Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

2024 Mid Jan_Kode Referral Thumbnail

Bagi para pecinta diskon dan promo, istilah kode referral tentu sudah tidak asing lagi. Kode referral menjadi bagian integral dari strategi marketing yang kerap digunakan oleh sejumlah bisnis. Dengan memanfaatkan kode referral, bisnis tidak hanya mendorong loyalitas pelanggan yang sudah ada, tetapi juga membuka peluang baru untuk pertumbuhan bisnis melalui pengenalan produk atau layanan kepada calon konsumen melalui referensi personal. Dengan begitu, penggunaan kode referral bukan hanya sekadar strategi marketing, melainkan juga merupakan langkah cerdas dalam membangun jaringan yang kuat dan berkelanjutan.

Untuk memahami terkait apa itu kode referral, contoh, dan cara buatnya, Silahkan simak artikel berikut.

Apa itu Kode Referral? 

Kode referral adalah salah satu strategi marketing yang umum digunakan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, mendapatkan pelanggan baru, dan memperluas jaringan bisnis. Kode referral artinya suatu jenis kode yang diberikan perusahaan bisnis kepada pelanggan yang tergabung dengan program marketing suatu bisnis. 

Cara mendapatkan kode referral adalah pelanggan dapat mendapatkan kode dari pelanggan yang membagikan kode tersebut. Kode referral dianggap lebih efektif untuk menjangkau konsumen sebab konsumen cenderung lebih yakin untuk menggunakan produk ketika direkomendasikan oleh seseorang yang dikenal. Ketika orang yang menerima kode referral menggunakan kode tersebut, baik pemberi dan penerima kode dapat menerima insentif atau manfaat tertentu, seperti diskon, hadiah, cashback, voucher, atau keuntungan lainnya.  

Baca juga: 7 Ide Bisnis Anak Muda dan Peluang Suksesnya di 2024

Contoh Kode Referral  

Sebagai contoh, Anda memiliki toko pakaian online dan memiliki aplikasi khusus untuk bisnis Anda. Mengetahui program referral cukup efektif, Anda menerapkan program ini untuk bisnis Anda dengan tujuan meningkatkan jumlah user pengguna aplikasi. Jika pelanggan berhasil merujuk teman, maka akan mendapatkan diskon khusus bagi pelanggan. 

A merupakan pelanggan yang sering berbelanja di aplikasi Anda. A membuka aplikasi, menyalin kode referral pribadi, dan membagikannya kepada teman sekelasnya, B. B menerima pesan dari A, mengunduh aplikasi, dan membuat akun. Saat B melakukan pembelian pertamanya, B memasukkan kode referral A saat checkout. Sistem secara otomatis mendeteksi kode referral A dalam transaksi B.

Hasilnya, B menerima diskon eksklusif, dan A juga mendapatkan diskon untuk pembelian selanjutnya sebagai penghargaan atas rujukan yang berhasil. Proses ini menciptakan hubungan saling menguntungkan antara pelanggan dan bisnis Anda, meningkatkan retensi pelanggan dan menarik basis pengguna yang lebih luas.

Baca juga: 5 Alasan Penting E-commerce Menyediakan Opsi Pembayaran yang Lengkap 

Cara Buat Kode Referral Untuk Bisnis Anda

1. Tentukan Tujuan Program dan Jenis Kode Referral

Tentukan tujuan yang ingin Anda capai dengan program referral, seperti meningkatkan penjualan, mendapatkan pelanggan baru, atau meningkatkan loyalitas pelanggan. Kemudian, pilih jenis kode referral yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda: 

  • Karakter Alfanumerik Acak: Sebagai contoh, kode referral dapat terdiri dari kombinasi karakter acak seperti "REF123ABC."
  • Bagian dari Nama Pengguna: Alternatifnya, kode referral bisa terkait dengan bagian dari nama pengguna pelanggan atau afiliasi, seperti "USERPROMO"
  • Kata Khusus: Kode referral dapat berupa kata-kata khusus yang mudah diingat, misalnya "DISCOUNT2022."
  • QR Code: Program referral juga dapat memanfaatkan QR code yang dapat dipindai untuk memudahkan proses penggunaan kode.

2. Integrasikan Kode Referral ke Sistem

Anda tidak dapat membuat dan menyesuaikan kode referral sendiri karena kode unik ini dibuat secara otomatis oleh sistem. Sehingga Anda harus memastikan bahwa sistem atau platform Anda mendukung implementasi dan pelacakan kode referral. Hal ini dapat melibatkan pengembang untuk mengintegrasikan kode referral ke aplikasi atau situs web Anda.

3. Tentukan Insentif dan Aturan 

Tetapkan insentif yang akan diberikan kepada pelanggan atau afiliasi yang berhasil merujuk orang lain. Insentif ini bisa berupa diskon, hadiah, atau keuntungan lainnya. Tentukan aturan dan ketentuan program referral, seperti batasan waktu, syarat penggunaan, dan cara pembagian insentif. Pastikan aturan tersebut jelas dan mudah dimengerti.

4. Promosikan Program Referral

Lakukan kampanye promosi untuk memberitahu pelanggan atau afiliasi tentang program referral Anda. Gunakan saluran pemasaran yang efektif, seperti email, media sosial, atau website.

Baca juga: Pengalaman Pelanggan dan Operasional Internal DORE by LeTAO Semakin Smooth & Lancar 

Gabung Menjadi Partner Faspay dan Dapatkan Keuntungannya!

Setelah mengetahui apa itu referral, contoh dan cara membuatnya, sekarang Anda bisa terapkan pada bisnis Anda. Tentunya agar dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan transaksi bisnis.

Saat ini Faspay juga memiliki program referral, di mana siapapun bisa bergabung menjadi partner Faspay dan mendapatkan beragam keuntungan. Jika Anda bergabung menjadi mitra, Faspay akan membantu Anda meningkatkan revenue Anda karena Faspay mengapresiasi semua upaya yang dilakukan oleh mitra kami dan memberikan komisi kepada mereka untuk merchant baru. Jadi mitra Faspay hari ini dengan klik link di sini!

Anda dapat memasukan program referral ke marketing plan bisnis untuk optimalkan pertumbuhan bisnis Anda! Kode referral tidak hanya meningkatkan loyalitas pelanggan, tetapi juga memperluas bisnis Anda dengan memperkenalkan produk atau layanan kepada calon konsumen melalui rekomendasi personal. Dengan Faspay, perkuat strategi marketing Anda dan jalankan program referral dengan mudah. Buatlah kode referral unik, integrasikan ke dalam sistem Anda, dan tawarkan insentif menarik. Bergabunglah dengan Faspay sekarang untuk mendapatkan solusi pembayaran yang lancar dan transaksi yang aman. Perkuat program referral Anda, tingkatkan pertumbuhan bisnis, dan percayakan Faspay untuk transaksi yang nyaman dan andal. Jangan lewatkan kesempatan ini—tingkatkan bisnis Anda bersama Faspay dengan daftar di sini!

Lihat Artikel Lainnya

Newsletter SEPTEMBER 2023 part 2_Thumbnail

Cukup Aktifkan Fitur Cardless Withdrawal via ATM, Pelanggan Jadi Lebih Mudah dan Praktis Tarik Dana di ATM Bank!

5-Langkah-Buat-Payment-Link-untuk-Terima-Pembayaran-Online-Bisnis-Penginapan

5 Langkah Buat Payment Link untuk Terima Pembayaran Online Bisnis Penginapan

What is Artificial Intelligence (AI) and How It Benefits Businesses Faspay

What is Artificial Intelligence (AI) and How It Benefits Businesses

2024 Mid Jan_Cashflow Thumbnail

Mengenal Cash Flow, Definisi, Jenis, dan Pentingnya untuk Bisnis