Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Digital Payment

Teknologi digital payment atau pembayaran digital yang semakin berkembang dan digunakan secara luas kini memudahkan pembayaran. Baik konsumen maupun pelaku bisnis dapat menikmati manfaat dari kemudahan transaksi melalui platform pembayaran digital yang disediakan oleh lembaga perbankan dan fintech saat ini.

Keuntungan pembayaran digital bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia yang semakin sering melakukan transaksi nontunai. Dibantu dengan penetrasi internet merata dan maraknya penggunaan smartphone, digital payment menjadi pilihan untuk menyelesaikan transaksi dengan cepat.

Masih penasaran dengan manfaat digital payment dalam transaksi sehari-hari? Mari simak pembahasan mulai dari pengertian, manfaat, dan contoh selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Digital Payment?

Digital payment adalah metode pembayaran nontunai dengan pemanfaatan platform digital. Berbagai transaksi keuangan bisa dilakukan melalui pembayaran digital, termasuk e-wallet, online banking, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), kartu debit, dan kartu kredit.

Digitalisasi pembayaran melalui berbagai platform digital yang tersedia dapat membantu kelancaran berbagai transaksi dalam kehidupan sehari-hari. Baik pembayaran dengan e-wallet di supermarket maupun pelunasan kredit bisa dilakukan langsung dari rumah melalui smartphone.

Penggunaan digital payment tidak hanya memudahkan konsumen, namun juga pelaku bisnis. Catatan transaksi yang terintegrasi dengan sistem pembayaran online bisa didapatkan dan disimpan dengan cepat. Dengan begitu, akurasi cash flow pun dapat terlihat lebih jelas. 

Manfaat Digital Payment untuk Konsumen

Semakin menjadi idaman masyarakat untuk menyelesaikan transaksi, pembayaran digital merupakan pilihan ideal dalam pelaksanaan aktivitas sehari-hari. Lantas, seperti apa manfaat digital payment yang dapat dirasakan konsumen? Berikut penjelasannya:

1. Mempercepat Penyelesaian Transaksi

Dengan adanya digital payment, konsumen atau pelanggan tidak perlu lagi menyelesaikan transaksi pada jam-jam tertentu. Dibandingkan dengan membayar langsung ke tempat atau mengantre di ATM, transfer dana melalui platform digital bisa dilakukan kapan saja dalam waktu singkat. Berbagai pemenuhan kebutuhan darurat pun bisa segera terselesaikan tanpa harus menunggu waktu lama.

2. Memastikan Keamanan Transaksi

Konsumen dapat menyelesaikan transaksi dengan aman melalui pembayaran digital. Dana dalam jumlah besar bisa ditransfer dalam waktu singkat ke rekening tujuan tanpa harus melalui perantara di bank ataupun lembaga lainnya.

Cukup operasikan aplikasi mobile banking atau payment gateway di smartphone untuk menyelesaikan transaksi. Platform-platform digital tersebut disertai dengan otentikasi dua faktor, enkripsi, serta pengawasan secara real-time. Dengan begitu, risiko penipuan dan pemalsuan identitas pun dapat dihindari.

3. Memudahkan Pelaksanaan Transaksi

Selain bertransaksi kapan pun, pembayaran digital bisa dilakukan di mana pun konsumen berada. Penyelesaian transaksi secara online di marketplace maupun situs e-commerce dapat terlaksana di mana saja asalkan smartphone terhubung dengan koneksi internet.

4. Menghemat Pengeluaran dengan Ketersediaan Promo

Selain cepat dan mudah, pembayaran digital juga memiliki manfaat lebih bagi konsumen. Promo-promo menarik, seperti diskon, cashback, dan penawaran khusus bisa menghemat pengeluaran. Upaya tersebut dapat menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin menekan budget bulanan. Dengan begitu, uang sisa transaksi bisa ditabung atau membeli keperluan lainnya.

Baca juga: Apa itu Nomor Kartu ATM? Kenali Fungsi dan Cara Mengeceknya 

Manfaat Digital Payment untuk Pelaku Bisnis

Selain berguna bagi konsumen, pembayaran nontunai via platform digital juga menguntungkan bagi pelaku bisnis. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan Efisiensi Catatan Transaksi

Pencatatan atau rekap transaksi bisa dilakukan dengan lebih efisien ketika konsumen melakukan pembayaran melalui platform digital. Pasalnya, transaksi bisa dilacak dengan mudah karena sistem otomasi yang disediakan oleh aplikasi semacam payment gateway. Dengan pencatatan secara otomatis ini, pelaku bisnis dapat menghemat waktu dan sumber daya sehingga bisa fokus pada aspek lain yang lebih penting.

2. Mengoptimalkan Keamanan Transaksi

Sistem digital payment yang terenkripsi dengan protokol perlindungan ketat membuat transaksi masuk dan keluar lebih aman. Selain itu, transaksi digital pun tidak dapat dipalsukan. Pelaku bisnis tidak perlu lagi mengecek keaslian uang tunai atau cek yang diterima. Pelacakan transaksi digital bisa dilakukan secara otomatis dari mana saja dan kapan saja.

3. Menjamin Kepuasan Konsumen

Transaksi yang cepat selesai merupakan hal positif bagi konsumen. Keuntungan ini bisa didapatkan dari penyediaan metode pembayaran digital. Dengan menyediakan opsi pembayaran digital, pelaku bisnis dapat memberikan kemudahan yang nantinya membuat konsumen puas dengan pelayanan bisnis. 

Contoh Digital Payment

Terdapat beberapa contoh digital payment yang sering kali ditemukan dalam aktivitas sehari-hari, seperti:

1. E-Wallet

e-wallet

Dikenal sebagai dompet digital dalam bahasa Indonesia, e-wallet merupakan jenis penyimpanan dalam format digital. Beberapa contoh e-wallet yang kerap kali digunakan dalam transaksi sehari-hari di Indonesia adalah GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dan lain sebagainya.

2. Mobile Banking

mobile banking

Ingin melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja? Mobile banking bisa menjadi pilihan tepat bagi konsumen maupun pelaku bisnis yang sibuk. Transaksi apa pun bisa diselesaikan melalui aplikasi seluler bank yang tersedia untuk perangkat pintar, seperti smartphone.

3. QRIS

qris

Indonesia memiliki metode pembayaran digital yang unik bernama QRIS. Menyatukan berbagai macam QR dari berbagai penyedia sistem pembayaran yang dilakukan melalui QR Code. eknologi dari BI ini memudahkan transaksi bagi konsumen dan pelaku bisnis. Pengguna aplikasi digital payment apa pun bisa menyelesaikan transaksi dengan QR Code yang sama.

4. Virtual Account (VA)

virtual account

Virtual Account adalah sebutan untuk akun rekening bank virtual yang dapat melakukan identifikasi dan menerima pembayaran dari berbagai sumber. Cukup masukkan VA untuk mendapatkan informasi atau rincian pembayaran. Dengan cara ini, pengguna tidak perlu lagi memasukkan nominal transaksi atau mengisi data penerima dana.

Itulah pembahasan seputar digital payment yang merupakan metode pembayaran melalui platform digital dengan beragam manfaat. Baik konsumen maupun pelaku bisnis dapat merasakan manfaatnya dalam penyelesaian transaksi sehari-hari.

Sebagai pelaku bisnis, rekap dan pelacakan digital payment akan lebih mudah dilakukan dengan adanya payment gateway yang mencakup berbagai channel pembayaran. Faspay Business bisa menjadi solusi yang Anda butuhkan.

Dengan Faspay Business, Anda bisa melacak transaksi pembayaran dari 50 lebih channel pembayaran dan lebih dari 150 bank. Keamanan transaksi terjamin dengan adanya sertifikasi PCI DSS.

Jadi, jika ingin mengelola bisnis dengan efisien, jangan ragu untuk menggunakan Faspay Business. Yuk, daftar menjadi merchant dan nikmati kemudahan Faspay Business segera!

Baca juga: Ciri-Ciri Bukti Transfer Palsu dan Tips Menghindarinya

Lihat Artikel Lainnya

Faktur Pembelian

Faktur Pembelian: Definisi, Manfaat, Serta Komponennya

Maybank2u Hadir Sebagai Payment Channel Terbaru di Faspay

Maybank2u Hadir Sebagai Payment Channel Terbaru di Faspay!

Faspay Newletters I APRIL 2023_Remaining Products Eng (1)

Payment Gateway untuk Memudahkan Terima Donasi atau Sedekah Online

financial-plan.jpg

New Year Financial Planning