Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Kehadiran payment aggregator atau agregator pembayaran telah memudahkan pemilik bisnis untuk mengelola transaksi pembelian. Membuat pengusaha dapat meningkatkan pelayanan  dan kepuasan pelanggan, sebab bisa menawarkan banyak pilihan metode pembayaran yang lebih praktis

Karena seperti yang sudah diketahui, sekarang ini metode pembayaran semakin beragam. Anda dapat membeli produk atau layanan jasa dengan uang tunai maupun nontunai. Transaksi non tunai seperti kartu debit, kartu kredit, transfer bank, dan e-wallet, semakin digandrungi sebab dinilai lebih praktis dan aman.

Jumlah Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) pun terus bertambah, baik dari lembaga bank ataupun non perbankan. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi pemilik bisnis. 

Bila ingin memberikan kemudahan transaksi untuk semua pembeli, maka pengusaha perlu membuka akun ataupun rekening bank di berbagai jenis PJP. Cara mengatasi persoalan yang rumit ini adalah dengan menggunakan layanan payment aggregator.

Agregator pembayaran merupakan pihak ketiga yang menawarkan fasilitas untuk mengumpulkan berbagai macam metode pembayaran ke dalam satu akun dari pemilik bisnis. 

Agregator pembayaran berperan sebagai penghubung antara merchant atau pedagang dengan pembeli. Sehingga suatu merchant bisa menerima semua jenis metode pembayaran, tanpa harus membuat akun atau rekening baru, cukup melalui agregator pembayaran.

5 Keunggulan Faspay Payment Aggregator Indonesia

Faspay merupakan agregator pembayaran yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 11 tahun. Bahkan menjadi payment gateway resmi pertama yang mendapatkan izin dari Bank Indonesia. 

Faspay sudah bermitra dengan banyak jenis bisnis dari skala UMKM sampai perusahaan besar. Memproses pembayaran online lebih dari  3000 merchant, yang terdiri dari industri-industri berbeda. 

Dengan bertambahnya perusahaan yang menawarkan layanan aggregator di Indonesia saat ini, Anda mempunyai banyak pilihan. Namun Faspay memiliki beberapa keunggulan yang bisa jadi pertimbangan, di antaranya yaitu:

1. Memfasilitasi Beragam Metode Pembayaran 

Faspay sudah bekerjasama dengan lebih dari 150 bank di Indonesia. Faspay dapat memfasilitasi lebih dari 50 metode pembayaran online. Serta sudah bekerjasama dengan lebih dari 29 mitra pembayaran. Baik itu internet banking, virtual account, mobile banking, e Money, pembayaran ritel, hingga kartu kredit dan kartu kredit online.

2. Mengirim Invoice via Email

Faspay mempunyai fitur faspay billing, yang memungkinkan Anda membuat tagihan atau invoice online. Kemudian mengirimkannya kepada pelanggan melalui email ataupun platform chat. Anda dapat mengintegrasikan faspay billing dengan mudah ke website atau aplikasi dari bisnis Anda. 

Tidak perlu khawatir meskipun bisnis belum memiliki website, Anda tetap dapat menggunakan fitur ini. Karena faspay billing memiliki fitur payment link. Membuat Anda bisa membagikan tautan melalui email, platform obrolan, dan SMS. Pelanggan tinggal klik link tersebut untuk melakukan pembayaran.

Kelebihan lainnya, Anda dapat mengirimkan sejumlah tagihan dalam satu waktu yang sama atau mengirimkannya satu persatu. Anda juga dapat melakukan kustomisasi dengan mengganti warna dan menggunakan logo bisnis milik sendiri. 

Setelah menerima invoice dan link dari email ataupun aplikasi obrolan, pelanggan bisa segera menyelesaikan tagihan. Serta bebas memilih untuk menggunakan metode pembayaran apapun. 

3. Transfer Dana Real Time 

Selain bermanfaat untuk pelanggan saat melakukan pembayaran, Faspay juga bermanfaat untuk pemilik bisnis ketika ingin mentransfer dana. Pemilik bisnis dapat mentransfer uang untuk kebutuhan bisnis melalui fitur Faspay SendMe

Anda dapat mengirimkan uang untuk kebutuhan bisnis ke bank atau akun e-Money. Misalnya untuk membayar supplier bisnis, memberikan komisi, atau bahkan melakukan pengembalian uang (refund). 

4. Melakukan Tarik Tunai

Melakukan Penarikan tunai

Di samping menjadi agregrator pembayaran, faspay juga menyediakan layanan tarik tunai. Anda dapat mencairkan uang di alfamart yang memiliki 16.000 lebih gerai di seluruh Indonesia. Dengan faspay cash out ini Anda dapat melakukan penarikan tunai di seluruh gerai Alfamart. 

5. Jaminan Keamanan

Metode pembayaran online menggunakan agregrator pembayaran memang dinilai memudahkan, tapi masih banyak orang meragukan keamanannya. Khawatir akan munculnya kecurangan (fraud) yang merugikan bisnis. 

Faspay sendiri sudah membangun sistem yang dapat mendeteksi kecurangan, disediakan untuk setiap merchant.  Semua transaksi harus melewati sistem pendeteksi kecurangan tersebut, setelah itu baru diputuskan, transaksi akan disetujui atau tidak.

Keuntungan Payment Aggregator untuk Pembayaran 

Keuntungan menggunakan agregator pembayaran adalah memberikan pelanggan kemudahan dalam bertransaksi. Namun lebih dari itu, berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan selaku pemilik bisnis:

1. Lebih Hemat Biaya

Menggunakan payment aggregator lebih hemat, karena Anda tidak perlu membuka banyak rekening bank atau akun  e-wallet untuk memulai bisnis. Selain itu biaya fee dari agregator pembayaran umumnya flat dan lebih terjangkau. 

2. Mudah Digunakan

Aplikasi dirancang user friendly, agar pelaku usaha bisa menggunakannya dengan mudah. Tinggal mengikuti setiap instruksi, siapapun bisa menguasainya dalam waktu yang cepat. 

3. Proses yang Serba Cepat

Proses untuk registrasi cepat, hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja. Setelah aplikasi aggregator pembayaran terintegrasi dengan bisnis, Anda sudah bisa menerima jenis pembayaran yang beragam. 

Manfaat Payment Aggregator untuk Toko Online 

Menjalankan toko online memiliki berbagai kelebihan. Di antaranya yaitu dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, mengembangkan bisnis, dan meningkatkan penjualan. Selain itu  promosi produk dan jasa lebih mudah melalui online

Namun Anda pelu menyiapkan infrastruktur yang memadai, bila ingin sukses menjakan bisnis toko online. Yaitu membuat website menarik, menciptakan aplikasi, serta yang tidak boleh ketinggalan adalah menyiapakan variasi metode pembayaran.

Karena transaksi dilakukan  melalui internet, maka otomatis metode pembayaran dilakukan secara non tunai. Maka Anda perlu menyiapkan metode pembayaran cashless yang lengkap. Metode pembayaran non tunai yang paling umum adalah transfer bank. Namun nyatanya setiap pembeli menggunakan metode pembayaran yang berbeda-beda. 

Ada yang lebih nyaman menggunakan kartu kredit, tapi ada juga yang lebih sering membayar dengan saldo di e-Wallet mereka. Cara bisnis mengatasinya yaitu dengan memanfaatkan agregrator pembayaran. Supaya lebih jelas, berikut ini manfaat agregrator pembayaran untuk pemilik bisnis toko online

1. Lebih Praktis

Pemilik bisnis tidak perlu membuka rekening di banyak bank atau lebih dari satu akun e-Wallet, untuk dapat menerima metode pembayaran yang bermacam-macam. Dengan begitu pengusaha bisa lebih fokus dengan pengembangan produk dan mempersiapkan strategi pemasaran toko online.

2. Meningkatkan Pelayanan Konsumen

Metode pembayaran yang beragam memberikan kemudahan bagi semua konsumen. Pelanggan bebas membayar produk atau jasa menggunakan cara apapun. Proses yang mudah dan serba cepat ini, bisa meningkatkan penjualan dan kepuasan konsumen 

Payment Aggregator untuk Rumah Sakit 

Rumah sakit juga perlu menyediakan metode pembayaran yang beragam. Pembayaran tunai dalam nominal besar terlalu berisiko untuk dilakukan di rumah sakit. Persilakan pihak keluarga  pasien untuk menyelesaikan administrasi rumah sakit dengan menawarkan banyak pilihan. Bisa menggunakan kartu kredit, debit, dan e-Wallet.

Selain itu agregator pembayaran juga memudahkan cara kerja bisnis. Sebab, selain menyediakan fasilitas pembayaran, aplikasi ini juga biasanya  dilengkapi fitur-fitur lain, yang menunjang bisnis. 

Dengan demikian, saat rumah sakit mengintegrasikan sistem yang ada dengan agregator pembayaran, transaksi dapat diketahui secara real time dan peninjauannya dilakukan melalui dasbor.

Payment aggregrator dapat menjadi  solusi bagi bisnis di berbagai jenis sektor. Penggunaanya akan mempermudah pelanggan dan juga pelaku bisnis. Pelanggan dapat membayar dengan cara yang paling nyaman bagi mereka dan pemilik bisnis lebih mudah mengelola transaksi dalam jumlah yang banyak. 

Anda dapat menggunakan agregrator pembayaran Faspay yang sudah dipercaya menjadi mitra untuk 3000 lebih merchant dari industri-industri berbeda. Faspay juga hadir dengan banyak fitur unggulan yang bisa membuat operasional bisnis lebih lancar dan cepat. Daftarkan bisnis Anda sekarang di Faspay!

Lihat Artikel Lainnya

freeday

#LifeAtFaspay – Faspay FreeDay April Edition!

Thumbnail article December 2022-02

Cara Daftar QRIS Online Dengan Cepat dan Mudah di Faspay

media visitt

Faspay menyampaikan perkembangan bisnis dan industri payment gateway di momen Media Visit ke Republika

How to Make a Payment Link Generator

How to Make a Payment Link Generator