Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > 3 Cara Transfer Uang ke Luar Negeri, Mudah dan Aman!

3 Cara Transfer Uang ke Luar Negeri, Mudah dan Aman!

cara transfer uang ke luar negeri faspay

Mengirim uang ke luar negeri umumnya menjadi kebutuhan untuk urusan bisnis, pendidikan, maupun dukungan finansial untuk keluarga. Dahulu, cara transfer uang ke luar negeri membutuhkan waktu dan biaya yang besar. Namun, berkat perkembangan teknologi, kini Anda sudah bisa kirim uang ke luar negeri dengan mudah dan efisien. 

Ada beragam pilihan metode yang bisa Anda pilih. Mulai dari menggunakan layanan bank, metode pembayaran online, dan layanan fintech. Oleh karena itu, di artikel ini akan diberikan informasi detail mengenai beberapa cara transfer uang ke luar negeri agar Anda bisa menemukan metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk, simak hingga akhir!

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri

Dengan mempertimbangkan berbagai faktor, seperti biaya, kecepatan, dan keamanan, berikut ini beberapa cara transfer uang ke luar negeri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

1. Menggunakan Bank 

Meski prosesnya terbilang sedikit lebih lambat dibandingkan dengan layanan online, tapi layanan bank menjadi salah satu pilihan yang umum digunakan. Simak penjelasan berikut untuk tahu cara kirim uang ke luar negeri melalui bank.

a. Transfer Bank Internasional 

Cara transfer uang ke luar negeri melalui bank cukup mudah. Anda hanya perlu mengunjungi bank yang disesuaikan dengan bank Anda. Anda akan diminta mengisi formulir transfer yang memerlukan informasi mengenai penerima dana.

Bank biasanya mengenakan biaya administrasi tetap dan biaya tambahan untuk transfer uang ke bank luar negeri. Proses transfer ini memakan waktu beberapa hari kerja, biasanya antara 1-5 hari, tergantung negara tujuan dan jaringan bank yang digunakan. 

Keamanan transfer bank internasional sangat tinggi karena dilakukan melalui jaringan perbankan resmi yang diawasi oleh otoritas keuangan. Data yang dikirim antara bank juga dienkripsi guna mencegah akses oleh pihak yang tidak berwenang.

b. Layanan Online Banking 

Menggunakan layanan online banking adalah cara tf uang ke luar negeri yang aman dan efisien. Anda hanya perlu menggunakan fasilitas online banking dari bank yang Anda gunakan, lalu pilih layanan untuk transfer internasional dan isi detail penerima serta jumlah yang akan dikirim. 

Biaya yang dikenakan bervariasi tergantung kebijakan bank, tetapi umumnya lebih murah dibandingkan dengan metode transfer bank internasional. Kecepatan transfer juga biasanya lebih cepat, tapi tetap memerlukan waktu beberapa hari kerja untuk sampai ke rekening tujuan. 

Baca juga: 4 Tantangan dalam Bisnis yang Sering Dihadapi Pebisnis

2. Menggunakan Layanan Pengiriman Uang Online

Dibandingkan dengan metode transfer melalui bank, layanan online menawarkan kemudahan dan kecepatan yang lebih baik. Berikut ini layanan pengiriman uang online yang bisa Anda pertimbangkan.

a. Western Union

Western Union adalah salah satu layanan transfer uang internasional dengan jaringan yang sangat luas di seluruh dunia. Anda bisa datang ke agen Western Union melalui bank, supermarket, atau kantor pos. 

Cara transfer uang ke luar negeri menggunakan layanan ini termasuk mudah dan cepat, tapi biaya transfer dan nilai tukar yang dikenakan oleh Western Union cenderung lebih mahal, terutama untuk transfer dengan jumlah kecil.

b. MoneyGram 

Cara transfer uang ke luar negeri selanjutnya adalah dengan menggunakan layanan MoneyGram. Sama seperti Western Union, Anda juga bisa datang ke agen MoneyGram terdekat, seperti di bank, supermarket, atau kantor pos.  Proses transfer MoneyGram terbilang mudah dan cepat, tapi biaya transfer dan nilai tukar terbilang mahal.

3. Menggunakan Fintech (Financial Technology

Cara transfer uang ke luar negeri selanjutnya adalah dengan menggunakan layanan financial technology. Fintech merupakan platform online atau aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer uang ke luar negeri dengan biaya lebih rendah, nilai tukar yang lebih baik, dan proses yang lebih cepat. 

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan Faspay. Sebagai salah satu layanan fintech yang unggul di Indonesia, Faspay menyediakan fitur Remittance Faspay yang memungkinkan pebisnis untuk melakukan pembayaran ke pemasok di luar negeri. Fitur ini digunakan untuk mendukung usaha ekspor impor, serta penyelesaian dan pergerakan dana ke luar negeri.

Praktis, penggunaan fitur tersebut dapat dilakukan melalui API yang dapat memudahkan merchant Faspay. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait dengan fitur Remittance Faspay, Anda dapat berkonsultasi dengan sales kami.

Demikian informasi mengenai cara transfer uang ke luar negeri yang bisa Anda coba, mulai dari layanan bank konvensional hingga layanan fintech. Pastikan untuk memilih metode yang dapat membantu Anda menghemat biaya dan waktu, serta menjamin bahwa uang Anda sampai ke tujuan dengan aman dan efisien. 

Yuk, daftar Faspay sekarang dan nikmati kemudahan dalam setiap transaksi, serta dukungan layanan pelanggan yang siap membantu Anda kapan saja!

Baca juga: Kenali Cara Menghitung Persentase Keuntungan dalam Bisnis

Lihat Artikel Lainnya

WhatsApp Image 2021-03-26 at 2.46.53 PM

Satu Solusi Pembayaran Online untuk Semua Kebutuhan Bisnis

Holicat

Bagaimana Cerita Holicat Indonesia Setelah Menggunakan Faspay? #MerchantStory

Sebagai pembayaran online pertama, Faspay merayakan 20th wonderversary

Perayaan Faspay 20th Wonderversary: Menginspirasi Pembayaran Bisnis di Indonesia

WhatsApp-Image-2021-02-03-at-5.03.58-PM-1024x1024

Promo Merchant Baru: Aktivasi Akulaku Cashback Hingga Rp700.000