Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > 10 Ide Jualan Makanan Kekinian Modal Kecil Untung Besar!

10 Ide Jualan Makanan Kekinian Modal Kecil Untung Besar!

ide jualan makanan

Di era modern ini, tren kuliner semakin berkembang pesat karena menghadirkan berbagai hidangan menarik dan inovatif yang digemari oleh masyarakat. Untuk memanfaatkan peluang ini, Anda mungkin membutuhkan beberapa ide jualan makanan yang bisa dijalankan dengan modal kecil serta bisa dikerjakan dari rumah melalui pemasaran online

Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk memberikan informasi mengenai ide jualan makanan kekinian yang bisa dijalankan dengan modal kecil namun berpotensi memberikan keuntungan besar. Penasaran apa saja idenya? Simak ulasan lengkap berikut ini. 

Ide Jualan Makanan Kekinian Modal Kecil

Berjualan makanan merupakan jenis usaha yang menjanjikan dan perlu dicoba. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa ide jualan makanan yang membutuhkan modal kecil mulai dari Rp500.000 namun berpotensi memberikan keuntungan besar:

1. Cilok

Cilok merupakan jajanan kaki lima yang terbuat dari tepung tapioka dan bisa menjadi ide jualan makanan murah dengan untung besar. Hal ini dikarenakan bahan-bahan dalam pembuatan makanan ini tergolong murah dan mudah didapat, seperti tepung tapioka, bawang putih, garam, serta lada. 

Perlu diketahui, cilok umumnya dijual dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp500 per biji. Dengan harga murah dan cita rasa lezat ini, cilok menjadi camilan yang disukai oleh berbagai kalangan masyarakat sehingga menjanjikan bila dijadikan ide bisnis kuliner. 

2. Wonton

Jajanan gurih berisi daging cincang dan sayuran yang dibungkus kulit tipis ini merupakan ciri khas dari wonton. Selain itu, rasa lezat dan cara pembuatannya yang mudah menjadikan wonton sebagai pilihan menarik untuk ide jualan makanan kekinian modal kecil untung besar.

Perlu diketahui, permintaan makanan ini kian hari mengalami peningkatkan cukup tinggi, terutama di kalangan pecinta kuliner Asia. Oleh karena itu, menentukan strategi penetapan harga kompetitif saat menjualnya akan menghasilkan keuntungan yang besar dari bisnis ini.

3. Dessert Box

Dessert box merupakan salah satu makanan yang pernah viral pada masanya dan masih memiliki banyak peminat sampai sekarang. Hal ini dikarenakan makanan ini memiliki rasa manis sehingga cenderung disukai oleh konsumen.

Oleh karena itu, Anda dapat menjadikan dessert box sebagai salah satu ide jualan makanan dengan berbagai kreasi varian rasa untuk menggaet konsumen. Sedangkan untuk menghemat modal di awal, Anda bisa menyediakan sistem pembayaran pre order

Baca juga: Tips Laris Manis Berjualan di IG Live, Simak Panduan Lengkapnya

4. Makaroni Pedas

Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan melalui ide jualan makanan tahan lama ini karena memiliki banyak peminat. Hal ini dikarenakan makaroni pedas mudah dipasarkan secara offline maupun online. Sebagai modal awal, Anda bisa menyiapkan Rp500.000 untuk membeli makaroni mentah, packaging pengemasan, dan bubuk pedas. Selanjutnya, sesuaikan modal dengan kapasitas produk untuk mulai dijual. 

5. Sosis Bakar

Menjual sosis bakar dapat menjadi ide jualan makanan yang menguntungkan karena modalnya kecil dan keuntungan menjanjikan. Bahan-bahannya pun mudah didapat, seperti sosis, saus, dan bumbu lainnya. 

Anda bisa berjualan sosis bakar di berbagai tempat, seperti di depan sekolah, kampus, pasar, atau tempat keramaian lainnya. Dengan strategi yang tepat, seperti menawarkan variasi rasa, topping menarik, serta harga yang kompetitif, sosis bakar Anda bisa menjadi primadona para pecinta kuliner. 

6. Tahu Walik

Tahu walik merupakan olahan mirip tahu bakso yang diisi adonan dan menjadi favorit banyak orang. Makanan ini umumnya dijual lengkap dengan sambal khas yang dibuat sendiri atau sambal bangkok bercita rasa pedas manis. 

Jika ingin menjadikannya sebagai ide jualan makanan ringan, Anda bisa menjualnya Rp1.000 per biji sesuai dengan pasaran. Kemudian agar lebih variatif, Anda dapat menyediakan aneka paket makanan untuk memudahkan pembeli, misalnya dengan menjual isi 5,10, 15 dan seterusnya. 

7. Bakso Aci

Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dengan bahan dasar tepung tapioka atau aci. Perlu diketahui, makanan yang biasanya berisikan daging ayam ini sempat viral dan masih eksis hingga sekarang dengan banyak peminat. 

Melihat potensi pasar yang cukup menjanjikan tersebut, Anda bisa menjual bakso aci sebagai ide jualan makanan online dengan menjajakannya dalam bentuk kemasan. Hal ini dikarenakan bakso aci bisa awet jika dimasukkan ke dalam freezer

8. Basreng 

Basreng atau bakso goreng adalah camilan kriuk dengan rasa beragam yang populer di masyarakat sehingga menjadikannya peluang bisnis menguntungkan. Oleh karena itu, jika Anda memberikan beragam pilihan varian rasa yang unik, hal ini memungkinkan bisnis kuliner tersebut berkembang dengan pesat. 

Namun sebelum itu, pastikan untuk mempelajari cara membuat basreng yang enak dan renyah terlebih dahulu.

Baca juga: 3 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Besar yang Patut Dicoba!

9. Risol Mayo

Bagi Anda yang ingin memulai usaha kuliner, risol mayo bisa menjadi ide menarik karena modalnya relatif kecil dan potensi keuntungannya besar. Hal ini karena camilan gorengan gurih dan creamy ini digemari oleh banyak orang serta biasanya dijual dengan harga terjangkau, yaitu Rp2000 per biji. Oleh karena itu, dengan modal yang kecil dan harga jual kompetitif, Anda berpeluang untuk mendapatkan keuntungan besar.

10. Dimsum

Hidangan kecil asal Tiongkok yang terdiri dari berbagai jenis kukusan, rebusan, dan gorengan ini, kini menjadi camilan populer di Indonesia. Rasanya lezat dan harganya yang relatif terjangkau membuat dimsum digemari banyak orang. 

Hal ini menjadikan dimsum sebagai ide jualan makanan yang menjanjikan dengan potensi keuntungan besar karena permintaan pasarnya terus meningkat. Oleh karena itu, dalam pemasarannya Anda dapat menjual dimsum secara online maupun offline, seperti di ruko, kedai, atau food truck.

Demikian informasi mengenai ide jualan makanan kekinian modal kecil untung besar yang dapat Anda jadikan referensi. Perlu diingat, keuntungan selama berbisnis tidak didapat secara instan, perlu keuletan dan kegigihan agar bisnis Anda terus berkembang sehingga bisa menghasilkan laba yang besar. 

Selain itu, selama menjalankan bisnis dari ide jualanan makanan di atas, Anda tentu memerlukan proses pembayaran online yang cepat agar memudahkan transaksi dengan konsumen. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan sistem pembayaran online dari Faspay. 

Faspay merupakan payment gateway yang menyediakan berbagai solusi dari pembayaran online, seperti online debit, internet banking, e-wallet, online credit, virtual account, retail payment, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Faspay juga menyediakan QR Business Profile yang dapat memudahkan Anda untuk membagikan informasi mengenai profil bisnis menggunakan kode QR ke konsumen. Melalui layanan ini, konsumen bisa melakukan pembayaran, melihat produk, hingga mengakses akun media sosial bisnis Anda secara praktis.

Anda tak perlu khawatir mengenai keamanan dari Faspay karena telah dipercaya oleh lebih dari 5000 bisnis di berbagai industri, mulai dari logistik, hospitality, e-commerce, transportasi, game online, FMGG, dan masih banyak industri lain yang sudah bertransformasi digital maupun non-digital untuk menyediakan sistem pembayaran online yang mudah, nyaman, dan aman, di mana saja dan kapan saja.  

Tak hanya itu, Faspay juga beragam opsi integrasi sehingga dapat memudahkan Anda untuk memilih sistem pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, 

Jadi, nikmati berbagai kemudahan transaksi digital dan daftarkan bisnis Anda sekarang juga sebagai merchant Faspay!

Baca juga: 9 Ide Bisnis Kreatif yang Bisa Anda Lakukan Sambil Bekerja

Lihat Artikel Lainnya

intern

One Year Faspay’s Internship Stories and Lessons Learned-Binus Chapter 2019

WhatsApp Image 2021-03-26 at 2.46.53 PM

Satu Solusi Pembayaran Online untuk Semua Kebutuhan Bisnis

5 Benefits of Online Payment for Gaming Top-Up Business Faspay

5 Benefits of Online Payment for Gaming Top-Up Business

layanan-invoice-online-indonesia

Faspay Billing: Layanan Invoice Online Indonesia Anti Ribet