerja sama dengan influencer atau beauty blogger untuk memperluas jangkauan pasar.

5. Bisnis Perabotan Rumah

Bisnis perabotan saat ramadhan

Bisnis perabotan rumah dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan selama bulan Ramadan, terutama untuk Anda yang memiliki minat dan keahlian dalam bidang desain interior dan dekorasi rumah.

Pada bulan Ramadan, permintaan untuk perabotan rumah seperti peralatan makan, meja, kursi, kabinet, dan pernak-pernik dekoratif meningkat drastis karena banyak orang yang ingin mempercantik, memperbaiki, dan mempersiapkan rumah mereka untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Oleh karena itu, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Untuk menjalankan bisnis di bulan Ramadan ini, Anda harus gencar melakukan riset pasar. Cari tahu produk perabotan rumah apa yang sedang diminati oleh konsumen dan promosi melalui berbagai media sosial atau e-commerce.

6. Bisnis Perlengkapan Ibadah

perlengkapan Ibadah

Ide jualan bulan Ramadhan lainnya yaitu bisnis perlengkapan ibadah. Pada bulan ini, banyak orang mempersiapkan diri mereka untuk menjalankan ibadah puasa dan shalat tarawih.

Sehingga, permintaan untuk perlengkapan ibadah seperti baju koko, mukena, jilbab, sajadah, dan topi songkok meningkat drastis. Agar bisnis ini sukses selama bulan Ramadan, pertama-tama Anda harus melakukan riset pasar dan distributor.

Pahami jenis, kualitas, dan motif bahan yang disukai oleh target pasar Anda. Kemudian, cari tahu distributor mana yang dapat memenuhi ketersediaan stok barang selama bisnis berlangsung. 

Promosi melalui media sosial atau situs web juga dapat dilakukan untuk memperluas jangkauan pasar dan memudahkan konsumen Anda dalam berbelanja.

7. Bisnis Jasa Menjahit 

Jasa menjahit ramadan

Pada bulan Ramadan, permintaan akan pakaian baru meningkat drastis untuk keperluan ibadah dan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Anda dapat memanfaatkan peluang ini dan membuka bisnis jasa menjahit.

Tawarkan jasa jahit Anda untuk membuat pakaian populer untuk lebaran seperti baju koko, baju kurung, baju gamis, long dress, atau jas untuk acara-acara penting seperti lebaran. 

Selain itu, Anda juga dapat menawarkan jasa jahit untuk membuat pakaian khas sesuai dengan permintaan spesifik konsumen.

Dalam menjalankan bisnis jahit selama bulan Ramadan, persiapkan diri sejak jauh-jauh hari dengan mempromosikan jasa Anda melalui media sosial atau website

Untuk menjaga bisnis jahit tetap berjalan di luar bulan Ramadan, Anda dapat mempertimbangkan untuk memperluas pasar dengan menawarkan jasa jahit pakaian lain, seperti pakaian formal atau casual.

8. Bisnis Rental Mobil

bisnis rental mobil ramadan

Bisnis rental mobil dapat menjadi sukses selama bulan Ramadan karena banyaknya kebutuhan transportasi yang muncul. Selama bulan Ramadan, umat Muslim di Indonesia memperbanyak kegiatan ibadah seperti sholat tarawih, berbuka puasa bersama, dan menghadiri acara-acara keagamaan lainnya.

Selain itu, banyak orang yang kembali ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga. Hal ini menyebabkan meningkatnya permintaan akan sewa mobil selama beberapa hari untuk perjalanan singkat dan jauh.

Dalam hal ini, bisnis rental mobil dapat memberikan solusi yang efektif dan efisien bagi konsumen yang membutuhkan mobil untuk keperluan tersebut. 

Supaya bisnis rental mobil sukses selama bulan Ramadan, Anda perlu menyiapkan armada mobil yang cukup dan memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik dan layak jalan.

Demikianlah 8 gagasan bisnis di bulan Ramadan yang dapat memberikan keuntungan besar untuk Anda. Walaupun setiap bisnis mempunyai prospek yang menjanjikan selama bulan Ramadan, Anda tetap bisa membuat bisnis berkembang pada bulan selanjutnya dengan pengelolaan keuangan, layanan, dan pemasaran yang baik dan efektif.

Salah satu cara yang bisa diandalkan adalah dengan memanfaatkan berbagai saluran digital seperti media sosial, situs web, dan e-commerce agar produk dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas, serta memudahkan pembelian.

Disamping itu, ada baiknya Anda memastikan bahwa situs web atau aplikasi bisnis yang dipilih telah dilengkapi dengan berbagai opsi pembayaran yang beragam. Sehingga konsumen merasa lebih mudah dan nyaman dalam bertransaksi.

Salah satu alternatif yang dapat Anda pertimbangkan adalah menggunakan layanan Faspay, yang memungkinkan Anda untuk menawarkan lebih dari 50 jenis metode pembayaran di website atau aplikasi, termasuk opsi online invoice yang dapat memudahkan konsumen dalam melakukan pembayaran.

Faspay merupakan pilihan terpercaya untuk sistem pembayaran pada bisnis Anda, sebagai payment gateway pertama yang mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia dan menjadi mitra lebih dari 5.000 merchants di seluruh Indonesia.

Bergabunglah dengan Faspay sekarang juga untuk mendapatkan kemudahan, kecepatan, dan keamanan dalam transaksi online untuk pilihan bisnis Anda selama bulan Ramadan!

Lihat Artikel Lainnya

Cara Membuat QRIS

4 Cara Membuat QRIS Online Standar Pembayaran Nasional untuk Website dan Aplikasi Bisnis

Virtual account

Cara Setting Virtual Account untuk Website

peran bank indonesia dalam sistem pembayaran

Ini 6 Peran Bank Indonesia dalam Sistem Pembayaran

rekber adalah

Rekber: Kenali Pengertian, Keuntungan, dan Cara Kerjanya