Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

settlement adalah

Settlement adalah istilah yang diambil dari Bahasa Inggris yang memiliki arti ‘penyelesaian’. Dalam dunia keuangan, istilah ini sering digunakan salah satunya oleh pebisnis saat ingin menyelesaikan transaksi offline dengan menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) atau online settlement untuk transaksi menggunakan payment gateway.

Mari simak informasi selengkapnya tentang apa itu settlement, fungsi, dan bagaimana cara settlement pada mesin EDC melalui ulasan dibawah ini.

Apa itu Settlement?

Settlement adalah proses akhir dalam transaksi pembayaran. Oleh karena itu, settlement dilakukan setelah merchant menyelesaikan pesanan dan pelanggan telah melakukan pembayaran.

Apa Fungsi Settlement?

Fungsi Settlement adalah untuk menyelesaikan transaksi keuangan yang dikirimkan oleh merchant ke pihak bank atau platform dompet digital lainnya untuk memberitahu bahwa transaksi sudah selesai di hari tersebut.

Merchant yang menyelesaikan proses settlement di EDC dapat memastikan kembali pendapatannya sudah tercatat dengan benar pada mesin dengan mencocokan struk yang tercetak pada setiap transaksi berhasil.

Sedangkan proses online settlement diproses oleh payment gateway di mana dana yang dapat di settle merupakan transaksi dari pelanggan yang sudah melunasi semua pembayaran.

Cara Settlement Pada Mesin EDC dan Online Settlement

Terdapat perbedaan cara penyelesaian transaksi atau settlement pada mesin EDC dan via online.

Pada mesin EDC BCA, Anda perlu menekan tombol hijau, lalu pilih menu settlement, masukan sandi, bila proses berhasil, maka struk atau faktur akan tercetak sebagai bukti proses telah selesai.

Sedangkan untuk online settlement, merchant akan menerima dana tergantung dari layanan penyedia payment gateway.

Jika Anda menggunakan Faspay, maka dana dapat diterima secara real time (H+0) hingga H+3 bergantung pada metode pembayaran yang digunakan oleh pelanggan Anda. Selain itu, dengan Faspay, Anda dapat menerima laporan settlement pada H+1 melalui email. Perlu diperhatikan bahwa setiap bank dan platform uang digital memiliki batas waktu pengiriman settlement yang berbeda.

Pada intinya settlement adalah kegiatan yang penting dilakukan saat akhir transaksi jika bisnis Anda menggunakan mesin EDC maupun payment gateway.

Pastikan bisnis Anda #MudahGoDigital dan daftar dengan sistem pembayaran online dari Faspay untuk transaksi yang mudah dan aman.

Lihat Artikel Lainnya

invoice-online-dengan-fastpay-billing

Peran Teknologi Keuangan Digital Payment Gateway Bagi NGO/LSM

ovo-payment-channel-faspay

OVO is now available as the newest payment channel in FASPAY!

Article Thumbnail Image Faspay Business

Jelang Promo Belanja Online Tanggal Kembar, Cek Persiapan Buat Bisnis Kamu!

Virtual Account BCA

Aktifkan BCA Virtual Account, Mudah dan Cepat dengan Faspay