Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > Aktifkan Fitur Split Settlement di Layanan Faspay, Buat Operasional Bisnis Semakin Efisien

Aktifkan Fitur Split Settlement di Layanan Faspay, Buat Operasional Bisnis Semakin Efisien

Artikel Faspay Payment Gateway Split Settlement

Berbicara tentang solusi layanan keuangan dalam bisnis pasti banyak hal perlu dilakukan secara rapih dan efisien. Proses alur pembayaran dari pelanggan hingga penerimaan dana serta rekonsiliasi data pun menjadi hal yang cukup menantang bagi setiap perusahaan. Salah satu kendala yang dihadapi banyak pebisnis adalah banyaknya rekening perusahaan yang dimiliki ataupun kebutuhan tim keuangan untuk melakukan settlement atau pembagian dana ke beberapa rekening sekaligus.

Di awal semester dua tahun 2023 ini, Faspay memperkenalkan sebuah fitur terbaru dari layanan Payment Gateway yaitu fitur split settlement yang ditujukan bagi para pebisnis yang seringkali menghadapi tantangan untuk mengatur pergerakkan dana perusahaan Anda. Fitur split settlement Faspay akan membantu Anda untuk mengatur pergerakkan dana serta pengaturan jumlah serta rekening yang dituju.

Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh jenis bisnis yang biasanya memiliki sub merchant dengan entitas berbeda dan/atau jenis bisnis yang memiliki beberapa rekening berbeda. Jumlah pengaturan nominal dapat dibagi menurut pecahan yang ditentukan dan disepakati oleh merchant dan sub merchant. Dengan fitur ini, rekonsiliasi dilakukan sebelum split sehingga dapat mengeliminasi kebutuhan rekonsiliasi ulang untuk settlement ke entitas lainnya.

Contoh penggunaan fitur split settlement biasanya dapat terjadi di berbagai industri, salah satunya industri edukasi. Hal yang biasa terjadi adalah ketika pihak sekolah atau universitas mengirimkan tagihan kepada siswa/mahasiswa yang meliputi beberapa jenis biaya, seperti biaya buku, biaya iuran pendidikan, atau uang pangkal yang dapat ditagihkan dalam satu tagihan yang sama. Ketika orang tua murid tersebuh melakukan pembayaran ke dalam satu rekening tujuan yang sama, namun pada pencatatannya serta pembagian dana tersebut biasanya perlu dibagi ke masing-masing rekening terkait yang dimiliki oleh pihak sekolah atau universitas. Melalui fitur split settlement ini, nominal dana yang akan ditransfer ke masing-masing rekening dapat diatur sesuai dengan jumlah dan/atau jadwal yang diinginkan ke rekening yang disepakati.

Selain contoh tersebut, fitur split settlement juga sangat lumrah untuk digunakan oleh bisnis yang memiliki sub-bisnis lainnya yang memiliki entitas berbeda. Pada jenis industri E-commerce misalnya, dimana sebuah E-Commerce/Market Place membutuhkan pengaturan untuk pengiriman dana/settlement kepada seller atau penjual dalam marketplace serta pembagian dana biaya layanan Marketplace yang biasanya diterima oleh marketplace itu sendiri.

Bagaimana cara kerja Fitur Split Settlement? 

  1. Merchant mendaftar Faspay dan juga mendaftarkan entitas lainnya yang ingin menggunakan fitur split settlement. 
  2. Faspay melakukan KYC terhadap Merchant dan semua entitas yang terlibat dalam split settlement.
  3. Pengguna melakukan transaksi di merchant. 
  4. Channel melakukan settlement ke Faspay. 
  5. Faspay melakukan rekonsiliasi kemudian split settlement berdasarkan pengaturan merchant atau laporan rekonsiliasi yang diberikan kepada semua pihak yang terlibat. 

Pastikan Anda #MaksimalkanPembayaran bisnis Anda dan daftar dengan sistem pembayaran online dari Faspay untuk transaksi yang mudah dan aman. Jika Anda sudah terdaftar sebagai merchant Faspay, Anda dapat menghubungi tim sales/partnership melalui email sales@faspay.co.id / partnership@faspay.co.id. Apabila Anda belum terdaftar sebagai merchant Faspay, Anda dapat daftar disini!

Lihat Artikel Lainnya

program new merchant OVO

Aktifkan Pembayaran OVO & Dapatkan Promo SOS Cashback 30% untuk Pelanggan Anda

5 Metode Pembayaran Online yang Umum Digunakan dalam Bisnis

5 Metode Pembayaran Online yang Umum Digunakan dalam Bisnis

Faspay Thumbline JUNI JUNE 2023 part 2-06

3 Tips on How to Make Great TikTok Ads!

brand positioning Faspay

Mengenal Apa Itu Brand Positioning, Strategi dan Manfaatnya untuk Bisnis