Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay Newletters Peran Key Opinion Leader_Produk Tersisa Bindo

Dalam melakukan promosi atau pemasaran terhadap sebuah produk, maka biasanya perusahaan akan bekerja sama dengan pihak ketiga, seperti influencer dan key opinion leader (KOL).

Mungkin istilah influencer sudah tidak asing di telinga masyarakat, namun, pernahkah Anda mendengar istilah key opinion leader (KOL) dalam era digital sekarang ini? Tentu, bagi seorang digital marketer sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut.

Akan tetapi, bagi masyarakat awam belum begitu mengetahui dan memahami istilah tersebut. Singkatnya, key opinion leader adalah seseorang yang mempunyai sebuah pengetahuan dan pengalaman di bidang tertentu serta mampu mempengaruhi keputusan konsumen.

Sementara itu, influencer merupakan seseorang yang mempunyai followers banyak di media sosial dan biasanya melakukan review terhadap produk sebuah perusahaan.

Kedua pihak tersebut memiliki peranan tersendiri bagi perusahaan. Namun, terdapat perbedaan antara KOL dan influencer yang perlu Anda ketahui.

Nah, berikut pembahasan lengkapnya untuk Anda!

Apa Itu Key Opinion Leader (KOL)?

Key opinion leader (KOL) adalah seseorang atau organisasi yang mampu memberikan pengaruh dan otoritas dalam sebuah industri dengan pengalamannya di bidang tertentu.

KOL sering dianggap sebagai ahli di suatu bidang tertentu dan mempunyai pengikut besar di kalangan masyarakat. Bahkan, KOL juga sangat dipercaya oleh masyarakat karena sebagai sumber informasi terpercaya dari industri tertentu.

Artinya, KOL adalah seseorang yang dipercaya karena mempunyai kredibilitas dan kapasitas yang mampu memberikan pengaruh besar kepada audiens.

Maka dari itu, perusahaan seringkali melakukan kerja sama dengan KOL untuk mempromosikan barang atau jasa kepada target pasar. 

Bahkan, KOL juga dianggap sebagai salah satu strategi marketing yang dilakukan perusahaan untuk mengenalkan produk mereka kepada audiens secara luas.

Kondisi tersebut tidak lepas dari peran utama key opinion leader marketing, yakni memberikan konten yang meyakinkan mengenai pandangan, penilaian, hingga rekomendasi produk atau layanan kepada pengikutnya.

Melalui konten tersebut, mereka dapat mempengaruhi keputusan pembelian seseorang berdasarkan pengetahuan dan pengalaman dalam bidang tertentu yang dikuasainya.

Sebagai contoh, ada seorang dokter gigi spesialis yang membuat konten bahwa produk perawatan gigi dari perusahaan B bagus untuk menjaga kesehatan gigi Anda.

Maka dari itu, mau tidak mau, Anda akan memilih percaya kepada rekomendasi dokter gigi tersebut daripada rekomendasi orang lain karena tidak mempunyai keahlian di bidang perawatan gigi.

Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan marketing plan yang tepat dalam bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mempromosikan barang atau jasa perusahaan, salah satunya berkolaborasi dengan KOL.

Baca Juga: Pahami dan Tata Cara Menjadi Bagian Affiliate Marketing yang Sukses Promosikan Berbagai Jenis Produk

Peran Pentingnya Key Opinion Leader untuk Bisnis

Sebagai seseorang yang bisa memberikan pengaruh kepada audiensnya, maka peran KOL sangatlah penting bagi bisnis karena dipercaya dapat menciptakan efek word of mouth. 

Selain itu, terdapat beberapa peran penting KOL bagi bisnis Anda, yakni sebagai berikut:

  • Meningkatkan brand awareness

Peran utama KOL adalah membantu meningkatkan brand awareness. Hal ini berarti, brand perusahaan Anda akan mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat lebih luas karena KOL mempunyai audiens yang sangat beragam.

  • Menjangkau pasar lebih luas

Biasanya, KOL akan membuat konten melalui platform media sosial, seperti Instagram dan TikTok. Hal ini tentunya penggunaan platform Instagram dan TikTok oleh KOL, dapat membantu menjangkau pasar menjadi lebih luas.

Baca Juga: Manfaatkan Instagram dengan Maksimal untuk Promosi Produk 

  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Seorang KOL yang memiliki kredibilitas tinggi akan dipercaya pendapat dan rekomendasinya terhadap suatu produk atau jasa yang mereka promosikan. Hal ini dikarenakan mereka dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

  • Meningkatkan engagement dan interaksi konsumen

Peran KOL selanjutnya adalah membantu meningkatkan engagement atau keterlibatan serta interaksi dengan target konsumen. Dalam hal ini, KOL berperan untuk membangun komunikasi yang efektif antara brand dengan target konsumennya.

Tips Memilih Key Opinion Leader untuk Bisnis

Sebelum Anda memilih KOL dan melakukan kerja sama, maka sangat penting untuk memperhatikan track record maupun aspek lainnya agar sesuai dengan tujuan pemasaran perusahaan.

Maka dari itu, berikut ini terdapat beberapa tips memilih key opinion leader bagi bisnis:

  • Sesuaikan dengan relevansi brand

Tips pertama adalah mencari KOL yang sesuai dengan brand Anda. Caranya adalah dengan melakukan pengecekan pada latar belakang, seperti pekerjaan, keahlian, dan sebagainya.

  • Lihat latar belakangnya

Menyambung tips di atas, pastikan bahwa KOL mempunyai keahlian dan pengetahuan yang sesuai dengan brand Anda. Tujuannya supaya lebih mudah dalam memperkenalkan dan menyampaikan pesan brand serta pastikan KOl memiliki reputasi baik di masyarakat.

  • Cek followers dan engagement rate

Selanjutnya, tips yang harus Anda lakukan adalah memeriksa berapa banyak followers dan engagement rate-nya. Pastikan, bahwa followers KOL banyak dan merupakan pengikut yang aktif.

  • Kualitas konten

Setelah melihat followers di media sosialnya, maka tips berikutnya adalah pastikan KOL mempunyai kualitas yang bagus dan sesuai dengan standar yang perusahaan inginkan.

Pastikan juga bahwa mereka mampu untuk menyampaikan pesan yang baik melalui konten yang dibagikan serta bisa mempengaruhi pembelian konsumen.

  • Kemampuan kerja sama

Tips terakhir adalah mempertimbangkan kemampuan kerja sama KOL dengan brand Anda. Lihat terlebih dahulu, apakah mereka sudah mempunyai pengalaman dalam berkolaborasi dengan brand tertentu sebelumnya atau belum.

Perbedaan KOL dan Influencer

Setelah mengetahui tentang apa itu key opinion leader, tentunya Anda akan bertanya-tanya, apa sebenarnya bedanya KOL dan influencer? 

KOL merupakan seseorang pemberi informasi yang dipercaya oleh masyarakat berkat keahlian, pengalaman, dan pengetahuan yang dimiliki.

Mereka akan melakukan pemasaran terhadap sebuah produk atau layanan dengan membuat konten atau lainnya yang mana bisa mempengaruhi konsumen.

Namun, seorang KOL tidak selalu muncul di media sosial dan tidak dituntut untuk mempunyai sebanyak ratusan ribu atau jutaan pengikut.

Akan tetapi, jika influencer dituntut untuk memiliki pengikut yang banyak di media sosial. Hal ini dikarenakan, influencer akan membangun kredibilitas mereka melalui konten media sosial dengan cara aktif berinteraksi dengan audience.

Sebab, influencer adalah seseorang yang terkenal dengan daya tarik pribadi melalui konten-konten yang dihasilkan, seperti hiburan, cerita pribadi, gaya hidup, dan sebagainya.

Baca Juga: Manfaat Email Marketing yang Tetap Eksis Hingga Kini

Pada intinya, semua orang yang mempunyai pengikut banyak di media sosial, bisa berkesempatan untuk menjadi seorang influencer. 

Namun, untuk menjadi KOL harus memiliki keahlian dan pengetahuan di bidang tertentu karena target audience akan lebih spesifik.

Contoh seorang KOL yang bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan adalah dokter, penulis, politisi, jurnalis, dan sebagainya.

Artinya, perbedaan KOL dan influencer adalah apabila influencer lebih berfokus untuk meraih banyak pengikut, sementara seorang KOL akan memprioritaskan konten original dan berkualitas sesuai dengan bidang yang dimiliki.

Kembangkan Eksistensi Bisnis dengan Menghadirkan Online Payment Gateway 

Payment gateway adalah sebuah layanan keuangan yang berguna untuk memproses pembayaran secara digital. Hal ini berarti memudahkan proses pembayaran yang dilakukan oleh pembeli karena bisa dilakukan secara online melalui smartphone.

Maka dari itu, Anda sebagai pebisnis sebaiknya untuk melakukan kerja sama dengan payment gateway seperti Faspay demi mempermudah proses pembayaran secara digital.

Terlebih lagi, jika Anda berkolaborasi dengan KOL dan influencer yang mana promosi yang dilakukan lebih fokus ke platform media sosial, sehingga konsumen akan melakukan pembelian lewat toko online atau marketplace.

Dengan begitu, sediakan online payment untuk bisnis Anda supaya memudahkan pembayaran bagi konsumen yang ada di mana saja.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan produk Faspay Business yang mana digunakan untuk mengintegrasikan sistem pembayaran online ke website maupun aplikasi bisnis bagi para pebisnis, mulai dari UMKM hingga korporasi sekaligus.

Faspay Business juga sudah melakukan kerja sama dengan 150+ bank di seluruh Indonesia dengan proses integrasi serta aktivasi yang sangat mudah dan cepat.

Oleh karena itu, segera daftar sekarang atau ikuti langkah-langkah pendaftarannya di bawah ini:

  1. Isi formulir pendaftaran, pilih produk Faspay Business pada bagian produk yang ingin diintegrasikan
  2. Merchant menerima respon email dari tim Akuisisi Faspay dalam satu hari kerja
  3. Merchant wajib mengirimkan dokumen yang diperlukan
  4. Merchant akan melalui proses KYC dan dilanjutkan proses integrasi
  5. Merchant akan menerima user credential untuk siap menggunakan layanan Faspay.

Itulah beberapa tips dan penggunaan online payment gateway seperti Faspay untuk membantu dalam mengembangkan eksistensi bisnis di era digital. 

Lihat Artikel Lainnya

Digital Payment

Digital Payment: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

teknik copywriting

Ini 5 Teknik Copywriting yang Mudah dan Efektif

emoney

Transaksi Online Lebih Mudah Bayar dengan E-money, Alat Pembayaran Kekinian

Contoh Invoice Jasa

7 Contoh Invoice Jasa, Fungsi, dan Cara Membuatnya!