Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay Payment Gateway  Tips - Thumbnail Artikel

Dalam era digital yang terus berkembang, media sosial telah menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif bagi bisnis. Instagram, sebagai salah satu platform media sosial, menawarkan berbagai fitur untuk memperluas jangkauan pelanggan dan meningkatkan konversi penjualan. Salah satu fitur yang semakin populer adalah Instagram Live (IG Live), yang memungkinkan pengguna untuk berbagi momen secara real-time dengan audiens. Berjualan di IG Live dapat menjadi strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan pelanggan setia. Simak panduan lengkap tips laris manis untuk berjualan di IG Live di bawah ini!

1. Tentukan Tujuan dari IG Live 

Sebelum Anda mulai berjualan di IG Live, persiapkan konten dan rencanakan sesi dengan matang. Tentukan tema, jadwal, dan fokus sesi, serta siapkan produk atau layanan yang akan Anda tampilkan. Beberapa tujuan yang sering dilakukan ketika live IG, seperti mengumumkan produk baru, launching produk terbaru, menjelaskan cara menggunakan produk, mengadakan tanya jawab, berinteraksi dengan followers, melakukan live sale, atau melakukan giveaway.

2. Promosikan Sesi IG Live

Untuk memastikan banyak orang hadir dalam sesi IG Live, promosikan secara aktif sebelumnya. Gunakan fitur story, postingan organik, dan bahkan kolaborasi dengan KOL/influencer untuk menginformasikan audiens mengenai IG Live. Buatlah teaser yang menarik rasa ingin tahu audiens untuk mengikuti dan menonton IG Live. 

3. Ajak untuk Berinteraksi dan Membeli

Selama sesi IG Live, ajak audiens untuk berinteraksi dengan Anda. Minta mereka untuk bertanya, memberikan pendapat, atau berbagi pengalaman terkait produk atau topik yang Anda bahas. Selain itu, jangan ragu untuk mengajak mereka untuk melakukan pembelian jika mereka tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Berikan tautan atau informasi kontak untuk memudahkan proses pembelian.

4. Tawarkan Promo Khusus

Agar sesi IG Live lebih menarik, berikan penawaran promo khusus selama sesi tersebut. Ini bisa berupa diskon eksklusif bagi penonton IG Live, bundle produk dengan harga spesial, atau hadiah untuk pembelian tertentu. Promo-promo ini dapat mendorong orang untuk segera melakukan pembelian dan merasa bahwa mereka mendapatkan nilai lebih dari sesi tersebut.

5. Pantau dan Evaluasi Hasil

Setelah sesi IG Live selesai, lakukan analisis terhadap hasilnya. Pantau jumlah penonton, interaksi, dan respons dari audiens. Evaluasi apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan di sesi berikutnya. Data ini dapat memberi Anda wawasan berharga tentang strategi pemasaran Anda.

6. Konsistensi dan Pengembangan Berkelanjutan

Terakhir, penting untuk menjaga konsistensi dalam berjualan di IG Live. Jadwalkan sesi secara rutin agar audiens terbiasa dengan jadwal konten menarik dari Anda. Selain itu Anda tidak perlu ragu untuk mencoba hal baru dan mengikuti tren yang sedang berkembang. Ini penting untuk pengembangan konten IG Live Anda. 

Keuntungan Berjualan di Instagram Live: 

1. Menambah followers dan pelanggan setia

IG Live memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan audiens. Ini memberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan, merespons komentar, dan berkomunikasi secara personal dengan audiens. Anda dapat memberikan sentuhan secara personal kepada audiens dengan memanggil nama pada username audiens apabila mereka memberikan komentar. Keterlibatan ini meningkatkan rasa koneksi dan membuat orang lebih tertarik untuk mengikuti akun Anda untuk konten dan informasi lebih lanjut. 

2. Meningkatkan kepercayaan terhadap produk/layanan

Melalui sesi Live, Anda dapat memperlihatkan sisi autentik dari produk/layanan Anda. Pengguna akan melihat secara langsung dan berbicara tanpa skrip. Ini membantu membangun kepercayaan karena mereka dapat melihat "orang di balik layar" dengan lebih jelas. Selain itu, Anda dapat menghilangkan keraguan audiens karena dapat memperlihatkan produk/layanan lebih jelas. 

3. Mempromosikan produk/layanan lebih detail

Anda dapat memberikan demo dan tutorial produk sambil menjelaskan fitur-fitur dari produk/layanan. Selain itu, Anda bisa sambil berbicara dan menunjukkan produk/layanan kepada audiens. Biasanya, audiens akan memberikan umpan balik secara langsung jika mereka tertarik untuk mengetahui lebih lanjut. Ini sangat berharga untuk mengukur respons audiens terhadap layanan/produk. 

4. Meningkatkan kesadaran produk/layanan 

Instagram memiiki fitur notifikasi yang dapat diaktifkan pada IG Live. Dengan fitur ini, pengikut Anda lebih cenderung untuk bergabung IG Live karena notifikasi muncul di bagian homepage. Ini dapat memanfaatkan rasa FOMO (Fear of Missing Out) untuk mendorong audiens bergabung karena sesi Live yang bersifat real-time dan kadaluarsa setelah selesai. Anda juga dapat menambahkan promo ekslusif yang hanya dapat digunakan selama berlangsung sehingga audiens terdorong untuk berpartisipasi dan terlibat. 

Langkah-langkah menggunakan fitur Instagram Live:

  1. Pastikan pengguna telah mengunduh aplikasi Instagram dan masuk ke akun.
  2. Geser ke kanan atau tekan tombol (+) yang ada di bagian tengah bawah layar dan pilih opsi “Live”. 
  3. Tambahkan judul yang menggambarkan siaran Langsung sehingga akan membantu orang memahami apa yang akan dibahas. 
  4. Tekan tombol lingkaran yang ada di bagian tengah bawah layar untuk memulai siaran langsung.
  5. Untuk mengajak teman bergabung dalam siaran Live Rooms, tekan ikon “Tambah Teman”. Pengguna dapat menambahkan satu hingga tiga teman untuk bergabung dalam siaran Live Rooms. Dapat ditambahkan secara bersamaan maupun bertahap.
  6. Selama sesi Live Room, Anda dapat berbicara dengan tamu-tamu Anda dan berinteraksi dengan penonton yang mengirimkan komentar dan pertanyaan. Anda juga dapat mengaktifkan fitur Q&A dan share video atau foto ketika Siaran Langsung. 

Setelah mengetahui tips diatas, Anda dapat mengikuti mengikuti langkah-langkah menjalankan IG Live dengan sukses. Mulai dari perencanaan, promosi, interaksi ketika live, hingga menganalisis hasil, Anda dapat menciptakan pengalaman berjualan di IG Live yang tak terlupakan bagi audiens. Selain itu, Anda juga dapat meraih keuntungan peningkatan followers, kepercayaan produk/layanan, dan penjualan. 

Untuk memastikan semua transaksi penjualan produk/layanan di IG Live berjalan lancar dan aman, penggunaan layanan pembayaran online yang andal seperti Faspay dapat menjadi solusi yang tepat. Anda dapat terima pembayaran online dengan mudah dari 50+ channel pembayaran melalui payment link maupun online invoice. Dengan Faspay, Anda dapat memberikan pengalaman pembayaran online yang mudah dan nyaman bagi pelanggan, sehingga mendukung kesuksesan bisnis Anda dalam memanfaatkan potensi penjualan melalui IG Live.

Ingin memperluas bisnis Anda dan meningkatkan efisiensi dalam menerima pembayaran dari pelanggan? Daftar sebagai merchant Faspay disini dan nikmati keuntungan layanan pembayaran yang aman dan nyaman!

Lihat Artikel Lainnya

5 easy tips

Follow 5 Easy Steps on How to Start a Korean Cosmetics Business

Newsletter dan Thumbnail End January_WEBSITE Donasi BLOG ID

Ketahui 3 Cara Membuat Donasi Online dengan Mudah

new normal square

Bersaing dan Bertahan di Era New Normal, Pelaku Bisnis Harus Bagaimana?

Sept_Faspay Billing 2.0_Thumbnail

Fitur Faspay Billing 2.0 Lebih Lengkap, Operasional Bisnis Makin Efisien!