Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran, pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

perbedaan unicorn dan decacorn

Perbedaan Unicorn dan Decacorn seringkali masih disalahpahami oleh sebagian orang. Unicorn dan Decacorn merupakan istilah yang biasanya digunakan oleh beberapa perusahan startup

Beda unicorn dan decacorn terdapat pada valuasi keduanya. Bersama dengan evolusi industri startup, perusahaan-perusahaan yang menjanjikan akan menarik perhatian investor. 

Pendanaan inilah yang menciptakan istilah yang sudah akrab di telinga banyak orang, yaitu Unicorn dan Decacorn. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan setiap istilah itu? Mari kita lihat penjelasannya!

Perbedaan Unicorn dan Decacorn

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kedua istilah ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari valuasi yang dihasilkan. Namun, tidak hanya sampai disitu, masih ada beberapa perbedaan unicorn dan decacorn lainnya seperti berikut ini.

Mengenal Unicorn

Unicorn adalah istilah yang digunakan untuk menyebut bisnis yang nilainya telah mencapai USD$ 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun. Istilah ini berasal dari hewan mitologi Yunani yang langka, dan pertama kali dikenalkan oleh Aileen Lee, seorang investor startup dari Amerika Serikat. 

Artikel yang membahas konsep ini berjudul "Welcome to The Unicorn Club" dan dipublikasikan pada November 2013. Hal ini dilakukan untuk menggambarkan bisnis-bisnis yang berhasil mencapai tingkat valuasi yang sangat tinggi dalam waktu yang relatif singkat.

Perusahaan unicorn sangat jarang dan memerlukan inovasi. Karena ukurannya yang besar, investor dalam perusahaan unicorn biasanya adalah investor modal ventura atau swasta, bukan investor ritel. Meskipun tidak wajib, banyak perusahaan unicorn berusaha untuk go public. Meraih status unicorn dianggap sebagai prestasi langka.

Mengenal Decacorn

Decacorn adalah istilah yang menggabungkan "deka" dari bahasa Yunani yang berarti 10 dengan "unicorn". Ini berarti perusahaan dengan valuasi 10 kali lipat dari Unicorn, atau sekitar US$10 miliar. 

Menjadi decacorn sangat jarang, bahkan terdengar seperti sesuatu yang mustahil, karena nilai ini jauh melampaui standar yang sudah tinggi dari unicorn. Oleh karena itu, perusahaan yang berhasil mencapai gelar decacorn dianggap memiliki pencapaian yang luar biasa.

Perusahaan-Perusahaan Unicorn di Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa perusahaan-perusahaan yang masuk ke dalam jajaran unicorn. Beberapa perusahaan tersebut adalah :

Traveloka

Perbedaan Unicorn dan Decacorn

Traveloka adalah salah satu perusahaan yang disebut sebagai unicorn di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2012 dan dalam waktu singkat berhasil mengukuhkan posisinya sebagai salah satu unicorn Indonesia pada tahun 2017. Traveloka menjadi terkenal karena platformnya yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, hotel, dan kegiatan wisata secara online

Saat ini, Traveloka telah meluas ke negara-negara tetangga seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Selain itu, valuasi Traveloka kini mencapai sekitar 3 Miliar Dolar AS, dan jumlah unduhan aplikasinya diperkirakan telah mencapai lebih dari 40 juta pengguna.

Bukalapak

Perbedaan Unicorn & Decacorn

Bukalapak menjadi unicorn Indonesia pertama yang melakukan penawaran umum perdana (IPO) sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ini menandai langkah penting dalam sejarah perusahaan teknologi di Indonesia. 

Bukalapak meraih dukungan finansial dari investor besar seperti Emtek Group dan 500 Startups. Selain itu, perusahaan ini juga sukses menjalin kemitraan dengan investor terkemuka seperti Mirae Asset-Naver Asia Growth Fund, QueensBridge Ventura Partners, dan lainnya. Menurut informasi dari Katadata, valuasi Bukalapak diperkirakan mencapai Rp35 triliun, dengan sekitar 92 juta pengguna di seluruh Indonesia.

OVO

Perbedaan Unicorn dan Decacorn

OVO dikenal sebagai salah satu platform pembayaran digital terkemuka di Indonesia, memberikan layanan yang memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi keuangan secara online.

Menurut survei dari iPrice Group, OVO masuk dalam lima besar dompet digital dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia, dengan lebih dari 115 juta pengguna. Meskipun demikian, dalam peringkat pengguna terbanyak, OVO menempati posisi kedua setelah GoPay.

Startup ini, yang merupakan bagian dari Grup Lippo, memiliki valuasi sekitar Rp 42 triliun. Kesuksesan ini membuat OVO menjadi salah satu dari lima startup Indonesia yang berhasil meraih predikat Unicorn.

Ajaib

Perbedaan Unicorn dan Decacorn

Ajaib dikenal karena menyediakan platform investasi yang memungkinkan masyarakat untuk berinvestasi secara mudah dan efisien di pasar saham. Keberhasilan Ajaib mencapai status unicorn menunjukkan potensi besar dalam mengembangkan layanan keuangan digital di Indonesia serta memberikan kontribusi positif dalam pertumbuhan ekonomi negara. 

Ajaib, sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang fintech investasi saham dan reksa dana, berhasil menjadi salah satu dari sekian startup unicorn setelah berhasil mendapatkan pendanaan Seri B sebesar US$ 153 juta dari DST Global pada bulan Oktober 2021. 

 

Baca Juga : Beberapa Komponen Sistem Pembayaran dalam Transaksi Bisnis yang Perlu Diketahui

 

Kopi Kenangan

Perbedaan Unicorn dan Decacorn

Kopi Kenangan menjadi salah satu dari sembilan startup Indonesia yang meraih gelar Unicorn pada bulan Desember 2021. Mereka mendapatkan status Unicorn setelah mendapatkan dana investasi Seri C Tahap Pertama sebesar 96 juta dolar AS, atau sekitar 1,3 triliun rupiah. Kopi Kenangan adalah startup di bidang makanan dan minuman (F&B).

CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, menyatakan bahwa perusahaan yang dipimpinnya telah menjadi perusahaan pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang mencapai status Unicorn dalam sektor New Retail F&B (makanan dan minuman). 

Saat ini, menurut CBInsights, valuasi Kopi Kenangan mencapai 1 Miliar Dolar AS atau sekitar Rp 14,2 Triliun. Selain sembilan startup tersebut, Online Pajak juga diklaim sebagai startup Unicorn. Mereka berhasil mendapat gelar tersebut pada Juli 2021 dengan valuasi 1,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp 24,75 triliun.

Faspay Payment Gateway untuk Tingkatkan Bisnis Startup Anda

Dengan berkembang pesatnya teknologi yang ada membuat pertumbuhan bisnis Startup semakin meningkat. Apalagi seperti yang diketahui bahwa bisnis ini bergerak secara online, biasanya melalui website, aplikasi atau e-commerce. Sehingga pada proses transaksinya membutuhkan channel pembayaran online. 

Bersamaan dengan itu, perusahaan startup menjadi sangat penting untuk memiliki channel pembayaran yang beragam dan praktis. Sistem seperti ini sangat sesuai dengan yang ditawarkan oleh payment gateway, salah satunya Faspay. 

Sebagai Payment Gateway, Faspay adalah solusi pembayaran online yang penting untuk mengembangkan bisnis startup Anda. Berbagai jenis channel pembayaran tersedia mulai dari virtual account, e-wallet, QRIS, hingga kartu kredit. Sehingga start up dapat dengan mudah untuk mengembangkan preferensi metode pembayaran online

Dengan Faspay, Anda dapat menerima pembayaran digital mudah dari berbagai metode. Salah satu produk unggulan dari Faspay adalah Faspay Business. Dengan mengaktifkan Faspay Business, bisnis Anda dapat menyediakan fitur pembayaran online dari 50+ channel pembayaran.

Kesimpulan

Unicorn dan Decacorn memang sudah melekat erat dengan perusahaan startup di dunia maupun di Indonesia. Bahkan ada beberapa perusahaan di Indonesia yang masuk ke dalam jajaran unicorn seperti Traveloka, OVO, dan Kopi Kenangan. Untuk memperluas bisnis Anda dengan kemudahan menerima pembayaran online, Anda bisa menggunakan faspay dan rasakan banyak keuntungannya. Yuk jadi bagian faspay sekarang!

Lihat Artikel Lainnya

cara transfer shopeepay ke dana

Cara Transfer ShopeePay ke DANA dan Sebaliknya, Tanpa Ribet!

cara transfer ovo ke dana - faspay

Ini Cara Transfer OVO ke DANA dan Biaya Administrasinya

usaha sampingan - faspay

10 Rekomendasi Usaha Sampingan yang Menjanjikan Banyak Cuan

bisnis online tanpa modal lewat hp

10 Ide Bisnis Online tanpa Modal Lewat HP, Anti Ribet!