cara cepat

Cara Mudah dan Cepat Transformasi Bisnis dari Offline ke Bisnis Online

Semakin banyak juga perusahaan yang sadar akan pentingnya transformasi digital di tengah situasi pandemic COVID-19 ini. Tujuan dari transformasi digital ini ialah menggunakan teknologi untuk memecahkan masalah konvensional dan berarti mengintegrasikan teknologi ke dalam setiap bidang bisnis. Ketika dilakukan dengan benar, transformasi digital memungkinkan perusahaan untuk memberikan nilai lebih ke pelanggan. Simak cara cepat menuju transformasi digital berikut ini:

  1. Fokus pada pelanggan. Sebelum transformasi digital dapat benar-benar dimulai, perusahaan harus mengubah pola pikirnya dari berfokus pada produk menjadi berfokus pada pelanggan. Fokus pada pelanggan juga dasar untuk semua keputusan transformasi digital lainnya.
  2. Struktur organisasi. Perusahaan perlu menciptakan internal yang solid dan perlu meninggalkan birokrasi yang rumit. Dalam transformasi digital berarti juga melibatkan eksekutif dan pemimpin menuju visi digital baru.
  3. Perubahan. Sebaiknya perusahaan menerima perubahan dan perubahan tersebut didukung pula oleh seluruh karyawan. Perubahan yang paling efektif ialah yang mengikuti dinamika pergerakan bisnis.
  4. Kepemimpinan transformasional. Transformasi digital yang sukses dimulai dari atas dengan para pemimpin yang mendorong karyawan menuju visi digital. Seluruh pemimpin harus mendukung perubahan digital itu dan bersama-sama menuju tujuan jangka panjang perusahaan.
  5. Keputusan menyangkut teknologi. Transformasi digital memengaruhi seluruh organisasi, bukan hanya satu departemen. Keputusan teknologi perlu ada masukan dari seluruh tim yang tergabung di perusahaan.
  6. Integrasi. Semua sistem data perlu terintegrasi dengan baik dengan proses internal perusahaan. Diperlukan strategi data yang efisien untuk transformasi digital yang sukses.
  7. Internal perusahaan. Ketika berfokus pada solusi digital untuk pelanggan, perusahaan juga perlu mempertimbangkan pelanggan internal mereka — karyawan. Mendapatkan umpan balik dari karyawan dan memberikan solusi teknologi mumpuni membuat karyawan untuk memberikan pengalaman yang luar biasa.
  8. Logistik dan rantai pasokan. Transformasi digital dapat menjadi kuat dalam meningkatkan kecepatan dan keandalan rantai pasokan, dari seberapa cepat produk diproduksi hingga kecepatan dan efisiensi pemenuhan pesanan dan pengiriman. Untuk sepenuhnya meningkatkan transformasi, perusahaan perlu melihat bagaimana rantai pasokan dapat didigitalkan dan ditingkatkan.
  9. Keamanan data, privasi, dan etika. Mengadopsi solusi digital baru membuka pintu ke pertanyaan baru tentang keamanan data. Untuk itu, standar privasi dan keamanan perusahaan harus menjadi yang utama.
  10. Evolusi produk, layanan, dan proses. Transformasi digital membutuhkan perubahan dalam berpikir tentang bagaimana suatu organisasi memberikan produk dan layanannya. Perusahaan yang berhasil ialah yang selalu berusaha menemukan solusi paling efisien dan inovatif.
  11. Digitalisasi. Transformasi digital menyentuh semua area organisasi dan mengaburkan batas antara toko digital dan fisik. Itu berarti mendigitalisasi setiap aspek bisnis.
  12. Personalisasi. Transformasi digital menyediakan peluang tak tertandingi untuk menawarkan layanan yang dipersonalisasi kepada pelanggan. Manfaatkan solusi digital untuk memahami pelanggan dan memberikan rekomendasi serta pengalaman yang unik bagi mereka.

Mengapa Bisnis Offline Harus Berpindah ke Online?

Dalam era digital yang berkembang pesat seperti sekarang, bisnis offline semakin merasakan pentingnya untuk beradaptasi dengan perubahan tren dan kebiasaan konsumen. Saat ini hanya dengan menggunakan perangkat dan kuota internet, para pengguna ponsel memiliki kapabilitas yang sangat memadai untuk memenuhi berbagai kebutuhan, baik itu terkait sandang, pangan, atau perumahan, tanpa memerlukan kunjungan fisik ke sejumlah toko yang seringkali terletak di lokasi yang cukup jauh. Hal ini secara efektif mengurangi konsumsi waktu, biaya transportasi, dan energi yang biasanya dihabiskan ketika pergi berbelanja secara konvensional. Oleh karena itu, wajar apabila banyak pelanggan yang mulai mengubah paradigma belanja mereka dan secara perlahan meninggalkan metode belanja tradisional yang telah ada sebelumnya.

Berpindah dari bisnis offline ke online telah menjadi langkah yang penting dan strategis bagi banyak perusahaan. Berikut adalah beberapa alasan kuat mengapa bisnis offline harus mempertimbangkan untuk berpindah ke online:

1. Memperluas Cakupan Pasar

Bisnis yang beroperasi secara offline memiliki keterbatasan dalam hal geografis dan jumlah toko fisik yang dimiliki. Hal ini sangat kontras dengan model bisnis online yang dapat diakses oleh siapa pun yang terhubung dengan platform toko online Anda melalui internet, baik itu melalui media sosial, situs web, atau platform perdagangan elektronik (e-commerce).

2. Tidak Mengharuskan Investasi Modal yang Besar

Bisnis online tidak mewajibkan adanya investasi yang besar dalam hal memiliki toko fisik. Pelaku bisnis tetap memiliki peluang untuk beroperasi secara daring dari kenyamanan rumah. Ini tentu akan mengurangi pengeluaran yang terkait dengan biaya sewa dan pemeliharaan toko fisik. Sehingga, meskipun memiliki modal yang terbatas, pelaku bisnis masih dapat aktif dalam menjual produk atau layanan mereka melalui platform-platform media sosial dan e-commerce.

Platform untuk Mendukung Transformasi Bisnis Offline ke Online 

  • Website

Website adalah pondasi utama dalam perpindahan bisnis dari offline ke online. Ini adalah titik awal untuk membangun kehadiran digital Anda. Website tidak hanya menyediakan informasi tentang produk dan layanan yang ditawarkan, tetapi juga menjadi tempat untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan. Website profesional dan informatif dapat membantu membangun kepercayaan dan menjadikan bisnis Anda lebih mudah ditemukan secara online.

  • Marketplace

Marketplace adalah platform online di mana berbagai penjual dapat memasarkan dan menjual produk mereka. Bergabung dengan marketplace yang sudah mapan adalah cara yang efektif untuk memperluas basis pelanggan Anda tanpa perlu membangun situs web dari awal. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunggah gambar produk dan memberikan deskripsi terperinci terkait produk tersebut. Setelah itu, Anda dapat memulai proses penjualan. Selain itu, marketplace juga menyediakan berbagai fitur tambahan yang dapat membantu Anda dalam mempromosikan toko atau produk Anda.

  • Media Sosial

Media sosial telah menjadi saluran yang kuat untuk berinteraksi dengan pelanggan dan mempromosikan produk. Dengan memanfaatkan platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn, bisnis dapat membangun komunitas online, berbagi konten menarik, dan mengarahkan lalu lintas ke situs web atau toko online mereka.

  • Chat Commerce

Chat commerce adalah konsep di mana bisnis berinteraksi dengan pelanggan melalui platform pesan instan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, atau platform pesan lainnya. Ini memungkinkan bisnis untuk memberikan dukungan pelanggan secara real-time, menjawab pertanyaan, memberikan rekomendasi produk, dan bahkan menerima pesanan langsung melalui chat.

  • Payment Gateway

Payment gateway adalah platform yang memfasilitasi pembayaran online dengan aman. Ini adalah bagian penting dalam transformasi bisnis ke model online. Payment gateway memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran melalui berbagai metode, seperti kartu kredit, debit, atau dompet digital. Ini memberikan kemudahan bagi pelanggan dan meningkatkan kepercayaan dalam melakukan transaksi online.

Transformasi digital ialah suatu proses berkelanjutan dan dipastikan seluruh elemen perusahaan telah siap menghadapinya. Salah satu aspek penting untuk memulai transformasi digital ialah menyediakan metode pembayaran online kepada pelanggan. Dengan pembayaran online yang lengkap, tingkat penjualan akan semakin meningkat dan akan meningkatkan loyalitas serta minat beli pelanggan.

Faspay sebagai payment gateway terbaik Indonesia siap membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat. Anda bisa menerima pembayaran online dari 50+ channel pembayaran dan akses ke 150+ bank di Indonesia. Segera bergabung bersama ribuan bisnis lainnya yang telah menggunakan Faspay.

Cari tahu selengkapnya mengenai Faspay disini atau daftar sekarang untuk mulai menerima pembayaran online!

Related Articles