Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

5 Alasan Penting E-commerce Menyediakan Opsi Pembayaran yang Lengkap

Semakin banyaknya e-commerce yang muncul tidak serta merta meningkatkan kesadaran pentingnya menyediakan opsi pembayaran yang lengkap. Hingga saat ini, mayoritas marketplace masih menawarkan metode pembayaran yang cenderung terbatas. Lalu, apa saja alasan penting bagi vendor toko online untuk menghadirkan beragam variasi cara pembayaran transaksi online?

Apa itu E-Commerce?

E-commerce adalah proses pembelian dan penjualan produk serta layanan melalui internet atau platform elektronik lainnya. Ini melibatkan interaksi antara pembeli dan penjual secara digital, di mana transaksi dilakukan secara online tanpa harus bertemu langsung secara fisik. 

Alasan E-Commerce Wajib Menyediakan Pilihan Pembayaran Lengkap

E-commerce perlu menghadirkan beragam opsi pembayaran yang lengkap sehingga bisa menjangkau lebih banyak konsumen yang preferensi cara pembayarannya pun berbeda-beda.  Hal tersebut sekaligus menjadi salah satu alasan mengapa penting bagi marketplace untuk menyediakan opsi pembayaran transaksi yang beragam. Apa saja alasan lainnya?

1. Memudahkan Konsumen

Faktor yang paling utama sehingga penting bagi e-Commerce untuk menyediakan metode pembayaran selengkap mungkin adalah kemudahan untuk konsumen. Semakin bervariasinya opsi pembayaran yang lengkap, maka pembeli pun memiliki lebih banyak pilihan mana yang paling mudah bagi mereka. Kemudahan ini turut menjadi faktor penentu loyalitas konsumen.

2. Meningkatkan Jangkauan Konsumen

Ketika pilihan pembayaran yang tersedia semakin banyak, maka otomatis jangkauan pasar untuk e-Commerce tersebut turut meningkat. Bagaimana bisa? Sebab, masyarakat cenderung memilih toko online dengan pilihan pembayaran transaksi yang lebih lengkap. Tentunya hal ini merupakan target setiap marketplace, bukan? Terutama mengingat persaingan yang semakin ketat.

3. Mempercepat Proses Transaksi dan Meningkatkan Performa

Kecepatan dalam penyelesaian proses transaksi online merupakan tolak ukur utama dari performa sebuah marketplace. Di mana salah satu penyebab dari kelambatan proses transaksi adalah kurang lengkapnya metode pembayaran yang tersedia dan membuat konsumen merasa tidak puas. Dampaknya, performa e-Commerce tersebut pun menjadi kurang bagus di mata konsumen.

4. Proses Refund Lebih Gampang

Tersedianya opsi pembayaran yang lengkap otomatis membuat proses refund atau pengembalian dana juga lebih mudah. Pengembalian dana biasa dilakukan apabila misalnya stok barang kosong padahal pembayaran terlanjur dilakukan. Refund disesuaikan dengan cara pembayaran yang dipilih sebelumnya, di mana selama ini masih terbatas akibat kurang lengkapnya metode payment di e-commerce.

5. Mengelola Arus Kas Bisnis Anda dengan Lebih Efektif

Dengan menghadirkan metode pembayaran yang beragam kepada konsumen, konsumen tidak akan lagi kesulitan memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Konsumen akan semakin cepat melakukan pembayaran maka akan semakin cepat pula pendapatan masuk ke rekening bisnis Anda. Dengan begitu, akan semakin lancar pula arus kas bisnis dan perkembangan bisnis bisa semakin ditingkatkan.

Jenis-Jenis Metode Pembayaran Paling Populer 

Saat ini, e-wallet atau dompet digital adalah layanan pembayaran yang tidak asing di masyarakat digital. Pembayaran menggunakan e-wallet memang relatif lebih mudah. Maka, tidak heran jika e-wallet dapat dijadikan pilihan pembayaran e-commerce. Di Indonesia, jumlah e-wallet semakin terus berkembang dan bertambah. Berikut di antaranya yang paling populer adalah: 

  • OVO
  • ShopeePay
  • LinkAja
  • DANA

Bagaimana Cara Memilih Sarana Pembayaran yang Aman 

Memilih sarana pembayaran yang aman sangat penting dalam era digital yang semakin berkembang. Dalam lingkungan online yang penuh dengan risiko keamanan, langkah-langkah yang cermat harus diambil untuk melindungi informasi keuangan pribadi. Berikut adalah panduan mengenai cara memilih sarana pembayaran yang aman:

1. Keamanan Data

Penting untuk memilih sarana pembayaran yang memiliki sistem keamanan yang kuat untuk melindungi data pribadi dan informasi keuangan Anda. Pastikan bahwa platform tersebut menggunakan enkripsi yang kuat saat mentransfer dan menyimpan data Anda. Tanyakan kepada penyedia layanan bagaimana mereka mengelola dan melindungi informasi pelanggan. Selain itu, pilihlah sarana pembayaran yang menyediakan opsi otentikasi ganda, seperti kode OTP (One-Time Password) yang dikirimkan ke perangkat Anda atau verifikasi sidik jari. Ini menambah lapisan perlindungan tambahan dan membuatnya lebih sulit bagi pihak yang tidak sah untuk mengakses akun Anda. 

2. Reputasi dan Kepercayaan

Memilih penyedia layanan yang memiliki reputasi baik dan dikenal dapat memberikan kepercayaan tambahan. Baca ulasan pengguna, lakukan pengecekan apakah penyedia layanan diatur oleh otoritas keuangan, dan lihat seberapa lama mereka sudah beroperasi.

3. Biaya dan Transparansi

Perhatikan biaya yang terkait dengan penggunaan sarana pembayaran. Pastikan bahwa biaya yang dikenakan jelas dan terbuka sehingga Anda tidak terkejut dengan biaya yang tidak terduga. Anda dapat membaca ulang segala biaya yang tertera pada layanan. 

4. Layanan Pelanggan

Penting untuk memilih penyedia layanan yang memiliki layanan pelanggan yang responsif dan tanggap. Ini sangat penting jika Anda menghadapi masalah keamanan atau transaksi yang tidak sah pada kondisi tertentu. Sehingga Anda dapat berkonsultasi untuk menemukan solusi. 

5. Jaga Informasi Pribadi

Anda harus tetap berhati-hati dengan memberikan informasi pribadi atau keuangan kepada pihak lain. Hindari membagikan informasi akun atau kata sandi dengan siapa pun, bahkan jika mereka mengaku dari penyedia layanan. Hal ini untuk mencegah terjadinya penipuan dan keamanan informasi pribadi ataupun bisnis Anda. 

Salah satu solusi bagi e-commerce atau toko online yang ingin menyediakan pilihan pembayaran yang lengkap ialah dengan memanfaatkan solusi dari payment gateway. Salah satu pelopor penyedia payment gateway di Indonesia adalah Faspay, Faspay telah didukung dengan sistem pengamanan transaksi finansial daring berstandar internasional sehingga memiliki jaminan keamanan. Selain itu, Faspay juga menjalin kerja sama dengan beragam partner strategis yang menawarkan kemudahan transaksi non tunai sehingga bermitra dengan Faspay akan membuat marketplace atau e-commerce Anda dapat menyediakan opsi pembayaran yang lengkap dan lebih mudah.

Lihat Artikel Lainnya

Membuat business plan

Ini 5 Langkah Membuat Business Plan Bagi Pemula

Manajemen Keuangan dalam Dunia Bisnis yang Perlu Diketahui

Manajemen Keuangan dalam Dunia Bisnis yang Perlu Diketahui

Dec_CRM_Thumbnail

5 Benefits of Customer Relationship Management (CRM) for Businesses

Newsletter SEPTEMBER 2023 part 2_Thumbnail

Cukup Aktifkan Fitur Cardless Withdrawal via ATM, Pelanggan Jadi Lebih Mudah dan Praktis Tarik Dana di ATM Bank!