Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > Payment Gateway untuk Memudahkan Terima Donasi atau Sedekah Online
Faspay Newletters I APRIL 2023_Remaining Products Eng (1)

Bulan Ramadan menjadi bulan suci yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Pada bulan ini, umat muslim berlomba-lomba menunaikan ibadah dan melakukan kebaikan, termasuk sedekah, donasi dan membayar zakat. Untungnya, dengan berkembangnya zaman semua itu bisa dilakukan dengan semakin mudah dan fleksibel. Anda bisa menunaikan zakat, donasi maupun sedekah melalui platform online. Belum lagi, kemudahan pembayaran telah ditawarkan oleh platform donasi yang telah menggunakan payment gateway untuk membantu sistem pembayaran online secara aman dan mudah. Sebelum membahas mengenai hal ini, apakah Anda mengetahui mengenai payment gateway? Mari simak penjelasannya pada artikel di bawah ini!

Pengertian Payment Gateway

mobile-online-banking-concept-close-up-female-hands-using-mobile-phone-holding-credit-card

Payment gateway merupakan sistem gerbang pembayaran yang dapat membantu menghubungkan bisnis dengan bank dan payment processor untuk memproses pembayaran online dengan menghubungkannya melalui API (Application Programming Interface). Dalam proses berjalannya sistem payment gateway, terdapat pihak yang terlibat diantaranya end user (pembeli), merchant, bank penerbit dan bank pengakuisisi. Payment gateway sangat membantu para bisnis untuk bisa menerima pembayaran dari banyak channel pembayaran tanpa perlu mengurus administrasi satu persatu ke bank yang dituju.

Payment Gateway untuk Lembaga Amal

online-donation-platform-offer-modish-money-sending-system (3)

Jika Anda menjalankan lembaga atau organisasi amal yang ingin menerima sedekah, donasi, dan zakat secara online, ada baiknya Anda mempersiapkan payment gateway untuk bisa membantu Anda dan para donatur melakukan donasi melalui aplikasi atau website. Nah sebenarnya, apalagi keuntungan memakai payment gateway bagi donatur? Mari simak di bawah!

  1. Memudahkan donatur dalam transaksi
    Donatur akan lebih mudah bayar via aplikasi atau website. Donatur dapat melakukan transaksi secara langsung dengan berbagai pilihan channel pembayaran yang beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan donatur. Sedekah, donasi dan zakat jadi lebih mudah.
  2. Transaksi jadi lebih aman dan nyaman
    Dengan pakai payment gateway, donatur akan merasa lebih aman dalam melakukan donasi, karena payment gateway harus berlisensi Bank Indonesia dan berlisensi PCI-DSS yang akan menjamin keamanan transaksi online donatur. 
  3. Menambah kepercayaan kepada lembaga amal
    Alasan ketiga adalah adanya kepercayaan lebih kepada lembaga amal yang menggunakan sistem lengkap dan terlihat lebih profesional. Dengan sistem pembayaran yang lengkap akan menambah profesionalisme lembaga amal. Selain itu, dengan payment gateway juga menambah kepercayaan karena adanya laporan transaksi harian yang bisa dibagikan kepada donatur untuk mengetahui kemana dan untuk apa donasi tersebut tersalurkan.

Selain donatur yang mendapat keuntungan, adapun keuntungan bagi lembaga amal yang bertanggung jawab mengelola dana dari para donatur diantaranya:

  1. Memudahkan dalam terima pembayaran donasi
    Dengan payment gateway, lembaga donasi dapat menyediakan berbagai macam channel pembayaran termasuk virtual account, e-wallet, internet banking, dan masih banyak lagi. Berbagai macam channel pembayaran bisa disediakan tanpa harus registrasi satu persatu ke bank yang dituju.
  2. Memberikan rasa aman kepada donatur
    Keuntungan yang kedua adalah Anda dapat memberikan keamanan yang terjamin daripada harus melakukan donasi manual. Dibanding donasi dengan tunai yang memiliki banyak risiko seperti hilangnya dana dan risiko lainnya.
  3. Memberikan transparansi kepada donatur
    Selain itu, dengan pakai payment gateway, Anda bisa memberikan transparansi kepada donatur. Karena adanya laporan keuangan dan transaksi secara real-time yang dapat menjadi pertanggung jawaban dana yang masuk ke lembaga amal.

Semua keuntungan diatas dapat Anda dapatkan dengan Faspay sebagai salah satu payment gateway terlengkap yang memiliki banyak pilihan pembayaran mulai dari Virtual Account, gerai ritel, e-money dan masih banyak lagi. Selain itu, lembaga donasi dan zakat pun bisa lebih transparan karena adanya dasbor berisi laporan traksaksi yang berhasil secara rinci. Administrasi pun lebih mudah dengan adanya notifikasi pembayaran secara real-time. Mudahkan para donatur dalam pembayaran sekarang! Daftar Faspay melalui faspay.co.id/id/daftar/

Lihat Artikel Lainnya

Newsletter, THUMBNAIL DAN MERCHANT PAGE DESEMBER 2023 DORE_Merchant Page

Pengalaman Pelanggan dan Operasional Internal DORE by LeTAO Semakin Smooth & Lancar

FintechID

Partisipasi Faspay dalam Indonesia Fintech Summit 2022

media visit

Media Visit ke Tempo, Faspay menjelaskan perkembangan bisnis Faspay seiring dengan perkembangan bisnis digital

Faspay Thumbline desember 2022 part 2-02

Ini 5 Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa yang Benar