Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Thumbnail_Newsletter copy 4

Apakah Anda berminat untuk memulai bisnis di bidang pendidikan? Misalnya seperti lembaga kursus, online course, lembaga sertifikasi, atau toko buku. Bisnis di bidang pendidikan memang tidak mudah, tetapi bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan karena pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap orang dan akan selalu dibutuhkan. Pelaku bisnis hanya perlu cermat melihat peluang dan mengambil posisi tepat supaya bisa mendapatkan hasil dari situ. Lalu, apa saja jenis-jenis bisnis pendidikan yang bisa Anda coba? dan apa saja tips dalam menjalankan bisnis di bidang pendidikan? Mari simak artikel di bawah ini dan jangan lupa baca hingga akhir ya.

Jenis Bisnis Bidang Pendidikan yang Menjanjikan

Bisnis di bidang pendidikan sangat luas, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar. Adapun berikut beberapa jenis bisnis menjanjikan yang bisa Anda jalankan:

online course
  1. Homeschooling
    Berbeda dengan sekolah formal, homeschooling menerapkan sistem pembelajaran dari rumah. Sistem pembelajaran dari rumah atau homeschooling, orang tua bertanggung jawab penuh dan orang tua dapat menentukan sistem pengajaran sesuai kemampuan, minat, dan gaya belajar anak.
  2. Sekolah
    Selain homeschooling, Anda bisa mencoba bisnis sekolah formal seperti Taman Kanak-kanak, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), atau pendidikan tinggi seperti universitas. Walaupun bisnis sekolah merupakan bisnis yang bersifat jangka panjang dan tidak bisa dijalankan hanya dalam waktu yang singkat, tetapi bisnis ini termasuk bisnis yang menjanjikan. 
  3. Bimbingan Belajar (Bimbel)
    Jenis bisnis di bidang pendidikan lainnya yang bisa Anda jalankan adalah bimbingan belajar atau biasa disingkat bimbel. Bisnis bimbingan belajar bisa dilakukan dirumah, menghemat modal karena tidak perlu menyewa tempat. Apalagi jika Anda lulusan yang memiliki kredibilitas untuk mengajar, pasti sangat membantu. Anda bisa membuka bimbingan belajar sesuai dengan bidang yang Anda kuasai. Bimbingan belajar juga biasa dicari oleh orang tua siswa mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), maupun Sekolah Menengah.
  4. Kursus
    Kursus banyak dicari oleh orang-orang yang membutuhkan keterampilan khusus seperti kursus komputer, kursus bahasa asing, kursus menjahit, kursus bermain alat musik, dan masih banyak lagi. Apalagi semenjak adanya pandemi COVID-19 banyak yang mengubah metode pembelajaran kursus menjadi online course yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Bidang yang bisa diangkat menjadi online course juga semakin beragam seperti course digital marketing, web developer, public speaking dan masih banyak lagi.
  5. Sertifikasi
    Bisnis sertifikasi banyak dicari oleh pekerja ataupun orang-orang yang membutuhkan kemampuan kompetensi untuk menunjang karirnya. Contohnya seperti sertifikasi bahasa asing seperti TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dan sertifikasi profesional lainnya.

Tips Berbisnis di Bidang Pendidikan

Screenshot 2023-01-12 172406

Untuk bisa bertahan di era bisnis yang semakin ketat, pelaku bisnis di bidang pendidikan harus lebih cermat dalam menerapkan strategi untuk bisnisnya. Adapun tips yang bisa Anda terapkan untuk bisnis di bidang pendidikan, diantaranya:

  1. Lihat peluang dan kebutuhan pasar
    Tips pertama yang harus Anda coba adalah pelaku bisnis harus bisa melihat peluang dan kebutuhan pasar yang ada. Apakah bisnis tersebut diminati dan dibutuhkan oleh target pasar atau malah sebaliknya, karena kebutuhan pasar akan berubah seiring berjalannya waktu. Pelaku bisnis harus bisa mengerti apa dan seperti apa bisnis pendidikan yang dibutuhkan. Anda bisa mencoba dengan mulai melakukan riset terhadap target pasar Anda.
  2. Melakukan penyesuaian metode pembelajaran
    Metode pembelajaran merupakan salah satu hal penting dalam bisnis di bidang pendidikan dan salah satu yang menjadi pertimbangan calon pelanggan Anda. Penyesuaian juga harus dilakukan seiring berjalannya waktu. Contohnya seperti metode pembelajaran online yang banyak dipilih semenjak pandemi COVID-19. Dengan melakukan penyesuaian metode pembelajaran, akan menarik lebih banyak peminat.
  3. Mempersiapkan kurikulum yang sesuai
    Persiapkan dan susun kurikulum yang sesuai agar bisa menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk bisnis kursus atau sertifikasi, maka kurikulum harus disesuaikan dengan kebutuhan industri.
  4. Meningkatkan reputasi
    Bisnis di bidang pendidikan tidak bisa dibangun hanya dengan kurun waktu yang singkat, karena membutuhkan reputasi yang harus dibangun dalam waktu yang lama. Biasanya, suatu bisnis di bidang pendidikan akan dilihat bagus atau tidaknya dari lulusannya. Tentu saja untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas bisa dilihat dalam kurun waktu setidaknya 4 sampai 5 tahun. Maka dari itu, reputasi bisnis sangat penting untuk selalu ditingkatkan.
  5. Mudahkan sistem pembayaran para siswa
    Untuk tips terakhir yang tidak penting, adalah mengenai sistem pembayaran bisnis Anda. Di era yang serba digital, maka pembayaran online sangat dibutuhkan untuk meningkat efisiensi dan efektifitas dalam hal pembayaran. Hal ini juga dapat memberikan manfaat untuk kedua belah pihak, baik pelaku bisnis maupun siswa.

Payment Gateway untuk bisnis di Bidang Pendidikan

pembayaran online

Setelah membahas beberapa tips dalam menjalankan bisnis dibidang pendidikan, bisa dilihat bahwa sistem pembayaran yang memudahkan siswa Anda dalam melakukan pembayaran sangatlah penting. Dengan payment gateway, Anda bisa menyediakan berbagai macam pilihan pembayaran online untuk siswa maupun orang tua. Selain itu, keuntungan memakai payment gateway untuk bisnis Anda bisa dirasakan untuk pelaku bisnis dan siswa, beberapa keuntungan yang didapat:

  1. Keuntungan bagi siswa maupun orang tua:
    • Pilihan channel pembayaran yang beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
    • Pembayaran dilakukan dimanapun dan kapanpun selama 24 jam.
    • Keamanan transaksi yang terjamin.
    • Praktis tidak perlu konfirmasi pembayaran. 
  1. Keuntungan bagi pelaku bisnis di bidang pendidikan:
    • Pengiriman invoice online satuan atau massal kepada orang tua siswa.
    • Notifikasi real-time.
    • Terdapat dasbor dan laporan keuangan yang memudahkan dalam proses administrasi.
    • Pembayaran dapat dilakukan langsung via website sekolah.

Payment gateway yang bisa Anda pilih untuk bisnis Anda adalah Faspay. Faspay sebagai solusi pembayaran yang dibangun untuk bisnis apa pun untuk menerima pembayaran, mengirim dana, mengelola, dan mengembangkan bisnis. menyediakan 50+ pilihan channel pembayaran yang beragam mulai dari Virtual Account, Internet Banking, Mobile Banking, Virtual Account, e-Money, Retail Payment, Credit Card to Online Credit. Faspay dapat memberikan kemudahan pembayaran online untuk siswa maupun orang tua. Daftar Faspay sekarang dan dapatkan promo menarik.

Lihat Artikel Lainnya

cara membuat invoice online

Invoice Bukan Hal Sepele! Ini Dia Kegunaannya Bagi Bisnis Anda

Article Image

3 Manfaat Beralih dari Invoice Manual ke Invoice Online

successful-executive-asia-young-businesswoman-smart-casual-wear-drawing-writing-using-pen-with-digital-tablet-computer-thinking-inspiration-search-ideas-working-process-modern-home-office_7861-2543

5 Jurus Jitu Promosi Cerdas, Jualan Online Dijamin Laku Keras

faspay for umkm

Kembangkan bisnis Anda dengan cepat melalui program Faspay for UMKM Indonesia