Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Keuntungan Menyediakan Sistem Pembayaran Paylater.

Dunia digital yang serba cepat saat ini membutuhkan suatu metode pembayaran instan yang bebas hambatan, seperti PayLater atau ‘Buy Now, Pay Later’ (BNPL). Metode ini sangat dibutuhkan oleh pelanggan yang tidak memiliki akses ke kartu kredit atau dana yang cukup.

Hanya dengan menyelesaikan pendaftaran di platform pilihan, pelanggan Anda jadi lebih leluasa dalam mengelola keuangan mereka, lewat opsi menunda pembayaran atau memilih tenor cicilan.

Selain itu, metode ini mampu membuka peluang baru untuk bisnis karena dapat meningkatkan konversi penjualan, mempercepat proses transaksi, dan bahkan meminimalisir risiko gagal bayar. 

Apa Itu Sistem Pembayaran PayLater?

Sistem pembayaran ini merujuk pada sebuah layanan pembayaran yang memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan transaksi belanja online mereka. Kemudian, mereka bisa membayar dalam bentuk cicilan atau satu kali bayar, sesuai dengan tenor yang telah ditentukan.

Proses aktivasi biasanya sangat cepat dan tidak rumit, sehingga memungkinkan pengguna untuk langsung menggunakan dana yang disediakan sesuai dengan limit kredit. Inilah dua alasan utama mengapa layanan BNPL sangat populer: fleksibilitas dalam memilih jangka waktu bayar dan mudahnya proses pemakaian.

4 Kelebihan Sistem Pembayaran PayLater bagi Pelanggan Anda

Berikut empat keuntungan yang bisa dirasakan oleh pelanggan bisnis Anda dari opsi pembayaran BNPL:

1. Proses Pendaftaran, Pengajuan, Hingga Pembayaran Mudah dan Praktis

Proses Pendaftaran, Pengajuan, Hingga Pembayaran Mudah dan Praktis

Penyedia kredit bayar nanti biasanya menawarkan proses pendaftaran yang sangat mudah dan praktis. Pelanggan cukup mengunduh aplikasi, lalu mengikuti serangkaian syarat dan ketentuan yang telah disediakan.

Verifikasi biasanya hanya melibatkan OTP, pin, foto, dan tanda tangan digital. Ini menjadikan opsi paylater di Indonesia sebagai salah satu metode pembayaran yang paling mudah diakses.

2. Bisa Digunakan Kapan Saja dan Di Mana Saja

PayLater Bisa Digunakan Kapan Saja dan Di Mana Saja

PayLater di Indonesia tidak terbatas pada satu platform saja. Fitur bayar nanti ini bisa digunakan di berbagai mitra yang telah bekerja sama. Ini memberikan kebebasan bagi pengguna untuk memilih platform favorit mereka untuk menikmati fasilitasnya.

Mereka pun bisa memakai opsi pembayaran ini kapan pun dan di mana pun mereka mau, asalkan tidak ada kendala koneksi jaringan internet. Jadi, cukup dengan beberapa kali klik, user bisa menyelesaikan proses pembelian kapan saja.

3. Menawarkan Berbagai Opsi Tenggang Waktu (Tenor)

Menyediakan beragam tenor

Metode pembayaran ini juga menawarkan fleksibilitas dalam tenor cicilannya. Pengguna dapat memilih jangka waktu yang sesuai dengan kemampuan finansial mereka, mulai dari satu hingga beberapa bulan, sehingga memberikan kebebasan dalam mengelola keuangan mereka.

4. Memiliki Banyak Promo Tanpa Bunga dan Cashback

Memiliki Banyak Promo Tanpa Bunga dan Cashback

Banyak aplikasi yang menawarkan promo menarik seperti cicilan tanpa bunga atau cashback pada transaksi tertentu. Keduanya merupakan cara efektif yang membuat banyak pengguna tertarik menggunakan PayLater. 

4 Keuntungan Implementasi PayLater bagi Bisnis Anda

Mengintegrasikan opsi pembayaran ini bisa menjadi keputusan bisnis yang cerdas karena menghadirkan empat keuntungan di bawah ini:

1. Transaksi Selesai dengan Lebih Cepat

Karena pelanggan tidak perlu menunggu untuk mengumpulkan dana atau menyelesaikan proses persetujuan kredit yang panjang, mereka cenderung lebih cepat menyelesaikan pembelian, hanya dalam hitungan detik.

Artinya, Anda tidak perlu menunggu lama untuk menerima pembayaran masuk, sehingga mempercepat arus kas bisnis. Kecepatan ini penting, terutama dalam industri yang memerlukan perputaran dana cepat, seperti logistik dan transportasi.

2. Mengurangi Risiko Hit & Run dan Gagal Bayar

PayLater mengurangi risiko hit & run dengan melakukan verifikasi pengguna sebelum memberikan fasilitas kredit. Penyedia biasanya memiliki prosedur verifikasi yang ketat walaupun cepat.

Hal ini untuk memastikan bahwa pengguna layanan memiliki rekam jejak keuangan yang baik. Terlebih lagi, proses pembayaran ini juga dapat meminimalisir risiko gagal bayar atau tunggakan.

3. Meningkatkan Konversi dan Loyalitas Pelanggan

Opsi pembayaran yang mudah dan cepat ini mampu mendorong pelanggan untuk kembali dan melakukan pembelian berulang. Hasilnya, tingkat retensi pelanggan akan meningkat dan bisnis Anda bisa membangun loyalitas pelanggan baru.

4. Membantu Mengembangkan Jangkauan Pasar

Opsi pembayaran ini memungkinkan Anda untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas. Contohnya, bagi pelanggan yang tidak memiliki akses ke kartu kredit atau enggan memberikan informasi keuangan mereka berkali-kali secara online.

5 Tips Menggunakan Metode Pembayaran PayLater untuk Pengguna

Penting juga untuk mengetahui bagaimana menggunakan metode pembayaran ini dengan bijak. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh pengguna:

1. Pilih Platform atau Aplikasi yang Berlisensi Bank Indonesia

Keamanan harus menjadi prioritas utama dalam setiap transaksi keuangan. Oleh sebab itu, cari dan periksa juga apakah aplikasi yang Anda pilih sudah berizin dan diawasi oleh OJK. Pengawasan ini sangat vital karena dapat mencegah transaksi yang merugikan. Pasalnya, OJK memiliki hak untuk mencabut izin usaha aplikasi tersebut.

2. Jangan Asal Daftar dan Menggunakan

Banyaknya pilihan layanan PayLater bisa meningkatkan perilaku konsumtif pengguna, apalagi berkat proses verifikasi yang serba cepat dan mudah. Maka dari itu, sebelum menggunakan layanan, pastikan Anda telah membaca dan memahami semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat dan ketentuan ini mencakupi pemahaman tentang bagaimana tenor cicilan, bunga, dan denda dihitung. Jadi, jangan terburu-buru mendaftar sebelum memahami semua detailnya.

3. Jangan Berikan Data Pribadi Kepada Siapapun

Aplikasi yang Anda pilih mungkin sudah memiliki tingkat keamanan berlapis, namun perihal keamanan data pribadi juga harus Anda jaga sendiri. Jangan pernah memberikan informasi pribadi seperti password atau PIN kepada siapa pun, termasuk kepada pihak yang mengaku dari platform yang Anda pakai.

Bahkan, informasi mengenai nama (lengkap atau panggilan) dan nomor telepon juga perlu dijaga. Selalu gunakan saluran komunikasi resmi jika Anda perlu berbicara dengan layanan pelanggan, seperti email Customer Service.

4. Jangan Menggunakan Satu Password untuk Semua Akun

Hal ini sangatlah berisiko tinggi. Soalnya, jika satu akun di-hack, semua akun lain dengan password yang sama juga dapat dibobol. Oleh karena itu, selalu gunakan password yang unik dan berbeda dengan kombinasi angka, huruf, dan karakter untuk setiap akun yang Anda miliki.

5. Jangan Sembarang Klik Tautan Penawaran atau Promosi PayLater (Berpotensi Phishing)

Phishing adalah salah satu taktik yang sering digunakan oleh penjahat siber untuk mencuri informasi pribadi Anda. Jadi, jangan pernah mengklik tautan yang tidak Anda kenal atau yang tidak dikirimkan melalui saluran resmi aplikasi.

Setelah memahami beragam keuntungan opsi pembayaran ini, tentu Anda sebagai pemilik bisnis tidak ingin ketinggalan dalam memanfaatkannya, bukan? Faspay menawarkan dua solusi yang aman dan mudah untuk bisnis Anda bisa menyediakan pilihan pembayaran paylater untuk customer.

Pertama, dengan menggunakan Faspay Business, Anda bisa menyediakan beragam metode pembayaran online, termasuk PayLater dari Indodana, Bri Ceria, Akulaku, hingga Kredivo. Sementara solusi lainnya adalah Faspay Billing yang memudahkan Anda untuk melakukan penagihan menggunakan invoice digital ke pelanggan, tanpa harus punya website atau aplikasi yang juga bisa menyediakan metode PayLater melalui Faspay Billing. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tarif yang terjangkau, Anda bisa mengunjungi halaman ini. Tertarik untuk memulai? Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Merchant Faspay di sini!

Lihat Artikel Lainnya

5 Alasan Penting E-commerce Menyediakan Opsi Pembayaran yang Lengkap

5 Alasan Pentingnya E-commerce Menyediakan Opsi Pembayaran yang Lengkap

open api

Ini 4 Fungsi Open API dalam Teknologi Bisnis, Perlu Tahu!

Plugin Pembayaran wordpress

Ketahui 4 Keuntungan Menggunakan Plugin Pembayaran Pada WordPress

intern

One Year Faspay’s Internship Stories and Lessons Learned-Binus Chapter 2019