Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay Newletters Peran Key Opinion Leader_Produk Tersisa Bindo

Seiring berkembangnya zaman dan era yang serba digital, pelaku bisnis harus semakin kreatif untuk memasarkan bisnisnya, salah satunya dengan menggandeng Key Opinion Leader. Dalam dunia pemasaran istilah Key Opinion Leader atau biasa dikenal dengan KOL pasti sudah tidak asing lagi. Tetapi, sebenarnya apa sih Key Opinion Leader itu? dan apa perannya untuk bisnis? Yuk ketahui lebih lanjut!

Apa itu Key Opinion Leader?

Key Opinion Leader atau biasa disingkat KOL adalah seseorang/komunitas yang dikenal dan dipercaya karena memiliki kredibilitas serta kapasitas untuk memberikan pengaruh kepada audiens mereka. KOL memiliki kemampuan untuk mempengaruhi audiens karena ahli pada bidang-bidang tertentu. Contohnya seperti selebriti, pebisnis, tokoh masyarakat,  dan masih banyak lagi.

Mengapa Key Opinion Leader penting untuk bisnis?

Sebagai seseorang yang dapat memberikan pengaruh kepada audiensnya, peran KOL dipercaya dapat menyiptakan efek word of mouth. Selain itu, ada beberapa peran penting KOL untuk bisnis Anda, yaitu:

1. Meningkatkan brand awareness

KOL berperan dalam meningkatan awareness terhadap brand Anda. Brand Anda akan lebih mudah dikenali dan diingat oleh masyarakat secara lebih luas karena KOL memiliki audiens yang banyak dan beragam.

2. Menjangkau pasar yang lebih luas

Dengan memilih KOL yang sesuai dengan bisnis Anda, Anda bisa mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas. Ditambah lagi, jika KOL Anda memiliki followers dan engagement rate tinggi yang merupakan poin plus.

3. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

KOL sebagai seseorang yang memiliki kredibilitas tinggi pasti akan dipercaya pendapat dan rekomendasinya terhadap suatu produk/jasa yang mereka promosikan karena faktanya, orang membuat keputusan membeli berdasarkan rekomendasi dari orang lain. 

Tips memilih Key Opinion Leader

Sebelum memilih KOL untuk bekerja sama, penting bagi brand memastikan untuk memilih KOL yang tepat untuk brand Anda agar tujuan marketing tercapai, diantaranya:

1. Sesuaikan dengan relevansi brand Anda

Sangat penting untuk mencari KOL yang sesuai dengan brand Anda dengan melakukan pengecekan pada latar belakang seperti pekerjaan dan keahliannya, apakah pekerjaan dan keahliannya sesuai dengan tujuan atau image brand Anda.

2. Cek latar belakang KOL

Pastikan KOL tersebut mempunyai keahlian dan pengetahuan yang sesuai dengan brand Anda agar mudah memperkenalkan dan menyempaikan pesan brand Anda dan pastikan juga KOL yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik di kalangan masyarakat.

3. Cek Followers dan Engagement Rate

Selanjutnya, Anda juga harus memeriksa berapa banyak followers dan engagement rate dari KOL tersebut. Pastikan followers KOL tersebut tidak hanya banyak, tetapi juga merupakan followers yang aktif. Hal ini berguna untuk memperkirakan seberapa luas jangkauan dari pesan yang disampaikan oleh KOL.

Nah, ternyata Key Opinion Leader punya peran yang cukup penting bagi sebuah brand ya. Jangan lupa juga untuk memilih KOL dengan tips diatas agar tujuan brand Anda tercapai. Ketika sudah memiliki banyak pelanggan baru, jangan lupa untuk pakai sistem pembayaran yang memudahkan Anda maupun pelanggan, salah satunya dengan Faspay!

Lihat Artikel Lainnya

IMG_8913

Faspay, Dari Komitmen Membantu Pebisnis hingga Tempat Terbaik Untuk Pengembangan Diri Karyawan

Faspay Newletters I MEI 2023_Remaining Products Eng

Sekarang Pelanggan Bisa Bayar BRIVA Melalui Agen BRILink, Jangkau Pelanggan Lebih Luas

Tren Donasi Digital meningkat

Tren Donasi Digital Meningkat Selama Pandemi, Perilaku Masyarakat Dalam Berdonasi Berubah

layanan-invoice-online-indonesia

Fintech Kian Marak, Ketahui Tren Industri Perbankan dan Layanan Keuangan 2021