sistem pembayaran online

Seiring berkembangnya teknologi, membuat transaksi atau belanja online semakin meningkat. Hal ini dikarenakan, transaksi ini dianggap lebih mudah karena konsumen tidak perlu datang secara langsung ke toko untuk membeli barang yang dibutuhkan.

Melalui smartphone saja, mereka sudah bisa membeli barang sesuai kebutuhan dan keinginan. Dalam hal ini, untuk pembayarannya tentu dilakukan secara online melalui beberapa metode pembayaran online.

Baca Juga: Bisnis Top Up Game Lebih Untung dengan Beralih ke Pembayaran Online

Tidak hanya bermanfaat bagi pelanggan saja, pembayaran online juga memberikan keuntungan bagi pemilik bisnis. Salah satunya adalah kemudahan dalam proses pencatatan transaksi yang dilakukan, sehingga bisa meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.

Lantas, apa itu sebenarnya metode pembayaran online? Lebih jelasnya, berikut ini kami berikan pembahasan lengkapnya beserta beberapa jenis metode yang sering digunakan.

Apa itu Metode Pembayaran Online?

Metode pembayaran online adalah sebuah cara pembayaran yang dilakukan konsumen saat melakukan transaksi atau belanja secara online.

Artinya, metode pembayaran online ada karena sebuah platform teknologi digital yang menjadi jembatan untuk melakukan proses transaksi secara non tunai oleh pelanggan dan pemilik bisnis.

Proses pembayaran ini dilakukan secara online menggunakan koneksi internet. Biasanya, pelanggan dapat memilih metode pembayaran yang diingikan ketika berbelanja atau melakukan transaksi melalui e-commerce.

Terlebih lagi, pada tahun 2023 lalu, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 196,47 juta. Tentu, hal ini tidak lepas dari kemudahan pembayaran yang ditawarkan saat melakukan transaksi online.

Metode Pembayaran Online Yang Sering Digunakan Konsumen

Perlu Anda ketahui, jika jenis metode pembayaran digital di Indonesia cukup banyak. Berikut ini, kami rangkum 7 jenis metode pembayaran online yang sering digunakan di Indonesia.

  • Virtual Account

Pertama, ada virtual account yang mana menjadi pilihan jenis metode pembayaran di Indonesia karena memberikan lebih dari 50% dari total volume pembayaran atau bisa dikatakan jumlah transaksinya mencapai lebih dari 2 Triliun pada 2023 lalu.

Cara kerja dari metode ini pun cukup mudah, yakni nantinya pelanggan akan mendapatkan nomor ID yang berbeda-beda.

Kemudian, nomor itulah yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran tertentu. Di Indonesia, terdapat beberapa bank yang memiliki virtual account bagi nasabahnya, di antaranya adalah BCA, BRI, BNI, Mandiri, BSI, CIMB Niaga, dan Permata.

  • E-wallet (Dompet Digital)

Selanjutnya, pilihan metode pembayaran terpopuler di Indonesia adalah e-wallet karena penggunanya mencapai 92% pada tahun 2023 lalu. 

Hal ini tidak lepas dari kemudahan dalam proses pembayarannya, yakni hanya perlu memasukkan nomor tujuan dan menuliskan nominal pembayarannya atau melakukan scan QRIS.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis e-wallet yang sering digunakan, yakni ada GoPay, OVO, DANA, ShopeePay, dan LinkAja.

Penggunaan e-wallet ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan transaksi bisnis secara online. Anda hanya perlu install aplikasinya di smartphone dan menggunakan untuk kebutuhan transaksi online.

  • Kartu Kredit

Melakukan pembayaran online menggunakan kartu kredit diklaim cukup aman karena dibekali dengan proteksi ekstra. Adapun keuntungan menggunakan kartu kredit adalah bisa menjangkau beberapa negara.

Selain itu, kelebihan lainnya adalah meminimalisir risiko belanja, terutama jika berhubungan dengan lawan transaksi yang berniat melakukan penipuan.

Proses pembayarannya, Anda hanya perlu memasukkan data kartu kredit dalam layanan pembayaran dan transaksi akan dilakukan secara otomatis.

Selain itu, ada juga kartu kredit virtual yang memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran transaksi secara online.

Adapun jumlah transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit di Indonesia adalah sebanyak 226 juta pada tahun 2023 lalu. Jumlah ini mencakup dari beberapa jenis bank di Indonesia, mulai dari BCA, BRI, BNI, BSI, dan lainnya.

Baca Juga: Lebih Aman Pakai Sistem Pembayaran yang Diakui Bank Indonesia, Cek Keuntungannya Berikut!

  • Direct Debit

Selanjutnya, ada direct debit yang menjadi metode pembayaran di mana konsumen mendaftarkan kartu debit pada website atau marketplace sebagai sumber dana pembayaran.

Anda hanya perlu mendaftarkan nomor rekening dari kartu debit sesuai dengan petunjuk yang ada. Setelah itu, direct debit sudah bisa secara langsung digunakan untuk proses pembayaran transaksi online.

Namun, metode ini tidak begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia karena ternyata hanya sebanyak 12% yang menggunakannya pada tahun 2023 lalu.

  • Pay Later

Pay later atau kredit tanpa kartu adalah fasilitas kredit yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi online. Konsepnya hampir sama dengan kartu kredit, bedanya pay later tidak perlu menggunakan kartu fisik.

Pada 2023 lalu, jumlah pengguna pay later di Indonesia sebanyak 45,9% yang mana lebih besar dari pengguna kartu kredit. Adapun jenis pay later yang bisa digunakan adalah GoPay Pay Later, Shopee Pay Later, Kredivo Pay Later, dan sebagainya.

  • QRIS

Berikutnya, ada QRIS yang untuk menggunakannya, Anda hanya perlu scan QR code di gerai toko atau melalui unggahan foto.

Di Indonesia, tahun 2023 lalu, jumlah pengguna QRIS meningkat mencapai 45,78 juta dan jumlah transaksinya mencapai Rp 229,96 triliun.

Kelebihan menggunakan QRIS dalam urusan transaksi juga bisa dirasakan apabila Anda mempunyai cash on delivery untuk bisnis online. Hal ini dikarenakan, Anda tidak perlu lagi meminta penyedia logistik untuk mengumpulkan uang tunai pembayaran karena bisa langsung scan lewat QR Code.

Baca Juga:Tambah Metode Pembayaran QRIS untuk Pilihan Pembayaran Online yang Lebih Beragam

Metode pembayaran online QRIS memiliki dua jenis variasi yaitu QRIS statis dan dinamis. QRIS statis umumnya berupa QR Code yang dipajang pada cafe atau bisnis offline lainnya, pelanggan perlu mengetikkan sendiri sejumlah nominal yang harus dibayarkan. Sedangkan QRIS dinamis secara langsung akan menghitung jumlah pembayaran yang perlu dilakukan, jenis QRIS ini dapat diintegrasikan langsung dengan website atau aplikasi bisnis. 

  • Pembayaran Melalui Gerai Ritel

Terakhir, selain metode digital di atas, pembayaran melalui gerai ritel ternyata juga masih diminati. Dalam hal ini, konsumen melakukan transaksi melalui kasir di gerai retail, seperti Indomaret dan Alfamart dengan memberikan kode tertentu.

Sebanyak 28,7% masyarakat Indonesia pada tahun 2023 lalu masih sering melakukan pembayaran melalui gerai rite, loh!l

Mengapa Bisnis Perlu Sediakan Berbagai Metode Pembayaran Online

Berbagai metode pembayaran online seperti yang dijelaskan di pembahasan sebelumnya tidak hanya menguntungkan pelanggan namun juga pebisnis. Keuntungan tersebut menjadi alasan mengapa bisnis perlu menerapkan pembayaran online ke dalam pilihan metode dalam urusan bisnisnya. 

Proses Bisnis Lebih Efisien 

Sistem pembayaran online tentunya dapat membuat proses bisnis menjadi lebih cepat dan efisien. Hal ini karena pelanggan tidak diharuskan memiliki uang tunai dalam jumlah tertentu, dan pemilik bisnis tidak diharuskan memiliki uang kembalian. Nantinya, transaksi akan menjadi lebih mudah dan cepat karena dapat dilakukan secara non-tunai bahkan secara jarak jauh. 

Keamanan Transaksi Terjamin 

Keunggulan pembayaran online selanjutnya adalah keamanan lebih terjamin baik dari sisi pemilik bisnis maupun pelanggan. Dapat dibayangkan apabila bisnis Anda menjual jenis barang dengan nominal yang besar per transaksi, akan lebih aman apabila nominal tersebut dibayarkan dalam bentuk non-tunai. Selain tidak membutuhkan penyimpanan fisik seperti laci atau brankas yang besar, transaksi juga diamankan dengan adanya jaminan uang kembali secara otomatis apabila dibatalkan. 

Akuntansi Keuangan Menjadi Mudah 

Karena proses transaksi dilakukan secara online, maka semua transaksi yang dilakukan secara otomatis dicatat dalam dashboard. Dengan cara ini pembuatan laporan keuangan menjadi lebih mudah dan detail. Pada akhirnya, Anda akan bisa memantau bisnis Anda secara real time agar berpotensi berkembang sesuai jangka waktu yang Anda targetkan.

 

Aktifkan Berbagai Metode Pembayaran Online yang Sering Digunakan Konsumen dengan Faspay

Melalui penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pebisnis saat ini penting untuk mengintegrasikan metode pembayaran dengan payment gateway seperti Faspay agar memiliki berbagai pilihan metode pembayaran online.

Tentu, ini dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran sesuai dengan preferensi metode yang dipilih.

Maka dari itu, sebaiknya Anda gunakan layanan Faspay Business untuk membuat beberapa pilihan metode pembayaran online dan disambungkan dengan bantuan API atau plugin.  

Layanan ini cocok bagi bisnis yang sudah mempunyai website atau aplikasi marketplace, sehingga bisa menerima 50+ metode pembayaran digital dengan mudah dan cepat.

Untuk mewujudkannya, Anda bisa daftar di sini atau ikuti langkah-langkah pendaftaran berikut ini:

  • Isi formulir pendaftaran
  • Merchant akan menerima respon email dari tim Akuisisi Faspay dalam satu hari kerja
  • Merchant wajib mengirimkan dokumen yang diperlukan
  • Merchant akan melalui proses KYC dan dilanjutkan dengan integrasi
  • Merchant akan menerima User Credential untuk siap menggunakan layanan Faspay.

Tingkatkan kemudahan bisnis dengan lebih masif melalui penggunaan pembayaran online sekarang!

Related Articles

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.