Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > Produk Tersisa dan Tidak Laku, Diapakan Ya? Berikut Strateginya!

Produk Tersisa dan Tidak Laku, Diapakan Ya? Berikut Strateginya!

Faspay Update September end_Produk Tersisa Bindo

Produk yang tidak laku dan akhirnya hanya tersisa di gudang merupakan salah satu mimpi buruk para bisnis owner. Ada beberapa hal yang mempengaruhi produk Anda tidak laku, seperti kurangnya strategi marketing, persaingan produk kompetitor, target pasar yang tidak sesuai, dan masih banyak lagi. Adapun, selain resiko kerugian, perputaran modal dalam bisnis Anda akan terhambat. Ditambah lagi, produk-produk tersebut akan mempengaruhi proses inventaris dan produk yang menumpuk menghalangi penyimpanan di gudang Anda. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran terbesar bisnis owner terutama mereka yang menjual produk mudah busuk.

Lalu, bagaimana menangani produk tersisa dan tidak laku agar tidak menjadi halangan pada bisnis Anda? Simak strategi berikut:

  1. Buat bundle produk
    Gabungkanlah produk yang tidak banyak diminati dengan produk yang laku dipasaran dalam satu harga. Teknik ini disebut bundle. Produk bundle lebih banyak diminati oleh pelanggan karena dirasa lebih menguntungkan mendapat 2 produk dengan harga yang lebih murah.
  2. Buat diskon produk
    Terdapat 2 jenis diskon yang layak Anda lakukan untuk menjual produk tersisa Anda, yaitu clearance sale dan flash sale. Diskon akan menarik perhatian konsumen untuk membeli karena harganya pasti lebih murah dibanding biasanya. Diskon tersebut juga bisa disesuaikan dengan perayaan tertentu seperti Hari Natal, Lebaran ataupun tanggal kembar setiap bulannya. 
  3. Giveaway
    Dengan melakukan Giveaway produk-produk Anda yang tidak habis terjual, Anda bisa mendapatkan feedback berupa awareness terhadap produk Anda kepada target pasar. Giveaway bisa diadakan memalui media sosial yang dimiliki oleh bisnis Anda dan akan menumbuhkan engagement pada akun Anda.
  4. Ubah display produk
    Untuk Anda yang memiliki offline store, perhatikan penataan produk pada etalase toko Anda. Letakkan produk lama didepan produk yang baru. Hal ini agar pembeli mengambil stock yang lama terlebih dahulu dan membuat stock lama cepat habis dan tidak tersisa.

Selain strategi-strategi diatas, jangan lupa untuk melakukan evaluasi penjualan produk Anda dengan rutin untuk mengetahui apa yang membuat produk Anda tidak laku di pasaran atau sebaliknya. Agar produk Anda makin laris manis, mudahkan transaksi pelanggan Anda dengan menggunakan Faspay! 

Lihat Artikel Lainnya

payment gateway terbaik

Terus Lengkapi Channel Pembayaran, Faspay Tambah Channel Baru BNC VA

keuntungan gpn

Apa itu GPN? 5 Keuntungan Gerbang Pembayaran Nasional

Article Image

3 Manfaat Beralih dari Invoice Manual ke Invoice Online

razer-promo-permata-bank-faspay

​Promo Extra Razer Gold Balance diperpanjang hingga 31 Mei 2019!

Baca Juga  Kembangkan bisnis Anda dengan cepat melalui program Faspay for UMKM Indonesia