Asset 16

Wajib Tahu! Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

internet banking

Semenjak pandemi Covid-19 melanda di Indonesia, banyak kegiatan yang dulunya dilakukan secara offline, kini beralih dilakukan secara online dengan menggunakan perangkat komputer atau smartphone dan koneksi internet. Dalam hal transfer uang pun, kini baik penjual atau pembeli dapat melakukan kegiatan transaksinya melalui internet banking. Lalu, apa itu internet banking? Dan apa perbedaan internet banking dan mobile banking? Simak di pembahasan berikut ini.

Pengertian Internet Banking

Internet Banking adalah layanan online perbankan yang operasionalnya secara digital menggunakan teknologi internet. Salah satu kelebihannya yakni memudahkan nasabah melakukan transaksi, mulai dari transfer, cek saldo, hingga melakukan pembayaran cicilan yang semuanya dapat diakses melalui smartphone.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak bank-bank yang menyediakan fasilitas internet banking, seperti BCA, Bank Mandiri, dan bank lainnya. Selain dinilai lebih praktis, pengguna juga dimudahkan dengan berbagai fitur yang tersedia serta pembukaan rekening tabungan hingga deposito yang semua dapat dilakukan secara online.

Lalu, Apa Bedanya Internet Banking dan Mobile Banking?

Mobile banking memiliki fitur yang serupa atau hampir sama dengan internet banking, yang membedakan hanya dari akses menggunakan aplikasi yang harus diunduh dan diinstal terlebih dahulu ke ponsel pengguna.

Dari segi fitur yang ditawarkan, umumnya mobile banking memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding dengan internet banking seperti cek tagihan kartu kredit atau mengetahui lokasi ATM terdekat. Dari segi kepraktisan, umumnya pengguna yang ingin menggunakan layanan mobile banking ini perlu mendaftarkan diri ke kantor cabang bank guna mendapatkan password. Nantinya, password ini dapat digunakan untuk login ke aplikasi mobile banking. Selain itu, mobile banking juga tidak memerlukan token untuk setiap transaksi sehingga dari segi pemakaian cenderung lebih praktis.

Nah, kamu jadi tau kan perbedaan dari masing-masing layanan di atas, tinggal di sesuaikan saja dengan kebutuhan transaksi bisnis kamu. Untuk solusi transaksi bisnis lebih mudah dan aman, kamu bisa gunakan payment gateway dari Faspay. Faspay telah dipercaya lebih dari 3000+ merchant yang menyediakan solusi ke lebih dari 48+ channel pembayaran. Jadinya kamu bisa dengan mudah mengelola pengiriman, penerimaan pembayaran, dan pembuatan invoicing dalam satu solusi lengkap. Daftar Faspay sekarang dan jadi #MudahGoDigital!

Related Articles

program new merchant OVO

Aktifkan Pembayran OVO & Dapatkan Promo SOS Cashback 30% untuk Pelanggan Anda

credit-card.jpg

7 Cara Mudah untuk Menjaga Kartu Kredit Anda

WhatsApp Image 2022-01-31 at 4.45.47 PM

Kenali Metode Pembayaran Online Yang Sering Digunakan