Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Thumbnail article Maret Sociopreneur-01 (1)

Pernahkah Anda mendengar istilah sociopreneur? Atau istilah sociopreneur masih asing di telinga Anda? Sociopreneur sedang berkembang pesat di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa kepedulian masyarakat mengenai isu sosial dan lingkungan yang meningkat. Munculnya sociopreneur sangat membantu dalam mengatasi isu-isu atau masalah sosial masyarakat dan membawa dampak yang baik. Sociopreneur yang sering dijumpai di Indonesia pun beragam mulai dari bidang lingkungan, kesehatan, ekonomi dan sebagainya. Mari simak lebih lengkap seputar sociopreneur, mulai dari pengertian sociopreneur, tujuan sociopreneur, hingga langkah mendirikan atau menjadi sociopreneur. Simak hingga habis jika Anda tertarik untuk menjadi seorang social entrepreneur di Indonesia ya!

Apa itu Sociopreneur?

smiling-asian-man-using-tablet-computer

Jika dibedah dari namanya, sociopreneur merupakan gabungan dari dua kata, yaitu social dan entrepreneurship. Jadi, singkatnya pengertian sociopreneur adalah seseorang yang berusaha menggunakan berbagai cara bisnis untuk mengatasi isu/ masalah sosial bersama.

Manfaat menjadi Sociopreneur

four-unrecognizable-people-sitting-around-table-holding-each-other-s-hands-middle

Sociopreneur membantu dalam memecahkan isu atau masalah sosial yang ada di masyarakat. Selain itu, apa manfaat sociopreneur? Mari simak list di bawah ini!

  1. Melakukan bisnis dan kebaikan sekaligus
    Manfaat sociopreneur pertama adalah Anda dapat berbisnis, sekaligus melakukan kebaikan yang berdampak pada sekitar. Mengingat aktivitas socialpreneur selalu mengangkat isu atau masalah sosial yang ada di masyarakat. Secara tidak langsung, Anda melakukan amal baik untuk diri sendiri dan berdampak pada orang lain.
  2. Sebagai bentuk tanggung jawab kepada sesama
    Manfaat sociopreneur kedua adalah adalah Anda lebih bertanggung jawab kepada lingkungan dan sekitar, karena konsep sociopreneur selalu mengusung kesejahteraan sesama. Sociopreneur juga merupakan bisnis yang mengutamakan tujuan mengatasi isu sosial dan lingkungan sekitar.
  3. Menjadikan sosok inspiratif
    Apakah Anda ingin membawa pengaruh positif ke masyarakat dan bermanfaat untuk sesama? Dengan menjadi sociopreneur, Anda akan membawa misi kemanusiaan yang akan berdampak kepada banyak orang. Selain itu, Anda dapat membantu sesama dengan menjadi sociopreneur.

5 Langkah Menjadi Sociopreneur Sukses

portrait-two-entrepreneur-with-confident-expression

Setelah membaca mengenai pengertiaan dan manfaat dari menjadi sociopreneur, apakah Anda tertarik untuk menjadi sociopreneur yang sukses? Mari ketahui bersama langkah-langkah menjadi sociopreneur yang sukses di bawah ini!

  1. Lakukan riset
    Langkah pertama yang wajib dilakukan dalam memulai suatu bisnis adalah lakukan riset. Riset termasuk riset pasar maupun riset kompetitor. Dengan melakukan riset pasar, Anda bisa mengetahui situasi pasar dan kondisi serta strategi kompetitor Anda dalam menjalankan bisnisnya. Selain itu, Anda bisa mengetahui kebutuhan target pasar Anda dengan melakukan riset.
  2. Pahami isu yang diangkat
    Setelah melakukan riset, Anda akan mengetahui isu atau masalah yang ada dan dialami oleh target pasar Anda, selanjutnya Anda harus memahami isu tersebut dan memilih isu apa yang akan diangkat bisnis Anda. Dengan memahami isu yang akan diangkat, Anda akan memiliki fokus untuk bisnis Anda dapat mengatasi masalah di masyarakat.
  3. Buat business plan yang lengkap
    Selanjutnya adalah Anda perlu membuat business plan yang akan menjadi acuan bisnis Anda. Business plan berisi rencana kerja dalam setahun, strategi pemasaran serta rincian budget yang dibutuhkan bisnis Anda. Dengan membuat business plan, bisnis Anda akan lebih terarah dan memiliki tujuan serta rencana kerja yang jelas.
  4. Tentukan pendanaan bisnis
    Langkah keempat adalah tentukan pendanaan bisnis Anda. Pasti Anda membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk mendirikan sebuah bisnis. Anda bisa mendapatkan pendanaan sesuai dengan kebutuhan, bisa dari dana pribadi, investor maupun pinjaman usaha.
  5. Manfaatkan sosial media
    Selanjutnya adalah mulai bisnis Anda. Anda wajib menggunakan dan memanfaatkan sosial media dengan maksimal. Dengan sosial media, Anda bisa meraih target pasar yang lebih luas dan meningkatkan brand awareness di mata masyarakat luas. Selain itu, sosial media juga dinilai efektif dalam mempromosikan bisnis.

Nah, karena sociopreneur mengusung konsep sosial dan kemanusiaan, maka jalankan bisnis Anda dengan transparan. Jangan lupa untuk lakukan kolaborasi dengan komunitas yang ada karena penting untuk mendapatkan dukungan masyarakat. Sociopreneur masih menjanjikan untuk dijalani. Selain itu, jika bisnis Anda membutuhkan sistem pembayaran online yang lengkap, aman dan mudah jangan lupa untuk pakai Faspay ya! Faspay bantu bisnis Anda terima pembayaran dari 50+ channel. Selain itu, Anda bisa kirim uang lebih fleksibel ke e-money dan akun bank untuk berbagai kebutuhan yang diperlukan. Bagaimana? Tertarik untuk jadi sociopreneur sekarang? Yuk daftar Faspay di faspay.co.id/daftar

Lihat Artikel Lainnya

strategi konten marketing

Cara Membuat Strategi Konten Marketing yang Sukses untuk Bisnis Anda

jenis-metode-pembayaran-online-terbaik-untuk-bisnis-e-commerce

Jenis – jenis Metode Pembayaran Online Terbaik Untuk Bisnis E-Commerce

Newsletter dan Thumbnail End January_WEBSITE Donasi BLOG ID

Ketahui 3 Cara Membuat Donasi Online dengan Mudah

Faspay Image 1

Ketahui Risiko yang Dihadapi oleh Pebisnis dengan Transaksi Manual