Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Tips Memulai Bisnis di 2023

Tips memulai bisnis
Tips memulai bisnis

Sebelum mulai berbisnis, ada baiknya untuk melakukan beberapa persiapan agar bisnis Anda berjalan dengan lancar.

  1. Riset terlebih dahulu

    Salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum mulai berbisnis yaitu melakukan riset. Riset dilakukan untuk mengetahui informasi mengenai apa saja yang sedang tren atau banyak diminati masyarakat dan berpotensi menghasilkan keuntungan dimasa mendatang. Selain itu, Anda juga bisa dapat mengidentifikasi tentang calon pelanggan Anda.

  2. Tentukan siapa target pasar bisnis Anda

    Bisnis yang baik adalah bisnis yang tahu dengan pasti siapa target pasarnya. Mengetahui target pasar sangat penting untuk bisa memberikan arah bisnis Anda dan kegiatan bisnis Anda akan lebih memiliki fokus. Selain itu, Anda juga bisa menciptakan strategi pemasaran yang tepat, sesuai dengan target pasar bisnis Anda.

  3. Analisis kompetitor Anda

    Analisis kompetitor sangat berguna untuk mengetahui celah dari kompetitor bisnis Anda. Anda bisa mengetahui kelemahan kompetitor Anda dan bisa menjadikan kelemahan tersebut menjadi unique selling point dari bisnis Anda. Analisis kompetitor bisa dilakukan dengan membuat analisis SWOT (strengths, weakness, peluang opportunities, dan threat). 

  4. Buat brand guideline

    Brand guideline berguna untuk mengetahui identitas dari bisnis Anda. Brand guideline biasanya terdiri dari nama bisnis, logo, key visual, brand story, Dengan adanya brand guideline, target pasar Anda akan dengan mudah mengenal serta mengidentifikasikan brand Anda.

  5. Tentukan rencana bisnis yang matang

    Business plan sangat penting untuk menjadi acuan dalam berbisnis. Membuat business plan akan membuat Anda memiliki tujuan yang jelas dalam menjalankan bisnis Anda. Business plan berisi budget, rencana marketing, dan rencana program kerja dari bisnis Anda secara rinci dan jelas. Dalam akhir periode, business plan ini juga menjadi bahan pertimbangan dalam evaluasi.

  6. Sediakan sistem pembayaran online untuk pelanggan Anda

    Sebelum memulai bisnis, salah satu hal yang penting untuk disiapkan adalah sistem pembayaran. Sediakan sistem pembayaran online yang memudahkan pelanggan Anda dalam melakukan transaksi. Anda bisa menggunakan Faspay sebagai payment gateway.

Itulah penjelasan mengenai peluang usaha di 2023 dan tips memulai bisnis yang wajib Anda ketahui. Untuk melancarkan jalannya bisnis Anda, jangan lupa siapkan sistem pembayaran online terlengkap yang memudahkan pelanggan Anda untuk melakukan transaksi dengan beragam pilihan pembayaran dengan Faspay. Daftar sekarang dan dapatkan berbagai kemudahannya.

artikel faspay-03

2023 tinggal menghitung hari, jika Anda memiliki keinginan untuk memulai bisnis di tahun yang akan datang, Anda harus segera mulai menentukan bisnis apa yang akan Anda jalankan. Memulai bisnis memang tidak boleh sembarangan, apalagi hanya mengikuti orang lain saja. Anda harus memastikan beberapa hal termasuk potensi bisnis apa saja yang diminati dan dibutuhkan di tahun 2023. Ditambah lagi, semakin lama, akan semakin banyaknya persaingan, banyaknya bisnis yang melakukan inovasi dengan ide-ide baru, sehingga Anda harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai apa saja potensi bisnis di tahun mendatang.

Mari simak artikel di bawah untuk mengetahui 10 jenis peluang usaha yang bisa menjadi acuan Anda untuk memulai bisnis di tahun depan dan tips memulai usaha di tahun 2023. Jangan lupa untuk simak hingga akhir ya!

Peluang Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2023

Bisnis pakaian yang berpotensi menguntungkan di 2023
Bisnis pakaian yang berpotensi menguntungkan di 2023

Berikut beberapa ide usaha yang berpotensi banyak peminatnya dan mendatangkan keuntungan di tahun 2023:

  1. Bisnis Pakaian

    Salah satu bisnis yang berpeluang untuk menghasilkan keuntungan di tahun 2023, salah satunya yaitu bisnis pakaian. Bisnis pakaian bisa dibilang tidak ada hentinya untuk diminati karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang akan selalu dibutuhkan setiap saat. Ditambah lagi, meningkatkan peminat fashion dari merk lokal. Tentu saja hal ini menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan.

  2. Bisnis Food and Beverage

    Bisnis food and beverage atau biasa disebut bisnis FnB merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati dimakan waktu, malah akan terus berkembang dengan berbagai macam ide-ide atau inovasi baru. Peminatnya akan tetap terus ada sepanjang waktu. Bisnis makanan atau minuman sangat patut dicoba di tahun 2023. Bisnis makanan dan minuman juga bisa dengan sistem franchise

  3. Bisnis Photography

    Bisnis yang berpeluang banyak peminatnya di 2023, salah satunya bisnis di bidang photography. Apalagi mulai muncul tren baru yaitu self photo, dimana tidak adanya fotografer di dalam studio. Kelebihan dari konsep self photo studio yaitu pengunjung bisa mengambil photo sebanyak-banyaknya dan bebas berekspresi karena foto diambil menggunakan remote, tanpa adanya fotografer yang membantu. 

  4. Bisnis Penyewaan Peralatan Bayi

    Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi semua kebutuhan bayi. Seringkali orang tua lebih memilih untuk sewa perlengkapan bayi seperti alat pumping, stroller, box tempat tidur bayi, alat steril dan masih banyak lagi. Selain karena harganya yang lumayan menguras dompet, peralatan bayi sering kali hanya dipakai beberapa bulan saja, tidak untuk jangka waktu yang lama. Bisnis penyewaan peralatan bayi merupakan ide bisnis yang menjanjikan di tahun 2023 karena peminatnya sepanjang tahun akan selalu ada dan selalu dibutuhkan oleh para orang tua.

  5. Bisnis Tour & Travel

    Selama pandemi COVID-19, banyak orang yang terpaksa harus membatasi mobilitas dan tetap didalam rumah. Setelah pandemi Covid-19 berlalu dan berbagai tujuan wisata mulai dibuka, antusiasme masyarakat untuk mulai berpergian sangat tinggi. Masyarakat mulai berpergian keluar maupun dalam negeri. Bisnis tour and travel pun mulai hidup kembali dan dibutuhkan masyarakat. Hal ini menjadi peluan untuk Anda yang ingin mulai berbisnis di bidang perjalanan wisata.

  6. Bisnis kosmetik dan perawatan wajah

    Bisnis kosmetik dan perawatan wajah menjadi salah satu bisnis yang berpotensi menghasilkan keuntungan di 2023, karena bisnis di industri kecantikan ini semakin memiliki banyak peminat. Ditambah lagi, masyarakat sudah mulai tertarik dengan merek-merek lokal yang tidak kalah bagus dengan merk luar dengan harga yang lebih ekonomis. Anda bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang bisnis di 2023.

  7. Jasa online teaching

    Salah satu bisnis yang patut Anda coba yaitu jasa mengajar via daring. Saat ini sedang ramai pembelajaran daring via internet karena dirasa lebih efisien, hemat waktu dan tempat. Jika Anda memiliki kemampuan di bidang tertentu, tidak hanya terbatas di bidang akademik saja, Anda bisa menyalurkan ilmu Anda sekaligus menjadikannya ide bisnis yang menghasilkan penghasilan, contohnya les bahasa inggris dan bahasa asing lain, les editing, dan yang lainnya.

  8. Bisnis Design

    Untuk Anda yang memiliki kemampuan membuat design yang cukup mumpuni, Anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis di 2023. Anda bisa menjual jasa design atau hasil design karya Anda yang banyak dibutuhkan oleh pebisnis. 

  9. Bisnis Reseller

    Bisnis reseller bisa Anda coba dengan menjual produk yang berasal dari supplier lain dan menjualnya kepada konsumen. Bisnis reseller akan lebih menguntungkan untuk Anda yang baru mencoba memulai bisnis, karena resiko kerugian yang bisa diminimalisir serta bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu banyak. Dan keuntungan lainnya Anda bisa menjual lebih dari satu produk dalam satu toko.

  10. Bisnis Sembako

    Bisnis yang selalu dibutuhkan sepanjang waktu, salah satunya adalah bisnis sembako. Bisnis sembako dahulu hanya dijalankan melalui warung atau toko saja, tetapi sekarang banyak yang menjual sembako di toko online. Anda bisa menjual berbagai macam kebutuhan pokok sehari-hari yang pasti dibutuhkan oleh pelanggan seperti gula pasir, minyak goreng, tepung, dan lainnya. Bisnis sembako online merupakan peluang bisnis yang menjanjikan sepanjang waktu.

Lihat Artikel Lainnya

cover-newsletter-05

Strategi Meningkatkan Penjualan di Tanggal Kembar

akulaku-Square_190121_163826.jpg

AKULAKU is now available as the Newest Payment Channel in FASPAY!

invoice online

5 Cara Membuat Cash Flow Bisnis Anda Lebih Baik

payment gateway terbaik

Ingin Tingkatkan Penjualan Saat Bulan Ramadhan? Simak 3 Tips Berikut Ini, Ya!