Faspay Blog
Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay
Untuk berbagai keperluan bisnis Anda, pembuatan invoice secara online menjadi alternatif yang mudah dan praktis. Dengan invoice online, Anda dan pelanggan akan mendapatkan berbagai kenyamanan.
Lalu, bagaimana cara untuk buat invoice online? Simak langkah berikut dan temukan berbagai keuntungannya.
Cara Buat Invoice Online
Buat invoice online lebih mudah dengan menggunakan Faspay Billing, terima pembayaran cukup melalui link dan kirim invoice secara satuan atau massal ke user. Link pembayaran dikirimkan melalui email, atau melalui platform chat, jadi lebih mudah dalam proses penerimaan pembayaran, dan kamu tidak perlu khawatir karena metode ini tidak mengharuskan bisnis memiliki website.
Invoice online tersebut akan dikirimkan melalui e-mail, chat, atau media lainnya sesuai dengan kebutuhan dari merchant dan pelanggan. Untuk dapat membuat invoice online secara online, Anda dapat mengikuti cara berikut ini.
1. Masuk ke Halaman Faspay Merchant Page
Langkah pertama adalah membuka browser melalui pc kemudian buka alamat situs faspay.co.id/merchantpage, isikan username dan password yang diberikan Faspay setelah lolos KYC, kemudian klik login.
Setelah Masuk, Dapat Membuat Invoice Online
Setelah berhasil masuk, maka Anda dapat langsung masuk ke menu Faspay Billing untuk membuat invoice online. Menu Faspay Billing ini dapat digunakan untuk membuat single atau mass invoice. Untuk membuat invoice online, terdapat data-data yang perlu Anda isi dengan benar dan teliti.
Pertama, Anda perlu mengisi data pelanggan. Data ini terdiri dari nama pelanggan, email, serta alamat dan data-data lainnya terkait pengiriman invoice online.
Ke-dua, pilih jenis billing yang diinginkan, terdapat tiga pilihan billing, yaitu once: pengiriman invoice secara langsung, scheduled: pengiriman invoice online yang dijadwalkan dan recurring: pengiriman invoice online secara berulang pada periode yang ditentukan.
Setelah memilih jenis billing yang diinginkan, lalu klik submit kemudian masukan detail transaksi barang yang akan ditagihkan, kemudian lampirkan dokumen pada billing, preview, dan mengirim billing.
Setelah itu kamu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa invoice telah terkirim..
2. Mengirim Invoice Online kepada Pelanggan
Ketika invoice online sudah jadi dan telah diperiksa kembali, maka Anda telah memiliki nomor dan link dari invoice online yang sudah dibuat. Kemudian merchant dapat mengirimkan invoice online ke pelanggan dengan melalui email.
Selain itu, merchant juga dapat mengirim tagihan dalam bentuk payment link ke chat platform, SMS, atau media sosial. caranya yaitu dengan mengklik tombol “copy link” yang berada di halaman Billing Status dan paste di platform yang akan dituju.
3. Pelanggan Menerima Invoice Online
Setelah terkirim, pelanggan akan menerima invoice online sesuai dengan barang/jasa yang dibeli. Selanjutnya, pelanggan juga bisa melakukan pembayaran secara online melalui tombol “pay here” di dalam invoice online Faspay Billing.
Setelah pembayaran selesai, maka baik merchant maupun pelanggan akan menerima notifikasi melalui email atau SMS (syarat dan ketentuan berlaku untuk notifikasi SMS).
Itulah cara membuat invoice online dengan mudah dan praktis, termasuk untuk mengunduh invoice online. Anda dapat melakukannya dengan cepat, kapan pun, dan di mana pun.
Pastinya, memanfaatkan teknologi akan membuat bisnis Anda semakin berkembang dan menguntungkan. Format invoice telah disediakan tanpa perlu Anda pusingkan, bukti pembayaran juga akan didapat dengan mudah.
Dalam pembuatan invoice, pastikan semua data terisi dengan benar. Jangan sampai terjadi kesalahan yang merugikan bisnis Anda.
Kelebihan dan Manfaat Invoice dengan Sistem Online
Dengan sistem online, invoice memiliki berbagai kelebihan dan manfaat yang dapat menguntungkan Anda. Berikut merupakan berbagai manfaat yang bisa diperoleh untuk bisnis Anda.
1. Mudah, Cepat, dan Praktis
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, invoice ini memiliki kelebihan yaitu mudah, cepat, praktis, dan minimalis. Anda dapat mengidentifikasi proses pembayaran invoice dari semua bisnis Anda secara real-time. Pengiriman invoice online juga dapat dilakukan secara cepat dan praktis, sehingga memberikan kemudahan juga untuk pembeli. Hal ini membuat invoice online ini lebih banyak diminati untuk era yang serba cepat ini.
2. Bisnis Anda akan Lebih Profesional
Kemajuan teknologi sudah seharusnya diikuti oleh pelaku bisnis, baik bisnis individu maupun bisnis berbadan hukum.
Bisnis akan menjadi lebih profesional dengan menggunakan invoice online yang profesional dan terintegrasi dalam bentuk online. Invoice online yang dibuat dengan digital akan terlihat lebih profesional dibandingkan invoice secara manual.
Anda juga dapat melacak dan menyusun data dengan detail, kapan invoice online dikirim, serta sudah atau belum dibayar. Hal ini membuat Anda terlihat lebih profesional dibanding harus bertanya langsung kepada klien, terlebih jika dilakukan secara berulang.
Terdapat juga fitur pengingat untuk Anda, sehingga dapat mengirimkan penagihan sebelum tanggal jatuh temponya. Selain itu, ada juga fitur pengingat pembayaran.
Hal ini membuat Anda sebagai pembuat invoice akan lebih nyaman untuk mengontrol invoice online dan berbagai metode pembayaran, serta dapat meminimalisir terjadinya keterlambatan.
3. Manajemen menjadi Lebih Baik
Kelebihan dan manfaat selanjutnya yaitu dapat membuat sistem manajemen bisnis Anda menjadi lebih baik. Berbagai efisiensi dan efektivitas dapat dicapai dengan maksimal, termasuk untuk bagian akuntansi.
Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, Anda dapat secara langsung melacak berbagai invoice online . Dengan kemudahan ini, maka berbagai sistem manajemen juga dapat Anda buat dengan lebih efektif dan efisien.
Anda tidak perlu membuang waktu untuk melakukan berbagai pelacakan atau pendataan secara manual. Berbagai fitur-fitur notifikasi juga disediakan untuk menjadi pengingat Anda.
4. Membantu Kelengkapan Rekam Audit
Dengan sistem ini, rincian transaksi bisnis Anda menjadi rapi dan terkontrol. Semua pembukuan Anda akan tersimpan dengan rapi serta didapatkan secara real-time, sehingga tidak ada yang terlewat. Berbagai pelacakan dan pencatatan keuangan juga dapat dilakukan kapan pun serta di mana pun.
Hal ini akan dapat membantu Anda ketika terjadi audit dadakan. Anda tidak perlu lagi khawatir dengan kelengkapan rekam audit bisnis Anda. Rekam jejak bisnis Anda telah terkontrol dan dapat selalu Anda pantau secara berkala.
Kemudahan dan keamanan dalam rekam audit ini, membuat sistem invoice online ini semakin banyak digunakan oleh pelaku bisnis. Ini dapat membantu menghindari berbagai penyalahgunaan.
5. Jangkauan Transaksi menjadi Lebih Luas
Seperti yang sudah Anda ketahui, invoicing jenis ini dapat memudahkan pelaku bisnis karena akses dan pengiriman invoice dapat dilakukan di mana pun. Dengan sistem online, menerima tagihan pun tidak harus bertemu secara langsung.
Dengan memakai invoice online dari Faspay Billing, maka pelanggan dapat melakukan pembayaran secara langsung di invoice tersebut dengan berbagai channel pembayaran dan bank yang bekerjasama dengan Faspay.
Dengan demikian, jangkauan dari brand bisnis Anda dapat menjadi lebih luas. Ini juga dapat mempermudah Anda untuk mengembangkan brand, termasuk untuk membuat toko online.
Jika Belum Mendaftar, Segera Daftarkan Bisnis Anda
Dengan menggunakan layanan Faspay, Anda dapat menggunakan berbagai layanan, termasuk untuk membuat invoice dengan cara online. Namun, semua itu baru dapat dilakukan ketika Anda sudah mendaftar di Faspay secara gratis.
Jika belum terdaftar, berikut adalah langkah yang bisa Anda ikuti supaya dapat menikmati berbagai layanan untuk mengembangkan bisnis Anda.
1. Masuk ke Halaman Pendaftaran
Untuk mendaftar, Anda bisa memasuki situs pendaftaran yaitu https://faspay.co.id/id/daftar/.
2. Isi Formulir Pendaftaran
Setelah masuk ke tampilan pendaftaran, maka Anda dapat mengisi berbagai data yang diperlukan. Anda perlu memasukkan nama bisnis, nama lengkap PIC bisnis, nomor handphone, email bisnis.
Anda juga perlu memasukkan link website atau link instagram/facebook page dari bisnis Anda, pastikan juga bukan merupakan link dari akun pribadi.
Selanjutnya, Anda perlu memilih kategori bisnis. Terdapat berbagai kategori yang dapat Anda pilih dan disesuaikan dengan bisnis Anda. Hal lain yang perlu diisi yaitu tipe bisnis, apakah bisnis Anda memiliki tipe bisnis individu atau corporate (berbadan hukum).
Berdasarkan jumlah tenaga kerja, Anda juga perlu memasukkan datanya. Terdapat 3 pilihan jumlah tenaga kerja, yaitu 19 orang ke bawah, 20 sampai 99 orang, atau 100 orang ke atas.
Setelah itu, Anda dapat memilih jenis dari produk Faspay. Terdapat berbagai produk yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Anda bisa memilih salah satu, beberapa produk, atau bahkan semua produk.
Jika ingin menggunakan produk invoice online, maka jangan lupa pilih bagian Faspay Billing. Saat semua data sudah diisi, maka periksa kembali dengan teliti dan pastikan tidak ada kesalahan. Lakukan pengecekan berulang supaya aman.
Terakhir, Anda perlu mencentang bagian kesediaan mendaftar dan persetujuan untuk berbagai syarat kelengkapan dokumen yang diperlukan. Jika sudah, formulir dapat langsung dikirimkan.
3. Tunggu Respon melalui Email
Langkah selanjutnya yaitu menunggu respon dari tim Akuisisi Faspay. Respon tersebut akan dikirimkan melalui email dalam satu hari kerja. Silakan tunggu sampai formulir Anda mendapat respon.
Mengirimkan Dokumen yang Diperlukan
Setelah mendapat respon melalui email, maka Anda perlu mengirimkan berbagai dokumen yang diperlukan untuk mendukung pendaftaran merchant atau toko baru.
Jika bisnis Anda bertipe individu, maka dokumen yang diperlukan yaitu:
- Formulir Faspay
- Rekening bank
- Fotokopi KTP/KITAS
- Fotokopi NPWP
Selanjutnya, jika bisnis Anda adalah bisnis berbadan hukum, terdapat jumlah dokumen yang lebih banyak. Dokumen yang diperlukan untuk bisnis berbadan hukum yaitu:
- Formulir Faspay
- Rekening Bank
- Fotokopi KTP/KITAS
- Fotokopi NPWP
- Fotokopi Akta Pendirian
- Fotokopi SK Kemenkumham
- Fotokopi Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP)
- Fotokopi Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
- Fotokopi Surat Keterangan Domisili
5. Ikuti Proses KYC dan Integrasi
Tahap berikutnya yaitu melalui proses KYC. Fitur pembuatan invoice online ini bisa dilakukan tanpa perlu melakukan proses integrasi ataupun dengan integrasi API dan tanpa harus calon merchant memiliki website atau aplikasi.
6. Menerima User Credential dan Dapat Menggunakan Layanan
Jika sudah melalui semua langkah sesuai ketentuan dan arahan, maka proses pendaftaran telah selesai. Anda akan menerima User Credential.
Dengan user tersebut, maka Anda sudah dapat menggunakan layanan Faspay sesuai dengan yang didaftarkan. Anda dapat langsung buat invoice sesuai kebutuhan bisnis dengan invoice generator dari Faspay Billing.
Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan manfaat dari invoice yang memakai sistem online, maka Anda pasti sudah mengetahui senyaman apa sistem ini. Cara pendaftaran untuk layanan invoice ini juga mudah.
Segera buat invoice online untuk mendapatkan berbagai manfaat dan keuntungan. Anda dapat mengunjungi https://faspay.co.id/id/produk/faspay-billing/ untuk berbagai informasi dan keterangan lebih lanjut.