Pertanyaan yang Sering Diajukan
Faspay merupakan penyedia sistem pembayaran online yang telah melayani masyarakat Indonesia baik dalam bisnis online dan offline lebih dari satu dekade. Faspay membuat pebisnis dapat menerima pembayaran online dari berbagai opsi pembayaran, mulai dari Internet Banking, Mobile Banking, Virtual Account, e-Money, Credit Card, Online Credit hingga Pembayaran Retail dengan nyaman dan aman, dimanapun dan kapanpun.
Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dan terus melakukan inovasi terhadap produk dan layanan yang kami berikan. Komitmen kami adalah menyediakan solusi pembayaran yang lengkap dan dapat diandalkan oleh seluruh pengguna.
Faspay berbeda karena:
Kami tidak mengenakan biaya pendaftaran/setup. Anda hanya membayar ketika terjadi transaksi di website Anda. Kami tidak membebankan biaya untuk transaksi yang gagal.
Faspay berkomitmen untuk membantu semua bisnis untuk berkembang dengan menerima pembayaran online secara mudah. Alur finansial dalam sebuah bisnis sangat penting. Untuk itu, Faspay disini untuk mendukung pemilik bisnis agar dapat mengurangi beban operasional dan mendapatkan keuntungan yang lebih. Silahkan hubungi kami untuk rincian harga.
Kami ingin menjadi mitra yang dapat diandalkan dan membantu bisnis Anda bertumbuh. Kami memahami bahwa setiap Merchant memiliki kebutuhannya masing-masing. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk menghubungi kami seputar biaya layanan yang terbaik bagi bisnis Anda.
Faspay hanya berlaku biaya tetap, MDR harus dinegosiasikan oleh pedagang dengan Bank secara langsung
Proses pengembalian uang (refund) gratis (antara bank dan Merchant) namun biaya transaksi awal tidak dapat dikembalikan.
Tidak, kami tidak mengenakan biaya chargeback kepada merchant. Namun, merchant harus mengembalikan dana ke pemegang kartu kredit untuk transaksi yang sedang bermasalah.
Merchant akan menerima dana dari Faspay secara real time (H+0) hingga H+3 bergantung pada metode pembayaran yang digunakan customer Anda. Anda akan menerima laporan penyelesaian pada H+1 melalui email. Berikut adalah jenis saluran pembayaran dengan waktu penyelesaian:
Channel | Settlement |
Maybank M2U | H+1 |
Permata Net | H+1(aggregator), Realtime |
Mandiri VA | H+1 |
BRI VA | H+1 |
Sinarmas VA | H+1 |
CIMB Niaga VA | H+1 |
Danamon VA | H+1 |
Danamon Online Banking | H+1 |
BNI VA | H+1 |
BNC VA | H+1 |
BCA VA | H+1 |
B-Secure | H+2 |
BRI Direct Debit | H+1 |
BCA KlikPay | Real time |
BRImo | Real time |
OCTO Clicks Combo (OCTO Clicks, Rekpon, OCTO Mobile) | H+1 |
INDOMARET GROUP (Gerai Indomaret dan/atau Gerai Ceriamart, Website dan Mobile Apps www.klikindomaret.com, Mobile Apps i-Saku, Gerai Indogrosir, Gerai Outlet Mitra Indogrosir, Gerai Member Merah Indogrosir, Mobile Apps Merchant Indogrosir, Gerai Outlet Lion Superindo) |
H+3 |
ALFA GROUP (Alfamart, Alfamidi, DanDan, AlfaExpress, Lawson) | H+3 |
Akulaku | H+1 |
Kredivo | Selasa dan Jumat (2 kali seminggu) |
Indodana | H+2 |
BRI Ceria | H+2 |
DANA balance | H+3 |
DANA debit/credit card | H+3 |
DANA direct debit | H+3 |
LinkAja App Link | H+1 |
LinkAja Web Check-Out | H+1 |
OVO | H+2 |
OVO (Untuk merchant kategori Digital Content) | H+2 |
ShopeePay QRIS(web-based) | H+2 |
ShopeePay JumpApp* (app-based) | H+2 |
ShopeePay (Untuk merchant kategori Digital Content | H+2 |
Visa, Mastercard | H+3 |
Kami menerapkan masa tenggang untuk mendukung pengenalan metode pembayaran baru kepada pelanggan Anda sebelum menerapkan volume minimum. Kami akan bekerja sama dengan Anda untuk mengetahui periode terbaik dan volume minimum untuk bisnis online Anda.
Ya, kami dapat memisahkan periode otorisasi dan setelmen untuk transaksi kartu kredit. Merchant dapat membatalkan transaksi kapan saja sebelum pelunasan, misalnya produk habis.
Ya, Faspay dapat menerima kartu kredit internasional dengan logo Visa, MasterCard, JCB & AMEX.
Faspay menyediakan dasbor khusus yang dapat diakses oleh merchant untuk memeriksa status transaksi (seperti pengembalian dana, pembatalan transaksi, dll)
Ya, Anda dapat memiliki sub-merchant jika kondisi Anda dan sub-merchant berada di Perseroan Terbatas yang sama dan memiliki rekening penyelesaian yang sama.
Faspay menyediakan sistem deteksi kecurangan atau fraud. Setiap merchant disediakan sistem deteksi kecurangan atau fraud. Sistem ini termasuk pengecekan pada alamat IP, frekuensi transaksi, dan ukuran, dll. Setiap transaksi harus melewati sistem deteksi kecurangan atau fraud ini dan apakah transaksi akan disetujui atau tidak bergantung pada hasil sistem ini. Untuk semua transaksi, merchant dapat memutuskan secara otomatis atau manual untuk menerima atau menolak transaksi dan bergantung pada toleransi merchant terhadap resiko.
Ya. Dalam memproses transaksi kartu kredit, sistem bersertifikat kami sebagai penyedia layanan tingkat 1 PCI DSS memproses data pemegang kartu Anda dengan aman berdasarkan standar internasional yang diterima secara global.
Faspay menawarkan harga yang kompetitif. Kami juga tidak mengenakan biaya tambahan lain, tidak ada biaya pengelolaan, biaya pengaturan, biaya fraud detection system, maupun biaya tambahan lainnya.
Ya, kami juga menerima partner dari luar negeri. Untuk mendiskusikan bentuk kerjasama, Anda dapat menghubungi sales@faspay.co.id
Metode pembayaran yang kami sediakan bervariasi mulai dari metode pembayaran debit maupun kredit seperti Internet Banking, Mobile Banking, Virtual Account, e-Money, Retail Payment, Kartu Kredit hingga Kredit Online.
Untuk mendaftar sebagai merchant Faspay, silahkan mengacu kepada daftar dokumen di bawah ini:
Setelah Anda resmi terdaftar menjadi mitra Faspay, Anda akan mendapatkan akses ke forum diskusi atau group chat terkait dukungan integrasi secara lebih detail.
Faspay Business merupakan solusi lengkap untuk pembayaran online untuk bisnis Anda. Melalui proses integrasi yang mudah, Anda dapat menyediakan lebih dari 48+ channel pembayaran seperti kartu debit, kredit, transfer bank, e-money, dan masih banyak lagi.
Anda dapat memilih berbagai jenis metode pembayaran melalui channel kredit maupun debit, mulai dari internet banking, mobile banking, virtual account, e-money, online credit, credit card, dan pembayaran ritel.
Fitur Faspay Business untuk Bisnis Anda:
Anda dapat mengelola dan memantau seluruh tagihan dan status pembayaran melalui dasbor Faspay. Merchant juga akan mendapatkan daily report serta settlement report yang dikirimkan pada H+1
Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah untuk terhubung dengan layanan Faspay Business. Langkah pertama, Anda perlu melakukan registrasi di www.faspay.co.id/daftar. Melengkapi seluruh data yang dibutuhkan dan submit data. Selanjutkan Anda akan melanjutkan ke proses integrasi dengan menggunakan API Faspay atau plugin ke website atau aplikasi Anda dan Anda akan mulai menerima pembayaran melalui layanan Faspay Business.
Ya, Faspay Business dapat digunakan untuk badan usaha individu. Silahkan menghubungi sales@faspay.co.id untuk informasi lebih lanjut.
Faspay Billing merupakan solusi cerdas untuk membuat tagihan online untuk semua jenis bisnis. Anda bisa kirim tagihan melalui email atau chat dan terima pembayaran dari lebih 48+ channel pembayaran. Kami menyediakan dasbor merchant yang memudahkan Anda melakukan pelacakan status pembayaran dan hal lainnya seperti rekonsiliasi atau fitur pengingat.
Anda dapat memilih dari 48+ metode pembayaran yang tersedia di layanan Faspay Billing untuk memudahkan pelanggan Anda membayar seperti debit, kredit, internet banking, mobile banking, dan masih banyak lagi.
Fitur Faspay Billing untuk bisnis Anda:
Merchant akan menerima dana dari Faspay secara real time (H+0) hingga H+3 bergantung pada metode pembayaran yang digunakan pelanggan Anda.
Anda dapat menggunakan layanan Faspay Billing untuk mengirimkan segala jenis tagihan. Layanan Faspay Billing cocok bagi Anda yang memiliki bisnis berbasis offline dan ingin menerima pembayaran secara online.
Hampir seluruh jenis industri telah menggunakan layanan Faspay Billing. Sektor-sektor bisnis teratas pengguna layanan Faspay Billing diantaranya sektor bisnis perhotelan, apartemen/perumahan, edukasi, hingga pariwisata, dan lainnya.
Anda dapat mengelola dan memantau seluruh tagihan dan status pembayaran melalui dasbor Faspay. Merchant juga akan mendapatkan laporan harian serta settlement report yang dikirimkan pada H+1.
Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah untuk terhubung dengan layanan Faspay Billing. Langkah pertama, Anda perlu melakukan registrasi di www.faspay.co.id/daftar. Melengkapi seluruh data yang dibutuhkan dan kirim data. Tanpa proses integrasi, Anda akan diberikan akses ke dashboard Faspay Billing dan dapat langsung menggunakan fitur dan layanan Faspay Billing.
Ya, Faspay Billing dapat digunakan untuk badan usaha individu. Silahkan menghubungi sales@faspay.co.id untuk informasi lebih lanjut.
Layanan disbursement adalah layanan transfer dana yang diberikan Faspay kepada merchant. Kami adalah solusi bagi Merchant untuk melakukan transfer kolektif ke seluruh bank secara real time.
Kami dapat menyediakan layanan pencairan kami kepada perusahaan yang perlu melakukan transfer massa ke semua bank dengan cara yang sederhana.
Layanan disbursement dapat Anda gunakan untuk membayar pemasok, transfer ke pelanggan, penyaluran pinjaman ke anggota, proses refund/pengembalian dana, dan masih banyak lagi.
Faspay yang menyediakan Faspay SendMe sudah memiliki ijin dari Bank Indonesia 20/406/DKSP/SRT/B, membuat Faspay menjadi perusahaan legal untuk melakukan transfer dana.
Faspay SendMe sudah memiliki lisensi BI dengan nomor registrasi 20/406/DKSP/SRT/B dan sertifikasi nomor 20/237/DKSP/84.
Biayanya tetap sebesar Rp. 5,000/transaksi sebelum pajak dan akan otomatis dipotong dari saldo Anda per transaksi.
Anda perlu mengisi formulir pendaftaran kami dan melengkapi dokumen hukum Anda kemudian diberikan kepada kami.
Regustrasi akan membutuhkan waktu sekitar 2 hari kerja dan untuk integrasi tergantung dengan tim Anda. Biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 10 hari kerja untuk integrasi sampai LIVE
Kami menyediakan dasbor untuk memeriksa saldo Anda, mengelola transaksi Anda, dan mengunduh laporan harian Anda.
Merchant yang sudah terdaftar di layanan Faspay SendMe dapat mengakses dasbor merchant untuk melihat laporan dan seluruh aktivitas transaksi.
Anda dapat mengunduh laporan melalui dasbor kami.
Anda dapat melakukan topup saldo melalui transfer bank dan ATM ke akun bank kami tanpa batasan limit harian.
Jika saldo Anda belum bertambah dalam waktu 4 jam dari waktu top up Anda, silahkan hubungi Customer Care kami sehingga kami dapat membantu untuk memeriksa transaksi Anda.