Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Peran Payment Gateway dalam Memberikan Kemudahan Pembayaran Online di Indonesia

Saat ini, Anda dimudahkan dengan berbagai kemudahan dari internet. Ketika Anda harus membayar pesanan atau melakukan pembelian barang melalui website toko online, Anda bisa menggunakan payment gateway.

Munculnya sistem ini, akan sangat memudahkan sistem pembayaran di Indonesia. Karena Anda akan lebih cepat dalam melakukan pembayaran atau transaksi secara online.

Namun apakah Anda benar-benar mengetahui apa itu payment gateway beserta fungsi dan manfaatnya? Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang hal tersebut, simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Payment Gateway?

Secara garis besar, kita bisa mengartikan payment gateway sebagai sistem transaksi online yang berfungsi untuk memaksimalkan otorisasi dalam proses pembayaran. 

Sehingga Anda bisa membuat pelanggan melakukan pembayaran melalui transfer bank, kartu kredit, atau pilihan pembayaran lainnya.

Namun sebenarnya, payment gateway adalah media yang biasa digunakan untuk melakukan transaksi secara digital atau online. Biasanya, media tersebut disediakan oleh layanan aplikasi e-commerce untuk memudahkan proses pembayaran digital.

Cara kerja payment gateway dimulai dengan memvalidasi informasi pembayaran yang dimasukkan oleh pelanggan terlebih dahulu, lalu setelahnya mengirim permintaan pembayaran ke lembaga keuangan yang bersangkutan. 

Selanjutnya, sistem akan mengirim notifikasi kepada pelanggan tentang status transaksi yang berhasil atau tidak.  Notifikasi ini juga akan dikirimkan kepada pelaku bisnis sehingga pelaku bisnis dapat memantau seluruh transaksi di bisnisnya.

Di Indonesia sendiri, saat ini banyak pilihan payment gateway yang bermunculan. Tidak sedikit juga pelaku bisnis yang sudah mulai menggunakannya sebagai salah satu cara untuk mempermudah transaksi pembelian pelanggan.

Fungsi dan Manfaat Payment Gateway

Faktanya, payment gateway dapat memberikan banyak manfaat bagi pemilik bisnis, pelanggan atau pun individu. Namun sebenarnya, apa saja fungsi dan manfaat yang bisa dirasakan? Berikut selengkapnya!

1.       Proses Instalasinya Mudah

Proses instalasi payment gateway

Jika Anda belum pernah memasang fitur ini pada website atau aplikasi bisnis, Anda tidak perlu khawatir. Karena proses instalasinya sangat mudah, dan bisa dilakukan siapa saja. 

Terlebih jika Anda menggunakan WordPress, di dalam platform tersebut Anda bisa memilih langsung payment gateway apa yang ingin digunakan untuk bisnis.

2.       Layanan 24 jam

Layanan support 24 jam

Jika Anda menjalankan bisnis, maka tidak perlu khawatir ketika mengalami masalah yang tidak terduga di waktu-waktu tertentu. Karena berbagai perusahaan yang menyediakan fitur ini, biasanya menawarkan customer support selama 24 jam.

3.       Transaksi Lebih Aman

Transaksi Lebih Aman dengan payment gateway

Keamanan adalah hal penting yang perlu dimaksimalkan dalam sistem pembayaran. Salah satu fitur yang ditawarkan payment gateway ini yang membuat transaksi lebih aman adalah:

  • Enkripsi: Fitur ini akan memastikan informasi sensitif, seperti nomor kartu kredit terlindungi dengan sempurna ketika proses transfer data. Hal ini berarti hacker tidak akan mudah membaca data Anda karena sudah terlindungi dengan baik.
  • Autentikasi: Fitur ini mengharuskan pelanggan memasang kata sandi tambahan sebelum menyelesaikan transaksi. Tujuan dari proses ini adalah untuk memastikan bahwa yang melakukan pembayaran benar-benar pemilik asli dari akun tersebut.
  • Sertifikasi: Sebelum beroperasi sepenuhnya, payment gateway perlu memenuhi standar keamanan untuk bisa beroperasi dengan aman dan nyaman. Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS) adalah salah satu sertifikasi standar keamanan payment gateway.

Sertifikasi ini berfungsi untuk memastikan bahwa langkah-langkah keamanan yang digunakan sudah sesuai standar dan masalah keamanan tidak akan terjadi di masa yang akan datang.

Sebelum Anda menentukan pilihan fitur apa yang akan digunakan, Anda harus mengecek lebih dulu apakah poin-poin keamanan di atas ada pada layanan yang akan digunakan. Jika iya, maka Anda bisa memilihnya, namun jika tidak sebaiknya Anda tidak memilihnya.

4.       Metode Pembayaran yang Variatif

Metode pembayaran yang variatif di fitur payment gateway

Dengan payment gateway, Anda akan memiliki pilihan metode pembayaran yang variatif. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi kapan saja di mana saja sesuai keinginan.

Bayangkan jika Anda ingin melakukan pembayaran tetapi dalam website atau aplikasi tersebut hanya menyediakan satu rekening bank? Hal ini tentu akan menyulitkan, karena Anda akan dibebani dengan biaya transfer antar bank dan berbagai  kendala lainnya.

Keuntungan Menggunakan Payment Gateway

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan payment gateway, seperti:

1.       Tidak Merepotkan Pelanggan

Siapapun pasti ingin serba mudah dan cepat. Dua kata tersebut sangat penting untuk keberlangsungan hubungan antara penjual dan pelanggan. 

Untuk itu, Anda perlu menggunakan payment gateway yang tepat, agar pelanggan tidak merasa kesulitan dan terkendala ketika melakukan transaksi.

2.       Transaksi Tanpa Batas

Fitur ini dibuat tanpa batasan dan limit transaksi, sehingga Anda pun bebas melakukan transaksi berkali-kali bahkan ribuan kali setiap harinya. Hal ini membuktikan bahwa payment gateway akan sangat bermanfaat bagi Anda sebagai pebisnis atau pun seorang individu.

3.       Terjaminnya Transaksi Pembayaran

Umumnya, penyedia payment gateway seperti ini memiliki sistem keamanan yang baik, sehingga data Anda akan terjamin dan transaksi dapat berjalan dengan aman.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan sebagai pengguna payment gateway. Jika Anda ingin merasakan berbagai keuntungan yang disebutkan di atas, maka Anda bisa menggunakan fitur ini dan merasakan langsung berbagai keuntungannya.

Gunakan Faspay untuk Pengalaman Pembayaran Online yang Mudah, Cepat dan Efisien

Jika Anda sedang mencari payment gateway terbaik di Indonesia, maka Anda bisa menggunakan Faspay. Sebagai salah satu pilihan penyedia  payment gateway, Faspay dapat membantu Anda melakukan pembayaran yang mudah sesuai kebutuhan, mulai dari Internet Banking hingga pembayaran retail.

Adapun beberapa value yang dimiliki adalah sebagai berikut:

1. Menyediakan Berbagai Pilihan Pembayaran

Faspay mampu memberikan bantuan bisnis dengan mengoptimalkan sistem pembayaran hingga 150+ bank, 30+ partner pembayaran dan 50+ channel pembayaran. Dengan pilihan yang variatif, maka proses pembayaran yang dilakukan akan semakin mudah.

 2. Aman dan Terjamin

Selain bersertifikasi PCI DSS Level I, Faspay juga berlisensi resmi Bank Indonesia. Faspay akan menjamin Anda dapat bertransaksi dengan aman kapan pun dan di mana pun Anda berada.

Anda tidak perlu takut ketika melakukan transaksi digital, karena platform yang akan digunakan sudah dilengkapi pelindung yang kuat dan akurat. 

3. Pengaturan yang Mudah dan Cepat

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, Anda juga dapat menikmati proses transaksi yang cepat dan mudah. Sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan saat melakukan transaksi.

4. Laporan Otomatis dan Dasbor Responsif

Dengan menggunakan payment gateway, Anda bisa mengakses data dalam bentuk grafik dan infografis yang komprehensif secara real-time. 

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi keuangan dan analisis statistik pembelian pelanggan yang dapat digunakan sebagai pertimbangan keputusan dalam bisnis Anda.

5. Rekonsiliasi dan Settlement Cepat

Seperti yang kita tahu bahwa arus kas adalah hal yang penting terutama bagi sistem bisnis. Jika Anda adalah seorang pebisnis maka tidak perlu khawatir, karena Faspay dapat menyediakan data rekonsiliasi transaksi berhasil dari merchant, serta proses  settlement yang cepat.

 6. Pilihan Integrasi Fleksibel

Faspay akan memudahkan proses integrasi melalui API atau plugin populer, seperti Magento, Prestashop, Woocommerce, Opencart, PHP dan lainnya.

Diperkirakan selama beberapa tahun ke depan, tren pembayaran cashless akan terus meningkat seiring bertumbuhnya tren bisnis tradisional ke arah digital. Hal ini karena masyarakat sudah terbiasa dengan sistem pembayaran digital.

Dari penjelasan di atas, Anda dapat menentukan payment gateway atau penyedia pembayaran online terbaik yang dapat memudahkan transaksi digital melalui internet. 

Sebagai referensi, Anda bisa menggunakan Faspay mulai dari membuat tagihan online, melakukan pembayaran pesanan, urus refund, dan lain-lain dalam satu sistem.

Faspay adalah salah satu payment gateway terbaik yang berdiri sejak tahun 2003. Beberapa perusahaan besar seperti Tiket.com, Kredivo, dan Starbuck pun merupakan merchant setianya. 

Tunggu apalagi, daftar sekarang untuk menikmati pengalaman transaksi yang mudah, aman, dan cepat bersama Faspay! Informasi lebih lanjut tentang produk-produk unggulan kami, silakan kunjungi https://faspay.co.id/id/produk/ 

Lihat Artikel Lainnya

Newsletter SEPTEMBER 2023 part 3_Thumbnail

BRI Manajemen Investasi Gandeng Faspay: Berhasil Meningkatkan Jumlah Transaksi dan Nasabah

Sistem reimburse arti jenis dan cara pengajuannya - Faspay

Sistem Reimburse: Arti, Jenis dan Cara Pengajuannya

contoh laporan neraca

Contoh Laporan Neraca: Pengertian, Komponen, & Cara Membuat

Ide Usaha Handmade

Ini 13 Ide Bisnis Produk Handmade yang Menguntungkan