Faspay Blog
Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay
Dahulu sebagian besar pemilik bisnis hanya melakukan pemasaran sekedar melalui media offline seperti brosur, papan reklame, spanduk dan lainnya yang masih konvensional. Saat ini, pemasaran dilakukan melalui berbagai macam media termasuk media offline dan online. Media pemasaran online dapat menjangkau pasar yang lebih besar. Salah satu media pemasaran online yang banyak dipakai oleh bisnis adalah email marketing. Pernahkah Anda menerima email yang berisi konten komersial seperti informasi promo atau informasi launching produk? Email tersebut yang biasa disebut email marketing. Nah, untuk tahu lebih banyak mengenai email marketing, simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini!
Pengertian Email Marketing
Menurut Modul E-Commerce: Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (2019) yang dikutip dari Kompas.com, pengertian email merujuk pada fasilitas komunikasi dalam internet yang berfungsi mengirimkan surat secara elektronik. Adapun, email marketing adalah salah satu cara memasarkan produk atau jasa melalui email. Email marketing biasanya berisi informasi promo, katalog produk, dan informasi lainnya yang memiliki tujuan sebagai sarana promosi, edukasi, meningkatkan penjualan hingga berkomunikasi dengan baik dengan audiens.
Beragam Jenis Email Marketing
Email marketing memiliki beragam jenis yang harus Anda ketahui, apa saja jenis-jenis email marketing tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini!
- Newsletter
Salah satu jenis email marketing yang pertama adalah newsletter. Newsletter biasa dipakai bisnis untuk menerapkan content marketing melalui blog perusahaan. Lewat newsletter, artikel bisnis yang berisi edukasi dan informasi lainnya dapat dikirimkan kepada database melalui newsletter yang biasanya dikirimkan pada jadwal tertentu yang sudah ditetapkan, seperti dua minggu sekali atau satu minggu sekali. - Greetings
Jenis email marketing yang kedua adalah greetings. Greeting email biasanya dikirimkan ketika momen spesial terjadi. Biasanya jenis email marketing ini akan bersifat lebih personal dengan visualisasi dan penyampaian yang hangat. Contoh email marketing greetings adalah ucapan ulang tahun, ucapan hari-hari besar seperti natal, lebaran, dan lainnya. - Welcome email
Jenis email marketing selanjutnya adalah welcome email. Welcome email adalah pesan yang dikirim kepada audiens (subscriber) yang baru berlangganan email marketing bisnis Anda. Pada tahap ini, waktunya memperkenalkan bisnis Anda dengan lebih personal dengan memberi mereka panduan singkat untuk menggunakan produk Anda dalam bentuk teks, video, tautan ke blog atau konten lainnya. - Announcement email
Jenis email marketing yang keempat adalah announcement email. Seperti namanya, email jenis ini berisi informasi mengenai update produk, fitur atau servis baru yang ditawarkan bisnis Anda. Pada announcement email bertujuan untuk memperkenalkan fitur, produk atau servis baru bisnis Anda kepada audiens. - Lead nurturing email
Tidak semua audiens yang menerima email marketing Anda melakukan pembelian, maka dari itu lead nurturing email dikirim dengan tujuan untuk menargetkan mereka yang belum melakukan pembelian dari bisnis Anda dan menghasilkan leads. Biasanya berisi penawaran ke database yang sudah ditargetkan.
Manfaat Email Marketing
Email marketing dinilai cukup efektif dalam menjangkau audiens karena bisa dikirim sekaligus ke banyak penerima. Selain itu, banyak manfaat lain dari email marketing, mari simak beberapa manfaat email marketing yang lain:
- Penyampaian informasi cepat dan luas
Penyampaian informasi lewat email marketing dinilai cepat dibanding penggunaan channel promosi offline. Selain itu juga lebih luas karena dapat menjangkau banyak audiens sekaligus berdasarkan jumlah database yang dimiliki. - Bisa integrasi ke channel promosi lain
Pada email marketing, Anda bisa memasukkan video, teks atau konten lain yang bisa diarahkan ke channel promosi lain seperti media sosial dan website bisnis Anda dengan mudah, hanya melalui tombol yang bisa dikostumisasi. Email marketing yang dikirimkan akan lebih efektif dan meningkatkan traffic ke media sosial ataupun website. - Sebagai salah satu media kampanye yang terukur
Dengan email marketing, Anda bisa mengukur keberhasilan pesan yang Anda kirim. Anda bisa monitor informasi detail mengenai jumlah database keseluruhan, jumlah pesan diterima, jumlah pesan yang sukses terkirim, penerima yang membuka pesan email, pelanggan yang mengunjungi tautan yang dikirimkan. - Sarana efektif untuk menarik pelanggan dan meningkatkan konversi
Email marketing dinilai efektif untuk menarik pelanggan, karena email marupakan salah satu sarana komunikasi yang masih aktif dipakai oleh para penggunanya. Jangkauan audiens akan lebih luas dan bisa di personalisasikan sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa membagi audiens Anda ke beberapa kategori seperti pelanggan baru, pelanggan lama, pelanggan tetap dan lainnya. - Pesan yang dapat dikustomisasi
Dengan email marketing, pesan Anda akan lebih mudah diterima karena dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan, mulai dari visual hingga isi kontennya. Kustomisasi ini dapat membantu menjalin hubungan baik dengan pelanggan karena bisa dipersonalisasi.
Strategi Efektif Membuat Email Marketing
Sebelum Anda membuat email marketing, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk email marketing bisnis Anda!
- Tentukan target audiens dari email marketing Anda
Agar email marketing Anda berjalan efektif, hal yang paling mendasar adalah Anda harus mengetahui siapa target penerima email marketing bisnis Anda. Anda bisa mulai mengumpulkan database dari pelanggan atau calon pelanggan Anda yang potensial. Selain itu, usahakan untuk selalu melakukan pembaharuan terhadap database dari email marketing Anda. - Buat konten email yang menarik
Tips yang kedua adalah buat konten email yang menarik, mulai dari subject email, headline, isi, design dan visualiasinya. Hal ini agar pelanggan Anda tertarik untuk membuka serta membaca hingga akhir. Jangan lupa untuk memasukkan Call to Action (CTA) pada email marketing Anda. - Tentukan jadwal pengiriman email marketing
Menentukan jadwal pengiriman email marketing sangat penting. Atur waktu pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan. Idealnya, tidak sering dan tidak pula jarang. Hal ini menghindari agar email marketing Anda tidak dianggap spam oleh audiens email marketing Anda. Selain itu, pilih waktu terbaik untuk mengirimkan email marketing. Anda bisa menganalisa audiens Anda terlebih dahulu untuk menentukan waktu terbaik dalam mengirim email. - Sambungkan dengan media sosial bisnis Anda yang lain
Jangan lupa untuk menyambungkan media sosial bisnis Anda seperti facebook, instagram, twitter, maupun blog pada website bisnis Anda. Hal ini untuk memberikan traffic ke website dan media sosial Anda yang lain. - Lakukan analisa dan evaluasi terhadap hasil email marketing Anda
Tips terakhir adalah dengan melakukan analisa dan evaluasi terhadap hasil email marketing Anda. Analisa bisa dibuat berbentuk report yang berisi statistik open rate, unsubscribe rate, bounce rate, unsubscribe, open rate, unopened rate, dan lainnya. Hal ini dapat menjadi dasar evaluasi dalam email marketing Anda selanjutnya.
Nah, setelah mengetahui apa itu email marketing, jenis-jenisnya, manfaat hingga tips mengirimkan email marketing, bersiaplah untuk peningkatan konversi! Selain itu, bisnis Anda bisa bersiap untuk terima peningkatan pesanan dengan menyediakan sistem pembayaran online yang memudahkan pelanggan Anda melakukan pembayaran dengan payment gateway Faspay. Faspay sebagai solusi bisnis dalam terima pembayaran online melalui 50+ channel pembayaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Selain itu, biaya yang terjangkau serta terjamin keamanannya. Tunggu apalagi? Yuk, daftar Faspay sekarang!