Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > 5 Kesalahan dalam Berbisnis Yang Wajib Dihindari

5 Kesalahan dalam Berbisnis Yang Wajib Dihindari

NewsLetter-5 Kesalahan-02

Kegagalan dalam bisnis mungkin dianggap hal yang wajar. Tetapi, jika kegagalan terjadi berulang kali, Anda harus melakukan evaluasi dan mulai melakukan antisipasi kegagalan tersebut dengan mengindari kesalahan yang mungkin terjadi pada bisnis Anda. Lalu, bagaimana caranya? Simak artikel berikut untuk mengetahui 5 kesalahan yang wajib dihindari oleh pelaku bisnis:

  1. Tidak Mengelola Keuangan Dengan Bijak
    Saat mulai berkomitmen untuk menjalankan bisnis, pelaku bisnis harus bisa mengelola keuangan serta arus kas bisnis dengan baik. Catat arus kas dan buat pembukuan rutin yang rapi. Selain itu, masih banyak pelaku bisnis yang belum memiliki rekening khusus bisnis. Dengan membuat rekening khusus bisnis,  keuangan bisnis Anda akan lebih terjaga, meminimalisir tercampurnya uang pribadi dan bisnis serta menghindari pemakaian dana bisnis untuk kepentingan  pribadi.
  2. Tidak Memanfaatkan Media Sosial
    Salah satu alasan bisnis Anda tak kunjung berkembang yaitu masih mengandalkan orang-orang terdekat dan menggunakan metode word of mouth saja untuk menjual produknya. Pelaku bisnis harus bisa memanfaatkan media sosial untuk branding dan promosi agar bisnis bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Buat akun media sosial bisnis Anda termasuk facebook, instagram, twitter untuk promosikan produk yang Anda jual. Selain itu, lakukan personalisasi terhadap akun media sosial Anda dan isi dengan konten yang relavan dengan bisnis Anda.
  3. Tidak mengelola SDM yang ada
    Banyak bisnis yang masih mengalami keterbatasan dalam mengelola Sumber Daya Manusia yang ada. Tidak sedikit juga pelaku pelaku bisnis yang masih mengerjakan semuanya sendiri, mulai dari mengatur keuangan, eksekusi ide, pengiriman dan produksi. Agar operasional bisnis Anda berjalan efektif, mulailah rekrut karyawan sesuai dengan keahlian di masing-masing bidang, seperti finance, produksi, pemasaran dan bagian packing.
  4. Perencanaan dan strategi yang kurang matang
    Seringkali, pelaku bisnis memiliki banyak sekali ide, tetapi terkadang kesulitan untuk direalisasikan, maka dari itu, pelaku bisnis harus bisa membuat rencana bisnis jangka panjang dan jangka pendek secara rinci, hal ini bertujuan untuk menjadi acuan dalam menjalankan bisnis Anda.
  5. Tidak memanfaatkan teknologi
    Pelaku bisnis diharapkan dapat memanfaatkan teknologi dan berani untuk digitalisasi. Pemanfaataan teknologi dilakukan dalam operasional bisnis agar dapat meringankan beban produksi dan beban pemasaran serta meningkatkan efisiensi kerja. Sebagai contoh, sebelum menggunakan mesin, dalam sehari bisnis Anda hanya bisa memproduksi 100 produk, tetapi sesudah menggunakan mesin, Anda bisa meningkatkan produksi hingga 2 kali lipat. Selain itu, penting bagi pelaku bisnis untuk mulai meninggalkan cara konvensional dan mulai memanfaatkan berbagai macam tools untuk meringankan pekerjaan, seperti tools pembukuan, kasir online dan lainnya.
Baca Juga  ​Life at Faspay – Our Interns’ Stories

Itulah 5 kesalahan yang wajib Anda hindari agar bisnis semakin berkembang. Selain itu, Anda sebaiknya menyediakan sistem pembayaran online untuk bisnis Anda, agar memudahkan pelanggan dalam memilih metode pembayaran yang terlengkap, Daftarkan bisnis Anda sekarang.

Lihat Artikel Lainnya

FU July-01 - Copyy

Fitur Baru Faspay SendMe! Kini Kirim Dana Bisa Ke Berbagai E-Wallet

razer-promo-permata-bank-faspay

​Promo Extra Razer Gold Balance diperpanjang hingga 31 Mei 2019!

PEMBAYARAN BERAGM

Kirim Payment Link Lebih Mudah Melalui Smartphone Pakai Faspay Billing Lite

super savers

Nikmati Gratis Biaya Faspay untuk Merchant Baru! #FaspaySuperSavers