Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

usaha yang menjanjikan

Memulai sebuah bisnis atau usaha memang tidak boleh sembarangan, banyak hal yang patut dipertimbangkan, seperti jenis usaha yang akan dipilih hingga melakukan berbagai inovasi. Lantas, apa saja peluang usaha yang menjanjikan yang selalu banyak peminat?

Mari simak artikel di bawah untuk mengetahui 10 jenis usaha yang menjanjikan dan tips memulai usaha.

Baca juga: Tips Laris Manis Berjualan di IG Live, Simak Panduan Lengkapnya

10 Jenis Usaha yang Menjanjikan untuk Masa Depan

Berikut beberapa ide peluang usaha yang menjanjikan dan berpotensi banyak peminatnya dan mendatangkan keuntungan yang patut Anda coba, diantaranya:

1. Bisnis Pakaian

Bisnis pakaian: peluang usaha yang menjanjikan
Salah satu jenis usaha yang menjanjikan dan dapat berpotensi mendatangkan cuan adalah bisnis pakaian.
Bisnis pakaian bisa dibilang tidak ada hentinya untuk diminati karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang akan selalu dibutuhkan setiap saat. Ditambah lagi, meningkatkan peminat fashion dari merk lokal. Tentu saja hal ini menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan.

2. Bisnis Makanan (Food and Beverage)

Bisnis F&B: peluang usaha yang menjanjikan
Bisnis makanan atau
food and beverage atau biasa disebut bisnis FnB merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati dimakan waktu, malah akan terus berkembang dengan berbagai macam ide-ide atau inovasi baru. Peminat salah satu bisnis handmade ini akan tetap terus ada sepanjang waktu. Sehingga, bisnis ini sangat berpeluang menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan mengutungkan. Bisnis ini juga bisa dengan sistem franchise

3. Bisnis Photography

Bisnis Photografi: jenis Usaha yang menjanjikan
Jenis usaha yang menjanjikan berikutnya dalah bisnis yang bergerak dibidang
 photography. Apalagi mulai muncul tren baru yaitu self photo, dimana tidak adanya fotografer di dalam studio. Kelebihan dari konsep self photo studio yaitu pengunjung bisa mengambil photo sebanyak-banyaknya dan bebas berekspresi karena foto diambil menggunakan remote, tanpa adanya fotografer yang membantu. 

4. Bisnis Penyewaan Peralatan Bayi

Bisnis sewa peralatan bayi: jenis Usaha yang menjanjikan
Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi semua kebutuhan bayi. Seringkali orang tua lebih memilih untuk sewa perlengkapan bayi seperti alat
pumping, stroller, box tempat tidur bayi, alat steril dan masih banyak lagi. Selain karena harganya yang lumayan menguras dompet, peralatan bayi sering kali hanya dipakai beberapa bulan saja, tidak untuk jangka waktu yang lama.

Bisnis penyewaan peralatan bayi merupakan ide peluang usaha yang menjanjikan yang patut untuk di coba, karena akan selalu ada dan selalu dibutuhkan oleh para orang tua.

5. Bisnis Tour & Travel

Bisnis tour & travel: peluang usaha yang menjanjikan

Traveling adalah salah satu jenis kegiatan yang banyak disenangi orang termasuk masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, bisnis tour dan travel menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan berpeluang mendatangkan cuan yang patut untuk di coba.

 

6. Bisnis Kosmetik dan Perawatan Wajah

Bisnis kosmetik: jenis Usaha yang menjanjikan
Bisnis kosmetik dan perawatan wajah menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan keuntungan,
karena bisnis di industri kecantikan ini semakin memiliki banyak peminat. Ditambah lagi, masyarakat sudah mulai tertarik dengan merek-merek lokal yang tidak kalah bagus dengan merk luar dengan harga yang lebih ekonomis. 

7. Jasa Online Teaching

Bisnis online teaching : peluang usaha yang menjanjikan
Salah satu bisnis yang patut dioba yaitu jasa mengajar via daring atau online. Saat ini sedang ramai pembelajaran daring via internet karena dirasa lebih efisien, hemat waktu dan tempat.

Jika Anda memiliki kemampuan di bidang tertentu, tidak hanya terbatas di bidang akademik saja, Anda bisa menyalurkan ilmu yang Anda miliki sekaligus menjadikannya ide bisnis yang menghasilkan penghasilan, contohnya les bahasa inggris dan bahasa asing lain, les editing, dan yang lainnya.

8. Bisnis Design

Bisnis design: jenis Usaha yang menjanjikan
Untuk Anda yang memiliki kemampuan membuat design yang cukup mumpuni, Anda bisa menjadikannya sebagai peluang jenis usaha yang menjanjikan untuk mendapatkan cuan. Anda bisa menjual jasa
design atau hasil design karya Anda yang banyak dibutuhkan oleh pebisnis. 

9. Bisnis Reseller

Bisnis reseller: peluang usaha yang menjanjikan
Bisnis
reseller bisa Anda coba dengan menjual produk yang berasal dari supplier lain dan menjualnya kepada konsumen. Bisnis reseller akan lebih menguntungkan untuk Anda yang baru mencoba memulai bisnis, karena resiko kerugian yang bisa diminimalisir. Selain itu, keuntungan lainnya Anda bisa menjual lebih dari satu produk dalam satu toko. Bisnis reseller juga menjadi salah satu jenis usaha yang tidak membutuhkan modah besar.

10. Bisnis Sembako

Bisnis sembako: jenis Usaha yang menjanjikan
Bisnis yang selalu dibutuhkan sepanjang waktu, salah satunya adalah bisnis sembako. Bisnis sembako dahulu hanya dijalankan melalui warung atau toko saja, tetapi sekarang banyak yang menjual sembako di toko online.

Anda dapat menjual berbagai macam kebutuhan pokok sehari-hari yang pasti dibutuhkan oleh pelanggan seperti gula pasir, minyak goreng, tepung, dan lainnya. Bisnis sembako online merupakan peluang bisnis yang menjanjikan sepanjang waktu.

Baca juga: Aktifkan BCA Virtual Account, Mudah dan Cepat dengan Faspay

Tips Memulai Bisnis atau Usaha Agar Untung

Tips memulai bisnis
Tips memulai bisnis

Sebelum menjalankan berbagai jenis usaha yang menjanjikan yang telah disebutkan diatas, ada baiknya untuk melakukan beberapa persiapan agar bisnis Anda berjalan dengan lancar. Berikut beberapa tips sebelum memulai sebuah usaha atau bisnis, antara lain:

1. Riset Terlebih Dahulu

Salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum mulai berbisnis yaitu melakukan riset. Riset dilakukan untuk mengetahui informasi mengenai apa saja yang sedang tren atau banyak diminati masyarakat dan berpotensi menghasilkan keuntungan dimasa mendatang. Selain itu, Anda juga bisa dapat mengidentifikasi tentang calon pelanggan Anda.

2. Tentukan Target Pasar

Bisnis yang baik adalah bisnis yang tahu dengan pasti siapa target pasarnya. Mengetahui target pasar sangat penting untuk bisa memberikan arah bisnis Anda dan kegiatan bisnis Anda akan lebih memiliki fokus. Selain itu, Anda juga bisa menciptakan strategi pemasaran yang tepat, sesuai dengan target pasar bisnis Anda.

3. Analisis Kompetitor Anda

Analisis kompetitor sangat berguna untuk mengetahui celah dari kompetitor bisnis Anda. Anda bisa mengetahui kelemahan kompetitor Anda dan bisa menjadikan kelemahan tersebut menjadi unique selling point dari bisnis Anda. Analisis kompetitor bisa dilakukan dengan membuat analisis SWOT (strengths, weakness, peluang opportunities, dan threat). 

4. Buat Brand Guideline

Brand guideline berguna untuk mengetahui identitas dari bisnis Anda. Brand guideline biasanya terdiri dari nama bisnis, logo, key visual, brand story, Dengan adanya brand guideline, target pasar Anda akan dengan mudah mengenal serta mengidentifikasikan brand Anda.

5. Tentukan Rencana Bisnis yang Matang

Business plan sangat penting untuk menjadi acuan dalam berbisnis. Membuat business plan akan membuat Anda memiliki tujuan yang jelas dalam menjalankan bisnis Anda. Business plan berisi budget, rencana marketing, dan rencana program kerja dari bisnis Anda secara rinci dan jelas. Dalam akhir periode, business plan ini juga menjadi bahan pertimbangan dalam evaluasi.

6. Sediakan Sistem Pembayaran Online 

Sebelum memulai bisnis, salah satu hal yang penting untuk disiapkan adalah sistem pembayaran. Sediakan sistem pembayaran online yang memudahkan pelanggan Anda dalam melakukan transaksi. Anda bisa menggunakan Faspay sebagai payment gateway.

Itulah penjelasan mengenai berbagai jenis usaha yang menjanjikan dan berpotensi menghasikan keuntungan, serta tips memulai bisnis yang wajib Anda ketahui. Setiap peluang usaha pasti memiliki risiko, Anda harus cermat dan tidak boleh melupakan risiko yang mungkin akan terjadi agar bisa meminimalisir kerugikan dan dapat keuntungan yang maksimal.

Untuk melancarkan jalannya bisnis Anda, jangan lupa siapkan sistem pembayaran online dengan berbagai pilihan, untuk memudahkan pelanggan Anda dalam melakukan transaksi pembayaran.

Anda dapat memilih Faspay sebagai payment gateway terlengkap dan memiliki beragam pilihan pembayaran. Anda bisa menyediakan pembayaran yang beragam mulai dari virtual acount, kartu kredit, hingga online kredit untuk pelanggan. Biaya dihitung per transaksi yang sukses dan integrasi yang mudah! Daftar Faspay sekarang dan dapatkan berbagai keuntungan!

Lihat Artikel Lainnya

Biaya overhead

Biaya Overhead: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghitung

Merchant Story Image

Begini kisah K7TopUp Setelah Menggunakan Faspay! #MerchantStory

Faspay Update end agustus_Newsletter copy

Pentingnya Content Marketing untuk Bisnis, Simak 5 Tips Berikut!

Analisis Pasar: Pengertian, Tujuan dan Cara Lengkapnya Faspay

Analisis Pasar: Pengertian, Tujuan dan Cara Lengkapnya