Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > Ketahui Risiko yang Dihadapi oleh Pebisnis dengan Transaksi Manual

Ketahui Risiko yang Dihadapi oleh Pebisnis dengan Transaksi Manual

payment gateway

Jika bisnis Anda masih mengandalkan transaksi manual sebagai metode pembayaran utama, maka hal itu memiliki risiko yang mempengaruhi kemampuan bisnis untuk tumbuh. Kenapa begitu? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Apa yang dimaksud Pembayaran Manual?

Dari sisi pelanggan, pembayaran manual merupakan kegiatan pembayaran yang mengharuskan pelanggan Anda pergi ke lokasi bisnis Anda untuk melakukan transaksi. Sedangkan dari sisi penjual, Anda perlu pergi ke ATM atau teller untuk melakukan pembayaran kepada supplier atau setoran uang. Cara ini bisa dibilang lebih menyulitkan karena di zaman digital seperti sekarang ini sudah tersedia banyak sistem pembayaran online salah satunya Faspay.

Lalu, Apa Dampak dari Bisnis dari Transaksi Manual?

Dalam transaksi manual, pebisnis terlibat dalam pencatatan transaksi yang panjang dan melelahkan. Pembukuan manual juga rentan terjadi fraud misalnya seperti invoice palsu atau kesalahan saat mencatat transaksi. Selain itu, pebisnis juga kerepotan saat ingin mengecek mutasi rekening karena harus pergi ke ATM terdekat dan memakan waktu untuk mencari arsip atau memperbaiki kesalahan pencatatan. Dari aspek lain, seiring dengan meningkatnya jumlah transaksi bisnis, mengelola akun secara manual membuthkan banyak waktu dan tenaga. Dengan kemunduran ini, pengelolaan transaksi akan membuat pengembangan bisnis terganggu dengan jangkauan pelanggan yang terbatas karena terlalu sibuk mengurusi pencatatan transaksi.

Solusi Praktis Kelola Pembayaran secara Online

Adanya sejumlah tantangan dalam transaksi bisnis, beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk mempermudah proses transaksi bisnis adalah beralih menggunakan sistem pembayaran online. Berinvestasi dalam solusi pembayaran online atau payment gateway untuk mengelola semua transaksi dan mengotomatiskan proses pembayaran merupakan langkah yang tepat untuk memaksimalkan potensi bisnis Anda. Dengan adanya payment gateway, Anda dapat mengatur dan mengecek semua informasi secara online tanpa memakan banyak waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk fokus pada penjualan atau pengembangan bisnis.

Jadi, beralih ke payment gateway membuat Anda dapat merasakan banyak manfaat terutama dari segi pemantauan, kecepatan dan kemudahan pembayaran bagi pelanggan, minim risiko, mudah dilacak, tersedianya ragam jenis channel pembayaran, serta hemat waktu dan biaya. Faspay menyediakan sistem pembayaran online yang terintegrasi dengan 48+ metode pembayaran untuk kemudahan transaksi. Saatnya beralih ke sistem pembayaran online Faspay dan buat bisnis Anda #MudahGoDigital!

Lihat Artikel Lainnya

Mba Dian

#LifeAtFaspay: Cerita dari Dian yang Bekerja di Lingkungan Kerja yang Solid, Komunikatif dan Bertanggungjawab

cara memaksimalkan performa website

Cara Memaksimalkan Performa Website Baru dan Sedang Berkembang. Simak Tipsnya Disini!

Faspay Image 3

Apa Itu Settlement, Cara Pakai, dan Fungsinya

Faspay Image 2

Creating a Branding Strategy to Reach More Customers