Faspay Blog
Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay
TikTok Ads adalah salah satu media sosial yang digunakan untuk meningkatkan brand visibility, engagement rate, bahkan dapat menarik minat audiens membeli sebuah produk. Apabila Anda adalah pemilik bisnis yang sedang memperluas jangkauan audiens lebih luas, menggunakan TikTok sebagai salah satu strategi meningkatkan penjualan adalah hal yang baik. Lantas, Bagaimana cara pasang iklan di tiktok?
Mari simak ulasan dibawah ini mengenai apa itu TikTok Ads, bagaimana tips meningkatkan penjualan bisnis melalui TikTok.
Apa itu TikTok Ads?
TikTok Ads adalah fitur yang disediakan oleh TikTok untuk mengembangkan bisnis melalui pemasangan iklan di TikTok. Pemasangan TikTok Ads adalah salah satu bentuk pemasaran media sosial, biasanya ditujukan untuk meningkatkan brand awareness atau menjual produk/ layanan tertentu dengan audiens yang ditargetkan.
Sebelum mengetahui bagaimana cara pasang iklan di TikTok, hal mendasar yang perlu dipahamia dalah tentang TikTok Ads itu sendiri. Berikut beberapa fitur yang tersedia di Tiktok Ads adalah:
- Iklan video dalam feed
Iklan akan muncul sebagai konten bersponsor di halaman "For You Page" (#fyp). - Brand takeover
Iklan akan sepenuhnya mengambil alih layar selama beberapa detik setelah pengguna TikTok membuka aplikasi, sebelum berubah menjadi iklan video dalam feed.
- Hashtag challenge
Iklan dapat muncul di halaman “Discovery” sehingga mendorong audiens untuk berpartisipasi pada challenge. - Branded AR content
Iklan muncul sebagai filter, stiker, dan konten 2D/3D/AR lainnya untuk pengguna TikTok. - Kerja sama dengan Influencer/KOL
Iklan muncul sebagai bagian dari konten bersponsor yang dibuat oleh influencer/KOL TikTok.
3 Tips Membuat TikTok Ads untuk Capai Audiens yang Maksimal:
1. Pastikan 3 detik pertama konten menarik perhatian audiens
Tips pertama untuk TikTok Ads adalah pastikan pada 3 detik pertama konten Anda dibaut semenarik mungkin. Pertama, visual harus penuh warna, kreatif, dan mengesankan bagi penonton.
Kedua, soundbite, biasanya audiens akan mendengar musik atau suara yang menarik perhatian mereka. Ketiga, pada visual pembuka, ikuti soundbite dengan pengambilan gambar yang bagus dan kreatif untuk menarik perhatian penonton.
2. Ikuti panduan TikTok untuk gambar dan video
Tips kedua untuk TikTok Ads adalah patuhi spesifikasi gambar dan video. Pastikan bahwa gambar atau konten video apa pun adalah kreasi asli, berlisensi dengan benar, atau sesuai dengan pedoman penggunaan yang wajar. Selain itu, hindari penggunaan kekerasan, ujaran kebencian, dan konten terlarang lainnya.
3. Ikuti tren TikTok yang sedang populer
Jika Anda ingin Tiktok Ads yang dibuat meningkatkan peluang menjadi viral, perhatikan klip audio, tantangan, dan jenis video yang sedang tren. Anda dapat menggunakan tren populer untuk membuat video yang relevan dengan bisnis Anda.
Selain itu, Anda perlu mengikuti perkembangan terbaru dan melihat halaman "Discover" dan feed "For You" untuk mengidentifikasi tren populer yang sesuai dengan bisnis Anda. Selain itu, Anda dapat membuat hashtag challenge yang unik untuk campaign ads supaya audiens terdorong berpartisipasi dan membagikan konten mereka menggunakan hashtag tersebut.
Itulah beberapa tips untuk meningkatkan peluang TikTok Ads Anda dapat meningkatkan penjualan dan menjangkau audiens yang lebih luas. TikTok Ads adalah media yang populer saat ini, sehingga menggunakannya sebagai media promosi adalah cara yang tepat.
Apabila Anda ingin meningkatkan dan mengembangkan bisnis, simak tips lainnya di Blog Faspay.