Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

contoh produk digital adalah

Produk digital adalah produk yang diciptakan, didistribusikan, dan dikonsumsi secara digital atau non-fisik. Beberapa contoh produk digital adalah perngkat lunak (software), konten digital (musik, e-book, video), hingga aplikasi seluler. Produk ini banyak diminati oleh pelaku bisnis karena memiliki peminat yang banyak, dan pendistribusian nya yang mudah.

Mari simak lebih lanjut tentang apa itu produk digital, keunggulan, contoh produk digital, hingga tips jualan produk digital melalui ulasan dibawah ini.

Apa itu Produk Digital?

contoh produk digital adalah

Produk adalah apa pun yang dapat dipasarkan dan diperdagangkan dengan nilai tersendiri. Sedangkan, digital adalah mencerminkan transisi dari bentuk konvensional ke teknologi digital. Sehingga, produk digital adalah merujuk pada barang atau layanan yang ditawarkan dalam format digital, tanpa bentuk fisik yang jelas, seperti file, video, atau non-fisik lainnya.

Barang digital terus mengalami pertumbuhan, dengan minat dari konsumen yang semakin meningkat. Pada umumnya, barang digital dipasarkan dalam bentuk layanan atau jasa. Hal ini memberikan peluang bisnis yang sangat besar bagi pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan.

 

Keunggulan Jualan Produk Digital

contoh produk digital

Keunggulan produk digital tidak hanya mudah nya dalam perdistribusian, namun ada beberapa keunggulan produk digital adalah:

1. Biaya produksi rendah

Produk digital adalah salah satu produk yang memiliki memiliki biaya produksi yang rendah karena biasa hanya sekali produksi dan bisa dijual berulang kali.

2. Jangkauan pasar yang luas

Produk digital yang dijual secara online dapat menjangkau pasar yang luas. Anda bisa menjual produk digital Anda bahkan sampai keluar negeri. Yang harus Anda lakukan adalah memahami target pasar Anda, siapa yang membutuhkan produk digital yang Anda jual. Anda bisa mempromosikannya secara online di marketplace, media sosial atau platform obrolan lainnya.

3. Tidak perlu biaya pengiriman

Karena produk digital yang bentuknya non-fisik, maka tidak perlu diadakan pengiriman barang. Alur transaksi jual beli yang mudah menjadi salah satu alasan mengapa produk digital menguntungkan untuk dijadikan bisnis. Pembeli hanya perlu melakukan transaksi online dan penjual produk digital mengirimkannya berupa file.

4. Bisa menjadi sumber penghasilan pasif

Berbeda dengan bisnis online di bidang fashion dan semacamnya, Anda tidak harus memproduksi terus-terusan produk digital yang Anda jual karena bentuknya yang non-fisik. Apalagi ditambah pembeli Anda bisa melakukan transaksi pembelian produk digital kapanpun dan dimanapun tanpa terhalang ruang dan waktu karena kecanggihan teknologi saat ini. Itulah alasan mengapa bisnis produk digital dapat menjadi sumber penghasilan pasif.

5. Tipe produk tidak terbatas

Produk digital bisa dibilang tidak memiliki keterbatasan dalam penciptaan dan pembuatannya. Produk digital bisa dibuat dan dikembangkan hanya berdasarkan kreativitas dan kemampuan menguasai teknologi seseorang. Maka dari itu banyak sekali jenis produk digital yang kian dibutuhkan oleh masyarakat.

Contoh Produk Digital yang Laris Dijual

contoh produk digital adalah

Apakah Anda tertarik untuk berbisnis dan menjual produk digital? Jika iya, simak beberapa rekomendasi produk digital yang laris manis dan bisa Anda jual, berikut beberapa rekomendasi produk digital:

1. Game Online

Produk digital yang pertama adalah game online. Tidak dipungkiri bahwa peminat game online sangat banyak, bahkan dari berbagai kalangan, umur dan gender. Industri game online merupakan bisnis yang sangat menjanjikan dan bisa Anda coba. Game online pun selalu mengalami perubahan dan inovasi. Setiap jenis game online memiliki peminatnya masing-masing. Selain itu, setiap genre game memiliki peminatnya tersendiri, Jadi perlu meningkatkan variasi produk.

2. Video tutorial dan kursus

Di zaman yang semakin canggih ini, banyak orang yang memanfaatkannya untuk mencari ilmu baru dan belajar secara mandiri lewat pembelajaran online, tidak heran video tutorial dan kursus online sangat banyak peminatnya, dari kalangan muda hingga tua.

3. Pulsa dan paket internet

Hampir sebagian besar masyarakat telah menggunakan smartphone atau ponsel pintar. Pulsa dan paket internet merupakan kebutuhan sehari-hari. Menjual produk digital pulsa dan paket internet juga sangat banyak peminatnya. Anda bisa mencoba menjual pulsa, paket internet ataupun voucher digital lainnya. 

4. Software

Jika Anda memiliki kemampuan dibidang IT dan software building, Anda bisa mencoba menjual software atau perangkat lunak. Anda bisa menjual software melalui komunitas dan platform online. Jenis software nya pun berbagai macam sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.

5. Template design

Selanjutnya adalah produk digital berupa template design grafis seperti template power point, photoshop dan lainnya. Jika Anda memiliki passion editing, Anda bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Banyak orang yang membutuhkan template design untuk membuat tampilan power pointnya lebih bagus dan profesional. 

6. Preset/ Filter foto

Jika Anda memiliki skill editing, Anda bisa mencoba menjual preset foto yang Anda buat. Beberapa tahun belakang memang sedang tren jual beli efek atau filter editing yang dapat Anda pakai di foto atau video. Dengan bermodalkan kreatifitas dan skill, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Tips Jual Produk Digital Agar Laris Manis

contoh produk digital adalah

Setelah Anda memutuskan produk digital apa yang akan Anda jual, selanjutnya adalah mengetahui cara yang tepat dalam menjual produk digital agar laris manis dan banyak pembeli. Berikut beberapa tips memasarkan produk digital adalah:

1. Pilih platform pemasaran yang tepat

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam menjual produk digital adalah memilih platform pemasaran yang tepat. Anda bisa melakukan research terlebih dahulu dan mengenal siapa target pasar Anda, lalu bisa menentukan platform mana yang tepat untuk melakukan pemasaran.

Ada beberapa channel pemasaran yang bisa Anda coba yaitu media sosial seperti Facebook, Linkedin, Instagram, Twitter dan platform chat lainnya yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan target pasar.

2. Tetapkan unique selling proposition produk Anda

Karena bisnis produk digital sudah ditekuni oleh banyak orang, Anda harus bisa menentukan  unique selling proposition dari bisnis Anda. Singkatnya, unique selling proposition adalah suatu yang menjadi poin kelebihan atau keunikan bisnis Anda dibanding dengan kompetitor lain. Hal ini menjadi poin plus dan pertimbangan calon pembeli saat memilih bisnis Anda.

3. Gunakan digital marketing

Salah satu cara mempromosikan produk digital adalah dengan menggunakan digital marketing. Digital marketing dipercaya lebih efektif menjangkau target pasar dibanding dengan metode pemasaran secara konvensional.

Digital marketing dapat meningkatkan brand awareness bisnis Anda sekaligus menghasilkan konversi. Contoh digital marketing yang bisa Anda terapkan adalah optimalisasi SEO (Search Engine Optimization), Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads.

4. Manfaatkan influencer marketing

Apakah Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah influencer? Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh yang cukup besar untuk audiensnya. Influencer biasanya memiliki pengikut yang banyak di media sosial.

Influencer marketing adalah memanfaatkan jasa influencer untuk bisa mempromosikan bisnis produk digital Anda. Influencer marketing dapat menghasilkan konversi yang baik terhadap bisnis Anda, karena orang-orang lebih percaya dengan rekomendasi seseorang dalam mengambil keputusan pembelian.

5. Buat website bisnis Anda

Selanjutnya adalah membuat website bisnis Anda. Dengan adanya website, bisnis Anda akan terlihat kredibel dan profesional, apalagi bisnis dibidang produk digital.

Setelah membaca mengenai penjelasan produk digital dan mengetahui beberapa keuntungannya, apakah Anda berminat untuk memulai bisnis produk digital? Jika iya, Anda harus mempersiapkan juga sistem pembayaran online yang nantinya akan memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi.

Menjual produk digital akan lebih baik memiliki pembayaran digital dengan banyak opsi channel payment. Anda dapat menggunakan Faspay yang menyediakan pembayaran online dengan 50+ metode pembayaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Yuk daftar Faspay sekarang!

Lihat Artikel Lainnya

Oct_Eng Pentingnya PCI DSS_Thumbnail

The Importance of PCI DSS for Transaction Security in Your Business

Faspay Image 2

Creating a Branding Strategy to Reach More Customers

Virtual account Mandiri

Ini 6 Cara Bayar Virtual Account Mandiri yang Mudah

Faspay Payment Gateway ISPI Group - Thumbnail Artikel

Cerita ISPI Group Sukses Mengandalkan Layanan Faspay untuk Mencapai Tujuan Bisnisnya di Tahun 2023