Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran, pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Permudah Transaksi Pelanggan dengan Fitur Baru Ovo Tokenized

Kehadiran e-money membuat transaksi daring makin mudah untuk dilakukan. Salah satu penyedia pembayaran e-money adalah OVO, yang menghadirkan dompet sekaligus uang digital dalam satu tempat. Lewat platform ini, Anda bisa melakukan berbagai transaksi tanpa uang tunai. 

Banyak orang lebih menyukai pembayaran non-tunai daripada menggunakan uang cash karena dianggap lebih praktis dan higienis. Akhirnya banyak pebisnis yang menyediakan opsi pembayaran online ini agar dapat menarik minat pelanggan berbelanja. 

Kini OVO menghadirkan OVO Tokenized, yakni fitur terbaru yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi lewat website atau aplikasi. Agar lebih mudah memahami fitur ini, simak ulasan lengkapnya dalam penjelasan berikut.

Apa itu OVO?

pembayaran digital OVOBagi Anda yang sudah tergabung dengan cashless society, Anda tentu tidak asing dengan platform dompet digital ini. Kehadirannya membuat aktivitas pembayaran dan transaksi yang sebelumnya diharuskan menggunakan uang tunai, kini bisa dilakukan secara daring. 

OVO hadir di Indonesia pada tahun 2017 dengan jumlah pengguna yang terus naik secara signifikan tiap tahunnya. Tercatat, ada sekitar 20,8 juta pengguna OVO di Indonesia di tahun 2022 yang terhitung aktif menggunakan platform ini menurut CNBC Indonesia. 

Aspek yang membuat OVO cukup digemari adalah pemakaiannya yang ringkas. Sebagai pengguna, Anda hanya perlu melakukan pendaftaran dengan nomor ponsel yang masih aktif. Dengan nomor tersebut, Anda bisa melakukan pembayaran tanpa menggunakan rekening bank. 

Tak ingin kalah dengan pesaingnya, OVO juga menghadirkan banyak benefit kepada penggunanya. Di antaranya adalah OVO Points dan OVO Tokenized. OVO Points merupakan loyalty reward yang diberikan kepada pelanggan, terkhusus kepada mereka yang sudah melakukan transaksi di merchant OVO. 

Baca juga: Faspay Permudah Bisnis Untuk Menggunakan Pembayaran OVO

Sedangkan Tokenized merupakan fitur terbaru yang platform ini luncurkan. Dengan fitur ini, Anda bisa menyatukan berbagai link e-wallet hanya di satu akun. Dengan cara ini, pengguna bisa langsung melakukan transaksi di platform belanja yang mereka kunjungi.

Sekilas Fitur OVO Tokenized

Di atas memang sudah disinggung terkait dengan fitur Tokenized ini. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa OVO Tokenized merupakan fitur pembayaran yang bisa pengguna OVO manfaatkan. Fitur ini memungkinkan pengguna membayar lewat website/aplikasi dari akun OVO  mereka yang sudah terkoneksi saat berbelanja di toko Anda. Mereka bisa langsung melakukan pembayaran transaksi dari akun OVO yang sudah terkoneksi di toko merchant

Bayar lewat OVO tentu lebih praktis, alasannya karena Anda tak harus menggunakan kartu debit maupun uang tunai. Bahkan Anda bisa memanfaatkan OVO Points yang sudah didapatkan, sehingga jumlah pembayaran bisa berkurang secara signifikan. 

Benefit lain yang akan Anda dapatkan menggunakan fitur ini adalah proses transaksi yang lebih ringkas. Cukup dengan memasukkan pin atau tanpa pin (auto debit), pembayaran bisa langsung terproses. Hal ini tentu akan memudahkan Anda yang ingin melakukan pembayaran secepat mungkin. 

 Terdapat dua jenis Tokenized yang platform uang digital ini hadirkan, di antaranya adalah:       

  • Pembayaran dengan PIN, lebih dikenal sebagai Flow Direction, pengguna diharuskan memasukkan PIN OVO yang dimiliki untuk menyelesaikan transaksi.
  • Tanpa PIN, atau disebut sebagai Flow Auto Debit, pengguna tak harus memasukkan PIN karena transaksi akan dilakukan secara otomatis.

Keuntungan Menggunakan OVO Tokenized

OVOAda banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan pemakaian fitur unggulan ini, di antaranya adalah:

1. Aman

Transaksi yang dilakukan lewat dompet digital dinilai lebih aman, sebab hanya pemiliknya lah yang bisa melakukan transaksi. Apalagi jika pengguna menggunakan PIN, kata sandi maupun sidik jari untuk persetujuan transaksi yang dilakukan.

2. Lebih Praktis dan Instan

Proses pembayaran menggunakan payment link OVO jauh lebih praktis dan instan dibandingkan dengan pembayaran konvensional. Baik dilakukan saat transaksi di toko online maupun offline, Anda cukup melakukan scan barcode maupun QRIS yang telah disediakan. 

Baca juga: Nikmati Pembayaran Kekinian Lewat Metode E-Money

3. Bisa Atur Keuangan

Lewat riwayat transaksi yang dilakukan, Anda bisa melihat secara menyeluruh apa saja transaksi yang dilakukan. Hal ini secara tak langsung bisa membantu Anda mengingat dan mengelola keuangan. Riwayat transaksi yang tersedia juga bisa menjadi pengingat untuk konsisten mengatur keuangan.

4. Banyak Deals atau Promo Menarik

Tidak banyak yang tahu jika OVO menghadirkan banyak deals menarik untuk penggunanya. Begitu pula dengan Tokenized, tak jarang ada diskon maupun harga promo yang bisa Anda dapatkan. Potongan harga ini tentu akan menghemat pengeluaran Anda tiap bulannya.

5. Proses Top Up yang Lebih Mudah

Kemudahan lain yang OVO hadirkan adalah proses top up yang lebih mudah. Anda bisa melakukan top up untuk Tokenized dengan berbagai cara, mulai dari internet banking, mobile banking, hingga transfer melalui ATM. 

Dengan berbagai keuntungan yang tersedia, rasanya sayang jika tak memanfaatkan benefit terbaru dari OVO ini. Kehadiran Tokenized bisa saja membuat proses transaksi Anda lebih ringkas dan mudah, baik sebagai konsumen maupun pengusaha.

Aktivasi OVO Tokenized dengan Faspay untuk Tingkatkan Bisnis Anda

Sejumlah 20,8 juta pengguna dompet digital seperti OVO per tahun 2022 menurut CNBC Indonesia, membuat pelaku usaha harus pintar-pintar mengambil peluang. Caranya dengan menghadirkan media pembayaran OVO sebagai salah satu metode pembayaran, sehingga bisa menjangkau lebih banyak pelanggan yang memanfaatkan OVO sebagai media pembayaran.

Selain OVO, Anda juga bisa mengaktifkan metode pembayaran lain untuk jangkauan pasar yang semakin luas. Faspay bisa membantu Anda, Faspay merupakan payment gateway terbaik dan menjadi solusi jitu untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran, terutama untuk dompet ataupun uang digital. 

Dengan Faspay, tidak hanya OVO dan e-wallet saja yang bisa Anda aktifkan metode pembayarannya. Anda bisa mengaktifkan virtual account, kartu kredit, QRIS, dan toko ritel dari 50+ channel pembayaran hanya dengan satu kali aktivasi. 

Transaksi dengan payment gateway seperti Faspay cocok untuk berbagai rupa bisnis. Apabila bisnis memiliki jalur pengelolaan dan transaksi keuangan yang baik, pelanggan tentu lebih tertarik untuk melakukan pembelian. 

Baca juga: Jaminan Transaksi Aman dengan 4 Sistem Payment Gateaway

Faspay menghadirkan lebih dari 50+ channel yang bisa Anda gunakan, baik untuk Tokenized maupun Points dari OVO. Proses integrasi akan berjalan cepat, gratis dan full support dari tim teknis Faspay. Dengan cara ini, sistem pembayaran daring pun bisa Anda kelola dengan lebih optimal. 

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan layanan Faspay, jangan ragu untuk daftar jadi member Faspay sekarang. Tak hanya bisa menggunakan benefit eksklusif dari OVO, Anda juga akan mendapatkan proses transaksi digital yang mudah, cepat, serta terpercaya.

Lihat Artikel Lainnya

cara transfer shopeepay ke dana

Cara Transfer ShopeePay ke DANA dan Sebaliknya, Tanpa Ribet!

cara transfer ovo ke dana - faspay

Ini Cara Transfer OVO ke DANA dan Biaya Administrasinya

usaha sampingan - faspay

10 Rekomendasi Usaha Sampingan yang Menjanjikan Banyak Cuan

bisnis online tanpa modal lewat hp

10 Ide Bisnis Online tanpa Modal Lewat HP, Anti Ribet!