Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Thumbnail article December 2022-03

Tips Jualan Online Laris Manis  di Instagram 

Jualan online di Instagram merupakan salah satu strategi marketing yang sebaiknya dilakukan para pebisnis zaman sekarang. Ini dikarenakan, trik memasarkan produk lewat Instagram dianggap jauh lebih efektif dibandingkan di marketplace lain.

Untuk diketahui, jika Anda tertarik berjualan di Instagram, pastikan untuk mengetahui beberapa ilmu dasarnya lebih dulu. Tentu, ini dilakukan supaya penjualan barang meroket dan Anda bisa untung berlipat. 

Nah, berikut ini adalah informasi seputar jualan online di Instagram yang perlu diketahui pebisnis. Simak hingga tuntas, ya.

Sekilas tentang Instagram Shop 

Instagram Shop merupakan sebutan untuk laman berjualan di aplikasi Instagram, serupa dengan penggunaan kata marketplace di Facebook. Fitur ini telah tersedia di aplikasi Instagram sejak bulan Oktober tahun 2020.

Sebelum kehadiran fitur Instagram Shop, sudah banyak user yang memanfaatkan platform sosial ini untuk berjualan. Namun, semenjak disediakannya fitur Instagram Shop, jualan online di Instagram makin dirasa efektif oleh banyak orang.

Terlebih, sejak saat itu juga, makin banyak fitur-fitur yang dihadirkan Meta sebagai pengembang untuk mengoptimalkan kualitas Instagram Shop.

Fitur-Fitur di Instagram Shop 

Jika Anda belum tahu, berikut ini adalah beberapa fitur yang tersedia di Instagram Shop dan bisa dimanfaatkan oleh pebisnis. Apa saja itu?

1. Toko 

Fitur pertama yang tersedia di Instagram Shop adalah toko. Dengan fitur ini, orang-orang dapat dengan mudah menemukan barang yang dibutuhkannya.

Barang yang Anda jual juga akan muncul di laman ini ketika seseorang mencari produk tersebut. Supaya jualan milik Anda bisa ada di hasil pencarian teratas, sebaiknya pelajari cara jualan online di Instagram bagi pemula.

2. Label 

Ketika akan memposting foto produk, Anda bisa menambahkan tag pada akun brand barang yang dijual. Dengan fitur ini, konsumen bisa lebih mudah mengetahui detail informasi mengenai produk yang Anda jual tanpa banyak bertanya.

3. Koleksi 

Fitur ini bisa digunakan pebisnis untuk mengatur posisi jualannya. Dengan ini, tampilan produk akan tampak lebih rapi dan tertata. Pelanggan Anda juga bisa menemukan barang yang ingin dibelinya dengan mudah.

4. Laman Detail Produk 

Serupa dengan toko online lainnya, Instagram Shop juga punya laman deskripsi yang menjelaskan spesifikasi produk. Jadi, Anda bisa menuliskan keterangan barang yang dijual di bagian ini supaya konsumen mengetahui informasi produk secara lebih jelas.

5. Instagram Ads 

Jika ingin memaksimalkan penjualan, Anda bisa mencoba menggunakan fitur Instagram Ads. Untuk menggunakan fitur ini memang tidak gratis, tetapi dapat memberikan keuntungan yang maksimal nantinya.

6. Pembayaran 

Pada dasarnya, Instagram sudah mempunyai fitur pembayaran langsung di aplikasi. Namun, fitur tersebut belum tersedia di Indonesia.

Meski begitu, Anda tetap bisa memudahkan sistem pembayaran untuk semua konsumen dengan mendaftar di perusahaan payment gateway. 

7. Pengumuman Produk Baru

Di bagian Instagram Stories, Anda bisa menemukan template-template unik yang bisa digunakan untuk menjalin hubungan baik dengan audiens. Contohnya, terdapat template hitung mundur yang cocok dipakai ketika Anda akan me-launching produk terbaru.

8. Live Shopping  

Sama seperti live shopping di toko online lain, performa jualan di Instagram juga cukup memberikan cuan. Terlebih, jika pasar yang Anda miliki sudah cukup luas. 

Supaya Anda bisa menjangkau banyak konsumen di aplikasi sosial ini, cara sukses jualan online di Instagram perlu dipelajari. Jika Anda penasaran seperti apa caranya, terus simak ulasan berikut ini sampai akhir.

Kenapa Jualan Online di Instagram?

Sebelumnya, beberapa kali disinggung tentang adanya kesamaan antara jualan online di Instagram dan di marketplace lain. Anda mungkin jadi bertanya-tanya, kenapa harus jualan di Instagram, bukan?

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan sekaligus manfaat kenapa harus jualan di Instagram.

  • Memperluas Jangkauan Pembeli

Sebagai informasi, berjualan di Instagram merupakan salah satu strategi yang bisa digunakan untuk menarik minat konsumen. Jadi, aplikasi ini tidak harus dijadikan satu-satunya tempat berjualan.

Jika tempat jualan utama ada di toko online lain, Anda bisa mengarahkan konsumen supaya masuk ke situs tersebut. Artinya, platform ini bisa dimanfaatkan untuk menjangkau lebih banyak konsumen saja.

  • Meningkatkan Penjualan dan Engagement

Jika jangkauan pasar Anda luas, peluang jumlah barang yang dijual dan engagement meningkat dipastikan lebih besar. Terlebih, bukan rahasia lagi jika Instagram merupakan salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak.

  • Memberikan Kemudahan untuk Konsumen yang Ingin Membeli Produk Anda 

Saat Anda sering memposting jualan tanpa fitur Instagram Shop, dipastikan audiens akan merasa kesulitan saat ingin membeli produk tersebut. Dengan Instagram, Anda bisa menyenangkan konsumen dengan mempermudah sistem jual beli.

Di sisi lain, Anda juga bisa diuntungkan karena hal ini.  

10+ Tips Jualan Online di Instagram agar Laris Manis 

Berikut ini adalah tips jualan online di Instagram supaya produk yang dipasarkan menarik minat banyak konsumen dan meningkatkan engagement. Simak informasi selengkapnya di bawah ini! 

1. Gunakan Akun Instagram Bisnis 

Ketika baru memulai strategi pemasaran di Instagram, pastikan untuk mengalihkan status akun dari pribadi ke mode bisnis. Selanjutnya, manfaatkan manfaatkan beberapa hal berikut guna mengoptimalkan trik marketing. 

Berikut ini adalah fitur yang bisa dimanfaatkan dalam Instagram :

  • Instagram Shopping untuk menginformasikan spesifikasi jualan.
  • Instagram Ads untuk mengoptimalkan penjualan.
  • Insight untuk melihat jangkauan dari postingan.
  • Tombol Tindakan untuk memudahkan konsumen membeli barang.
  • Lokasi dan Jam Operasional untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

2. Buat Profil Bisnis yang Menarik 

Salah satu cara jualan online di Instagram agar laris manis adalah dengan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda. Hal ini bisa dimulai dengan menerapkan profil yang menarik di bio Instagram Anda. Di bagian tersebut, informasi mengenai situs web, kontak, dan data lainnya bisa disematkan.

3. Memposting Foto Jualan

Di Instagram, Anda bisa memposting barang yang dijual dengan keterangan sejelas mungkin. Selain itu, postingan ini juga bisa dimasukkan ke laman toko supaya orang-orang tahu bahwa produk tersebut memang Anda jual.

4. Posting Foto Terbaik

 

Sejak awal dirilis, Instagram memang dikenal sebagai tempat menyimpan foto-foto dengan visual paling baik, terutama dalam hal kualitas. Oleh karena itu, hanya gambar-gambar menarik dan bagus kualitasnya yang kerap berada di posisi pertama pencarian.

Untuk itu, pastikan Anda menawarkan barang di Instagram dengan foto-foto berkualitas. Sebagai saran, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk menambahkan filter, efek, ataupun meningkatkan kualitasnya.

5. Buat Caption Unik 

Membuat caption

 

Jualan online di Instagram tidak jauh berbeda dengan berjualan di real life. Anda harus punya kata-kata yang menarik dan unik supaya target mau mengetahui informasi lebih lanjut mengenai barang yang dijual. Jika itu menarik minat konsumen, Anda bisa closing dengan sejumlah keuntungan.

6. Gunakan Trik Soft Selling

 

Makin ke sini, banyak orang-orang yang merasa risih ataupun terganggu ketika terdapat pebisnis yang menawarkan jualannya. Supaya terhindar dari kesan itu, sebaiknya gunakan trik soft selling saat menawarkan barang yang Anda jual.

Sebagai informasi, soft selling berarti menjual dengan cara halus, lebih tepatnya tidak terkesan menjual walaupun sebenarnya memang jualan. Biasanya, orang-orang membuat sebuah konten untuk melancarkan triknya ini, baik itu konten video, meme, naskah dialog, dan lain sebagainya. 

7. Pakai Fitur Instagram Ads

Jika ingin menjangkau lebih banyak akun dengan cepat supaya penjualan meningkat secara cepat juga, fitur Ads bisa dimanfaatkan. Namun, perlu diketahui bahwa jangkauan yang luas bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi sedikit/banyaknya penjualan.

Selain memanfaatkan Instagram Ads, pastikan untuk menerapkan lebih banyak cara sukses jualan online di Instagram agar cepat laku. Contohnya, bisa ditemukan di poin-poin selanjutnya, ya.

8. Gunakan Endorser 

 

Di Instagram, Anda bisa menemukan banyak sekali konten kreator yang mempunyai jumlah followers ratusan ribu bahkan jutaan. Mulai dari selebgram, influencer, artis, dan lain sebagainya.

Anda bisa mencari orang yang paling sesuai kebutuhan supaya cara ini berhasil. Yang dimaksud kebutuhan ini bisa mencakup relevansi barang dengan identitas endorser hingga biaya yang Anda punya.

9. Sematkan Website/Toko Online 

Sempat disinggung sebelumnya, Instagram tidak harus jadi satu-satunya tempat berjualan. Anda bisa memanfaatkan ini untuk meluaskan jangkauan saja.

Untuk menggiring pengguna Instagram yang tertarik dengan produk Anda ke tempat jualan, sebaiknya sematkan link. Pastikan untuk menyematkan link di bio supaya orang-orang dapat mengkliknya.

10. Buat Promosi Berjangka

Sering melihat produk yang dijual dalam waktu terbatas dengan sebutan flash sale? Nah, Anda juga bisa menggunakan strategi ini untuk menggaet lebih banyak konsumen.

Namun, perlu diketahui bahwa sistem flash sale tidak bisa dilakukan kapan pun. Anda perlu memilih waktu yang tepat kapan sebaiknya mengadakan promosi ini, misalnya di tanggal kembar, harbolnas, atau lain sebagainya.

Di samping itu, pastikan untuk menginformasikan akan diadakannya flash sale sejak jauh-jauh hari, ya. Hal ini dimaksudkan agar lebih banyak pelanggan yang mengetahui promosinya sehingga profit penjualan bisa tetap didapatkan.

11. Gunakan Sistem Payment Gateway 

Payment Gateway

Seperti telah diketahui sebelumnya, aplikasi Instagram di Indonesia belum mempunyai sistem pembayaran langsung. Jadi, harus dialihkan ke tempat lain terlebih dulu.

Namun masalahnya, beberapa orang kerap tidak jadi membeli barang setelah mengetahui sistem pembayaran yang dianggap ribet. Katakanlah, orang-orang tersebut tidak bisa membayar dengan sistem yang tersedia.

Supaya risiko seperti itu tidak terjadi pada jualan milik Anda, sebaiknya manfaatkan sistem payment gateway, yaitu Faspay. Faspay bisa membantu Anda dalam menyediakan 50+ channel pembayaran terlengkap yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa buat online invoice dan terima pembayaran dari pelanggan Anda hanya dengan mengirim payment link yang bisa di kirim melalui e-mail platform chat, salah satunya direct message Instagram.

Siap Sukses Jualan Online di Instagram?

Nah, itulah informasi seputar jualan online di Instagram yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan maupun menjangkau konsumen lebih banyak. Setelah tahu informasi di atas, bagaimana? Makin siap untuk mulai berjualan di Instagram?

Jika sudah siap, pastikan juga untuk segera mendaftar di sistem payment gateway Faspay. Sebab dengan ini, konsumen bisa belanja secara lebih mudah, Anda berpeluang mendapatkan keuntungan yang lebih melimpah.

Lihat Artikel Lainnya

Article Thumbnail Image Faspay Business

Jelang Promo Belanja Online Tanggal Kembar, Cek Persiapan Buat Bisnis Kamu!

industri perhotelan

7 Inovasi Teknologi dalam Revolusi Industri Perhotelan

WhatsApp Image 2020-10-23 at 4.53.39 PM

#MerchantStory: Cicil.co.id Gunakan Layanan Pembayaran, Cepat Langsung Atasi Keluhan Pelanggan

media visit

Media Visit ke Tempo, Faspay menjelaskan perkembangan bisnis Faspay seiring dengan perkembangan bisnis digital