3 Alasan Mengapa Layanan Refund Menjadi Hal Yang Penting Bagi Bisnis
Belanja online yang sedang meningkat trennya semenjak pandemi membuat banyak dari bisnis harus menyesuaikan kebutuhan dari para pelanggannya.
Bisnis yang sudah memiliki transaksi berbasis digital dapat dengan mudah mengelola transaksi dan menyediakan berbagai macam metode pembayaran bagi para pelanggan.
Meskipun sudah memiliki sistem pembayaran online, tetapi harus diperhatikan dengan persoalan refund.
Refund merupakan pengembalian dana yang diajukan oleh pelanggan ketika barang atau jasa yang mereka terima tidak sesuai dengan yang diharapkan atau dengan berbagai alasan lainnya yang dapat diterima oleh suatu bisnis.
Misalnya saja seorang pelanggan yang memesan sebuah handphone, ternyata menemukan bahwa layar handphone tersebut retak saat barang diterima sehingga dia memutuskan untuk melakukan refund.
Disinilah bisnis yang memiliki fasilitas refund dapat memberikan pelayanan yang lebih baik pada para pelanggannya.
Selain itu, apa saja kelebihan refund yang dapat diterima manfaatnya oleh para pebisnis? Yuk simak penjelasan berikut ini.
1. Keunggulan Kompetitif Bisnis
Tidak semua bisnis dapat memberikan fasilitas refund, tidak hanya dari segi uang yang dikembalikan ke pelanggan, pebisnis juga harus menanggung kerugian yang lebih besar.
Meski begitu, bisnis yang memiliki fasilitas refund pada umumnya akan lebih mudah dipercaya dan diminati oleh pelanggan yang ingin berbelanja secara online.
2. Menjaga Kepercayaan Konsumen
Pembatalan pesanan dapat diajukan oleh pelanggan dengan alasan yang bermacam-macam. Mulai dari barang yang dikirim tidak sesuai kriteria hingga kejadian yang tiba-tiba seperti ditugaskan diluar kota.
Tentunya sebagai pebisnis harus menanggung biaya lebih, tetapi memiliki fasilitas refund dapat dijadikan sebagai bentuk pelayanan yang serius dari bisnis ke pelanggan.
Bisnis kamu dapat memberikan rasa aman pada pelanggan saat berbelanja tanpa takut kehilangan uang dan tentunya kepercayaan pelanggan kamu juga dapat tetap terjaga.
3. Mengikuti Peraturan Pemerintah
Perlu kamu ketahui bahwa kebijakan refund itu tercantum dalam KUH Perdata sebagai ganti rugi atas tidak dijalankannya prestasi atau wanprestasi.
Pelanggan dapat mengajukan refund kepada suatu pihak penjual atau penyedia jasa, seperti tidak memberikan pelayanan atau prodyk sesuai yang dijanjikan atau terlambat melakukan perjanjian.
Kebijakan refund memang tidak serta-merta dapat diaplikasikan pada semua bisnis. Oleh karena itu, sesuaikan kembali dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan kepada pelanggan.
4. Urus Refund Mudah dengan Fitur “Paycheck”
Fasilitas refund memang banyak manfaatnya dan jika bisnis kamu ingin menyediakan fasilitas refund bagi para pelanggan, tentunya kamu harus mempersiapkan kebijakan refund yang matang dan se-detail mungkin.
Tentunya juga diikuti dengan kalkulasi berapa jumlah extra biaya yang harus dikeluarkan tiap kali pelanggan mengajukan refund agar bisnis kamu tetap mendapatkan profit.
Faspay memahami persoalan pebisnis untuk urusan refund dan ingin membantu menyediakan solusi melalui layanan Faspay SendMe.
Faspay SendMe membuat kamu dapat memproses refund hanya dengan tiga langkah mudah (Isi form, kirim via email, dan klaim dana). Selain itu terdapat banyak pilihan transfernya seperti bank atau e-money sehingga kamu dapat memproses refund dengan cepat.
Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengatur semua kebutuhan transfer dana untuk keperluan bisnis secara satuan atau massal ke 150+ Bank di Indonesia.
Jika kamu tertarik untuk daftar Faspay SendMe, kunjungi link berikut ini!
Related Articles
Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.