Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Cara berbisnis travel

Pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang sering dipilih di Indonesia, terutama karena negara ini terdiri dari banyak pulau. Kebutuhan akan transportasi udara untuk perjalanan antar pulau membuat bisnis travel pesawat menjadi pilihan yang menjanjikan. Lantas, bagaimana cara berbisnis travel pesawat yang mudah?

Mari simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui bagaimana cara memulai bisnis travel pesawat atau menjadi agen travel.

Macam-macam Bisnis Tiket Pesawat

boarding-pass-toy-airplane-table-top-view

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara berbisnis travel peasawat, terdapat beberapa contoh bisnis travel pesawat yang dapat Anda coba, di antaranya:

1. Agen Perjalanan Online

Bisnis agen perjalanan terus mengalami perkembangan yang pesat, apalagi jika dijalankan secara online. Anda dapat membangun platform online yang menyediakan pemesanan tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan.

2. Paket Liburan

Menyediakan paket liburan yang lengkap, termasuk tiket pesawat, akomodasi, transportasi, dan aktivitas wisata, dapat menarik bagi pelanggan yang mencari kemudahan dalam merencanakan perjalanan mereka. Kolaborasi dengan mitra bisnis seperti hotel, maskapai penerbangan, dan penyedia tur lokal bisa menjadi peluang yang baik.

3. Tiket Pesawat Last-Minute

Banyak orang sering mencari tiket pesawat last-minute untuk keperluan mendadak atau penawaran diskon. Anda dapat fokus pada penyediaan tiket pesawat dengan harga terjangkau untuk penerbangan mendekati tanggal keberangkatan.

4. Konsultan Perjalanan

Selain hanya menjual tiket pesawat, Anda dapat menawarkan layanan konsultasi perjalanan kepada pelanggan. Bantu mereka merencanakan rute, memilih maskapai penerbangan, dan memberikan saran berharga untuk perjalanan mereka.

10 Cara Berbisnis Travel Tiket Pesawat (Menjadi Agen Tiket Pesawat)

hands-holding-tickets-close-up

Memulai berbisnis travel tiket pesawat sebagai agen travel di rumah dapat menjadi langkah yang menarik. Berikut adalah beberapa cara berbisnis travel tike pesawat atau menjadi agen travel, antara lain:

1. Lakukan Penelitian Pasar

Mulailah dengan melakukan penelitian pasar untuk memahami permintaan dan persaingan di daerah Anda. Identifikasi target pasar potensial, analisis kebutuhan mereka, dan temukan peluang bisnis yang belum terpenuhi.

2. Tentukan model bisnis

Pilihlah model bisnis yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih untuk menjadi agen tiket pesawat independen atau bergabung dengan perusahaan perjalanan yang sudah ada.

3. Peroleh izin dan lisensi

Pastikan Anda memahami persyaratan izin dan lisensi yang diperlukan untuk menjalankan bisnis agen travel di wilayah Anda. Periksa dengan otoritas lokal terkait untuk mengetahui dokumen dan prosedur yang harus Anda ikuti.

4. Bangun jaringan dengan maskapai dan pemasok

Jalin hubungan dengan maskapai penerbangan dan pemasok tiket untuk mendapatkan akses ke tarif dan penawaran khusus. Anda juga dapat menjalin kemitraan dengan agen perjalanan lainnya untuk mendapatkan manfaat saling menguntungkan.

5. Buatkan ruang kerja yang disederhanakan

Siapkan ruang kerja di rumah Anda yang terpisah dan terorganisir dengan baik. Pastikan Anda memiliki peralatan komputer, printer, dan akses internet yang stabil untuk mengelola pemesanan tiket dan komunikasi dengan pelanggan.

6. Gunakan sistem reservasi dan penjualan online

Manfaatkan sistem reservasi online atau perangkat lunak agen perjalanan untuk memudahkan pemesanan dan penjualan tiket pesawat. Ini akan membantu Anda mengelola inventaris, melacak pesanan, dan memfasilitasi pembayaran.

7. Promosikan bisnis anda

Gunakan strategi pemasaran digital seperti pembuatan website, media sosial, dan kampanye iklan online untuk mempromosikan bisnis Anda. Tawarkan penawaran khusus, diskon, atau paket liburan menarik untuk menarik minat pelanggan potensial.

8. Berikan pelayanan pelanggan yang baik

Pastikan Anda memberikan pelayanan pelanggan yang luar biasa. Tanggapi pertanyaan dan permintaan dengan cepat, berikan saran yang berguna, dan jaga hubungan baik dengan pelanggan Anda. Kepercayaan dan kepuasan pelanggan adalah kunci keberhasilan dalam bisnis agen travel.

9. Tetap Ikuti Perkembangan Industri

Tetaplah up-to-date dengan tren terbaru. Anda harus sering update mengenai perubahan tarif, dan kebijakan dalam industri penerbangan. Segera tanggapi perubahan dan sesuaikan strategi Anda untuk tetap kompetitif di pasar.

10. Evaluasi dan Tingkatkan Kinerja

Lakukan evaluasi berkala terhadap bisnis Anda. Tinjau kinerja, identifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan teruslah belajar untuk mengembangkan diri dan bisnis Anda.

11. Gunakan Payment Gateway

Langkah terakhir untuk memulai bisnis travel adalah Anda harus menyediakan sistem pembayaran online atau payment gateway yang dapat memudahkan proses transaksi.

Payment gateway akan memberikan kemudahan, keamana dan kecepatan dalam bertransaksi. Anda dapat menggunakan Faspay sebagai pilihan payment gateway bisnis Anda.

Faspay memiliki banyak keunggulan salah satunya dapat meminimalisir masalah yang kerap dialami agen travel, seperti channel pembayaran yang terbatas.

Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai fitur Faspay lainnya untuk maksimalkan pembayaran bisnis properti Anda! Daftar Faspay sekarang faspay.co.id/id/daftar

Lihat Artikel Lainnya

payment gateway untuk toko online

Payment Gateway: Solusi Tepat untuk Toko Online yang Ramai

WhatsApp Image 2020-08-31 at 3.38.30 PM

Pebisnis Wajib Tahu! 5 Jenis TikTok Marketing Bagi Bisnis Anda

Design Artikel_Foto Mas Vincent_September2022-01

#LifeAtFaspay: Pengalaman Vincent yang Dapat Kesempatan untuk Mengembangkan Diri Dengan Situasi Kantor Kekeluargaan di Faspay

Article Image Business Tips

4 Cara Jitu Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Bisnis Online