Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Newsletter dan Thumbnail End January_WEBSITE Donasi BLOG ID

Di zaman yang semakin canggih dan serba digital seperti saat ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai hal,  termasuk dalam berbuat kebaikan. Anda bisa menggalang dana atau donasi online dengan semakin mudah dan praktis. Dengan penggalangan donasi secara online juga dapat menumbuhkan rasa kepedulian yang lebih luas lagi kepada lebih banyak orang. Selain cara berdonasi yang mudah dan waktu penggalangan dana yang cepat, donasi online juga dapat menjangkau banyak orang sekaligus. Donasi bisa dilakukan tanpa terhalang waktu dan tempat. Ditambah lagi, sekarang semakin mudah untuk membuat platform penggalangan donasi untuk berbagai macam kebutuhan seperti bencana alam, donasi pendidikan, kesehatan, lingkungan dan lainnya.

Keuntungan Donasi Online

online-donation-platform-offer-modish-money-sending-system (1)

Dibanding dengan pengumpulan donasi secara konvensional, donasi online memiliki beberapa kelebihan. diantaranya:

  1. Pengumpulan dana lebih praktis
    Dengan donasi online, pengumpulan dana akan lebih praktis. Tidak perlu datang ke tempat, dapat dilakukan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Donasi bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Donasi online juga bisa mengumpulkan dana lebih banyak karena dirasa lebih praktis di mata banyak orang.
  2. Lebih mudah dengan cashless
    Tentu saja dengan berdonasi online, pembayaran menjadi cashless atau tanpa uang cash. Tidak perlu mempersiapkan uang tunai dengan nominal yang pas. Dengan cashless juga akan meminimalisir uang donasi rusak, terselip dan hilang. 
  3. Target yang dijangkau lebih luas
    Anda bisa membagikan publikasi mengenai donasi online Anda dengan mengajak orang-orang di media sosial dan platform obrolan. Dengan donasi online, tentu saja bisa menjangkau target donatur yang lebih luas.
  4. Transparan
    Kalau donasi secara konvensional terkadang masih menimbulkan rasa was-was terhadap aliran dana yang disalurkan, maka solusinya adalah donasi online. Donasi online lebih transparan terhadap dana yang terkumpul dan adanya laporan serta dokumentasi untuk bukti kemana dana tersebut tersalurkan.
  5. Lebih privat
    Dengan berdonasi online, Anda bisa mengkostumisasi nama Anda, seperti tidak mencantumkan nama (anonim). Adapun, donasi bisa dilakukan dimanapun, bahkan tanpa ada orang yang melihat. Itulah mengapa donasi online dirasa lebih privat.

Tips Membuat Donasi Online

crowd-funding-funding-give-help-nonprofit-concept

Bagi Anda yang ingin berdonasi atau melakukan penggalangan dana, hindari penipuan donasi yang akan merugikan Anda. Adapun tips agar Anda terhindar dari penipuan:

  1. Buat tujuan dan sasaran penggalangan dana yang jelas
    Dalam membuat penggalangan dana, harus memiliki tujuan yang jelas, serta mengetahui siapa sasaran penggalangan dana Anda. Tujuan yang bisa Anda capai dengan penggalangan dana yaitu untuk pendidikan, bencana alam, kesehatan, dan lainnya.
  2. Memilih platform penggalangan
    Memilih platform yang tepat sangat penting agar target penggalangan dana Anda tercapai. Ada beberapa platform penggalangan dana yang bisa Anda coba yaitu bisa melalui media sosial dan platform penggalangan dana lainnya. Pastikan juga akan amanah dan memiliki kredibilitas dan izin sebagai penyelenggara donasi.
  3. Publikasikan penggalangan dana atau donasi
    Media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Dengan memanfaatkan media sosial, Anda bisa melakukan publikasi penggalangan dana di berbagai media sosial seperti Instagram, Twitter dan TikTok agar bisa menjangkau lebih banyak orang. Pastikan adanya publikasi secara berkala agar bisa diterima dengan baik oleh banyak orang.

Bagaimana Cara Membuat Donasi Online?

online-donation-platform-offer-modish-money-sending-system

Jika Anda berniat untuk membuat penggalangan dana atau donasi secara online, ada beberapa cara yang bisa Anda coba, yaitu diantaranya:

  1. Penggalangan dana melalui Instagram
    Cara pertama yang paling mudah adalah dengan menggunakan Instagram. Instagram sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dengan ini dapat menjangkau target audiens yang lebih banyak. Anda bisa menggunakan fitur-fitur Instagram seperti instagram reels, instagram story dan instagram post. Penggalangan dana bisa menarik lebih banyak orang dengan konten yang menarik. 
  2. Penggalangan dana melalui WordPress
    Cara lain adalah dengan menggunakan WordPress untuk membuat situs penggalangan dana. Anda bisa menggunakan plugin crowfunding. Ada beberapa fitur yang ditawarkan seperti:

    1. Fitur pendaftaran pengguna khusus
    2. Opsi tanggal mulai dan akhir proyek
    3. Mengatur gambar dan video unggulan
    4. Opsi harga minimum dan maksimum
    5. Tentukan harga yang disarankan
    6. Fitur tujuan pendanaan
    7. dan lainnya.
  3. Melalui platform donasi online
    Sudah banyak sekali platform donasi online terpercaya yang bisa Anda pilih untuk menggalang dana atau membuat donasi online. Mulai dari yang gratis hingga berbayar. Anda bisa melakukan penggalangan dana melalui platform donasi yang telah ada.

Solusi Sistem Pembayaran Donasi Online

using-laptop-credit-card-mobile-phone-buy-payment-goods

Nah, setelah membuat donasi online di platform yang Anda pilih, Anda bisa mulai memilih sistem pembayaran online yang ingin Anda gunakan. Tentu saja Anda tidak ingin pembayaran donasi yang menyulitkan donatur Anda dan sistem yang tidak praktis. Karena dana donasi merupakan “dana titipan” dari orang-orang baik, maka Anda harus mempersiapkan sistem pembayaran online yang terpercaya, aman dan memiliki fitur yang lengkap. 

Anda bisa pakai Faspay, salah satu payment gateway dengan 50+  pilihan channel pembayaran mulai dari e-money, rekening bank, virtual account, gerai ritel dan lainnya. Anda juga bisa menerima dana donasi hanya melalui payment link yang dapat dibagikan melalui media sosial dan platform chat lain, sangat praktis bukan?

Selain itu, terdapat dasbor dan laporan keuangan yang akan memudahkan Anda dalam tracking dana donasi yang masuk. Faspay sangat cocok untuk menjadi payment gateway untuk industri non-profit! Tunggu apalagi? yuk berbuat kebaikan dengan galang dana menggunakan Faspay. Daftar sekarang dan dapatkan penawaran menarik!

Lihat Artikel Lainnya

Tax-for-ECommerce-in-Indonesia.jpg

​Tax Obligation for E-Commerce Players in Indonesia

Unicorn Decacorn

Unicorn? Decacorn? Jangan Bingung, Ini Penjelasannya

invoice-online-dengan-fastpay-billing

Peran Teknologi Keuangan Digital Payment Gateway Bagi NGO/LSM

Faspay Image 2

Creating a Branding Strategy to Reach More Customers