Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Cara Membuat QRIS

QRIS pembayaran berbasis online belakangan ini marak digunakan sebagai sistem bayar di berbagai kegiatan jual-beli. Tidak peduli pada jenis usaha yang besar ataupun usaha kecil, memakai scan QRIS payment saat membayar menjadi salah satu opsi pelunasan transaksi. 

Penggunaan QRIS sebagai alat payment memang memudahkan masyarakat masa kini. Sebab masyarakat lebih banyak melakukan kegiatan secara digital termasuk menyimpan uang. 

Pada masyarakat yang cashless, QRIS untuk pelunasan merupakan teknologi praktis yang membuat segala jenis kegiatan jual-beli jadi lebih cepat dan mudah. Bagi Anda yang mungkin sedang mengelola bisnis dan hendak membuat sistem pelunasan pembelian dengan QRIS, simak caranya di bawah ini!

Apa itu QRIS Pembayaran?

QRIS untuk proses bayar merupakan teknologi matriks dua dimensi yang dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan bermacam-macam informasi. Perlu diketahui bahwa informasi yang bisa disimpan oleh satu QRIS  bisa mencapai 7089 digit angka serta 4296 karakter alfanumerik.

Alfanumerik adalah kombinasi antara huruf, angka, dan tanda baca matematika. Tidak mengherankan jika kemudian QRIS bisa menyimpan teks deskripsi, nomor telepon, hingga URL untuk website

Lantas, apa yang membedakan QRIS dengan barcode? Jika QRIS merupakan matriks dua dimensi, maka barcode merupakan matriks satu dimensi berupa kode batang. 

Dikatakan dua dimensi karena QRIS melakukan pengkodean informasi baik pada posisi melintang maupun membujur. Sementara barcode hanya dari satu arah saja dan tampungan informasinya juga terbatas, maksimal hanya 20 karakter saja.

QRIS muncul dan digunakan secara meluas pertama kali di Jepang pada tahun 2002. Dua tahun kemudian pada 2004, QRIS mendapatkan Japan Industrial Standard (JIS) dan banyak digunakan sebagai standar pelunasan jual beli di Negeri Matahari Terbit itu. 

Meski demikian, popularitas penggunaan QRIS sempat mengalami penurunan di tahun 2013. Sebab masih banyak masyarakat yang awam dengan sistem ini. Namun, sejak 2014 dengan tren smartphone yang makin meninggi, membawa penggunaan QRIS  pay juga semakin marak. 

Saat ini di Indonesia terdapat QRIS, QRIS adalah standar nasional QRIS atau Quick Response code Indonesian Standard sebagai salah satu standar pelunasan non-tunai. 

Diluncurkan oleh Bank Indonesia, QRIS sudah terintegrasi dengan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran. Kehadirannya memudahkan pelanggan melakukan pelunasan dan memudahkan pendataan bagi mitra yang menggunakan QRIS.

Mengetahui Pihak-Pihak yang Memproses QRIS 

Terdapat 4 pihak yang memiliki peran dalam melakukan proses QRIS yang harus Anda ketahui. Lembaga yang memproses QRIS sudah pasti memiliki izin dan dilindungi hukum berwenang. Berikut ini penjelasannya!

1. Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) Salah Satunya Adalah Faspay

PJSP merupakan para penerbit aplikasi uang elektronik server based atau dompet digital untuk QRIS dari berbagai penyelenggara jasa. PJSP penyelenggara QRIS biasanya terdiri dari lembaga perbankan maupun non-perbankan. Uang elektronik yang diterbitkan oleh salah satu PJSP berijin QRIS bisa dipakai untuk berbagai aktivitas seperti belanja, memesan tiket, membayar transportasi online dan tagihan-tagihan lainnya. Dan Faspay masuk sebagai salah satu penyelenggaranya dengan produk Faspay Business dan Faspay Billing.

2. Lembaga Switching

Sementara untuk lembaga switching merupakan lembaga dengan wewenang untuk melakukan proses data aktivitas keuangan domestik. Biasanya ada pada kegiatan interkoneksi dan interoperabilitas.

3. Pengelola National Merchant Repository

Lembaga ini bertugas dalam melakukan pengelolaan data secara nasional untuk seluruh bisnis pengguna QRIS BRI atau bank lainnya.

4. Merchant Aggregator

Selanjutnya adalah pihak merchant aggregator, lembaga yang menyediakan layanan dan solusi kegiatan pembayaran digital bagi pelaku usaha. 

Merchant aggregator akan bertanggung jawab dalam mengelola dan menciptakan solusi untuk pelunasan digital bagi bisnis Anda. Disebut juga sebagai tim akuisisi yang bisa memproses setiap aktivitas jual-beli mitra dengan QRIS. 

Apa itu QRIS yang Disediakan oleh Faspay?

QRIS merupakan salah satu channel pembayaran yang dapat digunakan di produk Faspay Business dan Faspay Billing Untuk memudahkan pembayaran menggunakan kode QRIS di Indonesia. QRIS yang disediakan Faspay berbeda dengan QRIS yang sifatnya statis yang biasa digunakan untuk pembayaran merchant di cafe, minimarket atau outlet lainya. QRIS yang disediakan Faspay ini lebih bersifat dynamic dan berubah-ubah di setiap pembayaranya dan pembayaran berlangsung online. 

Manfaat Menggunakan QRIS untuk Bisnis Anda 

Berikut ini manfaat penggunaan QRIS untuk pelunasan jual beli secara online bagi pemilik bisnis yang bisa jadi pertimbangan bagi Anda.

1. Memudahkan Transaksi

Bagi pengguna produk Faspay Business dan Faspay Billing dapat menyediakan QRIS unik sebagai salah satu channel untuk transaksi pembelian ataupun pembayaran invoice online. 

Bagi konsumen pun melakukan pelunasan jadi lebih mudah dan cepat, karena dapat melakukan pembayaran melalui ponsel.

2. Sebagai Alternatif Pembayaran

Saat ini kebanyakan orang sudah beralih dari penggunaan uang tunai ke dompet digital. Maka, Anda bisa memindai QRIS sebagai alternatif opsi pelunasan. 

Sehingga pelanggan juga jadi lebih nyaman saat melakukan pembelian. Sebab tidak jarang seseorang batal belanja hanya karena tidak ada opsi bayar non-tunai seperti QRIS. 

3. Mencegah Penipuan Uang Palsu

Dengan memakai QRIS untuk membayar, resiko menerima uang palsu sebagai alat pelunasan jual beli bisa dihindari. Pelanggan melakukan scan QRIS merchant sesuai dengan nominal yang ditampilkan. 

4. Pembuatannya Mudah

Anda hanya perlu mendaftarkan Bisnis Anda dan memilih produk Faspay Business untuk kemudahan pembayaran dengan QRIS dari tiap produk yang Anda jual di website atau aplikasi. Dan ada pula kemudahan pembayaran QRIS bagi Anda yang mengirimkan invoice online dengan produk Faspay Billing.

5. Mudah Dipantau

Akan lebih mudah bagi Anda untuk memantau transaksi secara real-time seperti pada aplikasi mobile banking. Dengan begitu akan memudahkan Anda dalam melakukan pengelolaan keuangan. 

Sebagai pemilik bisnis, Anda menjadi lebih mudah saat menentukan strategi berikutnya. Hal tersebut akan membantu Anda dalam meningkatkan jumlah pemasukan. 

6. Meningkatkan Konversi Penjualan

Dengan sistem pelunasan yang praktis, akan lebih mudah bagi Anda dalam meraih lebih banyak penjualan. Pelanggan memiliki banyak opsi sistem pembelian yang bisa memudahkan mereka dalam melakukan lebih banyak pembelian.

Apakah QRIS Kena Biaya?

Skema biayanya sendiri sudah ditetapkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia. Besaran nominal QRIS adalah sebesar  0.7% per transaksi, nominal ini cenderung kecil. Apalagi lebih banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dengan adanya metode pembayaran melalui QRIS yang membuat bisnis Anda lebih efisien. Jadi, keuntungan, biaya serta keamanannya lebih menguntungkan bagi pemilik bisnis. 

4 Cara Membuat QRIS untuk Pembayaran dengan Mudah dan Cepat!

Agar Anda bisa memulai QRIS sebagai standar nasional untuk memfasilitasi pembayaran yang memudahkan pelanggan. Maka Anda harus membuat metode QRIS code dari Bank Indonesia jenis QRIS atau Quick Response code Indonesia Standard yang menjadi QRIS Standarisasi Pembayaran Nasional.

Penyatuan berbagai macam QRIS ini sudah terintegrasi dengan sistem keuangan dari berbagai penyelenggara, sehingga tidak akan mengalami masalah dengan pembayaran QRIS dan memverifikasi keakuratan. Untuk proses pembuatannya sangat mudah dan cepat. 

Apakah Anda berniat menggunakan channel QRIS yang disediakan Faspay untuk memudahkan bisnis Anda namun masih belum mengetahui caranya? Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini sebagai referensi.

1. Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Menyiapkan dokumen

Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen berikut sebagai persyaratannya. Bagi bisnis berbadan hukum maupun bisnis individu wajib mengisi formulir, Rekening bank, fotokopi KTP/KITAS, fotokopi NPWP. 

Tambahan dokumen wajib lainnya bagi bisnis berbadan hukum adalah menyertakan fotokopi Akta Pendidikan, fotokopi SK Kemenkumham, fotokopi SIUP, fotokopi TDP dan fotokopi Surat Keterangan Domisili. 

2. Mengunjungi Halaman Faspay 

halaman QRIS Faspay

Masuk ke halaman Pendaftaran Faspay di bagian ini Anda akan diminta mengisikan dokumen-dokumen di atas. Pastikan untuk mengisi dengan sebaik mungkin. Mulai dari nama bisnis, PIC bisnis, nomor HP, email bisnis, website atau aplikasi bisnis, kategori bisnis, tipe bisnis, hingga jumlah tenaga kerja. Anda bisa memulai mengisi formulirnya di sini.

3. Proses Integrasi dan Testing

integrasi sistem

Cek email Anda maksimal 1 hari kerja, biasanya Anda akan mendapat email dari Tim Akuisisi dan mengirimkan dokumen-dokumen yang diperlukan sesuai arahan yang tertera di e-mail. Selanjutnya, Anda sebagai pengguna baru harus melalui proses KYC dan integrasi.

4. Menerima User Credential

Setelah semua proses di atas sudah Anda lakukan, tahapan akhir adalah menerima user credential untuk QRIS pembayaran. Setelahnya, Anda pun bisa menggunakan QRIS tersebut sebagai sistem payment di bisnis Anda. 

Sekarang Anda sudah mengetahui mengenai kelebihan QRIS ditampilkan pada aplikasi pembayaran yang terpasang secara online. Akan ada banyak keuntungan dan manfaat yang Anda dapatkan dengan terima pembayaran Anda menggunakan QRIS. Belum lagi cara pembuatan QRIS  juga sangat mudah dan cepat. 

Semua pelunasan jadi mudah selama tersedianya saldo untuk melakukan transaksi dengan standar QRIS.  Hubungi tim Faspay di sini  untuk pendaftarannya dan nikmati kemudahan Pembayaran menggunakan QRIS  Faspay dengan menggunakan perangkat apapun. 

Lihat Artikel Lainnya

WhatsApp Image 2020-09-11 at 3.54.23 PM

#MerchantStory Bali Tower: Dengan Faspay Business Buat Transaksi Bisnis Online Lebih Mudah, Aman, dan Cepat

Thumbnail Article Image

Apa Itu Faspay Business: Sistem Pembayaran Online untuk Bisnis Anda Yang Bertumbuh

intern

One Year Faspay’s Internship Stories and Lessons Learned-Binus Chapter 2019

ide bisnis

Ide Bisnis Online Paling Menjanjikan di Tahun 2020