Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > Ini 13 Ide Bisnis Produk Handmade yang Menguntungkan

Ini 13 Ide Bisnis Produk Handmade yang Menguntungkan

Ide Usaha atau bisnis Handmade

Bisnis produk handmade adalah jenis usaha memiliki potensi keuntungan yang cukup menjanjikan. Untuk membangun usaha ini, diperlukan kemampuan, perlatan, dan bahan yang mudah diperoleh, serta kreativitas.

Produk handmade yang ditawarkan ke konsumen bisa dalam bentuk apapun. Mulai dari sesuatu yang dapat dikenakan, diaplikasikan ke tubuh, sampai barang-barang yang bisa dijadikan dekorasi rumah. 

Selain itu, barang handmade mempunyai nilai jual yang lebih. Karena barang tersebut dibuat langsung oleh tangan, membutuhkan kemampuan tertentu yang tidak dimiliki oleh semua orang. Kuantitas produk terbatas, sebab barang tidak bisa diproduksi secara massal, sehingga memberikan kesan yang lebih eksklusif.

Simak beberapa ide bisnis produk handmade yang dapat Anda coba di rumah melalui ulasan dibawah ini.

Ide Bisnis Produk Handmade yang Menguntungkan

Ada banyak ide usaha produk handmade yang bisa Anda coba. Semua produk ini memiliki pangsa pasarnya sendiri. Berikut ini beberapa ide usaha produk handmade dan juga produk homemade yang dapat Anda coba sendiri di rumah, antara lain:

1. Sabun 

Rekomendasi produk handmade yang pertama adalah usaha sabun handmade, yang dibuat dari bahan-bahan organik yang cocok bagi orang dengan kulit sensitif. Anda dapat menawarkan sabun handmade organik dengan menyebutkan khasiat sabun, seperti mampu mengatasi kulit kering, jerawat, dan membuat kulit terasa lebih lembut. 

Selain itu, ciri khas sabun handmade ada pada tampilan sabun yang terlihat estetik. Anda dapat membuat sabun tampak menarik dengan membuat sabun warna, aroma, dan bentuk yang berbeda-beda. 

Selain digunakan untuk pemakaian sehari-hari, sabun handmade organik juga sering dipilih menjadi barang souvenir dan hadiah. Jadi akan lebih baik jika Anda memberi perhatian lebih pada cara pengemasan sabun.

 

2. Lilin Aromaterapi

Benda ini bisa jadi pilihan menarik untuk usaha produk handmade. Konsumen biasanya mencari aromaterapi untuk meditasi, relaksasi sehabis bekerja seharian, dan bisa juga digunakan sebagai hadiah untuk teman dan kolega. 

Membuat lilin aromaterapi bisa dipelajari sendiri atau mengikuti kelas singkat mengenai pembuatan lilin aromaterapi. Setelah berhasil membuat lilin aromaterapi yang siap jual, Anda dapat mempromosikannya secara online melalui marketplace dan media sosial. 

3. Hampers

Bisnis hampers tidak hanya menjadi salah satu ide usaha produk handmade, namun juga menjadi salah satu produk homemade yang dapat dijadikan sebuah usaha. Bisnis ini paling banyak mendapatkan permintaan di hari-hari besar. Seperti hari raya Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, Imlek, dan perayaan penting lainnya. Meski terlihat seperti bisnis musiman, sebenarnya ada banyak konsumen yang juga memesan hampers di luar hari-hari besar.

Misalnya untuk perayaan momen penting konsumen seperti pernikahan, syukuran kelahiran anak, ulang tahun, hari jadi perusahaan, dan momen bahagia lainnya. Karena itulah bisnis hampers tetap menjanjikan. 

Anda dapat membuat berbagai jenis hampers, isinya dapat disesuaikan dengan perayaan besar terdekat. Atau disesuaikan dengan tujuan konsumen memesan hampers. Anda dapat membuat hampers berisi makanan, perlengkapan makan, produk fashion, perlengkapan ibadah, produk self-care, atau stationery. 

4. Kreasi Rajut

Ide bisnis produk handmade dan produk homemade selanjutnya yaitu membuat berbagai produk rajutan. Apabila Anda memiliki kemampuan dan senang merajut, Anda bisa mengubah hobi jadi sesuatu yang menghasilkan. 

Produk kreasi rajutan di antaranya ada sweater, syal atau scarf, topi, tas, dompet, boneka, sarung tangan, pakaian bayi, dan lain sebagainya. Anda bisa menyediakan berbagai jenis produk rajutan. Serta perhatikan desain dan pilihan warna benang wol, untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan tetap modis. 

5. Boneka Felt Wool

Boneka felt wool atau secara umum disebut felt wool craft adalah kerajinan tangan yang terbuat dari benang wol dan cara membuatnya adalah dengan menusuk-nusukkan jarum. Jenis kerajinan yang berasal dari Jepang ini menggunakan jarum khusus yang disebut felting needle. 

Jarum tersebut digunakan untuk menusuk benang wol yang telah dibulatkan agar dapat terbentuk. Proses pembuatan felt wool craft dilakukan tanpa dijahit. Caranya hanya dengan menusuk-nusukkan jarum ke gumpalan wool, boneka atau miniatur barang bisa dibentuk. 

boneka wall

 

6. Aksesoris 

Membuat berbagai macam aksesoris bisa menjadi usaha handmade yang menguntungkan. Anda dapat membuat kalung, gelang, cincin, anting-anting, konektor masker, bros, dan hair pin. 

Bahan utama untuk membuat aksesoris bisa dari tali, manik-manik, kain, dan kawat. Semua bahan ini bisa didapatkan dengan mudah. Selanjutnya tergantung kreativitas Anda dalam membuat aksesoris. Tentukan jenis aksesoris apa saja yang akan Anda buat 

aksesoris cincin

7. Kreasi Clay Art

Memiliki kemampuan dalam seni rupa? Anda bisa memulai usaha handmade dengan membuat clay art. Kerajinan clay adalah salah satu bentuk kerajinan tangan yang dapat menghasilkan berbagai macam barang. 

Setelah dibentuk, clay dapat mengeras ketika didiamkan atau di-oven. Bahan untuk membuat clay art tidak harus tanah liat. Kebanyakan justru berbahan dasar tanah liat buatan, yaitu dari bahan plastisin, bubur kertas, polimer, dan tepung. 

Hasil akhir dari clay art bisa berupa pajangan atau dekorasi rumah, aksesoris seperti jepit rambut, gantungan kunci, dan jenis souvenir lainnya Serta berbagai macam tiruan, seperti miniatur barang, hewan, makanan, bunga, dan buah-buahan.

clay art

8. Buket Wisuda  

Sudah menjadi kebiasaan sejak lama memberi buket bunga kepada para wisudawan sebagai bentuk ucapan selamat. Namun sekarang ini hadiah buket tidak selalu berisikan bunga. Tapi berbagai macam barang yang tidak mudah layu, bisa dipakai atau dikonsumsi oleh penerimanya. 

Anda pasti sudah cukup sering melihat variasi kerajinan buket yang berisikan bunga tiruan, makanan kemasan, coklat, boneka, uang, sampai produk skincare. Selama Anda mampu mengemas dengan rapi dan menarik, usaha handmade buket bisa sangat menguntungkan. 

buket bunga

9. Kreasi Kain Perca

Kain perca adalah potongan-potongan kain sisa dari produksi pakaian. Jumlahnya cukup banyak sehingga bila tidak dimanfaatkan kembali akan menjadi limbah yang terbuang. Namun dengan keahlian yang Anda miliki, kain perca bisa dibuat menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual.

Anda dapat membuat berbagai macam produk seperti, dompet, tas, outer, taplak meja, bantal, dan lain sebagainya. Perpaduan warna dan corak yang bermacam-macam akan menjadi daya tarik kerajinan kain perca. 

kain perca

10. Kertas Daur Ulang

Membuat usaha handmade dengan berkreasi menggunakan aneka kertas bisa menguntungkan. Apalagi jika Anda membuat kartu ucapan, amplop, dan buku catatan dari kertas daur ulang. Nilai jualnya bisa lebih tinggi.

Selain itu, dengan membawa pesan ramah lingkungan, kreasi kertas daur ulang Anda bisa menyentuh target konsumen yang lebih niche. Pelajari cara membuat kertas daur ulang kemudian ciptakan berbagai macam kreasi dari kertas bekas. 

recycle

11. Lukisan

Hobi melukis Anda bisa menghasilkan produk yang bernilai. Caranya dengan mengganti media lukis yang awalnya kanvas menjadi bermacam barang. Anda dapat melukis di atas kaos, sepatu, totebag, cangkir, dan benda-benda lainnya. 

Barang-barang yang dibubuhi lukisan original dari Anda bisa dijual dengan harga cukup tinggi. Karena untuk membuatnya dibutuhkan kemampuan dan belum tentu menghasilkan bentuk gambar yang sama. Sehingga Anda dapat menciptakan produk limited edition atau membuat sesuai pesanan konsumen.  

12. Restorasi Furnitur Vintage

Apabila Anda memiliki ketertarikan dengan dunia mebel, Anda bisa membuka bisnis jasa restorasi furnitur vintage. Jika sebelumnya Anda gemar mengumpulkan furnitur antik, Anda bisa menjualnya kembali setelah melakukan perbaikan. 

Bisnis ini menyentuh pangsa pasar yang cukup spesifik, tapi sangat potensial. Konsumen yang menyukai hal-hal berbau retro dan vintage akan mencari Anda. Mereka juga berani membayar mahal untuk memperoleh furnitur antik yang dapat digunakan kembali. 

Selain konsumen perseorangan, para pemilik kafe dan restoran juga bisa menjadi konsumen potensial. Dalam bisnis restorasi furnitur Anda bisa menawarkan kembali berbagai macam mebel seperti meja, kursi, sofa, lemari, rak dan laci. 

restorasi fitur vintage

13. Dekorasi Rumah 

Bisnis handmade lainnya yang bisa Anda coba yaitu membuat aneka dekorasi rumah. Anda dapat membuat makrame, bunga artificial, dream catcher, bean bag, dan berbagai jenis hiasan dinding lainnya.

Dekorasi rumah yang dibuat dengan cara handmade bisa memiliki nilai lebih. Karena dikerjakan dengan hati-hati maka hasil akhirnya akan lebih detail. Aspek inilah yang membuat konsumen tertarik dengan produk-produk dekorasi rumah.  

dekorasi rumah

 

Itu dia beberapa ide bisnis produk handmade dan produk homemade yang bisa Anda coba dan kembang sendiri di rumah. Jenis bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Karena meskipun kuantitas produknya tidak banyak, tapi dari segi kualitas barang dan kerumitan proses produksi, membuat orang berani membayar lebih. 

Selain mengembangkan varian produk handmade yang menarik Anda juga perlu memberikan layanan penjualan yang maksimal. Dengan meningkatnya kecenderungan konsumen berbelanja secara online, akan lebih baik jika Anda memaksimalkan penjualan produk di marketplace, website, dan media sosial.

Disamping itu, pastikan Anda sudah menyediakan berbagai macam metode pembayaran online di website atau aplikasi, agar konsumen merasa nyaman saat bertransaksi. Dengan Faspay, Anda dapat menyediakan lebih dari 50 metode pembayaran di website atau aplikasi serta melalui online invoice. 

Faspay telah dipercaya oleh lebih dari 4.000 merchants di seluruh Indonesia. Sebagai payment gateway pertama yang mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia, Anda dapat mempercayakan sistem pembayaran pada Faspay!

Daftarkan bisnis Anda ke Faspay sekarang! Transaksi online untuk usaha handmade Anda jadi lebih mudah, cepat, dan aman. Konsumen pun merasa puas dan kembali memesan produk kerajinan tangan dari usaha Anda.  

Lihat Artikel Lainnya

Apa Itu ROAS

Apa itu ROAS? Kenali Cara Menghitung dan Meningkatkannya

Newsletter, THUMBNAIL DAN MERCHANT PAGE DESEMBER 2023 DAMRI_Thumbnail

Lengkapi Fasilitas Sleeper Seat, DAMRI Rilis Produk Terbaru ‘Double Decker Bus’

Keuntungan Menggunakan VA - Faspay

5 Keuntungan Penggunaan Virtual Account (VA) untuk Bisnis

cara memaksimalkan performa website

Cara Memaksimalkan Performa Website Baru dan Sedang Berkembang. Simak Tipsnya Disini!