Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

WhatsApp Image 2023-05-16 at 16.32.32

Tahukah Anda bahwa bisnis properti merupakan salah satu lini bisnis yang berpeluang menguntungkan pada tahun ini? Apalagi jika dilihat perkembangan ekonomi Indonesia yang terus mengalami pertumbuhan, bisnis properti menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan yang dapat Anda coba. Dikutip dari SWA, pada 2022, pencarian properti tercatat sebanyak 34 juta pencari, bertumbuh dibandingkan tahun sebelumnya. Ditambah dominasi faktor generasi, dimana milenial yang sudah melek pentingnya investasi dibidang properti. Bisnis properti sendiri sangat luas, dimana mencakup pada jual-beli, sewa menyewa tanah, bangunan atau tanah beserta bangunan di atasnya. Anda bisa mencoba bisnis dibidang properti dengan menjadi developer, flipper, atau broker. Ingin tahu lebih lengkap mengenai bisnis properti? Mari simak artikel di bawah ini!

Macam-Macam Bisnis Properti

close-up-business-partners-shaking-hands

Bisnis properti memiliki daya tarik yang luar biasa, karena jumlah permintaan properti setiap tahunnya akan naik. Jika Anda tertarik dengan bisnis di bidang properti, Anda harus terlebih dahulu mengetahui berbagai macam jenis bisnis di bidang ini. Simak beberapa macam bisnis properti di bawah ini untuk mengetahui bisnis properti yang mana yang cocok untuk Anda jalankan!

  1. Rumah Indekos
    Bisnis properti yang pertama adalah penyewaan rumah sebagai indekos atau biasa disebut kos-kosan. Anda bisa memanfaatkan lahan atau bangunan di sekitar tempat perkantoran atau pendidikan untuk mendapatkan peluang pasar yang lebih banyak.
  2. Developer Properti
    Membangun atau mengembangkan properti baru seperti perumahan, apartemen, atau pusat perbelanjaan. Ini melibatkan pembelian lahan, perencanaan, pembangunan, dan penjualan atau penyewaan unit-unit yang dibangun. Membeli properti dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan melalui apresiasi nilai properti atau pendapatan sewa. Anda dapat memilih untuk fokus pada properti residensial, komersial, atau properti investasi lainnya seperti apartemen, perkantoran, atau pusat perbelanjaan.
  3. Penyewaan properti
    Menyewakan properti kepada penyewa dengan tujuan menghasilkan pendapatan pasif. Anda dapat memiliki properti residensial atau komersial dan mendapatkan penghasilan bulanan dari sewa. Anda bisa menyewakan rumah residensial untuk kontrakan atau bangunan komersial seperti ruko untuk kebutuhan usaha.
  4. Properti liburan
    Bisnis properti di daerah wisata merupakan bisnis yang menguntungkan. Jika Anda berada di area wisata atau tujuan liburan yang populer, bisnis sewa properti seperti villa atau rumah sewa pendek dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.
  5. Penyediaan ruang kerja bersama (co-working space)
    Dengan munculnya tren bekerja menyediakan ruang kerja bersama yang dilengkapi dengan fasilitas dan layanan pendukung dapat menarik bagi para profesional atau perusahaan kecil yang membutuhkan ruang kerja fleksibel.

Tips Memulai Bisnis Properti

house-key-home-insurance-broker-agent-s-hand-protection
  1. Riset Pasar
    Lakukan riset pasar yang komprehensif untuk memahami tren terkini, permintaan, dan harga properti di daerah target Anda. Identifikasi kebutuhan dan preferensi calon pembeli atau penyewa potensial. Dengan melakukan riset pasar, Anda akan lebih mudah mengetahui bisnis properti jenis apa yang menguntungkan untuk dikembangkan di target daerah Anda.
  2. Buat Rencana Bisnis
    Buat rencana bisnis yang terperinci dengan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, strategi pemasaran, sumber pendanaan, dan proyeksi pendapatan dan pengeluaran. Ini akan membantu Anda mengarahkan upaya Anda dengan lebih efektif dan mengidentifikasi peluang dan tantangan yang mungkin Anda hadapi.
  3. Cari Jaringan dan Kemitraan
    Bangun jaringan profesional yang kuat dengan agen properti, pengembang, pemilik bisnis terkait lainnya bahkan dengan pemerintah setempat guna menunjang kemudahan bisnis Anda. Kemitraan yang baik dapat membantu Anda mendapatkan akses ke peluang bisnis yang lebih baik dan memperluas basis pelanggan Anda.
  4. Kumpulkan Modal dan Pendanaan
    Tentukan sumber pendanaan yang tepat untuk bisnis properti Anda. Ini bisa mencakup tabungan pribadi, pinjaman bank, mitra bisnis, atau investor. Pastikan Anda memiliki rencana yang solid untuk pengelolaan keuangan bisnis Anda dan menghindari terjebak dalam hutang yang berlebihan.
  5. Diversifikasi Portofolio
    Pertimbangkan untuk mengembangkan portofolio properti yang beragam. Dengan memiliki berbagai jenis properti (misalnya, apartemen, rumah, kantor, atau toko), Anda dapat mengurangi risiko dan mencapai keuntungan yang stabil dari berbagai sumber.
  6. Strategi Marketing
    Gunakan strategi marketing yang efektif untuk memasarkan properti Anda. Memanfaatkan pemasaran online melalui situs website, media sosial, dan platform properti online. Selain itu, untuk bisnis properti pertimbangkan juga untuk beriklan di media cetak seperti baliho, videotron, dan lainnya yang masih efektif.
  7. Jaga Kualitas dan Lakukan Perawatan
    Pastikan properti Anda dalam kondisi yang baik dan terawat dengan baik. Pemeliharaan yang baik akan meningkatkan nilai properti Anda dan menarik calon pembeli atau penyewa yang berkualitas.
  8. Hukum dan Peraturan
    Pahami hukum dan peraturan properti yang berlaku di daerah Anda. Pastikan Anda memahami persyaratan hukum untuk pembelian, sewa, atau penjualan properti. Jika diperlukan, dapatkan bantuan hukum dari ahli properti untuk memastikan kepatuhan Anda.
  9. Layanan Pelanggan yang Baik
    Berikan layanan pelanggan yang berkualitas tinggi kepada calon pembeli atau penyewa. Tanggapi pertanyaan mereka dengan cepat, berikan informasi yang akurat, dan berikan pengalaman yang positif selama proses transaksi.
  10. Perluas Pengetahuan Anda
    Selalu tingkatkan pengetahuan dan pemahaman Anda tentang bisnis industri properti. Ikuti workshop, pelatihan, seminar, dan sering baca berita terbaru yang relevan dengan properti untuk membantu Anda tetap diperbarui dengan tren.

Payment Gateway untuk Bisnis Properti

man-works-with-tablet-notes-his-desktop-with-calculator-pens-pencils-card-phone-plant-office

Saat menjalankan bisnis properti, dana yang akan Anda terima dalam bertransaksi pasti tidak sedikit, Anda butuh payment gateway yang akan memberikan kemudahan, keamanan dan kecepatan dalam bertransaksi. Masalah yang sering dihadapi oleh bisnis di bidang properti adalah pembayaran kebutuhan IPL (Iuran Pengelolaan Lingkungan), pembayaran sewa, dan lainnya yang masih manual. Dengan pakai payment gateway Faspay, Anda bisa meminimalisir masalah tersebut dengan sistem pembayaran online yang lengkap. Anda bisa mengirimkan tagihan melalui payment link. Selain itu, mudahkan operasional bisnis Anda dengan identifikasikan status pembayaran pelanggan Anda secara mudah melalui notifikasi pembayaran real-time dan dasbor yang terintegrasi. Dapatkan laporan keuangan harian dan hindari fraud atau penipuan. Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai fitur Faspay lainnya untuk maksimalkan pembayaran bisnis properti Anda! Daftar Faspay sekarang faspay.co.id/daftar

Lihat Artikel Lainnya

strategi penetapan harga

Strategi Penetapan Harga: Cara Menentukan, Manfaat dan Tujuan

tiktok ads adalah

Mengenal TikTok Ads dan Tips Memaksimalkannya

Newsletter, THUMBNAIL DAN MERCHANT PAGE DESEMBER 2023 DORE_Merchant Page

Pengalaman Pelanggan dan Operasional Internal DORE by LeTAO Semakin Smooth & Lancar

1500-0-

Zakat Online – Penyalur Zakat Bisa Fasilitasi Donatur dengan Payment Gateway